gambar daun bidara, daun bidara, manfaat daun bidara

Inilah Manfaat Daun Bidara yang Menakjubkan

Manfaat Daun Bidara – siapa yang tidak kenal dengan daun bidara? Daun bidara ini sangat popular tidak hanya di kalangan ustadz-ustadz dan santri, tetapi sudah hampir semua orang mengenal daun ini. Apa saja keistimewaan daun bidara ini?

Perlu kita ketahui bahwa daun bidara disebutkan dalam Al-Quran ( QS: Al Waqiah: 27-28) dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Hal ini tentunya menyatakan bahwa daun bidara ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk manusia.

Di beberapa tempat pohon bidara ini tumbuh liar. Sebagian orang ada yang belum tahu dan menganggap bidara ini hanyalah semak belukar saja. Sehingga banyak sekali bidara ini dibabat habis.

Namun karena pohon bidara ini sangat mudah untuk tumbuh, biasanya dari bekas-bekas penebangan akan muncul tunas-tunas baru yang muncul. Pohon bidara juga memiliki buah yang rasanya sangat enak.

Pohon bidara ini bisa tumbuh hingga mencapai 15 meter dengan cabang dan ranting yang berduri. Daun bidara ini berbentuk oval dengan permukaan yang halus.

Manfaat Daun Bidara

gambar daun bidara, daun bidara, manfaat daun bidara

gambar via tanamanmart.com

Di Negara Arab sana, semua bagian tanaman bidara ini digunakan untuk membantu mempertahankan gaya hidp sehat. Di Arab Saudi tanaman ini juga digunakan untuk pengobatan bronchitis, bisul, luka, dan penyakit mata. Daun dari tanaman ini, yang secara lokal dikenal sebagai “sidr” dan “konar”.

Di Iran bidara ini digunakan sebagai antiseptik, anti jamur dan anti inflamasi, juga untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti dermatitis atopik. Di China sendiri telah digunakan sebagai bentuk control kelahiran.

Dilansir dari tibuku, bahwa air extract daun bidara dipercaya memiliki sifat antinociceptive dalam uji coba pada tikus dan memiliki efek menenangkan pada sistem saraf pusat. Ini telah dijelaskan sebagai anticathartic, diuretic zat, dan tonik.

Tanaman ini berbunga sekitar bulan Juli sampai Agustus, dan biji matang dari Oktober sampai Desember.

Tanaman ini juga memiliki bunga yang wangi. Komposisi kimia tanaman ini telah diteliti secara luas dan telah diketahui komposisi kimianya.

Komposisi kimia tanaman bidara terbukti sangat kompleks dan lengkap. Banyak sekali manfaat daun bidara ini, beberapa di antaranya yaitu;

Mengatasi haid yang tidak lancar

siklus haid

gambar via hellosehat.com

Bagi perempuan, haid (menstruasi) merupakan suatu keniscayaan, karena sudah sunnatulah. Dalam masalah haid, tidak semua perempuan mempunyai siklus yang normal.

Ada sebagian permepuan yang mempunyai siklus haid yang tidak teratur. Jika Anda (perempuan) mengalami hal tersebut, Anda bisa menggunakan daun bidara sebagai obat herbal.

Cukup dengan merutinkan meminum air daun bidara, Insyaallah masalah haid yang tidak lancar, tidak teratur akan terselesaikan.

Kegunaan Daun Bidara untuk Kecantikan

kecantikan, animasi wanita cantik, wanita cantiik

gambar via malangvoice.com

Memiliki wajah yang cantik, mulus, bersih, kinclong, tentunya menjadi dambaan setiap perempuan manapun. Kecantikan memang hasil pemberian Allah, namun sebagai bentuk rasa syukur kita salah satunya dengan merawat anugerah tersebut. daun bidara bisa dijadikan sebagai masker alami. Daun bidara ini juga bisa mengatasi jerawat yang membandel di wajah. Dengan rutin memakai masker daun bidara akan sangat bermanfaat dan efektif untuk mengatasi keluhan jerawat.

Menyembuhkan luka

menyembuhkan luka, luka memar

TribunStyle.com

Manfaat selanjutnya yaitu daun bidara bisa menyembuhkan luka, mulai dari luka gores, luka bakar, luka-luka lainnya yang bisa kering dan sembuh dengan cepat. Krena daun ini mengandung zat yang bisa membantu menghentikan pendarahan sehingga luka cepat kering dan sembuh.

Menyehatkan lambung

sakit lambung, maag, lambung

gambar via ilovelife.co

Lambung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Karena berfungsi sebagai tempat penampungan dan pengolahan makanan sebelum dikirim ke usus.

ketika lambung bermasalah, akan menimbulkan bnayak penyakit yang mengakibatkan kinerja pengolahan makanan terganggu.

Penyakit yang sering menyerang karena lambung yang tidak sehat adalah maag. Dengan mengonsumsi daun bidara secara rutin akan meminimalisasi penyakit yang mengganggu kinerja lambung.

Mencegah diabetes

diabetes

aspiretrainingteam.com

Penyakit diabetes saat ini menjadi penyakit yang sangat menyeramkan, karena tidak hanya golongan tua namun yang muda pun bisa terserang juga dan penyakit ini tidak mengenal jenis kelamin.

penderita diabetes bisa mencoba ramuan daun bidara untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Minumlah secara rutin dan tentunya jangan lupa berdoa, karena hanya Allah lah yang mampu menyembuhkan, ramuan bidara hanya sebagai wasilah.

Mandi setelah haid

gambar cewe mandi, mandi

wowkeren.com

Secara umum haid adalah proses keluarnya darah kotor melalui vagina sebagai siklus bulanan bagi perempuan remaja sampai sebelum masa menopause.

Biasanya yang mengganggu adalah bau hanyir dari darah yang keluar cukup menyengat. Untuk mengatasinya, para perempuan bisa menggunakan campuran air daun bidara saat mandi.

Mengobati gangguan jin dan sihir

kesurupan, conjuring

gambar via grid.id

Pada Praktiknya daun bidara sangat popular digunakan untuk meruqyah syar’iyyah dalam menangani masalah-masalah yang ditimbulkan oleh jin dan sihir-sihir yang dikirim oleh dukun.

Salah satu tabi’in yang ahli dalam bidang kedokteran yaitu Wahb bin Munabih menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk halus, lalu dilarutkan ke dalam air dan dibacakan ayat kursi, Al-kafirun, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas (Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13).

Setelah dibacakan ayat tadi, air daun bidara dapat diminum dan sisanya digunakan untuk mandi.

Gangguan akut

gangguan jiwa, stress

gambar via beritagar.com

Apabila ada orang yang terkena gangguan sihir dan jin yang sudah parah, haruslah ia mengharap pahala atas musibah itu seraya terus beriktiar dalam pengobatan.

Berikut ini metode yang dijelaskan oleh salah seorang ulama Arab Saudi yang bernama Dr. Said bin Ali bin Wahq Al-Qahtani Rahimahullah dalam buku beliau yang berjudul Ad-Du’a wa Yalihi Al-Ilajbi Ar-Ruqo Hal.35

  • Haluskan daun bidara dan campurkan ke dalam air
  • Bacakan ayat-ayat berikut di dekat air (di luar kamar mandi)
  • membaca ta’awudz
  • Ayat kursi
  • Al-A’Raff ayat 117-122
  • Yunus ayat 79-82
  • Taha ayat 65-70
  • Al Kafirun, Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas
  • Minum air tersebut seanyak 3 kali
  • Gunakan sisa air untuk mandi
  • Lakukan cara ini beberapa kali sampai efek dan pengaruh jin atau sihir hilang.

Melindungi kulit

wanita cantik dan payung

manfaat daun bidara

Sebuah penelitian dilakukan, air rendaman daun bidara (yang direndam selama 24 jam) pengujian sinar radiasi sinal Ultraviolet pada kulit menggunakan simulator oriel surya dan satu aplikasi dari produk gel. Warna kulit dievaluasi (Khusus untuk kulit kemerahan) menggunakan chromameter Minolta. 80% dari subyek menunjukkan penurunan dalam kulit memerah dan gel mengurangi kemerahan dengan 17,51% disemua percobaan.

Perwatan kulit dan rambut

kulit rambut, rambut

gambar via wowkeren.com

Tanaman ini sudah digunakan dibanyak bagian dunia untuk perawatan kulit. Komposisi kimia dan fitokimia yang terdapat pada bubuk daun bidara dapat menghitamkan dan memanjangkan rambut.

Anti Mikroba

mikroba, virus, gambar mikroba

gambar via bisnis.com

Bidara telah terbukti dapat membasmi bakteri, jamur dan juga pathogen lain yang biasanya cukup tahan.

Penutup

gambar daun bidara, bidara, daun

gambar via satujam.com

Itulah beberapa di antara manfaat daun bidara. Manfaat-manfaat daun bidara di atas adalah sebagian kecil dari banyak lagi manfaat yang didapat dari mengonsumsi daun bidara. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kepoin Yuks