Minuman Khas Aceh

Minuman Khas Aceh – Setiap daerah di Indonesia memiliki ke khasannya masing-masing, termasuk di dalamnya soal minuman dan makanannya, sebut saja Aceh. Soal kuliner daerah ini kalah populer apabila dibandingkan dengan daerah di Pulau Sumatera lainnya, seperti Medan, Palembang atau Padang.

Namun tahukah kalian, soal minuman ada yang menarik di Aceh, meskipun minuman tersebut tidak terkenal akan tetapi kenikmatan dari rasanya tidak perlu  diragukan lagi.

Artikel Terkait : Minuman Khas Bali yang Belum Kamu Ketahui

Minuman Khas Aceh

mesjid raya aceh

gambar via tribunnews.com

Setidaknya artikel ini akan menyajikan pembahasan mengenai minuman khas Aceh yang sangat unik, berikut daftar minuman tersebut.

NoNama Minuman
1Sanger
2Kopi Aceh
3Teh Tarik
4Susu Jahe
5Boh Timun

Untuk memperjelas daftar minuman tradisional di atas, kami menyajikan penjelasan dari masing-masing minuman sebagai berikut, selamat membaca!

Sanger

sanger, minuman khas aceh

gambar via merdeka.com

Sanger atau dalam bahasa lain disebut dengan kopi sanger merupakan minuman khas Aceh yang tidak boleh terlewatkan. Sebab minuman ini sangat unik, dimana kopi yang disajikan berbeda dengan kopi pada umumnnya. Selain memiliki penampilan yang berbeda, sanger juga ternya memiliki raya yang berbeda pula.

Berbedaan dari kopi sanger terletak dari cara pembuatannya, dimana kopi ini familiar juga dengan sebutan kopi tarik atau kopi saring. Bagi mereka pencinta kopi, akan dengan mudah membedakan rasa antara kopi biasa, kopi aceh dan kopi sanger.

Kopi sanger dapat dengan mudah kita temukan di seluruh warung kopi di daerah Aceh. Jadi apabila kalian berkunjung jangan lupa untuk menyempatkan menikmati kenikmatan dari kopi sanger ini.

Cara Membuat Kopi Sanger

Bahan

  • 2 sendok makan kopi Aceh dengan jenis arabika
  • 5 sendok makan susu kental manis putih
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 gelas air panas mendidih

Proses Membuat

  • Masukan kopi bubuk ke dalam cangkir atau gelas
  • Rebus air hingga benar-benar mendidih, kemudian masukan ke dalam cangkir yang telah terisi kopi.
  • Aduk kopi dalam cangkir hingga benar-benar larut
  • Lakukan penyaringan hingga beberapa kali
  • Masukan gula dan susu sesuai selera masing-masing

Kopi Aceh

kopi gayo, kopi aceh, minuman khas aceh

gamabr via berdesa.com

Sudah sejak lama Aceh terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di negeri ini. Bahkan pada masa Belanda berkuasa di negeri kita, kopi aceh kerap kali dijadikan pilihan utama untuk di bawa kenegeri kincir angin tersebut.

Pernahkah kalian mendengan tentang daun kopi yang dijadikan layaknya biji kopi? Hal tersebut hingga saat ini masih bertahan di Aceh. Berdasarkan sejarah kejadian tersebut impas dari ketiadaan biji kopi, sehingga dengan terpaksa masyarakat aceh menjadikan daun kopi sebagai minuman penggan ti kopi (Baca juga sejarah kopi Aceh disini).

Saat ini mungkin kita sudah sangat  mudah menikmati uniknya rasa dari kopi, baik jenis kopi Aceh atau kopi lainnya. Tentu hal ini patut kita syukuri, sebab hal tersebut merupakan kenikmatan dari sang pencipta.

Apa yang membuat kopi Aceh terasa lebih unik?

Kopi Aceh dikenal dengan sebuatan kopi gayo, minuman ini uniknya tidak hanya terkenal di dalam negeri, akan tetapi begitu populer di negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Gayo sendiri merupakan sebuatan untuk nama daerah di Aceh. Gayo adalah dataran tinggi penghasil kopi dengnan kualitas terbaik. Terdapat dua jenis kopi yang dihasilkan oleh dataran tinggi gayo, yaitu arabika dan robusta.

Selain itu, yang menjadikannya menarik, kopi gayo memiliki aroma yang khas dan unik. Tentu hal tersebutlah yang memnjadikan kopi ini terkenal hingga manca negara.

Nah bagi kalian yang hendak atau sedang berkunjung ke tanah rencong, jangan lupa untuk menikmati sajian kopi gayo. Meskipun di daerah lain diluar Aceh banyak yang menjual kopi gayo, akan tetapi akan sangat jauh berbeda apabila kalian merasakan dari tempat asalnya.

Artikel Terkait : Minuman Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Coba

Untuk pembuatan kopi gayo tidaklah jauh berbeda dengan pembuatan kopi biasa, hanya saja apabila kalian ingin membuat dan mendapatkan hasil yang maksimal ada beberapa hal berikut ini yang perlu diperhatikan.

  • Memperhatikan kualitas air
  • Memperhatikan kualitas kopi
  • Memperhatikan kepekatan kopi
  • dll

Nah itu sedikit tentang kopi Aceh, kalian dapat mengolah dan meng-eksplore lebih mendalam mengennai hal tersebut.

Teh Tarik

teh trik, minuman khas aceh

gambar via carnivalmunchies.com

Teh tarik khas Aceh berbeda dengan teh tarik dari Thailand ya, sebab teh tarik disini diartikan dalam kata sebenrnya. Dimana teh yang disajikan dalam gelas di bolak balik dari gelas satu ke gelas lainnya, sehingga menghasilkan aroma yang harum serta warna agak keruh.

Proses tersebut dilakun dengan cepat secara terus menerus hingga dirasa cukup. Dari hasil tersebut, selain menghasilkan bau teh yang harum, serta warna agak keruh, juga menghasilkan busa lembut di atas minuman.

Sama halnya dengan kopi gayo, teh tarik khas Aceh ini dapat ditemukan dengan sangat mudah, di kedai atau rumah makan disetiap daerah di Aceh.

Minuman tradisional khas Aceh ini sangat nikmat disantap bareng roti cenai, roti telur atau roti tempayang. Rasakan sensasi kenikmatan yang lembut dalam setiap tegukan teh yang kalian minum.

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk berkunjung dan menikmati segelas teh tarik?

Susu Jahe

susu jahe, minuman khas aceh

gambar via cosmopolitan.co.id

Susu jahe adalah salah satu minuman tradisional legendaris yang bukan hanya terkenal di tanah rencong, akan tetapi hampir disetiap daerah di tanah air. Bahkan seiring perkembangannya, susu jahe telah hadir dalam bentuk instant.

Namun apa yang membedakan susu jahe khas aceh dengan susu jahe pada umumnya?

Sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan susu jahe pada umumnya yang terdapat di daerah lain. Dimana susu jahe ini terbuat dari susu segar yang dimasak dengan jahe. Minuman satu ini cocok untuk meredakan dikala masuk angin serta dinikmati pada musim dingin.

Boh Timun

le boh timon

gambar via tribunnews.com

Ada yang pernah bendengar nama minuman khas Aceh satu ini? Yap boh timon merupakan minuman khas yang berasal dari Aceh. Minuman ini telah terkenal sejak dulu di Indonesia, seringkali dijadikan sebagai pelepas dahaga di bulan ramadhan.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan boh timon ialah timun yang diserut ditambah dengan jeruk nipis. Coba bayangkan kesegaran yang tercipta dari minuman ini.

Nah sebagai pelengkap postingan ini saya tambahkan resep atau cara membuat boh timun, minuman ini sangat mudah dibuat di rumah. Sehingga tidak perlu repot-repot membelinya.

Cara Membuat Boh Timun

Bahan

  • 1 kg mentimun
  • Es batu
  • Sirup favoritmu

Proses

  • Kupas mentimun menggunakan kupasan kentang
  • Kemudian serut mentimun menggunakan parutan
  • Beri sirup kesukaanmu
  • Tambahkan es batu
  • Tambahkan jeruk nipis (optional)

Bagaimana cukup mudah da murah bukan? Kalian juga dapat melakukan variasi dalam membauat boh timun ini misal dengan ditambahkannya nata de coco, atau bahan lain yang kiranya kalian sukai.

Dapat juga kalian menambahkan peresan lemon dan biji selasih dalam boh temon. Tentu hal itu akan membuat minuman semakin enak dan nikmat.

Minuman Tradisional Aceh Mana yang Kamu Sukai?

miuman tradisional aceh

gambar via cockpad.com

Nah itu dia 5 minuman khas Aceh yang telah kita bahas bersama. Kira-kira minuman mana yang menjadi favorit kalian?

Semoga tulisan yang sedikit dan singkat ini dapat memberikan inspirasi bagi kalian, terutama kalian yang sangat addict memasak, terimakasih!!

Show Comments

2 Comments

  1. nuha Juli 17, 2019
    • cakhasan Juli 17, 2019

Leave a Reply