7+ Minuman Khas Jepang yang Menggoda

Minuman Khas Jepang – Negara dengan julukan matahari terbit ini, selain dikenal dengan perkembangan teknologi yang maju, ternyata memiliki ragam budaya yang bisa dibilang unik. Mulai dari kesenian, kebiasaan atau adat istiadat, makanan khas dan juga minumananya.

Khusus untuk kali ini saya ingin membahas mengenai minuman khas jepang. Sebagai orang Indonesia mungkin kita hanya mengenal sake dan ocha. Tapi tahukah kalian, bahwa setidaknya jepang memiliki 7 minuman khas.

Tujuk minuman khas jepang, sebagai berikut.

Minuman Khas Jepang

Ocha

ocha, minuman khas jepang, gambar ocha

wikimedia.com

Minuman khas Jepang paling terkenal yang sudak dikenal hampir disetiap negara, yaitu Ocha.

Ocha merupakan minuman khas Jepang yang dibuat dari daun teh, namun teh yang digunakan merupakan daun teh hijau pilihan, sehingga memiliki cita rasa yang tinggi.

Maysarakat Indonesia sendiri, tentu sudah tidak asing, sebab ocha banyak dijual. Seinget saya, dari waktu kecil, saya sudah tahu apa itu teh ocha.

Apa perbedaannya dengan teh biasa?

Yang membedakan teh ocha dengan teh biasa, selain dari bahan daun teh yang digunakan, tentu rasanya. Teh ocha memiliki rasa yang khas dibandingkan dengan teh biasa.

Jepang sendiri mengenal beberapa jenis teh ocha, seperti gyokuro, sencha, genmaicha, dan kukicha.

Baca Juga: 9+ Minuman Khas Thailand yang Sayang Dilewatkan 

Sake

minuman khas jepang, sake, gambar sake

jw-magazine.com

Kebanyakan masyarakat kita mengenal sake adalah minuman yang dapat memabukan, sehingga kita sangat jarang sekali menemukan minuman khas Jepang ini di Indonesia. Padahal sebenarnya, ada juga sake yang tidak mengandung alkohol.

Sake adalah salah satu minuman khas jepang yang paling terkenal di Dunia, mungkin bisa jadi di setiap film jepang selalu menampilkan atau memperkenalkan sake.

Untuk membuat sake sebenarnya cukup mudah, dengan cara memfrementasikan beras. Bahan yang dibutuhkan adalah ragi, beras dan air. Minuman satu ini memiliki kemiripan dengan minuman asal Korea, yaitu soju.

Mugicha

mugicha, gambar mugicha, minuman khas jepang

basictokyo.com

Mugicha mungkin tidak cocok dikonsumsi di Indonesia, minuman ini termasuk minuman berjenis teh, tapi yang menjadikanya unik, mugicha bukan terbuat dari daun teh seperti biasanya, tapi terbuat dari gandum yang dibakar.

Minuman ini juga dapat memabukan, cocok dikonsumsi ketika sedang mengalami stres berat.

Matcha

minuman khas jepang, gambar matcha

wikimedia.com

Minuman khas jepang yang sangat legendaris, bisa di sajikan dalam acara – acara budaya di Jepang, bahkan mereka memiliki acara minum teh bersama, salah satu teh yang diminum adalah jenis matcha ini.

Memiliki warna hijau kental, biasa disajikan tanpa gula, alias hanya teh saja. Mungkin bagi orang yang pertama kali meminum teh ini akan merasa tidak enak dan tidak nyaman, bahkan bisa jadi malah mirip dengan obat.

Matcha akhir – akhir ini telah menjadi minuman yang populer, terutama di Indonesia. Namun kita tahu bersama bahwa matcaha yang terdapat di Indonesia telah di modifikasi sesuai dengan lidah masyarakat.

Jika kalian tertarik untuk membuat matcha sendiri bisa lihat resepnya lihat disini

Selain dijadikan miinuman, matcha banyak dijadikan topping makanan, sebut saja es krim.

Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi negara dengan julukan matahari terbit, sebab dengan begitu mereka telah berhasil mempolerkan buadanya lewat minuman.

Lalu Bagaimana dengan negara kita?

Souchu

minuman khas jepang, soucha

porosbumi.com

Soucha adalah minuman khas Jepang dengan alkohol kadar yang tinggi, jika dibanding dengan sake. Minuman ini merupakan hasil dari penyulingan yang ditambahkan ubi.

Minuman yang biasa disajikan dalam keadaan dingin.

Tak heran minuman ini cukup terkenal dijepang, sebab masyarakat jepang sendiri menyukai minuman – minuman beralkohol.

Baca Juga : Minuman Tradisional Indonesia

Sobacha

sabocha, minumanan khas jepang

steepster.com

Ada yang unik nih dengan teh satu ini, yaitu sabocha.

Sabocha merupakan teh dengan rasa yang unik, yaitu memiliki rasa pedas. Selain itu, sabocha juga merupakan teh yang memiliki kadar alkohol.

Sehingga bisa jadi ya ketika meminum teh jenis ini bisa mabuk.

Amazake

minuman khas jepang, amazake pictures

youtube.com

Ternyata Jepang memiliki minuman Khas yang beralkohol, sebuat saja amazake, minuman yang memiliki alkohol yang tidak terlalu tinggi, bahkan kadarnya di bawah sake. Namun kalian jangan coba – coba, nanti bisa jadi mabuk.

Minuman khas Jepang ini biasa diminum saat musim dingin, jelas tujuannya untuk menghangatkan badan.

Amazake dapat ditemukan di fetifal-festifal yang disebut dengan matsuri.

Bagaimana apakah anda tertarik, jiika tertarik yuk kita terbang ke Jepang hehe .

Jenis Teh Jepang

gambar daun teh, daun teh, mnuman khas jepang

7-tipskesehatan.blogspot.com

Setelah pada bagian sebelumnya kita telah mengenal tujuh minuman khas Jepang, tak lengkap rasanya jika kita tidak sekalian mengenal jenis teh Jepang.

Mungkin sebagian diantara kalian ada yang bertanya, mengapa tidak di buat artikel baru saja? Alasannya cukup simple, bukan karenna saya tidak males, akan tetapai bahasan ini aka terlalu sedikit jika di bahas terpisah. Jadi lebih baik sekalian disini.

Lansung saja ya, pada bagian ini kita akan mengetahui jenis teh, mungkin yang kalian hanya mengetahui teh hijau, teh putih dll. Namun beda halnya dengan negara Jepang, disana memiliki macam – macam teh, serta yang menjadinya unik, setiap teh dikonsumsi dalam musim tertentu saja.

Yuk Simak.

Baca Juga: 11+ Makanan Khas Jepang yang Paling Terkenal di Dunia

Jenis Teh Hijau

Setidaknya Jepang memiliki dua jenis teh, yaitu teh hijau dan teh yang terbuat bukan dari teh. berikut ini merupakan jenis teh hijau yang paling dikenal.

Matcha

Pada bagian sebelumnya saya telah membahas tentang matcha, yaitu jenih teh seduh yang memiliki warna hijau kental serta tidak ditambahkan gula.

Hojicha

Jenis teh yang disajikan dengan cara dipanggang dalam suhu tinggi, dengan tujuan untuk menghilangkan kafein. Sehingga jenis teh ini, terasa lebih jernih dibanding dengan teh lain, serta meninggalkan aroma hasil pembakaran.

Genmaicha

Teh di Jepang memang jauh dengan di Indonesia ya, sangat bervariasi, bukan hanya dari segi rupa ataupun rasa, akan tetapi dari proses pembuatan atau penyajiannya.

Sebagai contoh genmaicha, yaitu teh yang diseduh di proses bersamaan dengan beras merah. Teh yang digunakan adalah jenis sencha yang di padukan dengan beras merah, sehingga menghasilkan genmaicha.

Sencha

Sencha merupakan jenis teh yang sangat umum sekali di minum oleh masyarakat Jepang, teh ini terbuat dari daun teh segar yang langsung direbus, sehingga tidak mengalami frementasi terlebih dahulu, berbeda halnya dengan teh hitam yang diproses terlebih dahulu sebelum diseduh.

Jenis Teh Bukan dari Teh

Mungkin kalian sedikit bingung ya, apa maksud dari jenis teh bukan dari teh? Jangan bingung dulu, saya akan menjelaskannya.

Jenis teh bukan dari teh, yaitu teh yang bukan terbuat dari daun teh, bisa jadi dari daun – daun lain. Biar gak bingung ini dia jenis teh bukan dari daun teh.

Baca Juga : Minuman Khas Bali yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Kabucha

Kabucha merupakan teh yang terbuat dari laminaria atau kelp kering dengan irisan halus yang kemudian dikeringkan dan selanjutnya diseduh.

Jika teh lain memiliki rasa yang sedikit pahit atau bahkan pahit, beda halnya dengan kabucha, sebab teh ini rasanya sedikit asin.

Selain itu biasanya teh ini diseduh dengan ame atau aprikot, dan jadilah sajian khas yang terkenal.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya bagikan mengenai minuman khas jepang yang menggona, serta sekilas tentang jenis teh yang ada di Jepang.

Semoga artikel ini dapat membatu kalian semua, Arigarouu.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply