rocky gerung, filsuf, rocky gerung quotes

11+ Rocky Gerung Quotes untuk Menjaga Akal Sehat

Rocky Gerung Quotes – Siapa yang tidak mengenal sosok seorang Rocky Gerung, yang akhir-akhir ini menyita perhatian publik karena kata-katanya yang selalu mengkritik pemerintahan.

Nama beliau mulai hangat diperbincangan setelah menjadi narasumber disalah satu stasiun televisi swasta nasional.

Pembawaan yang menarik dengan pengetahuan luas terutama soal filsafat dan politik membuat saya begitu tertarik dengan sosok satu ini.

Bukan karena saya seorang oposisi atau tidak suka pemerintah, soal pemerintahan saya sama sekali tidak pernah mempedulikannya.

Akan tetapi soal pembawaan Rocky Gerung, yang saya kira cukup rasional, ditambah saya adalah seorang yang menyukai filsafat semenjak duduk di bangku SMA. Tentu hal itu menambah ketertarikan saya kepada beliau.

Tujuan tulisan Rocky Gerung Quotes ini dibuat agar sahabat mengenal atau bisa mempelajari perkataan-perkataan seorang Rocky Gerung.

Sekilas Tentang Rocky Gerung

rocky gerung

gambar via riausky.com

wikipedia menyebutkan Rocky Gerung adalah seorang filsuf, akademi dan intelektual, beliau dilahirkan di Manado, Sulawesi Utara 1959.

Rocky Gerung berkuliah di Universitas Indonesia dimulai pada tahun 1979, yang menarik beliau pertama kali kuliah di jurusan ilmu politik yang saat itu masih berada dalam lingkup fakultas ilmu-ilmu sosial.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, beliau pindah ke jurusan filsafat, dan lulus pada tahun 1986.

Bagaimana Dengan Agama Rocky Gerung?

religion, agama

gambar via rifemagazine.com

Hal ini tercatat cukup banyak dicari di inetrnet, tidak ada yang tahu pasti mengenai agama Rocky Gerung.

Akan tetapi beberapa spekulasi segelintir orang mengenai agama Rocky Gerung, merujuk pada satu agama yaitu kristen.

Akan tetapi mungkin saja bisa jadi beliau tidak benar-benar mengamalkan agama apapun, tentu hanya beliau dan Tuhan yang mengetahuinya.

Istri Rocky Gerung?

istri, wife, perempuan, love, cinta

gambar via crosswalk.com

Soal istri Rocky Gerung sama tidak diketahuinya dengan agamanya. Ada yang menyebutkan bahwa beliau belum menikah alias tidak memiliki istri. Tentu saja hal inipun hanya beliau dan Tuhan yang mengetahuinya.

Bagaimana apakah sekarang sudah mengenal siapa sosok Rocky Gerung? Jika belum, kalian bisa mengubungi beliau untu menanyak semua jenis pertanyaan, itupun jika beliau menjawabnya. Sahabat bisa menghubinginya di twitter @rockygerung

Rocky Gerung Quotes

qoutes rocky gerung, kata-kata bijak rocky gerung

gambar via yudihartono.com

Berikut ini merupakan kumpulan dari kata-kata rocky gerung yang sangat menarik untuk disimak.

Sunyi

Sunyi itu bunyi yang sembunyi

Quote atau kata-kata ini juga yang tertera di profil twitter seorang Rocky Gerung, menurut saya tulisan ini cukup menarik dan membuat saya jatuh hati dengan tulisannya.

Kata Itu Seperti Rindu dan Senja

Kata mengandung arti karena suasana. Seperti rindu dan senja

Kalau kata-kata yang satu ini saya kira cukup puitis ya, dimana beliau mengumpamakan kata yang mengandung arti samahalnya seperti rindu dan senja. Berbeda halnya dengan kata-kata yang tidak menganduk apa-apa alias kata-kata yang tak bermakna.

Seperti halnya omongan para politikus, kemana-mana menjual janji, eh taunya janji palsu.

Mencari Kesalahan Orang Lain

Cara dungu menutupi kesalahan hari ini adalah dengan mencari-cari kesalahan orang lain kemarin.

Hayo siapa yang kelakuannya sperti ini? Sudah terlalu banyak manusia model seperti ini ya, terutama para politikus yang sering kali mencari-cari kesalahan orang lain (lawan politk) yang gak adapun di ada-ada, padahal kesalahannya sendiri banyak.

Niat Boleh Buruk

Niat boleh buruk. Itu urusan moral anda. Tapi berusahalah menopangnya dengan jalan pikiran yang kuat. Paling tidak, yang buruk itu tak terlihat sekaligus dungu.

Kata-kata ini sangat menusuk bagi mereka yang memiliki niatan buruk, beliau perpesan bahwa sesuatu yang buruk itu paling tidak terlihat tak dungu.

Loyalitas Guru

Loyalitas guru bukan terhadap pemerintah, melainkan terhadap pengetahuan. Itu dalilnya

Kata-kata Rocky Gerung satu ini saya sangat menyukai sekali, dan saya termasuk orang yang megiyakan hal ini.

Dimana seharusnya loyalitas seorang guru bukan pada pemerintah, akan tetapi pada pengetahuan.

Akal Sehat

Negeri ini didirikan dengan akal sehat. Politik membuat banyak orang jadi pemarah. Akalnya buntu. Mari turun ke kampus-kampus. Rawat akal sehat mereka. Itulah sedekahmu buat bangsa. Bukan nungguin APBN

Akal sehat merupakan dua kata yang seringkali Rocky Gerung dengungkan di setiap kesempatan, termasuk dalam quotes di atas.

Terorisme

Terorisme bukan hakekat manusia. Dia adalah reaksi ideologis. Deradikalisasi harus mulai dengan mengatasi ketidakadilan global dan arogansi kekuasaan.

Terorisme bukanlah sebuah hakekat dari naluri manusia, akan tetapi ia muncuk karena sifat arogansi penguasa.

Membenci

Membenci artinya menolak mengerti. Itulah tindakan paling dungu.

Mungkin masih banyak diantara kita yang merasa tidak enak bahkan membenci seseorang tatkala kita di ingatkan, nah kata beliau hal semacam itu adalah tindakan paling dungu.

Era Manusia

Kita hidup di ujung “era manusia”. Humanisme sedang berevolusi menuju sistem nilai baru. Banyak kemarahan karena banyak ketidaktahuan.

Akhir-akhir ini kita menyaksikan kemarahan dan emosi yanng meluap-luap lebih dikedepkan dibandingkan denga otak yang dingin, hal ini muncul karena ketidak tahuan.

Sinisisme Publik

Bila terasa sinisisme publik, pertanda  ada kepercayaan yang retak pada penguasa. Introspeksilah, bukan justru mencurigai pikiran rakyat.

Pemerintah seharusnya menintropeksi diri, bukan justru mencurigai atau bahkan membungkam pemikiran masyarakat. Lalu apa bedanya dengan pemmemrintahan yang diktator.

Sejarah Negeri

Sejarah negeri ini juga sarat kekerasan. Selalu ada potensi ia kembali. Pemimpin yang tak paham sejarah, tak mengerti akar antropologi kekerasan itu. Ia lalai mengaktifkan percakapan warganegara, dengan akibat fanatisme mengintai momentum.

Memelihara Peradaban

Percakapanlah yang memelihara peradaban. Dendam dan kemarahan menutup percakapan. Fanatisme mulai dari situ, mendaur ulang kejahatan.

Marah yang muncul akan menutup percakapan, sedangkan percakapanlah yang memelihara peradaban, dengan tidak adanya percakapan berarti peradaban hialng.

Kejahatan

Kejahatan adalah kualitas rendah manusia. Tapi tak cukup dengan cacian dan hukuman. Pelajari mikroskopi psikologinya, pahami makropolitik ketidakadilan global.

Sebuah kejahatan yang dilakukan menunjukan sebuah kualitas manusia, dengan melakukan kejahatan, berarti telah memamerkan kualitas yang rendah dari manusia.

Pernah

Pernah”. Kata yang paling sempurna. Ia melampaui “sudah” dan menjadikannya “masih”

Pejabat Publik

Kalau anda seorang politician/pejabat publik, anda tidak boleh, terlarang, dan anda akan dihina kalau anda mengajukan pertanyaan privat. Jadi dia mengajukan pertanyaan itu pun saya sudah jengkel, you politician atau orang bodoh.

Demikian tulisan mengenai Rocky Gerung Quotes, semoga kita menjadi seorang yang bijak dalam menilai segala sesuatu.

Kepoin Yuks