Tokoh HAM Dunia yang Berjuang Demi Kemanusian

Tokoh Ham Dunia – Kita bisa belajar dari manusia-manusi hebat yang pernah dilahirkan ke dunia, tentu dengan begitu kita berharap dapat meneladani kehidupan mereka.

Ada yang menarik dari kehidupan tokoh HAM dunia, mereka berjuang sepenuh hati mengorbankan banyak hal demi keadilan dan kemanusian.

Seperti yang telah kita tahu bersama, Ham merupakan hak yang harus dijunjung tinggi oleh setiap orang, ciri dari ham sendiri ialah hak yang ada sejak kodrati dan tidak dapat ditawar-tawar lagi.

Nah supaya kita bisa menghormati hak asasi itu sendiri, maka tidak ada salahnya kita mengenal tokoh-tokoh HAM berikut ini.

Tokoh Ham Dunia Mahatma Gandhi

tokoh ham dunia, mahatma gandhi

sumber: Biography.com

Mahatma Gandhi merupakan tokoh politikus asal India, bisa dibilang beliau menjadi tokoh yang dapat menginspirasi banyak orang.

Selama beliau menjadi politikus, rasanya tidak pernah sama sekali menyuarakan aspirasi rakyat dengan kekerasan.

Bukan tanpa alasan Mahatma Gandi bertindak dan berlaku seperti itu, namun beliau pernah merasakan tindak diskriminasi selama tinggal di Afrika.

Mulai saat itu, ia memilih menjadi aktivis yang memperjuangkan kepentingan khalayak ramai dan kemanusian, serta mengubah hukum-hukum yang sifatnya diskriminatif.

Mahatma Gandhi ikut serta dalam memerdekakan India dari penjajahan Inggris, berkat usaha dan kerja kerasnya, akhirnya India merdeka pada tahun 1947. Mahatma Gandi akhirnya dikenal sebagai bapak bangsa.

Mahatma Gandi memiliki pemikiran yang luas dimana, setiap agama berhak hidup berdapingan secara rukun dalam satu negara.

Nelson Mandela

nelson mandela, tokoh ham dunia

sumber: history.com

Siapa yang tidak mengenal Nelson Mandela, sosok yang karismatik asal Afrika Selatan. Beliau merupakan seorang aktivis yang lahir dengan nama Nelson Rolihlahla Mandela.

Di Afrika, pada waktu itu orang kulit hitam menjadi bahan diskriminasi, samahalnya dengan Amerika. Namun Mandela tidak diam begitu saja, ia memperjuangkan hak-hak kulit hitam dari diskriminasi yang didapatkannya.

Nelson mandela memiliki pemikiran, bahwa masyarakat kulit hitam berhak untuk menentukan nasibnya sendiri secara politik, dan tentu tidak lagi mendapatkan diskriminasi dari masyarakat kulit putih.

Berkat pendidikan hukum yang sesuai, akhirnya Nelson Mandela dapat mewujudkan itu semua, tentu dengan penuh perjuangan.

Selain mampu melepaskan diskriminasi yang didapatkan masyarakat kulit hitam, Nelson Mandela merupakan presiden Afrika Selatan pertama berkulit hitam.

Bunda Teresa

bunda teresa, tokoh ham dunia

sumber: liputan6.com

Santa Teresa atau masyarakat dunia lebih mengenal dengan sebutan Bunda Teresa merupakan biarawati katolik Roma berkebangsaan India yang dilahirkan di Uskub pada Agustus 1910.

Perjalanan hidupnya banyak menginspirasi orang dunia, karena Bunda teresa mampu mengambdikan hidupnya untuk kepentingan orang lain, seperti orang sakit, orang miskin dan yatim piatu.

Bunda Teresa mendirikan Missionaries of Charity di berbagai negara sebagai wadah atau media untuk membantu sesama.

Missionaries of Charity sampai saat ini masih berperan aktif dalam melindungi dan membantu kemanusian.

Ichsan Yasin Limpo

ichsan yasin limpo, tokoh ham

sumber: okezone.com

Tokoh Hak Asasi Manusia atau kemanusian selanjutnya merupakan seseorang dengan kebangsaan Indonesia. Pria yang biasa dipanggil IYC dikenal sebagai orang yang peduli terhadap kondisi sesama.

Selain beliau berkecimpung di dunia pemerintahan, beliau sangat peduli dengan kondisi masyarakat sektar, teruta mereka yang menjadji penggungsi, akibat terjadi bencana alam. Atau kepedulliannya tersebut, IYC mendapatkan penghargaan dari PBB sebagai seorang yang peduli dengan pengungsi Indonesia.

Martin Luther King

martin luther king, tokoh ham dunia

sumber: cnn.com

Tokoh HAM dunia seanjutnya ialah pria berkebangsaan Amerika Serikat, Martin Luther King yang memperjuangkan hak setiap orang di negaranya.

Martin dikenal sebagai pemimpin terpenting Amerika Serikat pada masanya. Sejarah mencatat bahwa Martin memiliki gerakan non-kekerasan. Pdahal seperti yang kita tahu, pada masa itu diskriminasi terhadap warga Amerika berkulit hitam.

Selain seorang aktivis kemanusian, Martin juga berperan sebagai pendeta, artinya ia adalah pengikut Agama yang taat.

Saat ini Martin tercatat memegang nobel perdamaian atas dedikasi dan perannya dalam memperjuangkan hak-hak kemanusian.

Muhammad Ali

muhammad ali, tokoh ham dunia

sumber: variety.com

Muhammad Ali namanya begitu terkenal, karena memiliki karir yang gemilang di kancah tinju Internasional. Sebelum berpindah agama menjadi seorang muslim, ia memiliki nama Cassius Clay.

Baca Juga: Macam-Macam Ham yang Harus Diketahui

Bisa dikatakan Ali merupakan tokoh HAM dunia, sebab ia ikut berjuang atas nama kemanusiaan. Ali tercatat pernah menolak untuk mengikuti perang vietnam, dengan alasan menjaga hak-hak yang dimiliki sipil.

Demikian informasi mengenai tokoh HAM dunia, semoga dapat menginspirasi serta membuat kita lebih peduli dengan kondisi dan keadaan sesama.

 

 

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply