es doger

Minuman Khas Jawa Barat, Bikin Kamu Ketagihan!

Minuman Khas Jawa Barat – Apa yang terlintas dalam benak sahabat ketika mendengar kata Jawa Barat? Awas jangan terlalu kelamaan mikir nanti bisa stress lho.

Ada yang bilang Jawa Barat atau tanah Sunda merupakan daerah yang unik dengan ragam budaya yang luar biasa, tentu saja saya setuju dengan hal tersebut. Akan tetapi yang perlu digaris bahawahi, pada umumnya daerah-daerah di luar Jawa Barat juga memiliki keunikannya masing-masing.

Menurut saya yang menjadikan Jawa Barat berbeda dengan yang lainnya adalah kulinernya, emang kaya gimana sih?

Entah terlalu kreatif atau memang sangat kreatif sekali, pada umumnya masyarakat Jawa Barat selalu berinovasi soal makanan, baik rasa maupun bentuk.

Maka tak heran apabila tanah Sunda ini terkenal dengan makanan yang enak  dan unik atau sekali gus aneh.

Gimana menurut sahabat enak gak makanan khas Jawa Barat?

Biar gak seret minum dulu nih hehe

Nah sebenarnya dalam artikel ini saya ingin membahas mengenai minum khas Jawa Barat, soalnya kalau membahas makanan, saya yakin kalian sudah tahu.

Khusus bagi sahabat yang suka dengan minuman dingin, karena sebagian besar minuman khas Sunda yang saya akan bahas merupakan minuman yang dingin-dingin, sangat cocok dinikmati siang hari ketika panas-panasnya.

Inget ya ketika panas-panasnya, bukan ketika sayang-sayangnya ckckk

Langusung saja disimak ya, pantengin sampai habis artikelnya, jangan kemana-mana.

9+ Minuman Khas Jawa Barat

minuman khas jawa barat

beritahati.com

Berikut ini merupakan minuman masyarakat Sunda yang sangat populer, wajib bagi kalian yang hendak berkunjung ke Jawa Barat.

Supaya kalian lebih enak dalam memahami dan membacanya, saya buatkan tabel khusus buat sahabat yang sedang mencari daftar minuman khas Jawa Barat.

NoMinuman Khas Jawa BaratHarga
1Es GoyobodRp.5000 – Rp.15.000
2Es OyenRp.5000 – Rp.15.000
3Es CendolRp.5000 – Rp.20.000
4Es LilinRp.1000 – Rp.5.000
5Es Bubur SumsumRp.5000 – Rp.15.000
6Es CincauRp.3000 – Rp.15.000
7Es MabooRp.5000 – Rp.15.000
8BajigurRp.5000 – Rp.10.000
9BandrekRp.5000 – Rp.10.000

Bagaimana seger kayanya, kira-kira pilihan sahabat yang mana? kalau aku sih semuanya.

Nah supaya kalian gak bingung, yuk kita kenalan satu-satu dengan minuman khas sunda ini. Mulai dari es goyobod hingga bajigur, dari yang dingin sampai yang hangat.

Baca Juga : Minuman Khas Jawa Tengah

Es Goyobod Minuman Asli Garut

es goyobod

republika.com

Menurut cerita yang beredar es goyobod merupakan minuman yang berasal dari Garut, yaitu suatu wilayah di selatan Jawa Barat.

Samahalnya dengan daerah Jawa Barat lainnya, Garut memiliki suhu yang dingin, bahkan lebih dingin dari pada Bandung.

Tapi kok bisa ada minuman se seger es goyobod?

Soal ini beda cerita, sedingin-dinginnya sebuah wilayah, dikala siang hari tetep saja panas.

Jika dilihat dari segi tampilan es goyobod sedikit mirip dengan es campur, tapi yang menjadikannya berbeda yaitu lebih kental.

Bahan yang digunakan kurang lebih sama, seperti alpukat, nangka, kelapa muda, susu dan roti. Selain lebih kental, dalam minuman satu ini juga terdapat jelly merah, yang jika dipandang begitu menawan. Tentu saja rasanya lebih menawan dibandingkan tampilannya.

Jika kalian sedang berkunjung ke Garut, ada tempat yang sangat rekomended buat sahabat untuk menikmati es goyobod, yaitu es goyobod alun-alun. Es goyobod alun-alaun sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat Garut, bahkan beberapa kali diliput oleh stasiun televisi swasta.

Minuman ini akan sangat cocok diminum ketika cuaca panas, rasanya seger banget.

ES Oyen Minuman Khas Jawa Barat

es oyen

PortalMadura.com

Es oyen, minuman khas Sunda yang tidak kalah familiar dengan es goyobod, es satu ini banyak dijajakan di sekitaran Bandung (apa sih yang gak ada di bandung).

Es yang satu ini terkenal dengan julukannya sebagai minuman legendaris, turun temerun dari generasi ke generasi kaya ilmu silat saja ya perasaan.

Es oyen merupakan perpaduan potongan buah-buahan seperti nangka, alpukat, mangga dan lain sebagainya yang dipadukan dengan serutan es, susu kental manis dan skoteng.

Untuk soal rasa tak kalah enak dan menyegarkannya, apalagi bagi kalian yang seneng makan ya hehe.

Es oyen memiliki sejarah yang unik lho, dimana nama oyen diambil dari seekor burung perkutut yang menyuarakan oyen oyen oyen.

Tapi untuk versi lainnya disebutkan nama oyen berasal dari nama penjual pertama es ini. Entahlah tidak ada yang benar-benar meneliti masalah ini. Atau jika tidak keberatan bisa dijadikan skripsi, lumayan sambil promosi Jawa Barat dan kulinernya. Bagaiman ide yang cemerlang bukan? hehe

Jika kalian penasaran, bisa datang ke jalan Veteran di Bandung, es oyen selalu konsisten meramaikan perhelatan kuliner Jawa Barat. Selamat mencoba ya.

Es Cendol, Minuman Khas Jawa Barat

es cendol

tribunews.com

Es cendol termasuk minuman primadona masyarakat Jawa Barat, perpaduan gula aren yang begitu manis dengan serutan es, ditambah potongan alpukat membuatnya seger di kerongkongan.

Es cendol bisa disebut minuman tradisional, sudah ada sejak dahulu, turun temurun. Maka tidaklah heran apabila sampai saat ini cendol tidak pernah kehilangan pelanggan.

Bahkan saya ketika masih digendong oleh emak, saya suka dikasih cendol. Kalau dulu harganya masih gope alias lima ratus perak.

Es cendol begitu iconik dengan warnanya yang hijau kecil-kecil, membuatnya seperti berlarian didalam mulut tatkala disantap.

Saat ini es cendol yang paling terkenal di Jawa Barat ialah, es cendol elizabet. Brand cendol satu ini bahkan telah hadir disetiap kota di Jawa Barat.

Elizabeth biasa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas. Mengngat harganya yang lumayan mengeuras kantong jika dibeli setiap hari.

Namun jangan khawatir harga yang relatif mahal sebanding kok dengan rasa yang ditawarkan. Gak percaya, buktikan saja sendiri ya.

Semahal apa sih harganya? Es cendol elizabet disetiap kota di Jawa Barat, biasanya dihargai sekitar Rp.20.000.

Namun untuk kalian jika menginginkan es cendol dengan harga yang relatif murah, tenang saja masih bisa kok, hampir disetip kota ata daerah di Jawa Barat terdapat minuman ini, biasanya dijajakan di kaki lima oleh pedagang dengan harga lima ribuan saja.

Es Lilin

es lilin

wowkeren.com

Posisi ke empat ditempati oleh es lilin. Mengapa disebut es lilin, coba ada yang tahu gak?

Nama lilin diambil dari bentuk es yang menyerupai dengan lilin yaitu panjang bulet.

Sewaktu saya kecil, biasanya es ini dijual disekolahan dengan harga seratus perak, pada tahun 2000 an, entah untuk harga sekarang bisa jadi harganya menjadi seribu atau bahkan lebih, kan sekarang harga pada mahal.

Untuk di daerah saya sendiri, yaitu di Kabupaten Garut, es lilin sudah jarang dijajakan pedagang.

Tapi masyarakt sendiri biasanya masih rutin membuat es ini, hanya sekedar untuk konsumsi pribadi. Sebagai contoh ibu saya, yang hampir setiap minggunya membuat es lilin untuk pekerja di sawah atau di kebun.

Bahan yang sangat familiar dijadikan es lilin adalah es teh manis dan kacang hijau. Namun tak jarang juga kita menemui es lilin dengan bahan dasar buah-buahan, seperti mangga, apel, nanas dan lain sebagainya.

Rasanya lumayan seger, cocok dinikmati disiang hari tatkala tubuh ini sedang panas-panasnya.

Tapi ingat es ini hanya bisa menghilangkan panas tubuh dan dahaga ya, tidak akan bisa menghilangkan atau mengobati panasnya hati. hehe

Es Bubur Sumsum

es bubur sumsum

cockpad.com

Sebelum saya membahas es bubur sumsum, saya ingin curhat dulu sedikit, jika di daerah-daerah Jawa Barat es bubur sumsum dijadikan sebagai es, artinya dalam penyajiannya ditambahkan es. Beda halnya dengan daerah di Jawa, terutama di Jawa Timur. Sebab dalam beberapa kesempatan saya menemukan bubur sumsum disajikan tanpa es.

Secara fisik, es bubur sumsum dengan bubur sumsum hampir mirip, yang membedakan, yang satu ditambahkan es sedangkan satu disajikan tanpa es.

Soal rasa es bubur sumsum Jawa Barat, takalah enak dan seger dengan minuman khas Jawa Barat lainnya, yaitu segar dan mengenyangkan.

Jika kalian penasaran dengan minuman satu ini bisa di coba ya, karena masih banyak di jual juaga hampir disetiap daerah.

Tapi saya sempat bertanya-tanya es bubur sumsum ini digategorikan minuman ataukah makanan, atau mungkin minuman jadi-jadian atau juga sebaliknya.

Ahh saya juga pusing, silahkan sahabat nilai sendiri es bubur sumsum ini.

Baca Juga : Minuman Khas Jawa Timur

Es Cincau Minuman Khas Jawa Barat yang Menyehatkan

es cincau

femme.id

Selain enak es cincau adalah minuman yang menyehatkan, sebab memiliki kandungan baik bagi pencernaan. Nah jika pencernaan sahabat kurang baik atau bermasalah, moleh mencoba meminum es cincau.

Es cincau juga terkenal dengan minuman yang merakyat, bahkan ketika saya duduk dikelas dua sekolah dasar es ini dapat dibeli dengan harga dua ratus rupiah.

Sampai saat ini, es cincau masih tetap eksisi dan dicintai oleh banyak orang, terutama oleh mereka yang mendambakan minuman segar yang pas dikantong.

Es cincau, terbuat dari daun cincau hijau yang diberi gula dan es.

Bahkan sahabat bisa membuatnya dirumah dengan mudah tanpa ribet, selamat mencoba.

Es Mamboo

es mambo

iburini.com

Jika dilihat sekilas es mambo mirip dengan es lilin dari ukuran bentuk dan bahan yang digunakan, bedanya es mamboo bisanya memilki ukuran yang lebih besar, alias lebih gendut.

Es tradisional ini terlihat cantik, sebab memiliki warna yang warna-warni, sahabat juga tentu bisa membuatnya di rumah dengan mudah, seperti halnnya dengan es lilin.

Saat ini es mamboo sudah jarang di jual, apalagi diperkotaan, sebab kalah saing dengan es krim bermerk.

Es Goyang

es goyang

halobaper.blogspot.com

Namanya unik ya, es goyang. Sesuai dengan namanya, es goyang dalam proses pembuatannya digoyang-goyang. Es ini takalah enak dengan es tradisional lainnya. Boleh dicoba sendiri.

Namun sayang sekarang ini sudah sulit untuk didapatkan, samahalnya dengan jeis es tradisional lainnya.

Es Doger

es doger

tastemade.com

Membahas es doger saya jadi inget dengan kampus, sebab semasa saya berkuliah, di kampus ada yang jualan es doger dengan rasa yang lumayan enak.

Es doger cukup menggugah, disajikan dalam gelas plastik, perpaduan es serut, tape, sirup membuat lidah bergoyang.

Tak usah khawatir, jika sahabat ingin mencobanya, sebab es doger masih banyak dijual, terutama di daerah-daerah Jawa Barat.

Selain di Jawa Barat es doger juga terdapat di daerah lain, semisal di Jakarta dan Jawa Tenngah.

Nah apabila tidak menemukan penjual es doger, dan sahabat begitu menginginkannya bisa membuat sendiri, bahan dan proses pembuatannya pun cukup mudah, bisa lihat disini.

Es Moci

es moci

coockpad.com

Siapa yang tidak kenal dengan moci, makanan dengan bentuk lucu  memiliki warna yang warna-warni. Moci sendiri merupakan makanan asli Jepang, yang selanjutnya diadaptasi oleh masyarakat Sukabumi, sehingga menjadi makanan khas daerahnya.

Seiring berjalannya waktu, moci diinovasi sedemikian rupa menjadi es dan minuman yang unik. Bahkan diklaim dijadikan minuman khas Bandung, yang artinya menjadi minuman khas Jawa Barat.

Bagamana, apakah sahabat ingin mencobanya?

Yuk kunjungi tanah Sunda dan temukan kuliner yang luar biasa.

Bajigur Minuman Hangat Jawa Barat

bajigur

bajigur

Minuman tradisonal yang masih eksis sampai saat ini adalah bajigur, identik dengan manfaatnya yang luar biasa, akan sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin.

Masyarakat Jawa Barat sendiri menjadikan bajigur sebagai minuman favorit. Sampai saat ini masih banyak dijajakan seperti di sejitaran alun-alaun dan pusat kota.

Biasanya bajigur dijual pada malam hari, dijajakan berbarengan dengan ubi-ubian.

Bandrek

bandrek

bandrek

Sama halnya dengan minuman hangat bajigur, bandrek juga dapat menghangatkan tubuh sahabat, yang menjadinya berbeda di bandingkan bajigur, bandrek dalam proses pembuatannya tidak dicampurkan dengan santan.

Dilihat dari segi tampilan, mirip dengan mocacinno, minuman khas dari Italia, tapi soal rasa tentu jauh berbeda.

Minuman satu ini, sudah sangat sulit ditemukan, terutama di daerah perkotaan.

Nah itu pembahasan mengenai minuman khas Jawa Barat yang bisa cakhasan bagikan, semoga menjadi referensi, serta untuk sahabat yang bukan orang Jawa Barat semoga dengan membaca artikel ini bisa tertarik untuk berkunjung.

 

Kepoin Yuks