Pencemaran Air atau Polusi Air | Akibat, Dampak & Contoh

Pencemaran Air – Air merupakan salah satu sumber kehidupan di bumi. Sama seperti tanah, air sangat memiliki peran yang vital dalam kehidupan. Mengapa? Karena hampir seluruh penyusun tubuh manusia ini terdiri dari air.

Selain itu, air juga sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk mandi, mencuci, memasak, pengairan, dan sebagainya. Pencemaran air merupakan masuknya suatu komponen berupa unsur, energy, dan zat lainnya yang bercampur dengan air sehingga dapat menurunkan kualitas air.

Pengertian pencemaran air berdasarkan uu no. 3 tahun 1997, pencemaran air adalah menurunnya kualitas air akibat masuknya makhluk hidup, zat, energy ke dalam air akibat aktivitas manusia. Penurunan kualitas air tersebut disebabkan secara sengaja oleh aktivitas manusia.

Artikel Terkait

Manfaat Air untuk Kehidupan

manfaat air

gambar via oaecwater.org

Air nyatanya merupakan hal sangat penting dalam kehidupan, bahkan sebagian besar bumi dan tubuh kita terdiri dari air. Berikut ini merupakan manfaat air termasuk yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya.

a. Memenuhi cairan tubuh

Setiap mahluk hidup, termasuk tumbuhan memerlukan air dalam proses hidupnya, begitupun dengan manusia. Seprti yang telah disinggung pada bagian sebelumnya, ternyata sebagian besar dari tubuh manusia terdiri dari air. Bahkan ketika seseorang kekurangan air dalam tubuhnya akan menyebabkan dehidrasi.

b. Membersihkan tubuh

Air sangat bermanfaat dalam membersihkan tubuh manusia, hampir dua kali dalam sehari kita membersihkan tubuh. Dengan demikian tubuh kita akan terhindar dari kuman dan penyakit.

c. Membantu kegiatan sehari-hari

Hampir setiap kegiatan yang kita lakukan senantiasa membutuhkan air, seperti minum, mandi, mencuci dan lain sebagainya. Bayangkan apabila air dilingkungan kita terkena polusi bahkan tidak ada, sudah dapat dipastikan kita akan sangat kesulitan dalam menjalankan kegiatan harian dalam hidup.

d. Sarana pertanian

Air merupakan sumber kehidupan, bukan bagi manusia saja, namun bagi tumbuhan dan tanaman. Maka tidaklah heran apabila bidang pertanian sangat membutuhkan air dalam prosesnya.

e. Pembangkit tenaga listrik

Hari ini kita terbilang mudah dalam melakukan aktivitas di malam hari dengan bantuan listrik. Namun apakah kalian tahu sebagian besar listrik di Indonesia bersumber dari pembangkit listrik tenaga air, baru sisanya dari pembangkit listrik tenaga uap,

Pengertian Pencemaran Air

pencemaran air

gambar via pp3.co.id

Pencemaran air sendiri dapat diartikan sebagai suatu kejadian atau fenomena dimana tempat penampung atau sumber air mengalami perubahan, baik fisik maupun non fisik.

Sebagai contohnya ialah terjadinya ke kotoran sunai, danau, laut dan sumber air yang lainnya. Sehingga dengan hal seperti itu tidak dapat dimanfaatkan kembali oleh kita sebagai mana mestinya.

Beberapa ada yang mendefinisikan hal ini sebagai bentuk menurunnya kualitas air yang disebabkan oleh zat, mahluk hidup atau yang lainnya. Sehingga menyebabkan kualitas dari pada air mengalami penurunan atau dapat dikatakan rendah.

Sebagian besarnya penyebabnya adalah kegiatan dari manusia itu sendiri, seperti penebangan hutan, sehingga sungai membbawa material tanah, membuang sampah dan lmbah industri ke sungai dan masih banyak contohnya.

Indikator Pencemaran Air

pencemaran air

gambar via mitra-arsitek.com

Pencemaran air dapat disebabkan oleh beberapa faktor dan sumber. Berikut kita lihat indikator dari pengotoran air.

a. Parameter Kimia

Kita dapat melihat polusi air melalui parameter kimia yang mengamati ph, zat organic dan jumlah logam berat di dalam air.

b. Parameter fisika

Parameter ini mengamati pengotoran air melalui warna air, rasa, bau, dan tingkat kekeruhan air.

c. Parameter suhu

Beberapa organisme seperti bakteri sangat peka terhadap perubahan suhu air. Jumlah populasi bakteri di suatu lingkungan dapat dijadikan indikator pencemaran air.

d. Parameter bakteriologi

Parameter ini mengamati jumlah puristik, patogenik, coliform yang ada dalam air. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kandungan bakteri yang ada dalam air.

e. Parameter bau dan rasa

Perubahan baud an rasa pada air menjadi indicator bahwa air sudah tercemar atau tidak. Umumnya, air yang yang jernih akan memiliki ph yang netral atau biasa dikenal dengan tidak memiliki rasa dan bau. Apabila air sudah memiliki bau gas, bau busuk, mempunyai rasa asam atau pahit, itu pertanda bahwa air sudah tercemar.

f. Parameter warna

Air yang bersih dan jernih akan berwarna bening atau transparan, tidak keruh, dan tidak berbau.

g. Parameter tingkat kekeruhan

Indicator pencemaran air dapat dilihat dari tingkat kekeruhan warna air. Air yang berwarna keruh biasanya sudah tercampur dengan tanah liat, tanah lempung, bercampur dengan limbah rumah tangga maupun industry, dan meningkatnya jumlah mikroorganisme dalam air.

Sumber Pencemaran Air

limbah, sampah

gambar via uniqepost.com

Berikut beberapa sumber pencemaran air.

a. Limbah rumah tangga

Aktivitas mandi atau mencuci yang selalu menggunakan sabun, rinso, dan zat lainnya merupakan limbah rumah tangga. Kebiasaan membuang air sabun sembarangan ini menjadi sumber pemicu polusi air.

b. Limbah industri

Banyak sekali limbah industri dari pabrik yang secara langsung dibuang ke sungai. Jika hal ini dibiarkan terus menerus terjadi, tidak menutup kemugkinan air akan semakin tercemar.

c. Limbah peternakan

Dalam peternakan, hal memotong hewan unggas seperti bebek, ayam, burung, atau hewan lain seperti sapi, kambing itu biasa dilakukan. Nah, darah penyembelihan hewan tersebut jika dibuang ke sunga langsung akan dapat mencemari air.

d. Limbah pertanian

Limbah yang dihasilkan dari pertanian ini berasal dari penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang digunakan untuk menanam tanaman. Zat kimia berbahya ini dapat mencemari air yang terkandung di dalam tanah.

e. Limbah kendaraan yang beroli

Limbah kendaraan yang beroli juga dapat memengaruhi polusi air. Karena dalam oli tersebut terdapat zat kimia yang berbahaya.

f. Penggundulan hutan.

Siapa sangka penggundulan hutan ternyata juga memengaruhi pengotoran air. Mengapa bisa? Hal ini karena tidak ada lagi pohon yang dapat mengikat air di dalam tanah sehingga pasokan air akan berkurang.

g. Membuang sampah sembarangan

Hal ini sudah pasti dapat memengaruhi pengotoran air, terutama di sungai. Banyak sekali orang yang belum sadar akan hal tersebut, seenaknya membuang sampah di sungai. Selain dapat mencemari air, hal ini juga akan menimbulkan berbagai macam penyakit dan bisa menyebabkan banjir.

h. Area pertambangan

Area pertambangan juga menjadi salah satu sumber pengotoran air dan mengurangi jumlah air bersih.

Penyebab Pencemaran Air

pencemaran air

gambar via tempo.co

Secara umum, ciri-ciri air yang sudah tercemar yaitu memiliki warna dan sudah tidak jernih, berbau dan memiliki rasa. Air yang berwarna umumnya bersumber dari limbah rumah tangga ataupun limbah pabrik.

Air yang berbau juga tidak disarankan untuk dikonsumsi dan digunakan, karena bisa jadi air tersebut sudah tercampur bahan kimia berbahaya ataupun akibat dari aktivitas organisme.

Selain itu, polusi air juga disebabkan oleh limbah industry berupa cat, tekstil, bahan-bahan kimia, dan lain-lain. Berikut faktor-faktor yang memengaruhi pengotoran air.

a. Sampah organik maupun anorganik

Sampah merupakan salah satu faktor penyebab polusi air. Banyaknya sampah yang dibuang di sungai mengakibatkan air tercemar.

b. Limbah industri

Salah satu penyebab utama polusi air yaitu limbah industry. Limbah yang secara langsung dibuang ke sungai atau ke laut tanpa diolah terlebih dahulu akan mencemari lingkungan perairan. Sebaiknya sebelum dibuang, limbah industry terlebih dahulu diolah agar tidak membahayakan lingkungan.

c. Bahan peledak

Bahan peledak yang digunakan untuk mengangkap ikan dapat mencemari air laut serta dapat merusak ekosistem yang ada di dalamnya. Bahan peledak juga dapat mematikan ikan-ikan kecil dan ikan besar sehingga akan menghambat regenerasi ikan.

d. Peternakan dan perikanan

Limabah kotoran sisa-sisa makanan dari ternak yang diasa dibuang ke sungai juga menjadi pemicu tercemarnya air.

e. Limbah pertanian

Limbah pertanian yang berupa sekam padi, jerami, buah busuk, ranting, dan lain-lain juga menjadi penyebab polusi air.

f. Tumpahan minyak di laut

Tumpahan minyak di laut yang disebabkan oleh derasnya arus lalu lintas transport minyak, yang mengakibatkan pengotoran air.

g. Detergen

Salah satu contoh limbah rumah tangga yaitu detergen. Sebelum membuang detergen sembarangan sebaiknya lakukan pengolahan terlebih dahulu.

Dampak Pencemaran Air

dampak pencemaran air

gambar via thegorbalsla.com

Polusi air jika dibiarkan akan merusak keseimbangan ekosistem di air. Berikut dampak-dampak yang disebabkan oleh pencemaran air.

a. Punahnya spesies

Pencemaran air dapat membuat spesies ikan dan biota yang lain punah. Hal ini dapat menurunkan jumlah keanekaragaman dalam ekosistem air dan tentunya sangat merugikan.

b. Keseimbangan lingkungan terganggu

Keseimbangan lingkungan dapat terganggu karena terjadi perubahan interaksi dalam suatu ekosistem

c. Sebagian tumbuhan air akan mati

Kumungkinan besar sebagiaan tumbuhan yang hidup dia air akan mati karena tidak toleran terhadap kondisi air dengan ph asam.

d. Meledaknya hama

Penggunaan pestisida yang berlebihan dapat menyebabkan predator mati sehingga akan memutus rantai makanan suatu ekosistem. Hal ini akan membuat hama akan meledak.

Contoh Pencemaran Air

contoh pencemaran air

gambar via informazone.com

Pencemaran air bukanlah hal yang baru, baik di Dunia maupun di Indonesia. Sebab hal ini sangat berbanding lurus dengan kemajuan perindustrian, berikut ini contohnya;

  • Limbah pabrik yang dibuang ke sungai tanpa penyaringan terlebih dahulu.
  • Agen infeksius, contohnya bakteri, virus dan parasit.
  • Membuang sampah ke sungai.
  • Sedimen, seperti tanah, lumpur serta kerikil.
  • Tumhan minyak di laut.
  • Limbah nuklir.
  • Nutrisi atau unsur hara, seperti nitrat, fosfat dan amonium.

Penanggulangan Pencemaran Air

penanggulangan pencemaran air

gambar via beritasatu.com

  • Menempatkan tempat industri yang jauh dari pemukiman penduduk, hal ini dimaksudkan untuk menvegah pencemaran lingkungan baik pencemaran udara, air, ataupun darat.
  • Mengawasi dan membatasi penggunaan pestisida dan zat kimia lainnya.
  • Mencegah penggundulan hutan agar pohon dapat membantu mengikat air dalam tanah sehingga terjadi keseimbangan air dalam tanah.
  • Jangan menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Buanglah smapah pada tempatnya dengan cara memisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah pencemaran air. Dimulai dari diri kita sendiri. Misalnya dengan mendaur ulang barang-barang bekas seperti plastik, bekas plastik detergen dan sabun yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan pembuatan tas, dompet, dan lain-lain. Dengan demikian, anda dapat menginspirasi tetangga dan orang-orang di sekitar anda.

Hal-hal tersebut tentu saja dapat menjadi solusi mengurangir pencemaran atau polus air. Selain itu kita juga telah ikut berperan aktif dalam menjaga lingkungan.

Demikian tulisan mengenai pencemaran air lengkap dengan indikator, sumber, dampat serta penanggulangannya. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi kita semua.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply