11+ Minuman Khas Italia yang Akan Memanjakanmu

Minuman Khas Italia – Ketika kalian mendengar kuliner Italia, kira-kira apa yang terbersit dibenak kalian? Mungkin pasta atau pizza, sebab keduan kuliner tersebut begitu familiar di negara kita. Kemudian bagaimana dengan minuman khasnya? Saya kira tidak banyak masyarakat yang tahu mengenai hal ini. Kita sangat jarang sekali mendengar minuman khas Italia.

Minuman tradisional Italia mungkin kalah populer jika dibandingkan dengan minuman khas Asia, semisal Jepang atau Korea. Hal tersebut tidaklah mengherankan, sebab minuman khas Jepang atau Korea banyak di jual di Indonesia, berbedahalnya dengan minuman Italia.

Artikel Terkait: 9 Minuman Khas Korea Sayang Dilewatkan [Terpopuler]

Lalu bagaimana dengan espresso? Ada yang pernah mencobanya atau bahkan hanya mendengarya saja? Nah minuman satu ini bisa dibilang minuman khas Italia yang dikenal masyarakat Indonesia, itupun hanya sebagian.

Masih ada bnyak minuman khas Italia yang tak kalah enak dari esspreso, misal granita minuman italia dengan tampilan rainbow.

Artikel ini akan membahas mengenai minuman khas Italia yang sayang untuk dilewatkan tatkala kalian berkunjung ke negara pizza ini, berikut ulasannya.

Kopi Khas Italia yang Melegenda

coffe, kopi

gambar via unsplash.com

Sebelum kita membahas mengenai berbagai macam minuman khas Italia, saya ingin mengulas terlebih dahulu mengenai kopi.

Mengapa harus kopi? Sebab kopi Italia adalah salah satu minuman terbaik yang ada di unia. Mungkin selama ini kita hanya mengenal esspreso saja, tapi tahukah kalian, di Italia minuman yang terbuat dari kopi sangat beragam sekali. Berikut ini daftarnya;

  • Esspreso
  • Ristretto
  • Vanila Latte
  • Macchiato
  • Gran Caffè Speciale
  • dll

Minuman Tradisional Khas Italia

minuman khas italia

gambar via unsplash.com

Setelah kita sedikit mengulas mengenai kopi khas Italia, pada bagian ini kita akan membahas mengenai minuman khas Italia yang dianggap paling populer. Setidaknya terdapat 10 minuman yang disenangi dan dianggap dapat merepresentasikan Italia.

NoNama MinumanJenis Minuman
1Gran Caffè SpecialeKopi
2Caffè FreddoKopi
3Caffè LungoKopi
4RistrettoKopi
5GranitaEs
6AperetivoCoktail
7NegroniCoktail
8SpritzAnggur/Coktail
9MaraschinoKopi
10MacchiatoKopi
11Vanila LatteKopi
12StregaHerbal
13Lacryma ChristiAnggur

Bagaimana banyak bukan? Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan masing-masing minuman khas Italia di atas.

Gran Caffè Speciale

Gran Caffè Speciale

gambar via ilturismoculturale.it

Esspreso adalah minuman Italia paling populer, salah satunya gran caffè speciale yang merupakan turunannya. Maka tidaklah salah apabila kalian mencoba varian lain dari espresso ini. Meskipun masih satu varian dengan espresso,gran caffè speciale memiliki rasa yang berbeda. Jadi bagi kalian yang mengaku pencinta kopi wajib mencobanya.

Apabila kalian memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Italia, kalian biasa mampir di kedai kopi di Roma. Hampir setiap kedai di daerah tersebut menyajikan minuman khas ini.

Gran caffè speciale merupakan double espresso, kata mereka yang pernah mencicipinya, rasanya nikmat dan creamy.

Caffè Freddo

Caffè Freddo

gamabr via lacucinaitaliana.it

Minuman satu ini cocok bagi kalian yang sangat suka dengan minuman dingin. Caffè freddo adalah minuman dingin yang terbuat dari espresso yang didinginkan terlebih dahulu sebelum diproses. Tujuannya tentu agar minuman yang disajikan dingin.

Kalian jangan anggap kopi satu ini memiliki rasa pahit, karena caffè freddo adalah salah satu es kopi manis. Biasanya minuman khas Italia ini disajikan menggunakan gelas tinggi, kemudian ditambahkan es di atasnya. Rasa manis dan segar membuat caffè freddo cocok dinikmati di siang hari.

Caffè freddo tidak banyak dikenali oleh masyarakat luas, sehingga kopi satu ini tidak mudah untuk didapat. Kendati demikian, kalian sebenarnya dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Berikut cara membuat caffè freddo.

Cara Membuat Caffè Freddo

Bahan

  • Bubuk kopi Espresso
  • 3/4 cangkir susu
  • 8 buah es batu
  • 1 sdm gula

Proses

  • Masukan air pada mesin esspreso
  • Panaskan mesin dan portafilter
  • Masukan bubuk kopi
  • Campurkan secangkir espresso panas dengan susu dingin
  • tambahkan gula dan es, kemudian kocok
  • Lakukan penyaringan pada minuman
  • Minuman siap disajikan

Caffè Lungo

Caffè Lungo, minuman khas italia

gambar via medicinaonline.com

Masih dari minuman yang berbahan dasar kopi espresso, kali ada caffè lungo yang merupakan esspreso dengan seduhan air panas. Untuk membuat minuman ini setidaknya dibutuhkan waktu 1 menit dalam proses brewingnya dengan menggunakan 170 ml air panas.

Nama lain dari caffè lungo ialah short black, sebab porsinya lebih sedikit jika dibandingkan dengan long black. Minuman satu ini cocok dinikmati di pagi hari maupun sore hari.

Ristretto

Ristretto, kopi khas italia

gambar via caffenero.co.uk

Ristretto dapat dikatakan sebagai saudara dari esspreso, ada yang menyebutnya sebagai mini espresso. Kenapa demikian? Sebab bubuk kopi yang digunakan sama dengan, yang membedakan hanya porsinya saja.

Aroma dari kopi ini lebih kuat, sedangkan untuk tingkat kepahitannya lebih rendah. Memiliki warna yang gelap serta kandungan kafein yang tidak terlalu tinggi.

Ristretto cocok dinikmati dalam keadaan apapun, baik pagi hari, sore hari ataupun malam hari. Setelah meminum kopi ini dijamin hari kalian akan lebih bersemangat.

Granita

granita, minuman tradisional italia

gambar via andrewzimmern.com

Selain kopi ternyata terdapat minuman jenis lain yang tak kalah  populer di Italia. Minuman khas Italia ini bernama granita. Mereka yang pernah merasakan minuman ini mengakui kelezatannya. Bahkan sekarang ini granita mulai dilirik banyak orang dari luar Italia.

Granita adalah minuman khas Italia dengan jenis slushee ice, lebih mirip dengan es serut jika di Indonesia, yaitu minuman khas Jawa Barat. Disajikan dalam gelas tinggi, es yang telah di blender memenuhi bagian atas. Minuman ini terlihat sangat menawan dengan tampilannya yang warna-warni.

Granita bisa kalian coba di rumah masing-masing dengan resep sebagai berikut.

Cara Membuat Granita

Bahan

  • 75 ml air perasan jeruk nipis
  • 1 lembar kulit jeruk lemon
  • 130 gram gula pasir
  • 20 ml air

Cara Membuat

  • Masak semua bahan dengan air 20 ml serta gula dalam panci selama 20 menit.
  • Tambahkan jeruk nipis dan aduk perlahan
  • Kemudian taruh dalam tempat es dan masukan ke dalam frezeer selama 3 jam
  • Hancurkan es dengan garpu sampai berbentuk butiran
  • Tuangkan dalam gelas untuk disajikan

Lihat lebih banyak resep granita disini.

Aperetivo

Aperetivo, minuman khas italia

gambar via dotravel.com

Italia adalah salah satu negara di Eropa yang memiliki tradisi minum sebelum makan, mereka biasanya meminum aperetivo.

Aperetivo sendiri adalah minuman khas Italia yang sangat unik, maka dari  itu apabila kalian berkesempatan ke Italia jangan lewatkan minuman ini ya.

Aperetivo biasanya disajikan bersamaan dengan koktail dalam bentuk perasmanan. Minuman satu ini biasa disajikan di bar-bar di selurh Italia. Namun daerah yang paling banyak menjual aperetivo adalah Turin.

Minuman khas Italia ini merupakan minuman jamuan beralkohol, jadi apabila kalian seorang muslim tentu tidak disarankan untuk meminumnya.

Negroni

Negroni, minuman khas itlalia

gambar via wikipedia.org

Negoroni merupakan minuman tradisional khas Italia jenis koktail, bagi mereka yang pernah mencobanya, minuman ini sangat segar ditenggorokan. Nama negeroni sendiri diketahui merupakan nama penemunya, yaitu Camillo Negorini. Minuman ini ditemukan pada tahun 1920.

Camillo Negorini adalah seseorang yang menyukai kopi jenis americano, akan tetapi ia senantiasa menambahkan gin di dalam setiap gelasnya. Hal ini membuat orang lain disekitarnya menjadi penasaran akan hal tersebut. Sehingga lama kelamaan orang-orang disekitarnya meniru hal tersebut.

Saat ini negorini biasa dinikmati sebelum menyantap hidangan malam untuk meningkatkan selera makan. Negorini biasa disajikan dalam gelas pendek serta dihiasi dengan kulit jeruk. Memiliki rasa yang kuat dan manis menjadikan minuman ini memanjakan penikmatnya.

Spritz

Spritz, minuman khas italia

gambar via aperol.com

Italia selain terkenal dengnan kopinya, ia juga dikenal sebagai penghasil anggur terbaik di Dunia. maka tidaklah heran apabila Italia memiliki minuman khas dengan bahan dasar anggur. Salah satu minuman tersebut ialah spritz yang terbuat dari campuran anggur putih dan air mineral. Dengan dicampurkannya kedua bahan tersebut, kadar alkohol pada minuman ini menjadi sedikit menurun.

Selain dapat dibeli di bar atau kafe-kafe di Italia, masyarakat Italia sendiri biasa menyajikan membuat dan menyajikan spritz untuk minuman keluarga.

Maraschino

Maraschino

gambar via kopinyc.com

Jenis minuman ini pada dasar adalah minuman khas yang berasal dari Maroko, namun masyarakat Italia sangat menyukainya, karena hal inilah maraschino dianggap sebagai minuman khas Italia.

Maraschino adalah minuman jenis kopi yang merupakan turunan dari espresso, yang menjadikannya unik ialah terdapat tambahan busa susu dan coklat panas. Mungkin kalian dapat membayangkan bagaimana kenikmatan yang ditawarkan oleh minuman ini.

Macchiato

Macchiato

gambar via nespresso.com

Ini dia salah satu kopi yang cukup digemari di Indonesia. Machiato mengalami perkembangan yang sangat pesat di negara kita, tidak jauh berbeda dengan kopi jenis lain, seperti capucino misalnya. Minuman khas Italia ini merupakan minuman yang terbuat dari espreso dengan tambahan buih susu di bagian atasnya.

Macchiato terasa lebih pahit jika dibandingkan dengan capucinno, namun seiring perkembangannya, jenis minuman kopi ini semakin banyak memiliki varian. Kalian dapat mencoba varian lainnya seperti Late Macchiato yang terasa lebih soft dan manis.

Vanila Latte

Vanilla Latte

gambar via onesweetapetite.com

Sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal diperkotaan setidaknya mengetahui minuman Italia satu ini. Vanilla Late merupakan minuman khas yang terbuat dari kopi, bukan hanya terkenal di Italia akan tetapi hampir diseluruh dunia. Minuman ini sangat nikmat, baik disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat.

Tentu kalian dapat menyajikan vanilla late sesuai kondisi musim, apabila di musim dingin baiknya disajikan panas, dan sebaliknya apabila di musim panas disajikan dalam keadaan dingin.

Latte sendiri ialah nama untuk minuman yang cendrung milky, artinya bersusu. Minuman ini memiliki tekstur yang sangat halus, pas untuk kalian yang suka dengan kelembuatan.

Strega

Strega

gambar via themanual.com

Strega adalah minuman kerasnya Italia, minuman ini dapat kalian nikmati sepanjang malam bersama kawan maupun kekasih. Mmeiliki warna kuning yang khas menjadikan minuman ini tampil elegan. Strega sendiri adalah minuman yang berbahan dasar mint, safron serta junipper berries.

Minuman ini merupakan minuman keras yang sudah sangat terkenal, itu terbukti dengan kehadirannya sejak 1860. Tentu saja waktu tersebut bukanlah waktu yang sebentar.

Sterega adalah minuman dengan berbau herbal, sebab ada bahan kunyit di dalamnya. Kata mereka yang pernah mengonsumsinya, minuman ini memili rasa sedikit manis.

Masyarakat Italia sendiri biasa menikmati strega bersamaan dengan santapan makan malam. Bagaimana apakah kalian ingin mencobanya?

Lacryma Christi

Lacryma Christi

gambar via tripadvisor.com

Minuman legendaris Italia selanjutnya ialah Lacryma Christi, minuman ini adalah minuman hasil premtasi anggur, memiliki warna ungu khas anggur membuatnya tampil begitu mempesona.

Lacryma Christi telah hadir sejak pemerintahan kekaisan Roma, minuman ini biasa menjadi hidangan para bangsawan.

Selain anggur sebagai bahan dasarnya, Lacryma Christi menambahkan cengkeh dan rempah lain, hal tersebut untuk memperkaya rasa dari minuman itu sendiri.

Minuman Italia Mana yang Kamu Sukai?

minuman khas italia

gambar via tribunnews.com

Nah itu dia beberapa minuman khas Italia yang paling populer di Dunia. Kira-kira dari daftar tersebut minuman mana yang kamu sukai?

Setiap orang memiliki selera masing-masing, termasuk soal menentukan minuman. Tapi yang jelas Italia adalah surganya bagi para pencinta kopi.

Demikian informasi mengenai minuman tradisional khas Italia yang dapat cakhasan bagikan, semoga bermanfaat. Jika ada kesempatan jangan lupa berkunjung ke Italia untuk menikmati kopinya.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply