39+ Makanan Khas Sunda, Dijamin Bikin Ngiler

Makanan Khas Sunda – Sunda merupakan suku etnis yang menduduki daerah jawa bagian barat. Tidak jauh berbeda dengan suku – suku lain di Indonesia, mereka memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Selain itu, sunda sangat terkenal dengan kuliner yang beragam. Berbicara kuliner khas sunda, artinya kita membicarakan makanan yang tak pernah ada habisnya. Mengapa disebut tidak pernah habis? Sebab, hidangan khas sunda bervariatif baik dari segi rasa maupun jenis.

Seiring perkembangan waktu, kuliner khas sunda semakin beragam. Apalagi akhir – akhir ini banyak masyarakat yang memodifikasi kuliner khas sunda dari segi tampilan maupun rasa.

Makanan khas sunda ternyata terkenal di daerah lain, terutama daerah – daerah pulau jawa. Jika kalian penasaran dengan kuliner khas sunda, cakhasan.com akan memberikan daftar makanan khas Jawa Barat yang bisa bikin kalian ngiler.

Makanan Khas Sunda (Hidangan)

Berikut ini merupakan makanan khas sunda yang masuk kedalam jenis hidangan, atau bisa disebut makanan berat.

Nasi Tutug Oncom, Makanan Khas Sunda Penuh Selera

makanan khas sunda

Wonderfulisland.id

Nasi tutug oncom, atau msyarakat sekitar biasa menyebutnya nasi TO atau TO, merupakan makanan khas yang berasal dari Tasikmalaya.

Memiliki aroma unik yang dihasilkan dari oncom. Oncom sendiri merupakan jenis makanan yang mirip dengan tempe, meskipun mirip dari segi bentuk, tapi rasanya jauh berbeda. Oncom memiliki warna kuning, serta rasa yang lebih komplek. meski begitu makanan ini memiliki kandungan gizi yang baik.

Proses penyajian nasi tutug oncom dengan cara mengaduk oncom yang telah digoreng atau dibakar dengan nasi hangat. Di sunda sendiri proses mengaduk ini dinamakan tutug. Sehingga nasi tutug oncom adalah nasi yang diaduk dengan oncom.

Nasi tutug oncom sangat nikmat disajakin ketika masih hangat,biasa disajikan dengan lauk, seperti tempe goreng atau ikan asin.

Nasi Timbel, Kuliner Sunda yang Melegenda

makanan khas sunda

DailyWuz.com

Makanan khas Sunda yang begitu populer di Jawa Barat dan banten ini merupakan makanan yang biasa disajikan dengan menggunakan daun pisang.

Pada awal keberadaanya, nasi timbel disediakan untuk para petani yang hendak pergi berkebun, dan mereka nikmati saat istirahat. Akan tetapi saat ini, nasi timbel disajikan untuk semua orang.

Nasi timbel sangat iconic dengan daun pisangnya, namun untuk saat ini di beberapa rumah makan disajikan menggunakan wadah seperti biasa. Terdapat beberapa lauk yang bisa dijadikan teman nasi timbel, diantaranya ayam, tahu, tempe dan ikan asin.

Nasi Liwet Sunda, Nasi Keluarga

makanan khas sunda

dictio.id

Nasi liwet saat ini telah dikenal banyak orang di tanah air. terdapat dua versi nasi liwet, pertama nasi liwet dari solo. liwet versi solo sedikit berbeda dengan liwet versi sunda, jika di sunda dalam proses memasaknya hanya memanfaatkan rempah – rempah tanpa menembahkan santan, lain lagi di Solo yang menambahkan santan dalam proses pembuatannya.

Meski tidak ada tambahan santan, makanan khas sunda ini memiliki cita rasa yang gurih. Rasa gurih tersebut dihasilkan dari rempah – rempah yang digunakan, seperti cabai, sereh, salam, bawang merah, bawang puti dan kemangi. bahkan tidak jarang ditambahkan ikan jambal di atas liwet.

Di Jawa Barat sendiri, banyak sekali warung nasi dan rumah makan yang menyedikan nasi liwet. Jika kalian tertarik mencoba nasi liwet, yuk berkunjung ke Jawa Barat.

Karedok, Makanan Khas Sunda

makanan khas sunda

bisnisbandung.com

Karedok atau keredok merupakan saladnya masyarakat sunda. terbuat dari sayuran mentah dengan tambahan saus kacang. Sayuran yang digunakan antara lain, toge, mentimun, kol, kacang panjang, daun kemangi dan terong. Makanan ini merupakan pelengkap bagi masyarakat sunda.

Karedok seringkali dianggap sebagai kuliner khas betawi, dikarenakan begitu banyak penjul karedok disana. Atau bisa jadi kuliner khas sunda ini memiliki kemiripan dengan gado – gado.

Tertarik untuk membuat karedok sendiri, lihat resep disini

Lotek, Pecel Ala Sunda

makanan khas sunda

wikipedia.org

Lotek merupakan makanan khas Jawa Barat yang sangat mudah di temukan, Jika dilihat sepintas makanan khas ini mirip dengan gado-gado makanan khas betawi. makanan berbahan sayuran yang direbus, lalu ditambahkan saus kacang.

Proses pembuatan sambalnya cukup unik, yakni seringkali ditambahkan terasi, gula merah dan tempe. Memiliki rasa lebih manis ketimbang pecel.

Lotek akan sangat cocok disajikan bersaama lontong dan krupuk, rasanya pasti maknyus.

Cara membuat lotek terbilang mudah. Kalian cukup merebus sayuran, seperti kacang panjang, labu, kangkung dan touge. Jika rebusan dirasa telah matang, kemudian tiriskan. Siapkan cobek dengan ukuran besar untuk membuat bumbu sekali gus mencapur bumbu dengan sayuran. Aduk – aduk sayuran dan bumbu hingga merata. Jika kalian tidak ingin repot dalam membuatnya, cukup membeli lotek dengan harga lima ribuan saja.

Tumis Genjer, Makanan Penuh Manfaat

makanan khas sunda

dapoerpandanwangi.net

Tanah sunda memang kaya akan kulinernya. Makanan yang mungkin akan sulit ditemukan di daerah lain yaitu genjer.

Di Sunda sendiri, tumis genjer atau tumis genjer oncom akan kalian temui di warung – warung makanan Sunda. Selain warung Sunda tentu tidak akan menyediakan.

Makanan khas Sunda ini merupakan kuliner tradisional, telah ada sejak jaman dahulu.

Tumis Tauco, Kuliner Sunda yang Unik

makanan khas sunda

joriskitchenrecipebook.blogspot.com

Mendengar tauco, yang terbayang adalah Cianjur. Saus yang berasal dari Cianjur ini cukup terkenal. Seiring berjalannya waktu, tauco dimanfaatkan sebagai bummbu masak, salah satunya adalah untuk menumis.

Ada berbagai jenis makanan yang dapat dijadikan tumis tauco, seperti tahu, kangkung, ikan, udang dan lainnya. Jenis makanan tersebut tinggal ditumis menggunakan tauco. Tentu rasa dari tauco memberikan sensasi yang berbeda terhadap masakan.

Mie Kocok Bandung, Mienya Orang Sunda

makanan khas sunda

detik.com

Sesuai dengan namanya, masakan Sunda yang satu ini berbahan dasar mie. Mie yang digunakan dalam pembuatan mie kocok berupa mie kuning. Untuk kuah terbuat dari kaldu sapi. Mie kocok biasa disajikan bersama touge dan kikil. Untuk menambah rasa segar, tidak jarang ditambahkan jeruk nipis.

Nama mie kocok diambil dari proses pembuatannya. Dalam proses ini mie dimasukan kedalam wadah khusus kemudian di kocok – kocok dalam air panas. Kalian bisa temukan makanan ini di daerah Bandung .

Soto Mie Bogor

makanan khas sunda

tastemade.com

Soto mie merupakan kuliner yang cukup terkenal, terutama di daerah – daerah di Pulau Jawa. Bahkan terkenal sampai negara tetangga, seperti malaysia dan singappura. Masakan khas Sunda yang masuk kedalam kategori berkuah ini, berbahan dasar mie yang terbuat dari terigu, telur dan garam.

Banyak pilihan dalam menghidangkan soto mie, diantaranya dengan menambahkan daging ayam, daging sapi, kikil atau babat. Kuah yang disajikan dalam soto mie biasanya kaldu ayam atau atau sapi.

Makanan ini paling enak jika disantap dengan nasi hangat.

Doclang, Makanan Legendaris

makanan khas sunda

catatanbundasyamil.blogspot.com

Doclang adalah makanan yang hampir punah, bahkan bisa jadi telah punah. Sajian Sunda ini kalah pamor dengan makanan lain. Hal ini akibat kurangnya pengenalan. Doclang termasuk jenis makanan berat, terbuat dari lontong dengan tambahan rebus kentang, dan disiram dengan bumbu kacang.

Baso Tahu

makanan khas sunda

foody.id

Baso tahu merupakan makanan yang di gemari oleh berbagai kalangan, terdapat hampir di setiap daerah di Jawa Barat. Hidangan khas Sunda yang begitu populer, apa lagi di Bandung, sebab kebanyakan masyarakat luar Jawa Barat mengenal makanan ini adalah makanan khas Bandung.

Di Sunda makanan khas ini disebut dengan baso tahu, sedangkan di daerah – daerah lain ada yang menyebut siomay.

Baso tahu terbuat dari campuran antara tepung dan ikan yang digiling. Dalam penyajiannya baso tahu atau siomay, biasa disajikan dengan telur, pare kol dan kentang. Makanan ini menggunakan kacang tanah sebagai bumbunya.

Batagor

makanan khas sunda

tastemade.com

Saya selalu beranggapan bahwa baso tahu dengan batagor merupakan kaka beradik. Bumbu yang digunakan dalam menyajikan batagor hampiir sama dengan baso tahu, yaitu bumbu kacang. yang membedakan ialah, batagor digoreng bukan di kukus seperti halnya baso tahu.

Pembuatan adonan hampir mirip dengan baso tahu, berbahan dasar ikan. Makanan ini biasa disajikan dengan mentimun.

Kupat Tahu

makanan khas sunda

pergikuliner.com

Berbeda dengan doclang, kupat tahu masih eksis sampai saat ini. Jika doclang mengkombinasikan antara lontong dengan kentang, berbeda halnya dengan kupat tahu, kupat tahu mengkombinasikan antara lontong atau ketupat dengan tahu serta touge.

Kupat tahu tergolong jenis makanan berat. Makanan ini cocok dinikmati saat sarapan untuk memberikan tenaga lebih.

Di Jawa Barat sendiri, kupat tahu yang paling terkenal adalah kupat tahu Wanareja Tasikmalaya.

Sate Maranggi

makanan khas sunda

budaya-indonesia.org

Sate maranggi bisa dibilang berbeda dengan sate jenis lain. Sebab sate yang satu ini, tidak memiliki bumbu, unik bukan. Dari segi tampilan sate ini mirip dengan sate khas Palu (baca: Makanan Khas Palu). Kesamaannya terletak pada bumbu, yang sama-sama tidak memiliki saus.

Sate unik ini berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Jika kalian berkunjung ke Purwakarta, maka akan menemukan penjual atau rumah makan sate maranggi hampir disetiap penjuru kota.

Bukan hanya di Purwakarta, sate ini banyak dijual di daerah – daerah lain di Jawa barat. Apakah kalian tertarik untuk mencoba, berkunjung yu ke Jawa Barat.

Bakakak Hayam, Masakan Sunda Bersejarah

makanan khs sunda, makanan khas bandung

wikiwand.com

Makanan khas sunda selanjutnya adalah bakakak hayam, hayam dalam bahasa indonesia berarti ayam. Bakakak ayam merupakan ayam bakar, yang dibakar secara utuh. Mulai dari bagian kepala sampai bagian kaki.

Hidangan Sunda ini cocok dinikmati bersama keluarga.

Oh iya, jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Jika kalian membutuhkan ayam, bisa berkunjung ke bisapinter.com, menjual berbagai jenis ayam, seperti jual ayam pelung, ayam kampung, ayam kate dll. Kualitas terjamin, harga bersahabat.

Cemilan Khas Sunda

Setelah pada bagian sebelumnya kita membahas makanan Sunda, dibagian ini kita akan membahas cemilan khas sunda yang digemari berbagai kalangan. Simak yuk, bisa jadi ada makanan kesukaan kalian.

Cimol, Cemilan Unik Asli Sunda

makanan khas sunda

hipwee.com

“Memang ada – ada saja ya di Sunda” kurang lebih begitulah perkataan masyarakat di luar Sunda. Cimol menjadi favorit berbagai kalangan, mulai yang muda sampai orang tua.

Cimol bisa kalian jumpai di berbagai daerah di Jawa Barat. Cemilan yang sangat disukai anak – anak sekolahan.

Memiliki bentuk bulat kecil dengan bagian dalam yang kosong. Cimol biasa menggunakan bumbu atom sebagai perasa, serta aida untuk memberi rasa pedas.

Cireng, Cemilan Menggoda

makanan khas sunda

resepsegalamasakan.web.id

Cireng merupakan makanan jenis gorengan. Cireng adalah singkatan dari “aci digoreng”. Aci sendiri merupakan tepung dari singkong.

Cireng memiliki varian rasa, seperti sosis, ayam, sapi dan udang. Cemilan ini digemari oleh anak – anak sekolah. Apakah kalian tertarik ingin mencoba makanan khas ini? cemilan ini sangat mudah ditemukan, hampir disetap daerah di Jawa Barat menjual cireng.

Cilok, Cemilan yang Merakyat

makanan khas sunda

resepsegalamakanan.we.id

Cilok adalah cemilan khas sunda yang legendaris, terus eksis di tengah – tengah gempuran makanan instant.

Cilok atau baso tusuk terbuat dari aci yang direbus.

Cemilan ini biasa di jajakan oleh pedagang kaki lima, baik menggunakan roda ataupun di tanggung.

Cibay, Cemilan Keren Orang Sunda

makanan khas sunda

mimiekusuma.blogspot.com

Sangat sedikit masyarakat yang mengenal cibay, cemilan yang berasal dari Tasikmalaya ini memang belum begitu populer di daerah lain. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, tak kalah dengan cilok atau cireng.

Cemilan ini, sama halnya dengan cireng, masuk kedalam kategori gorengan.

Jika kalian tertarik dengan cibay bisa berkunjung ke Tasikmalaya.

Gehu, Cemilan Sunda Turun Temurun

makanan khas sunda

pengusahasukses.com

Tauge tahu (gehu) merupakan cemilan khas bandung yang terbuat dari tahu diisi tauge, kemudian dimasukan kedalam adonan tepung terigu sebelum digoreng.

Selain gehu biasa, saat terdapat gehu dengan beberapa varian, seperti isi oncom, gehu pedas dan gehu isi sayuran.

Bala – Bala, Cemilan Gurih dan Enak

makanan khas sunda

veroathome.com

Bala – bala atau di daerah lain lebih dikenal dengan sebutan bakwan merupakan cemilan yang terbuat dari tepung dicampur dengan syuran, seperti kol dan wortel.

Cemilan ini sangat mudah ditemukan, ada hampir disetiap daerah. Atau kalian bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah.

Rangginang, Cemilan Sunda Sepanjang Masa

makanan khas sunda

winnywidyawati.com

Rangginang merupakan makanan khas Sunda turun temurun. Dari generasi ke generasi, makanan ini tetap dicintai masyarakat Sunda. Seringkali hadir dalam acara dan perayaan besar, semisal idul fitri dan hajatan.

Jika dilihat sekilas, bentuknya hampir mirip dengan kerupuk.

Rengginang berbahan dasar beras ketan yang dimasak, kemudian dibentuk dan dijemur sebelum akhirnya digoreng. Rangginang memili tekstur renyah dan rasa yang gurih.

Dodol Garut

makanan khas sunda

wikipedia.com

Dodol garut merupakan cemilan manis khas Sunda yang berasal dari garut. Dodol garut cukup beraneka ragam, baik jenis maupun rasa.

Dodol Garut yang saat ini dikenal di masyarakat diantaranya, dodol kacang, dodol wijen, dodol buah seperti, dodol nanas, dodol tomat, dodol durian, dodol nangka dan lainnya. Saat ini dodol picnic merupakan brand dodol paling terkenal. Dodol garut saat ini telah menjadi ikon makanan khas Garut.

Untuk pemasaran, dodol garut telah dipasarkan secara luas, baik nasional maupun internsional. Jika kalian tertarik dengan si manis dari garut ini, tak perlu jauh – jauh ke garut, karena sudah dijual secara online.

Comro

makanan khas sunda

tastemade.com

Comro merupakan singkatan dari “oncom dijero”, terbuat dari singkong yang diparut dengan isi oncom. Untuk saat ini comro sedikit turun pamor.

Jika kalian tertarik, bisa membuat makanan khas sunda ini di rumah dengan mudah, selamat mencoba.

Peuyem Ketan

makanan khas sunda

mamah-ella.blogspot.com

Peyeum ketan atau tapei ketan merupakan makanan prementasi yang manis. Dengan cara mempremntasikan ketan yang telah dimasak sebelumnya dengan menggunakan ragi, simpan beberapa hari sebelum bisa di konsumsi.

Makanan ini masih mudah ditemukan, terutama di daerah Kuningan, Jawa Barat.

Peuyem Sampeu

makanan khas sunda

obyekwisataterlengkap.blogspot.com

Peyeum sampeu atau tapei singkong hampir sama dengan tapei ketan dalam proses pembuatan. Tentu yang menjadi pembeda adalah bahan dasar yang digunakan.

Tapei singkong merupakan makanan khas bandung, namun pada umumnya makanan ini sangat mudah ditemukan di daerah lain di Jawa Barat.

Kolontong, Kue Kering Khas Sunda

makanan khas sunda

dheanovirasoviani.com

Kolontong merupakan makanan kering seperti kerupuk, akan tetapi makanan ini memiliki rasa manis dan renyah. Makanan ini dapat kita jumpai di daerah Bandung, Sukabumi, Banten dan Cianjur.

Kolontong biasa disajikan dalam acara seperti hajatan dan lebaran. makanan ini cocok untuk kalian yang suka ngemil.

Wajit Cililin

makanan khas sunda

inigarut.com

Makanan yang hampir mirip dengan dodol, namun lebih kering. Wajit memiliki rasa yang sangat manis. Terbuat dari ketan yang dicampur dengan gula aren, kemudian dibungkus menggunakan daun jagung kering. Setelah adonan berhasil terbungkus selanjutnya dijemur sampai mengering.

Masyarakat Jawa Barat biasa membuat wajit dalam acara hajatan.

Ladu

makanan khas sunda

wisatasemuaorang.wordpress.com

Masih makanan dengan bahan dasar ketan, yaitu ladu. Makanan yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Makanan ini memiliki tekstur lembut dengan rasa yang begitu khas.

Cara pembuatannya terbilang susah, karena perlu waktu cukup lama. Berbahan dasar tepung ketan dengan campuran gula aren, menjadikan makanan khas Sunda ini favorit.

Ulen

makanan khas sunda

annisalaila26.blogspot.com

Ulen merupakan makanan yang dibuat dari beras ketan dengan campuran kelapa, memiliki aroma harum yang dihasilkan dari kelapa. Makanan ini sangat mudah ditemukan, bahkan di beberapa daerah banyak pedagang asongan yang berjualan ulen.

Ulen memiliki tekstur yang lembut serta dapat mengenyangkan. Makanan ini bisa menjadi pilihan saat diperjalanan.

Bugis, Kue Tradisional Sunda

makanan khas sunda

rumahmakanmegawati.blogspot.com

Bugis yang satu ini bukanlah nama suku etnis, akan tetapi nama makanan dari tatar sunda. Makanan yang memili tekstur lembut dengan rasa manis, menjadikan bugis makanan favorit dikalangan ibu – ibu.

Saat kalian mulai menikmati bugis, sensasi pertama yang dirasakan adalah kelembutan teksturnya. Tidak sampai disana, didalam kulit bugis yang lembut terdapat campuran antara gula dan kelapa yang begitu lezat.

Misro, Kue Kering Khas Sunda

makanan khas sunda

esusanti-susan.blogspot.com

Masih dengan makanan yang memiliki rasa manis menggoda, misro atau amis dijero alias manis di dalam merupakan makanan manis yang terbuat dari parutan singkong yang didalamnya diisi dengan gula merah kemudian digoreng. Memiliki bentuk bulat seperti comro, cemilan khas sunda ini cocok dinikmati saat masih hangat.

Minuman Khas Sunda

Setelah pada dua bagian sebelumnya kita membahas makanan, rasanya tidak pas jika kita tidak membahas minuman. Untuk itu saya akan memberikan daftar minuman khas Jawa Barat sebagai berikut.

Bajigur

makanan khas sunda

artan.wordpress.com

Minuman khas masyarakat sunda yang sangat cocok dinikmati ketika musim dingin, sebab bisa menghangatkan badan. Di Jawa barat masih banyak pedagang bajigur, biasanya menggunakan gerobak sambil menjual makanan lain, seperti kacang, ubi dan singkong. Bahkan untuk saat ini bajigur telah dibuat instant.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan bajigur ialah gula aren, santan dan jahe. Apakah kalian tertarik dengan minuman ini?

Cendol

makanan khas sunda

pegipegi.com

Cendol merupakan minuman segar, identik dengan warna hijau, banyak di jual di sekitaran bandung. Bahkan sempat ada brand yang cukup happening akhir – akhir ini. Tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat sunda, sebab sampai sekarang cendol masih lestari dan diminati oleh anak muda.

Bandrek

makanan khas sunda

tastemade.com

Minuman yang berasal dari Jawa Barat ini memang sudah tidang asing. Seperti halnya dengan bajigur, bandrek mampu menghangatkan tubuh.

Bahan yang digunakan dalam membuat bandrek ialah, kayu manis, cengkeh dan jahe. Minumanan ini memiliki hasiat membuat rileks tubuh.

Pilihan yang tepat untuk menikmati minuman ini adalah malam hari.

Es Goyobod

makanan khas sunda, makanan khas sunda enak

lalawuhsunda.com

Minuman es campur asal Garut, Jawa Barat bernama es goyobod berbahan dasar santan dan campuran buahan. Minuman ini sangat mirip dengan es campur, selain di garut, banyak dijual di bandung dan sekitarnya.

Es Doger

makanan khas sunda

tastemade.com

Menurut cerita nama es doger merupakan singkatan dari “dorong gerobak”. Es yang berasal dari tatar Sunda ini mnyegarkan, dengan isian yang lumayan banyak.

Untuk kalian pecinta es, ini wajib dicoba.

Seporsi es doger terbuat dari beberapa campuran, seperti tape ketaan atau tape singkong, roti tawar, es serut dan sirup dengan warna merah.

Es Lilin

makanan khas sunda

waktuku.com

Es lilin memiliki varian rasa yang lumayan banyak, mulai dari es teh manis, tape singkong, kacang ijo serta buah – buahan.

Cara membuatnya cukup gampang, dengan cara memasukan bahan – bahan es kedalam plastik kecil panjang sebelum dibekukan. kalian bisa buat dirumah dengan mudah.

Nah itu dia makanan khas Sunda yang dapat kami rangkum untuk kalian. Adakah kuliner khas Sunda yang kalian suka?

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply