Pengertian Hukum Perdata Lengkap, Disertai dengan Contohnya

Pengertian Hukum Perdata – Hukum yang mengatur antara hubungan individu dalam lingkungan masyarakat (civil law). Dalam bahasa Belanda hukum ini disebut dengan Burgerlijk Recht, serta bersumber dari Burgerlik Wetboek (B.W). Sedangkan untuk di Indonesia hukum perdata bersumber dari kitab yang disebut dengan kitab Undang – Undang Hukum Perdata atau biasa dikenal dengan sebutan KUH Perdata.

Akan tetapi, pada saat ini tidak semua hukum perdata terdapat dalam KUH Perdata, sebab pada tahun 1948 mengalami kodifikasi, terutama untuk hukum perdata tertulis. Sehingga setelah adanya kodifikasi tersebut, hukum perdata tidak ada lagi berada di KUH Perdata.

Pada intinya hukum perdata ini merupakan sebuah hukum yang mengatur antara hubungan hukum dengan invidu, baik yang tertulis maupun tidak tertulis.

Tentu jika kita merujuk kepada pengertian hukum, memiliki hak dan kewajiban untuk dipenuhi serta terdapat sanksi di dalamnya.

Pengertian Hukum Perdata Secara Umum

gambar globe, gambar globe indonesia, pengertian hukum perdata

unsplash.com

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa hukum perdata merupakan sebuah hukum yang mengatur hubungan antar individu, baik tertulis maupun tidak tertulis, serta mengatur perlindungan seseorang dengan yang lainnya.

Di dalam hukum, yang menjadi subjek bukan hanya manusia atau orang saja akan tetapi badan hukum juga dapat dijadikan sebagai subjek hukum. Jadi lebih tepatnya, hukum perdata merupakan hukum yang mengatur hubungan kaidah – kaidah hukum dengan kaidah lainnya di dalam hubungan keluarga dan masyarakat.

Setidaknya hukum perdata memiliki dua kaidah, sebagai berikut.

  • Kaidah tertulis, kaidah hukum perdata yang terdapat dan tertulis di dalam perundang – undangan.
  • Kidah tidak tertulis, lebih menunjukan sebuah kebiasaan yang muncul dan timbul di lingkungan masyarakat.

Terdapat dua subjek hukum di dalam hukum perdata, diantaranya.

  • Manusia, yaitu seseorang yang memiliki hak dan kewenangan atas hukum.
  • Badan Hukum, merupakan kelompok orang atau masyarakat yang memiliki aset termasuk di dalamnya harta kekayaan serta hak dan kewajiban.

Hukum perdata secara subtansi mengatur hal – hal sebagai berikut.

  • Hubungan keluarga, maksud dari hukum keluarga ialah yang mengatur segala sesuatu dalam keluarga.
  • Hubungan dalam masyarakat, akan menciptakan, hukum waris, hukum ikatan dan hukum kekayaan.

Hukum perdata memiliki unsur-unsur di dalamnya sehingga hukum tersebut dapat dikatakan sebagai hukum perdata, seperti terdapat kaidah hukum, adanya hubungan antara subjek hukum dengan yang lain dan mengatur bidang hukum seperti hukum waris, hukum pernikahan, hukum keluarga, hukum benda dan hukum pembuktian.

Sperti di atas, hukum perdata mengatur hukum privat materil, sebagai berikut.

  • Hukum perkawinan
  • Hukum kekeluargaan
  • Hukum benda
  • Hukum waris
  • Hukum perikatan

Demikian pengertian hukum perdata secara umum, pada bagian selanjutnya kita akan membahas hukum perdata menurut ahli.

Baca Juga: Pengertian hukum adat

Pengertian Hukum Perdata Menurut Ahli

pengertian hukum perdata, einstein, einstein quote, albert einstein

unsplash.com

Setidaknya terdapat dua pendapat ahli mengenai pengertian hukum perdata, diantaranya sebagai berikut.

Pendapat Vann Dunne

Vann Dunne mengungkapkan bahwa hukum perdata mengatur hal hal yang bersifat esensial bagi dirinya sendiri atau bagi keluarganya, mengatur tentang perikatan dan hak milik, sedang hukum public tidak menjamin hal tersebut.

Pendapat Vollmar 

Vollmar menyebutkan, hukum perdata merupakan sebuah hukum dengan aturan – aturan dan norma – norma yang memberikan pembatasan. Maka dari itu hukum perdata memberikan perlindungan kepada setiap orang (perorangan), terutama dalam hubungan keluarga dan lalu lintas.

Menurut RIduan Syahrani

Menjelaskan, bahwa pengertian hukum perdata merupakan hukum yang mengatur antara hubungan yang satu dengan yang lainnya, yang menitik beratkan pada kepentingan masyarakat.

Menurut Mr. E.M. Mejers

Pengertian hukup perdata adalah hukum yang mengatur sepenuhnya tentang hak – hak individu atau perorangan dan jika ingin memanfaatkan hukum tersebut dapat melalui kepentingan diri sendiri.

Menurut Mr. H.J. Hamaker

Hukum perdata ialah hukum yang mengatur tingkah laku seseorang dalam kehidupan masyarakat.

Pengeertian Hukum Perdata Menurut KBBI

insoneaia, bendera indonesia, pengertian hukum perdata

unsplash

perdata1/per·da·ta/ n Huk sipil (sebagai) lawan kriminal atau pidana;

— formal yang mengatur hak, harta benda, dan hubungan antara orang atas dasar logika;
— material yang mengatur hak, harta benda, hubungan antarorang atas dasar kebendaan;

Sumber: KBBI Online

Hukum Perdata Menurut Undang – Undang

buku, gambar buku, pengertian hukum perdata

pexels.com

Hukum perdata yang berlaku di Indonesia merupakan hukum yang bersumber dari napoleon, sebab belanda pun tidak membuat tentang aturan hukum perdata, akan tetapi hanya menyalin dari bahasa Prancis ke dalam bahasa Nasional Belanda.

Sampai pada tahun 1945, saat Indonesia merdeka, hukum perdata yang digunakan oleh pemerintahan Hindia Belanda tidak dihapuskan sama sekali dan tetap masih digunakan, dengan pertimbangan sebab Undang – Undang baru belum dibuat pada masa itu.

Baca Juga: Pengertan hukum agraria

Sejarah Hukum Perdata

pengertian hukum perdata, gambar hukum

pexels.com

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa hukum perdata yang digunakan Belanda merupakan hasil salinan dari Prancis, yang disusun berdasarkan hukum romawi, dan saat itu dianggap hukum yang paling sempurna. Di Prancis sendiri hukum perdata merupakan bagian dari hukum privat.

Jadi pada saat itu, hukum privat di Prancis dikodifikasi menjadi dua bagian, yaitu hukum perdata dan hukum dagang.

Mengapa hukum tersebut masih digunakan oleh belanda pada waktu itu?

Sebab belanda pernah dijajah Prancis, dan memberlakukan hukum tersebut disana.

Baru setelah beberapa puluh tahun merdeka Belanda mulai menyusun hukum perdata sendiri yang disebut dengan hukum civil, dan hukum tersebut diberlakukan di Indonesia.

Ruang Lingkup Hukum Perdata

hukum perdata, pengertian hukum perdata

unsplash.com

Setidaknya terdapat dua ruang lingkup dalam hukum perdata, seperti yang terdapat pada penjelasan di bawah ini.

Hukum Perdata Dalam Arti Luas

Hukum perdata dalam arti luas memiliki makna, bahwa hukum yang semuanya termasuk ke dalam hukum materil. Hukum yang mengatur dan memfasilitasi perorangan.

Hukum Perdata Dalam Arti Sempit

Pengertian hukum Perdata dalam arti sempit, hanya memuat apa yang ada dalam KUH Perdata, hukum tersebut hanya meliputi hukum secara tertulis.

Hukum ini juga meliputi hukum Acara Perdata, dimana mengatur mengenai seseorang untuk mendapatkan pengadilan di muka hukum melalui hukum perdata, dan bagaimana cara mengguagat seseorang.

Sumber Hukum Perdata

legal, hukum perdata, pengertian hukum perdata

pexels.com

Hukum perdata dibedakan menjadi dua jenis, Hukum Materil dan Hukum Formal. Untuk penjelasan dari masing masing tersebut adalah sebagai berikut.

  • Sumber hukum materil, yaitu bersumber dari tempat dimana hukum itu diambil, seprti hasil penilitian ilmiah, kekuatan politik, hubungan sosial, perkembangan Internasional serta keadaan geografis.
  • Sumber hukum formal, yaitu tempat memperoleh kekuatan hukum, hal ini sangat berkaitan erat dengan bagaimana hukum formal itu sendiri dapat diberlakukan.

Contoh Hukum Perdata

kerja sama, pengertian hukum predata, hukum perdata

unsplash.com

Hukum perdata merupakan sebuah hukum untuk menangani kasus pribadi, semisal pencemaran nama baik, perceraian, tentang urusan warisan, dll. Adapun tujuannya yaitu untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dikedua belah pihak.

Hukum Pencemaran Nama Baik

Hukum pencemaran nama baik biasanya muncul dari kalangan orang ternama, misal artis atau pengusaha. Bermula dari seorang korban yang merasa namanya dijelek – jelekan, biasanya di media, dan kemudian korman yang namanya merasa dijelekan melaporkan kepada pihak berwajib dengan kasus pencemaran nama baik.

Hukum Warisan

Mengatur tentang pembagian hak waris dari sebuah keluarga, tentu setelah kepergian atau meninggalnya orang pemilik harta kekayaan.

Keluarga yang bersangkutkan akan menuliskan siapa saja yang menerima warisan atau harta kekayaan, akan tetapi jika ada konflik atau masalah di dalam kelurga saat pembagian warisan, hal tersebut dapat dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Hukum Perceraian

Perceraian dalam rumah tangga biasanya menjadi jalan terakhir dalam kehidupan berumah tangga, namun dalam perceraan sendiri banyak yang tidak berjalan mulus. Maka hal tersebut bisa diajukan kepengadilan untuk dilakukan sidang perceraian.

Nah itu dia artikel tentang pengertian hukum perdata, semoga dengan kita mengetahui dan memahami pengertian hukum perdata, bisa menjadi lebih paham dengan hukum hukum yang berlaku di Indonesia. Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply