minuman khas jwa tengah, minuman tradisional

Minuman Khas Jawa Tengah yang Nyess di Mulut

Minuman Khas Jawa Tengah – Hai sahabat, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap baik dan sehat selalu ya, jangan sampai sakit, kalau sakit nanti kasihan orang-orang yang sayang sama kalian ikut sakit juga.

Nah berhubung cakhasan lagi seneng-seneng nya dengan kuliner, maka ada sesuatu nih yang ingin dibagikan, yaitu minuman khas Jawa Tengah.

Kira-kira ada apa aja ya?

Jika penasaran terus baca ya artikel ini sampai habis, supaya pengetahuan sahabat bisa bertambah. bagi sahabat yang berdomisili di Jawa Tengah atau bahkan orang Jawa asli, minuman ini bisa jadi pengingat, bahwasannya Jawa Tengah memiliki kulinner yang unik, tidak kalah dengan daerah-daerah lain di tanah air.

9+ Minuman Khas Jawa Tengah

Berikut merupakan daftar minuman khas Jawa Tengah yang harus sahabat coba.

NoNama Minuman
1Bir Pletok
2Es dawet Cendol
3Es Doger
4Es Oyen
5Skoteng
6Es Slendang Mayang
7Es Teler
8Limun Sasaparila
9Wedang Uwuh
10Bajigur

Supaya lebih jelas kita menganal minuman khas Jawa tengah ini, yuk kita bahas satu persatu

Baca Juga : Minuman Khas Jawa Barat

Bir Pletok

bir pletok, minuman khas jawa tengah

tirbunnews.com

Bir pletok, namanya telah terkenal di Nusantara, bahkan telah menjadi ciri khas bagi masyarakat Jawa. Lalu minuman seperti apakah bir pletok ini?

Bir pletok mungkin lebih dikenal sebagai minuman khas betawi, akan tetapi tahukah sahabat, bahwa minuman ini banyak dijual di daerah Jawa tengah, seperti Semarang dan sekitarnya.

Meski namanya bir, namun minuman ini tidak mengandung alkohol, jadi bisa dikatakan halal.

Jika dilihat sdari segi tampilan, bir pletok memiliki warna cokelat pekat, bahkan jika dilihat sekilas mirip dengan kopi.

Sedang untuk segi rasa, minuman satu ini seger, dan yang pasti enak.

Es Dawet Cenndol

minuman khas jawa tengah

masfikr.com

Es dawet cendol, jika di Jawa Barat terdapat es cendol, lain halnya dengan Jawa tengah yang memiliki es dawet cendol.

Dimana minuman khas Jawa Tengah ini memanfaatkan cendol dan dawaet sebagai bahan dasarnya. Sedangkan untuk penyajianya sendiri, terbilang sama, alias mirip.

Campuran gula merah dan es yang membasahi cendol serta dawet, membuat minuman satu ini terasa menyegarkan dengan rasa manis khas yang berasal dari gula merah.

Es Doger

minuman khas jawa tengah

es-doger-cihuy.business.site

Entahlah darimana minuman khas ini berasal, pada nyatanya setiap daerah mengklaim es doger adalah sebagai minuman khasnya, termasu Jawa Tengah.

Tapi jangan khawatir, kita tidak akan berantem gara-gara es doger ya. kecuali gak kebagian, itu lain soal.

Es doger dengan kesederhanaannya tak henti-henti senantiasa mengikat para pecintanya, baik dari segi rasa maupun tampilan.

Perpaduan es, sirup, tape serta buah-buahan, menjadikan es doger salah satu minuman favorit di Nusantara, termasuk Jawa Tengah.

Baca Juga : Minuman Khas Bali

Es Oyen

minuman khas jawa tengah

prtalmadura.com

Jika di Jawa Barat terdapat es campur dan es goyobod, Jawa Tengah tak mau kalah, mereka memiliki minuman khas, yang disebut dengan es oyen. Meski sebenarnya di Jawa Barat Juga ada.

Apakah es oyennya mirip atau bahkan sama?

Saya kira memang sama, atau cendrung mirip. Es oyen cocok sekali diminum di siang hari, atau djadikan takjil saat puasa.

Skoteng

minuman khas jawa tengah

beritasatu.com

Skoteng adalah makanan atau minuman asli Jawa Tengah, hidangan ini begitu seger, dengan perpaduan jahe yang membuat tubuh kita terasa hangat.

Jika sahabat tidak percaya, bisa buktikan sendiri.

Selain di Jawa Tengah, kuliner satu ini bisa kita temui ko, sebagai contoh di daerah saya, yaitu di Tasikmalaya, ada beberapa yang menjual skoteng. Harganyapun tegolong murah, yaitu 10 ribu saja.

Atau jika sahabat tidak menemukan penjual skoteng, sebagai solusinya sahabat bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan sekoteng selain jahe, diantaranya kacang hijau, kacang tanah, pacar cina serta potongan-potongan roti.

Dijamin minuman khas Jawa Tengah ini bisa bikin sahabat gak galau lagi.

Es Slendang Maya Minuman Khas Jawa Tengah

minuman khas jawa tengah

es selendang mayang

Slendang maya, namanya aja unik nan cantik ya apa lagi rasanya. Awas jangan dikira nama seorang gadis, slendang maya adalah es khas jawa tengah.

Slendang maya lebih dikenal sebagai makanan atau jajanan khas Betawi, namu  pada kenyataannya minuman ini banyak terdapat di Jawa Tengah.

Selain seger dan enak, slendang maya memiliki tampilan menarik, tidak kalah menarik dengan es oyon dan doger.

Namun sayang sekali, meski peminatnya banyak dan enak, minuman satu ini mulai punah dan entah kemana, atau mungkin si emang – emangnya sudah mulai lelah dan bosen berjualan.

Atau bahkan bisa jadi si emang-emangnya sudah naik haji hasil dari jualan slendang maya, jadi tukang es slendang maya naik haji dong. Nah apabila kalian tidak menemukan penjual minuman ini, bisa membuatnya senderi di rumah, dengan melihat resep disini

Es Teler

es teler, mnuman khas jawa tengah

tastemade.com

Minuman satu ini saking enaknya bisa membuat kalian teler ya hehe. Engga ya, kali bisa bikin teler, kecuali minuman sedang dalam keadaan ngantuk.

Es teler merupakan minuman dingin yang terbuat dari potongan alpukat, kemudian dicampur dengan roti, kelapa muda, santan, nangka serta santan. Akan tetapi santan yang digunakan biasanya lebih encer dibandingkan dengan santan yang biasa digunakan dalam makanan lain.

Sedangkan untuk pemanis yang digunakan selain susu, es teler biasanya menggunakan susu dan sirup.

Seiring perkembangannya, es teler memiliki banyak variasi bukan hanya alpukat saja, akan tetapi seperti kolang kaling, pacar cina, potangan macam buah-buahan dan juga agar-agar.

Sangat recomended sekali untuk disantap bareng keluarga tau pasangan.

Limun Sasaparila

minuman khas jwa tengah

netrainews.com

Sebenarnya saya kurang tahu mengenai minuman khas Jawa Tengah satu ini, mungkin kurang familiar untuk daerah-daerah di luar Jawa Tengah.

Limun sasaparila muncul pertama kali di daerah jogjakarta yang ada sejak jaman dahulu, katanya minuman ini sangat terkenal diantara tahun 50-an sampa dengan tahun 70-an.

Limun sasaparila adalah minuman berkarbonasi seperti halnya coca-cola atau sprite. Bahkan penikmatnya menyebut limun sasaparila dengan nama cola Jawa.

Berdasarkan cerita dan sejarah, minuman satu ini pernah berada diperingkat teratas minuman favorit kaum berada.

Sehingga bisa dibilang minuman saparila adalah minuman kelas atas, minumannya kaum elit. lalu bagaimana untuk saat ini?

Wedang Uwuh, Wedangnya Jawa Tengah

minuman khas jawa barat

beritagar.id

Minuman khas Jawa Tengah selanjutnya adalah wedang uwuh, minuman seperti apakah? Mari kita bahas di bahaw ya.

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional Jawa Tengah yang dihasilkan dari kereativitas luar biasa, melalui beberapa percobaan.

Secara umum wedang uwuh mirip dengan wedang lainnya di Jawa Tengah.

Bajigur

makanan khas sunda

artan.wordpress.com

Buka hanya di Jawa Barat saja, ternyata bajigur menjadi minuman khas di Jawa Tengah. Bajigur merupakan minuman yang sehat dan membuat hangat badan yang meminumnya. Maka tidaklah heran jika minuman ini disukai banyak kalangan dan banyak orang.

Baca Juga: Minuman Khas Jawa Timur

Bahkan seperti yang sahabat ketahui bajigur, diakui sebagai minumanan khas di beberapa daerah, salah satunya adalah Jawa Tengah.

Nah itu dia 9+ minuman khas Jawa Tengah yang bisa saya bagikan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat. Jangan lupa cintai kuliner khas Indonesia, termasuk kuliner Jawa Tengah.

Kepoin Yuks