manfaat tanah

Manfaat Tanah Bagi Mahluk Hidup

Manfaat Tanah – Tanah atau soil ialah sebuah nama untuk bagian yang terdapat di atas kulit bumi. Tanah terdiri dari bahan organik, anorganik, air serta udara. Tanah sendiri telah dikenal dari sejak jaman dahulu, dimana saat itu tanah dimanfaatkan sebagai tempat untuk bercocok tanam.

Bahkan dalam Islam sendiri, asal muasal manusia adalah dari tanah. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran Surat As-Sajadah : 7.

الَّذِي أَحْسَنَ كُلَّ شَيْءٍ خَلَقَهُ وَبَدَأَ خَلْقَ الإنْسَانِ مِنْ طِينٍ

Artinya :

Yang memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah.

Baca lebih lengkap mmengenai penciptaan manusia menurut alquran disini.

Kira-kira apa saja manfaat tanah, selain untuk bercocok tanam?

Yuk kita cari tahu jawabannya dalam penjelasan di bawah berikut ini.

Baca Juga : Mengenal 5 Lapisan Atmosfer

Manfaat Tanah

manfaat tanah

ilustrasi tanah

Seperti kita ketahui bersama, tanah merupakan tempat tumbuhnya berbagai tanaman. Selian dimanfaatkan sebagai tembak bercocok tanam oleh manusia, tanah juga dapat dimanfaat sebagai bahan dalam pembuatan kerajinan, atau dijadikan bahan utama untuk bangunan seperti batu batu.

Nah selain tanah dapat dimanfaat sebagaimana yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya, ternyata tanah juga memiliki berbagai manfaat sebagai berikut.

Baca Juga : Klasifikasi Tanah (USDA, UNESCO/FAO & PPT Bogor)

Media Bertani / Pertanian

farm, pertanian

ilustrasi bertani

Sebagian besar para petani memanfaat tanah sebagai media tanamnya. Sehingga dapat dipastikan mereka sangat mengandalkan tanah sebagai media tanamnya. Adapun sebagian kecil dari petani memanfaatkan teknologi hidroponik dalam bercocok tanam. Akan tetapi hal ini sangat sedikit, mengingat membutuhkan biaya yang tidak murah.

Meskipun tentu tidak semua jenis tanah dapat digunakan untuk bertani, mengingat pertanian akan bagus apabila dilakukan di tanah subur.

Namun rasanya sudah sangat jelas, tanah adalah hal yang utama diperlukan dalam melakukan pertanian. Bertani sendiri telah dilakukan dari jaman dahulu, dimana seperti yang kita tahu dalam pelajaran sejarah, awal teknologi justru berkembang dalam bidang pertanian.

Kemudian baru pada jaman modern, bertani tidak hanya dilakukan dengan menggunakan media tanah, akan tetapi dapat berupa air, atau yang disebut dengan hidroponik.

Bahan Baku Produksi

arsitektur italia, gedung

ilustrasi bangunan

Tanah memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah sebagai bahan baku. Jenis tanah yang digunakan ialah tanah liat.

Beberapa hal yang dapat di produksi menggunakan tanah ialah;

  • Batu bata
  • Genteng
  • Kramik
  • dll

Bahan baku bata merupakan tanah liat atau tanah merah. Hingga saat ini batu bata masih menjadi bahan yang digunakan untuk membangun bangunan. Tentu permintaan batu bata sangat berbanding lurus dengan ketersediaan bahan baku, yaitu tanah.

Begitupun dengan produksi bahan bangunan yang memanfaat tanah sebagai bahan bakunya, seperti genteng dan keramik. Ke dua produk ini hampir sama dengan batu bata, tidak jauh berbeda.

Sumber Mata Air

water, air

ilustrasi sumber mata air

Saat hujan turun, tanah memiliki salah satu fungsi yaitu menyerap air, sehingga hal ini dapat dimanfaat sebagai sumber mata air, terutama sumur.

Sumur sendiri adalah sumber mata air yang sangat dominan digunakan, terutama untuk daerah-daerah rendah. Mengingat hal ini merupakan cara paling mudah jika dibandingkan dengan yang lain, seperti sumber mata air sungai yang jauh dan lain sebagainnya.

Tentu saja masyarakat kebanyakan lebih memilih untuk membuat sumur sebagai pilihan sumber mata air. Sebab hal ini tidak terlalu menguras biaya.

Tanggul Alami

tanggul, bendungan, dam

ilustrasi tanggul

Pernahkah kalian melihat tanah dimanfaat sebagai tanggul? Mungkin kebanyakan diantara kita berfikir bahwa tanggul-tanggul dibangun menggunakan beton.

Namun tahukah kalian, sebenarnya seringkali tanah dimanfaatkan sebagai tanggul-tanggul di sungai. Pembuatan tanggul dengan tanah sendiri tentu lebih murah apabila dibandingkan dengan tanggul yang dibuat dari bahan lain.

Bahkan tanggul-tanggul tanah pernah digunakan untuk mengatasi luapan sungai, lumpur lapindo, dan hal yang dilakukan itu tentu sangat membantu sekali.

Menjaga Keseimbangan Lingkungan

ekologi, hutan

ilustrasi hutan

Apa maksudnya tanah bermanfat sebagai penjaga keseimbangan lingkungan? Seperti yang kita ketahui bersama tanah sangat berperan penting dalam menyerap air, supaya tidak banjir.

Coba kalian bayangkan apabila tanah tidak dapat menyerap air? Tentu saja dimana-mana akan terjadi banjir. Sehingga inilah yang disebut dengan tanah sebagai penjaga keseimbangan lingkungan.

Menyimpan Mineral

tambang

ilustrasi tambang

Lapisan tanah mengandung begitu banyak mineral, seperti gas bumi, minyak bumi, batu bara serta hasil tambang yang lainnya.

Seperti yang kita ketahui hasil-hasil tambang memiliki harga yang sangat fantastis. Saat ini benda yang paling berharga di dunia adalah hasil tambang, salah satunya emas. Bahkan sebuah negara dierhitungkan apabila memiliki cadangan emas yang melimpah.

Hasil tambang lain seperti batu bara dan minyak  bumi tidak kalah dengan emas, hal ini terbukti dengan negara-negara timur tengah yang mendadak kaya dari minyak bumi.

Menyediakan Bahan Makanan Mikro Organisme

kumbang

ilustrasi mikro organisme

Sampai saat ini tidak bisa dipastikan ada berapa mikro organisme yang tersebar di bumi, tapi yang jelas setiap mikro organisme disedikan makanan oleh tanah.

Dalam hal ini lagi dan lagi tanah memiliki manfaat yang besar untuk mahluk hidup lain selain manusia. Jangan jauh-jauh kita berfikir tentang mikro organisme, coba kita bayangkan mengenai cacing tanah dan sejenisnya, mereka semua makan yang disediakan oleh tanah.

Tempat Aktivitas Mahluk Hidup

kelinci, kelinci lucu, rabbit

ilustrasi mahluk hidup

Selain menyediakan makanan untuk mahluk hidup, tanah juga nyatanya sebagai tempat aktivitas sebagian besar mahluk hidup, termasuk manusia di dalamnya.

Hampir semua mahluk hidup dari manusia hingga mahluk hidup tidak kasat mata beraktivitas di tanah. Maka tanah adalah hal yang paling penting untuk penunjang kehidupan.

Bahan Baku Pembuatan Seni

patung firaun

ilustrasi karya seni

Tanah tidak hanya dimanfaatkan oleh pengusaha bangunan saja, namun nyatanya dimanfaat oleh orang-orang kreatif, yang dijadikan benda bernilai.

Benda dengan nilai tinggi yang terbuat dari tanah cukup banyak, salah satunya adalah patung. Tentu sebuah karya seni tidak lagi dilihat dari apa bahan dasar yang digunakan, akan tetapi lebih kepada nilai estetikanya. Sehingga sebuah karya seni di ukur memiliki nilai yang tinggi apabila memiliki estetika yang tinggi.

Berikut ini adalah karya seni yang dapat memanfaatkan tanah;

  • Patung
  • Guci
  • Ornamen rungan
  • Topeng
  • dll

Benda-benda tersebut barang kali tidak terlalu asing dalam kehidupan kita, sebab sudah banyak pengrajin yang memproduksi benda-benda tersebut.

Bahan Peralatan Rumah Tangga

cangkir

ilustrasi peralatan rumah tangga

Pemanfaatan tanah sebagai bahan baku pembuatan peralatan rumah tangga sudah dilakukan sejak jaman dahulu, dimana seperti tempat makan ataupiring, cangkir, kompor hingga alat untuk menumbuk. Akan tatapi seiring berjalannya waktu, peralatan tersebut mulai digantikan oleh bahan lain.

Cara Merawat atau Menjaga Tanah

hutan belantara

ilustrasi hutan

Setelah kita mengetahui manfaat tanah yang begitu banyak, terutama bagi kehidupan manusia. Barang kali sudah semestinya kita merawat dan menjaganya. Lalu bagaimana cara merawat dan menjaga tanah agar tetap baik? Berikut ini merupakan cara-cara merawat dan menjaga tanah yang dapat dilakukan.

Cara Vegetatif

tanaman

ilustrasi reboisasi

Cara vegetatif yaitu sebuah cara menjaga tanah dengan memanfaatkan tanaman, sehingga tanah dapat tetap terjaga. sebagai contohnya adalah sebagai berikut.

  • Reboisasi.
  • Penanaman cara strip.
  • Menanam tanaman pangan dan nonpangan.
  • Penanaman berganda.
  • Menggunakan mulsa.

Cara Mekanis

sawah

ilustrasi terasering

Cara mekanis sendiri ialah sebuah cara untuk merubah bentuk fisik tanah. Salah satu contoh cara mekanis yang paling terkenal ialah teknik terasering.

Cara mekanis ini memiliki tujuan, agar tanah yang terbawa aliran air hujan sedikit. Berikut beberapa cara mekanis yang dapat dilakukan;

  • Pembuatan terasering.
  • Pembuatan saluran pembuangan air.
  • bangunan pengendali.

Cara Kimiawi

lab kimia

ilustrasi kimiawi

Cara kimiawi adalah suatu cara merawat tanah dengan memberikan bahan kimiawi kepada tanah. Cara ini sendiri dilakukan biasanya untuk memadatkan struktur tanah.

Mengapa struktur tanah perlu dipadatkan? Alasannya karena struktur tanah yang lebih padat memiliki kemungkinan yang kecil terjadinya erosi.

Selain cara kimiawi digunakan untuk memadatkan tanah, biasanya cara ini juga dilakukan untuk menyeimbangkan kandungan organik. Sebab apabila kandungan organik kurang dari 2% biasanya lebih mudah terjadi erosi.

Demikian tulisan mengenai manfaat tanah serta cara merawat dan menjaganya. semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan lewat juga artikel sebelumnya mengenai pencemaran air serta dampaknya, terimakasih.

Semua gambar diambil dari unsplash.com

Kepoin Yuks