Minuman Tradisional Indonesia

Minuman Tradisional Indonesia – Seperti yang telah kita tahu, Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya. Kaya dalam arti luas, artinya bukan kaya dari segi materi, namun kaya akan kearifan lokal dan budaya. Termasuk didalamnya adalah kuliner yang beragam.

Pada postingan ini cakhasan.com akan coba mengulas minuman tradisional khas Indonesia, terutama minuman yang masih eksis sampai saat ini.

Dalam kata lain, daftar minuman khas Indonesi yang akan dibahas adalah minuman-minuman yang masih mudah ditemukan dan didapatkan, baik di daerah asalnya ataupun daerah lainnya.

Artikel Terkait : Minuman Khas Italia 

Tentu dengan kita mengenal kuliner Indonesia, disini minuman tradisional, kita akan semakin sadar bahwa Indonesia ini memang benar-benar negara yang kaya raya.

Daftar Minuman Tradisional Khas Indonesia

Berikut ini merupakan daftar minuman tradisional khas Indonesia.

No
Nama Minuman Khas
1Es Goyobod
2Es Lilin
3Bajigur
4Es Kuwet
5Teh Jahe
6Es Bir
7Kopi Joss
8Es Teler
9Sapararila
10Bir Pletok

Kurah lebih daftar minuman tradisional yang akan saya bahas seperti pada tabel bagian di atas, pembahasannya saya batasi hanya sepuluh saja.

Setelah melihat beberapa referensi, kami kira minuman tradisional yang paling terkenal di Indonesia adalah yang telah disebutkan pada bagian atas.

pada bagian selanjutnya kita akan membahasnya satu persatu mengenai minuman khas Indonesia ini.

Es Goyobod, Minuman Sunda

minuman tradisional, minuman khas sunda, makanan khas sunda enak

lalawuhsunda.com

Rasanya saya sudah sangat sering membahas mengenai minuman khas satu ini. Karena beberapa artikel sebelumnya yang masih berkenaan dengan minuman tradisional, seperti minuman khas Jawa Barat, minuman khas Bali, minuman khas Jawa Tengah serta minuman khas Jawa Timur.

Namun tentu saya tidak akan bosan untuk tetap membahasnya, sebab bagi saya sendiri kuliner Indonesia, khususnya minuman tradisional ataupun makanan tradisiona merupakan aset yang penting bagi negara ini.

Sebab sudah terbukti, dengan kekayaan yang Indonesia miliki di bidang ini dapat menarik wisatawan manca negara atau masyarakat dunia untuk melihat dan memperhatikan Indonesia.

Beruntung rasanya Indonesia memiliki minuman tradisional seperti es goyobod ini, minuman segar dengan perpaduan serta campuran buah, kelapa dan agar-agar.

es goyobod sudah ada sejak 30 tahun yang lalu, minuman tradisional yang legendaris, mulai dari latar belakan sampai rasa yang tidak pernah berubah sampai saat ini.

Es goyobod masih tetap bertahan, meski jaman mengalami perubahan dengan cepat sampai bisa dibilang sulit untuk dikontrol.

Sampai saat ini minuman asal garut yang menyegarkan masih tetap eksis, meski Indonesia sedang berada di tengah-tengah gempuran arus dan gaya Internsional.

Tentu saja kita berharap dan berdoa, minuman ini akan senantiasa ada dan dicintai oleh masyarakat, sehingga anak cucu kita kelak masih bisa merasakan segarnya es goyobod.

Es goyobod akan sangat nikmat apabila disandingkan dengan makanan khas Sunda seperti sate ayam atau bahkan dengan mie kocok bandung.

Es lilin, Es yang Hampir Punah

minuman khas sunda

waktuku.com

Masih dari tanah Sunda, terdapat es dengan bentuk yang sangat lucu, memiliki bentuk bulet panjang dengan warna yang warna-warni.

Pada masanya es satu ini pernah berjaya, seinget saya di tahun 2000-an es lilin masih digemari dan dijual di setiap sekolah dasar.

Tentu saja lain jaman lain cerita, kejayaan es lilin telah meredup, namun tidak sampai menghilang. Karena di beberapa daerah masih terdapat pedagang yang menjajakan es lilin.

Kemunduran es lilin bukan tanpa sebab, seperti yang kita ketahui saat ini, es yang lebih modern serta memiliki rasa yang lebih menggugah telah mengalahkan es tradisional ini. Bahkan kalau boleh saya mengatakan, jaman sekarang ini kuliner yang dikatakan modern telah berhasil mengekspansi kuliner tradisional.

Parahnya lagi beberapa masyarakat kita menganggap kuliner modern memiliki value yang lebih dibandingkan dengan yang tradisional-tardisional.

Padahal nyatanya tidaklah demikian, bahkan seringkali yang disebut tradisional ini menang telak atas yang disebut dengan modern.

Bajigur, Minuman Tradisional yang Dimodernisasi

minuman tradisional

bajigur

Bjigur merupakan minuman khas Sunda yang mampu menghangatkan tubuh tatkala tubuh kedingin, meskipun mampu menghangatkan tubuh, bajigur tetap tidak mampu menghangatkan suasa.

Sebab untuk menghangatkan suasa kita butuh orang terdekat, seperti kekasih ataupun keluarga.

Mengapa bajigur saya sebut sebagai minuman tradisional yang mampu dimoderenisasi? Alasannya cukup sederhana, sebab bajigur saat ini telah mampu dijual secara instant.

Sebagai contoh adalah bajigur produk hanjuang.

Tentu dari segi kualitas mengalami penurunan jika kita bandingkan dengan minuman versi instantnya. Akan tetapi dengan begini, minuman satu ini dapat bersaing serta memiliki nilai dipasaran.

Pada masanya bajigur pernah menjadi minuman favorit kolomerat, sebab selain dapat menghangat tubuh, bajigur ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tak heran jika bajigur dan minuman tradisional lainnya memiliki berbagai macam manfaat, sebab bahan dasar yang digunakan dari alam dengan berbagai jenis rempah-rempah.

Nah berbeda rasanya jika kita menengok minuman saat ini yang banyak dijual, kebanyakan mengandung bahan kimia, seminimal-minimalnya adalah pengawet.

Tentu saja buka kesehatan yang didapatkan, malah sebaliknya yaitu penyakit.

Es Kuwet, Es Bali yang Dikenal Mancanegara

minuman tradisional,minuman khas bali, es kuwet

coockpad.com

Es kuwet atau es Bali merupakan minuman khas Bali dengan cita rasa serta penampilan yang unik, es kuwet atau es campur Bali berbahan dasar blewah.

Es kuwet memiliki rasa yang segar dan menyejukan ketika kita minum disiang hari.

Es kuwet bukan hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, akan tetapi telah dikenal oleh nbanyak orang di Dunia.

Es satu ini telah mampu menembus keterbatasannya sebagai minuman tradisional.

Dari sini kita mampu belajar bahwasannya untuk terkenal tidak butuh modern, yang perlu kita lakukan hanya menjadi diri sendiri.

Selain di jajakan di Bali, es kuwet banyak terdapat di daerah-daerah luar Bali, bahkan di beberapa kesempatan es kuwet dijadikan sebagai minuman saat buka puasa.

Teh Jahe, Tehnya Orang Bali

minuman khas bali, teh jahe

nakita.id

Bali memiliki teh tradisional sediri yaitu teh jahe. Lalu pa yang membedakan teh biasa dengan teh Bali? yang menjadi pembeda antara teh biasa dengan teh bali, yaitu soal rasa, sebab teh Bali bukanlah teh biasa, teh ini adalah teh yang dicampur dengan jahe.

Perpaduan harum dan rasa teh melebur menjadi satu dengan rasa dan aroma jahe.

Efek yang ditimbulkan dari jahe ialah rasa yang lebih hangat, yang barang tentu mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh.

Setiap orang yang bertamu, biasanya di bali tidak  di beri teh biasa, akan tetapi teh yang disajikan adalah teh jahe.

Jika kalian memiliki kesempatan berkunjung dan bertamu  di Bali, kemudian mendapatkan teh dengan rasa yang berbeda, kemungkinan besar adalah teh jahe.

Es Bir, Bir Tanpa Alkohol

minuman khas bali

tastemade.com

Minuman tradisional satu ini dikenal dengan nama es bir, yaitu minuman khas Bali. Meskipun namanya es bir, akan tetapi nyatanya tidak mengandung alkohol sama sekali, alias zero.

Es bir adalah minuman jenis tradisional yang berbahan dasar air kelapa yang ditambahkan jeruk atau limun, sehingga memiliki rasa seolah-olah seperti bir.

Es bir adalah minuan yang berasal dari Bali, selain segar, tentu minuman satu ini sehat dan halal ya.

Bagi kalian yang ingin mencobanya bisa berkunjung ke Bali dan menikmati segelas es bir dengan menikmati keindahan alam Pulau Dewata.

Kopi Joss, Jogja Punya

minuman tradisional

kopi jos

Jangan bilang kalian pernah ke jogja jika belum menikmati malam dibarengi segelas kopi joss, minuman satu ini memang sudah terkenal di seantero negeri ini.

Terkenal dengan cara penyajian yang unik, serta menggunakan bahan dasar yang unik pula, yaitu sebongkah arang hitam.

Selain terkesan unik, erdasarkan penelitian yang telah dilakukan arang ini ternyata dapat mendatangkan banyak manfaat.

Es Teler, Esnya Masyarakat jawa

minuman tradisional, es teler

es teler

Entah dari mana penamaan teler disematkan keminuman ini, yang jelas es teler sangat mirip sekali dengan es campur.

Atau kalau boleh berspekulasi, penamaan es teler berasal dari rasa yang dihasilkan, jadi saking enaknya, yang mengonsumsinya sampai teler.

Es teler terbuat dari campuran berbagai macam buah yang di iris-iris. Minuman khas Jawa Timur ini akan sangat mudah sekali ditemukan hampir diseluruh daerah di Indonesia

Sapararila, Minuman Kolomerat Jawa

minuman khas jwa tengah, minuman tradisional

netrainews.com

Sapararila adalah minuman kolomerat masyarakat jawa pada masanya, yaitu sekitar tahun 50 sampai tahun 70-an.

Saat ini sapararila dapat dinikmati dan dikonsumsi oleh semua orang, minuman initelah dikemas sedemikian rupa, sehingga kita dapat menikmatinya dimana saja dan kapan saja.(mengetahu sejarah saparaella disini)

Minuman tradisional ini pun terasa unik dengan tampilan yang menarik.

Bir Pletok, Minuman Betawi atau Jawa?

bir pletok, minuman khas jawa tengah

tirbunnews.com

Entahlah yang betul itu yang mana, sebagian pihak mengklaim bahwa minuman tradisional satu ini adalah minuman betawi, sedangkan yang lainnya menganggap berasal dari Jawa.

Artikel Terkait : 9+ Minuman Khas Thailand yang Sayang Dilewatkan

Terlepas dari itu semua, kita harus menyadari bahwa minumann tradisonal ini adalah miliki kita yang menyukai dan menyenanginya.

Nah itu informasi yang bisa saya berikan terkait minuman tradisional, seboga menjadi referensi bagi kalian dalam menjelajah minuman khas Nusantara, semoga bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply