9+ Minuman Khas Thailand yang Sayang Dilewatkan

Minuman Khas Thailand – Negeri gajah putih merupakan julukan untuk Thailand, secara letak geografis dan iklim sebenarnya Thailand tidaklah jauh berbeda dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Namun ada satu yang unik dari negara satu ini, yaitu kulinernya dan tempat wisata yang indah.

Kuliner Thailand sangat beragam sekali, mulai dari yang tampak enak, aneh hingga yang menjijikan juga ada. Nah pada kesempatan kali ini saya ingin membahas secara khusus mengenai minuman khas Thailand, baik jenis minuman yang beralkohol maupun non alkohol. Berikut penjelasan lengkapnya.

Minuman Khas Thailand Non Alkohol

minuman khas thailand

gambar via okezone.com

Sangat banyak sekali minuman khas thailand yang tidak mengandung alkohol, sebut saja seperti minuman-minuman yang sangat populer di Indonesia.

Artikel Terkait : 9 Minuman Khas Korea Sayang Dilewatkan [Terpopuler]

Sebagai contoh thai tea, jenis minuman yang sangat populer sekali, baik dikalangan muda maupun tua. Maka tidak heran jika minuman ini terus menjamur, terutama di negara-negara Asia Tenggara. Berikut daftar minuman khas thailand yang wajib kalian coba.

NoNama Minuman
1Thai Tea
2King Manggo Tea
3Cha Manao
4Nam Manao
5Nam Som
6Oliang
7Nom Yen
8Nam Bi Tua

Thai Tea

teh tarik, thai tea, teh thailand

gambar via thespruceeats.com

Thai tea adalah minuman yang sangat terkenal, bukan hanya di negara asalnya, akan tatapi minuman ini telah menyebar luas kepenjuruan dunia, termasuk negara kita Indonesia. Sebenarnya tidak heran apabila masyarakat dunia menyukai Thai tea, karena rasanya memang enak dan menyegarkan. Minuman ini cocok kalian nikmati ketika siang hari.

Jika dilihat berdasarkan sejarah, teh Thailand atau Thai tea telah ada sejak tahun 80-an. Tidak ada yang mencolok dari teh ini, yang membedakan hanya ditambahkan susu ke dalam teh, sedangkan untuk yang lainnya hampir sama dengan teh pada umumnya.

Masyarakat Thailand menamai minuman ini dengan cha yen. Jika kalian hendak berlibur ke Thailand, jangan lewatkan minuman legendaris ini. Meski di Indonesia terdapat banyak penjual Thai tea, tidak ada salahnya kalian mencicipi dari negara yang melahirkannya.

Seiring perkembangan, Thai tea mulai memiliki banyak variant dan toping. Tentu hal ini untuk menambah minat masyarakat. Bisa jadi sebagian masyarakat merasa bosen dengan rasa Tha tea yang begitu-begitu saja.

Proses pembuatan teh Thailand ini bisa dibilang sangat mudah, dimana hanya diperlukan menambahkan susu ke dalam teh.

Nah sekedar untuk referensi mengenai macam-macam thai tea kalian bisa lihat disini

King Manggo Tea

king manggo thai

gambar via tribunnews.com

King manggo tea adalah minuman asal Thailand selanjutnya yang wajib kalian coba, minuman yang satu ini sedang sangat populer di negara kita (jadi pengen coba hehe). Selain enak, king manggo tea merupakan minuman kaya manfaat yang dapat menyehatkan.

Sesuai dengan namanya yaitu king manggo tea, minuman yang berbahan dasar dari buah mangga ini tentu saja memiliki banyak manfaat yang dihasilkan dari buah mangga.

Minuman ini tidak hanya dijual di restoran-restoran Thailand, akan tetapi banyak di jajakan pendagang hampir di setiap tempat, sama halnya dengan Thai tea.

Nah jika kalian ingin mencoba minuman ini, namun tidak menemukan pedagang yang menjualnya, kalian bisa mencoba membuat sendiri di rumah. karena king manggo tea sangat mudah di buat. Adapun langkan dan bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat king manggo tea adalah sebagai berikut.

Bahan

  • 3 buah mangga dengan ukuran sedang, alangkah baik menggunakan mangga jenis madu.
  • 300 mililiter susu cair.
  • 1 sendok makan madu, atau bisa disesuaikan dengan selera.
  • Es batu sebanyak 2 cetakan.
  • Whipped cream, gunakan secukupnya.
  • Potongan buah mangga segar secukupnya (digunakan untuk topping)

Proses Pembuatan

  • Blender mangga dan susu cair secara bersamaan hingga mangga benar-benar halus
  • Tambahkan madu dan es batu ke dalam mangga yang sudah di blender, kemudian blend kembali
  • Apabila sudah benar-benar halus dan tercampur, tuangkan ke dalam gelas
  • Masukan whipped cream atau eskrim dan mangga beku
  • Terakhir berilah mangga segaran di paling atas.

Bagaimana mudah bukan? Membuat sendiri kingmanggo merupakan sebuah solusi bagi kalian yang tidak dapat menemukan penjual di daerah kalian. Selamat mencoba ya, semoga berhasil.

 Cha Manao

teh lemon, es teh lemon, lime tea

gambar via deskgram.net

Apa itu cha manao? Mungkin terasa ganjil ditelinga kita ya, sebab minuman ini sangat jarang ditemukan di negara-negara lain. Berbeda dengan thai tea, minuman ini kurang populer. Namun meski begitu, cha manao tidak kalah menarik dengan thai tea.

Cha manao sendiri adalah sebutan untuk minuman segar dengan bahan dasar teh dan lemon, atau lemon tea nya Thailand.

Cha manao akan sangat pas diminum di siang hari, akan terasa menyegarkan dikerongkongan. Perpaduan rasa lemon yang segar dengan teh Thailand menyatu menjadi satu yang menghasilkan minuman khas.

Apabila penasaran dengan minuman satu ini, kalian bisa mencobanya dirumah. Berikut proses dan bahan yang dibutuhkan.

Bahan

  • Satu liter air
  • Dua kantong teh Thailand
  • 150 gram gula
  • 150 ml jeruk nipis segar
  • Es batu secukupnya

Proses Pembuatan

  • Hal pertama yang perlu dilakukan ialah memasak satu liter air hingga mendidih
  • Masukan teh Thailand yang telah disediakan ke dalam air
  • Masukan gula dan perasan jeruk nipis, kemudian aduk
  • Masukan es batu
  • Sajikan dalam gelas, jangan lupa tambahkan es batu kembali.

Nam Manao

Nam manao dari penampilannya memiliki kesamaan dengan loloh, yaitu minuman tradisional asal bali yang memiliki rasa manis dan segar. Bedanya minuman khas Thailand ini tidak dicampur dengan air kelapa. Nam manao tidak kalah segar dengan minuman es lainnya. Kalian bisa mencoba membuatnya dirumah dengan resep sebagai berikut.

Bahan

  • 1 buah lemon
  • 1/4 cup gula
  • 2 gelas air
  • Garam secukupnya
  • Es batu
  • Daun mint

Proses pembuatan

  • Peras lemon, kemudian ambil perasannya masukan ke dalam gelas.
  • Rebus gula dan perasan lemon dengan menggunakan setengah gelas air
  • Patikan gula hingga larut, kemudian dinginkan
  • Sajikan kedalam gelas dengan ditambahkan es batu
  • Tambahkan daun min di atas gelas sebagai hiasan

Nam Som

namsom, minuman khas thailand

gambar via pinterest.com

Nam som atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan jus jeruk merukan minuman yang mengandung banyak vitamin. Selain itu, nam som juga bisa memberikan kesegaran bagi siapa saja yang meminumnya.

Seperti jus jeruk pada umumnya, namsom menggunakan jeruk segar yang berkualitas dengan proses pembuatan yang hampir sama dengan jus-jus yang terdapat di Indonesia.

Akan tetapi yang menjadikan nam som terasa spesial ialah jeruk yang digunakan relatif banyak. Jadi antara kandungan jeruk dan air lebih banyak perasan jeruk. Selain itu jus jeruk Thailand ini biasa ditambahkan madu dan garam, tentu tujuannya untuk menambah rasa nikmat es jeruk.

Oliang

oliang, es kopi, ice coffe thailand

gamabr via diskcafe

Namanya sedikit unik ya, kaya apa gitu? Oliang adalah minuman khas yang terbuat dari kopi, tepatnya adalah es kopi. Namun jangan sangka es kopinya mirip dengan es kopi di negara kita ya. Sebab oliang menggunakan gula yang sudah di cairkan serta ditambah sedikit susu.

Kira-kira gimana ya rasanya. Mungkin joss.

Nom Yen

nom yen, es thailand

gambar via orientalconcept.com

Minuman dengan penampilan yang cantik menggoda ini namanya adalah nom yen. Minuman satu ini sangat mudah sekali ditemukan. Jadi kalau kalian berkunjung ke Thailand jangat lewatkan untuk mencicipi nom yen ya.

Nom yam merupakan minuman khas Thailand yang memadukan antara susu dan sirop. Memiliki warna yang warna warni bak pelangi membuat minuman ini tampil menggona. Akan tetapi pada umumnya minuman satu ini menggunakan sirup dengan warna merah muda yang berbahan dasar salak. Sedangkan untuk susunya sendiri menggunakan susu segar.

Nam Bi Tua

bi tua drink

gambar via aspenstimes.com

Bi tua merupakan minuman yang berbahan dasar dari alang-alang, warna hijau yang alami membuatnya tampil menggoda. Campuran es dan gula membuat minuman ini akan terasa segat.

Proses pembuatannyapun tergolong sangat sederhana, yaitu cukup dengan merebus daun alang-alang sebelum disajikan dengan es dan gula.

Minuman Khas Thailand Beralkohol

vodka, minuman beralkohol

gambar via tempo.co

Bagi sebagian orang minuman beralkohol dapat menyegarkan dan memberikan gairah kepada siapa saja yang meminumnya. Tentu saja minuman-minuman ini tidak dianjurkan untuk kalian yang beragama Islam.

Seperti kebanyakan di negara-negara asia lainnya, minuman alkohol banyak dihasilkan dari permentasi beras, atau yang lazim kita sebut dengan arak. Nah ternyata Thailand juga memiliki minuman beralkohol semacam itu.

Selain minuman tersebut, di Thailand banyak minuman dengan berbahan dasar vodka, akan tetapi yang menjadi unik ialah minuman-minuman tersebut dimodifikasi, misalkan diberikan sereh dan lain sebagainya. Berikut adalah minuman khas Thailand yang dianggap mengandung alkohol.

NoNama Minuman
1Lao Kao & Yadong
2Mekong Whiskey
3Tom Yam Sam

Lao Kao & Yedong

lao kao

lao kao

Lhao kao merupakan minuman yang terbuat dari beras, bisa dibilang minuman ini termsuk arak. Dimana pembuatannya dengan cara disuling. Pembuatannya pun tidak secara besar-besaran, hanya diproduksi secara rumahan.

Secara umum orang Thailand lebih suka mengonsumsi bir atau wiskey ketimbang minum anggur, alasanyapun sederha sebab minuman anggur memiliki harga yang cukup tinggi.

Meski begitu minuman lao kang ini memiliki rasa yang tidak jauh berbeda dengan rum atau anggur. Nah untuk kalian yang sedang atau ingin berlibur ke Thailand harus cukup hati-hati meminum minuman satu ini.

Jika dilihat dari segi tampilan, minuman ini memiliki kesamaan dengan minuman khas Jepang yaitu sake. Kendati demikian sake tidak memiliki rasa yang sama dengan yedong ini.

Mekong Whiskey

mekong whiskey

spirits.com.pl

Minuman yang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Thailand ini merupakan minuman yang terbuat dari tebu dan beras yang disuling, hampir sama dengan rum.

Minuman ini pertama kali dikenalkan oleh pengusaha cina pada tahun 1985. Memiliki kandungan alkohol yang lebih rendah jika dibandingkan dengan whiskey dari barat.

Tom Yam Sam, Minuman Khas Thailand

tom yam sam cocktail

gambar via food52.com

Unik segaligus aneh mungkin, tom yam sam adalah minuman dengan jenis cooctail. Minuman satu ni memiliki campuran sereh serta lainnya.

Dibuat semirip mungkin rasanya dengan tom yam, akan tetapi dalam bentuk minuman.

Demikian informasi yang cakhasan dapapt bagikan mengenai jenis minuman khas Thailand. Semoga informsi ini bisa memberikan manfaat bagi kalian ya. Jangan lupa tinggalkan komentear!!!

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply