Kuliah Teknik Informatika ; Ospek, Lulus Hingga Kerja

Hai sahabat, kali ini saya ingin berbagi pengalaman selama menjalani perkulian di Teknik Informatika. Banyak diantara siswa dan mahasiswa baru memiliki anggapan, perkuliahan di Teknik Informatika adalah bongkar – bongkaran komputer.

Anggapan seperti itu jelas salah, sebab informatika begitu erat kaitannya dengan matematika. ya bener matematika. Jadi saya sarankan apabila sahabat tidak menyukai matematika, jangan pernah masuk jurusan informatika. Nanti saya akan jelaskan berdasarkan apa yang pernah dialami.

Pernah sempat merasa menyesal masuk di jurusan ini, di awal perkuliahan terlalu terobsesi menjadi seperti bos kaskus. maklum dari sejak SMA saya termasuk kaskuser sejati. Cukup lama berpikir waktu itu, menyesal karena sewaktu SMA tidak begitu menyukai matematika, bahkan pelajaran matematika selalu dihindari.

Setiap kali menemukan kebuntuan dalam belajar, yang dirasakan hanya satu, yaitu merasa salah jurusan. Padahal jelas yang salah itu bukan jurusannya, tapi saya yang tidak bisa mengikuti dan memahami setiap pelajaran yang di berikan.

Hal seperti itu bukan hanya terjadi kepada saya, banyak teman sekelas yang merasa sama kondisinya, yaitu merasa salah jurusan.

Namun percayalah, jika anda tidak memiliki kemampuan di bidang yang lain, maka merasa salah masuk jurusan adalah hanya sebuah perasaan saja. Jangan – jangan ketika anda masuk jurus lain hal yang serupa mungkin saja terjadi.

Ospek

kuliah teknik informatika

pixel.com

Setiap orang yang ingin menjadi mahasiswa, saya yakin mengalami atau pernah mengikuti kegiatan yang namanya OSPEK. Termasuk yang terjadi dengan saya, kegiatan ini memang bersifat wajib di kampus, tidak bisa ditawar lagi. artinya mau tidak mau harus mengikutinya.

Kegiatan Ospek di kampus saya, terbagi menjadi tiga bagian, meliputi Universitas, Fakultas dan Jurusan. Untuk di Universitas kegiatan berlangsung selama tiga hari, Fakultas selama dua hari dan untuk jurusan hanya dilaksanakan satu hari. Sampai sekarang saya masih belum mengetahui kenapa formasi yang diterapkan demikian.

Kegiatan yang diselenggarakan di tingkat Universitas terbilang menyenangkan dan tidak terlalu menguras tenaga, sebab yang di lakukan lebih banyak menyimak materi.

Ada yang menarik, saat seorang profesor dari ITB menjadi pemateri. Beliau berkata “Kalian harus memiliki cita-cita yang tinggi, kemudian jika ada yang ngomong jangan terlalu tinggi bercita-cita, kalian jawab saja, memiliki cita – cita masuk surga lebih tinggi dan lebih sulit dari sekedar mewujudkan cita – cita tinggi di dunia”.

Perkataan tersebut sampai sekarang masih saya ingat, dan dijadikan sebuah pegangan untuk memiliki cita – cita  yang tinggi.

Tidak ada yang istimewa dengan kegiatan – kegitan yang dilaksanakan di Universitas. Satu hal menyenangkan dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah bisa mengenal mahasiswa baru satu sama lain, mencari manusia – manusia yang satu visi.

Tiga hari kegiatan OSPEK Universitas telah berlalu, saatnya melanjutkan kegiatan di Fakultas. Teknik Informatika berada di bawah lingkungan Fakultas Teknik.

Fakultas Teknik memiliki tiga Jurusan yang meliputi Teknik Informatika, Teknik Elektro dan Teknik Sipil. Dengan jumlah mahasiswa 50% dari jurusan Teknik Informatika. Ini artinya di lingkup fakultas Teknik Informatika mendominasi dari segi kuantitas.

Pukul lima sore kami diserahkan kepada pihak Fakultas. Sebenarnya saya tidak terlalu kaget dengan penampilan Mahasiswa Teknik yang lebih urakan dibandingkan dengan fakultas yang lain. Namun yang membuat saya kaget ada segelintir oknum yang berbicara tidak pantas kepada mahasiswa baru.

Preasure lebih banyak di dapatkan mahasiswa baru di ranah Fakultas, dari segi tujuan memang bagus, untuk melatih mental si mahasiswa. namun cara seperti itu sadar tidak sadar malah membuat sebagian peserta merasa tidak nyaman bahkan tidak sedikit orang menjadi tidak suka dengan Fakultas sendiri. Untuk dijurusan sendiri tidaklah jauh berbeda dengan yang dilaksanakan di Fakultas.

Organisasi

kuliah teknik informatika

pexel.com

Dari sejak bangku SMA saya telah mendapatkan pemahaman, bahwa organisasi merupakan hal yng penting. Beberapa guru seringkali memberikan nasehat, kalau seandainya nanti masuk kuliah, jangan lupakan yang namanya organisasi.

Karena hal semacam itulah, jiwa organisasi saya menggebu-gebu. Pindah – pindah oraganisasi, seakan organisasilah yang harus sesuai dengan diri saya, bukan sebaliknya.

Ditengah pencarian organisasi, saya menemukan sesuatu yang cukup ideal untuk di jadikan lingkungan. Tidak lama kemudian tercatatlah nama saya sebagai anggota organisasi terssebut.

Tidak mudah memang, anggapan awal sering kali berbeda dengan kenyataan. Bertahan adalah pilihan terbaik, toh lebih banyak hal positifnya. Kebetulan oraganisasi pertama yang di ikuti sebagai status mahasiswa adalah organisasi extenal atau luar kampus.

Kemudian baru di semester lima saya mengikuti organisasi di dalam kampus. Hal tersebut tentu menjadi sebuah kebutuhan bagi saya. Karena pada saat itu menganggap organisasi adalah tempat untuk mengembangkan diri.

Jika sahabat menjadi seorang mahasiswa, mnimal sahabat mngikuti satu oraganisasi, paling tidak dengan ikutnya sahabat ke salah satu organisa, sahabat akan memiliki pengalaman serta bertambahnya teman.

Matakuliah

kuliah teknik informatika

pexel.com

Ternya kuliah itu begitu membosankan, hanya duduk di kelas dan mendengarkan dosen berceramah, apalgi jika sudah bertemu dengan tipe dosen yang tidak memberikan kesempatan sama sekali untuk bertanya kepada mahasiswa.

Satu – satunya matakuliah yang disukai di semester pertama adalah bahasa indonesia dan bahasa inggris. Sedang untuk matakuliah yang lainnya full hitungan semua. Apa daya, bagi mahasiswa yang tidak menyenangi hitung menghitung, hanya bisa duduk manis mengangguk – anggukan kepala seolah mengerti.

Tingkat Satu

kuliah teknik informatika

pexel.com

Tingkat satu, masa dimana rasa semangat sedang berada dalam puncak, bolos satu kali seakan dunia akan kiamat. Kuliah menjadi prioritas utama di atas segalanya. Dapat ilmu, tidak ilmu yang penting masuk.

Untuk matakuliah yang di ajarkan selama tingkat satu, lebih kepengenalan dan belajar matematika dasar. Seperti kalkulus, belajar gerbang logika, belajar struktur data dan algooritma.

Mulanya saya tidak begitu mengerti, namun disetiap pelajaran yang di ajarkan, sebisa mungkin mengikutinya dengan baik dan sungguh – sungguh.

Tingkat Dua & Tiga

kuliah teknik informatika

pexel.com

Tingkat dua, masa dimana sudah memiliki adik kelas. kegiatan yang sering dilakukan adalah ngecengin adik kelas. Banyak modus yang kerap dilakukan semisal membantu mengerjakan tugas, memperbaiki komputer dan lain sebagainya.

Sejauh ini, saya sendiri belum melakukan hal – hal semacam itu. Apabila ada teman dan adik kelas yang membutuhkan bantuan, Insha Allah saya bantu tanpa terkecuali. Jika yang di bantunya seorang perempuan ya bersyukur saja, jika seorang laki – laki Insha Allah bersyukur. Sebab masih diberikan kesempatan untuk membantu sesama.

Kegiatan Belajar yang dilakukan di tingkat dua dan tiga hampir mirip, lebih ke belajar membuat sebuah aplikasi dengan aturan dan ketetapan yang benar, tugas silih berganti tidak ada akhirnya, mulai ngerjakan mini project dan tentu tiap malam gadang.

Magang

kuliah teknik informatika

pexel.com

Magang merupakan salah satu syarat sebelum bisa mengerjakan Tugas Akhir. Dimana kami dituntut untuk bekerja di sebuah perusahaan yang masih memiliki keterkaitan dengan bidang ilmu Informatika. Bagi saya kegiatan magang ini menyimpan banyak pelajran yang berharga.

Saya magang di PT Telkom Indonesia, dibagian CCAN Fulfilment & Assurance. Ada perasaan bangga bisa magang diperusahaan yang memiliki popularitas yang tinggi, jadi bisa sombong kepada teman – teman. (Jauhkan dari sifat sombong ya Allah).

Kegiatan magang lebih banyak di isi dengan presentasi dan penyelesaian masalah. waktu itu, saya di tuntut untuk menyelsaikan permasalahan yang sedang dihadapi dengan keilmuan Informatika, alhasil dua hari sekali melakukan presentasi. Kegiatan berjalan selama dua bulan, yang kemudian ditambahkan satu bulan lagi.

Banyak sekali hal yang menjadi pembelajaran selama magang. Seperti belajar menghargai waktu dan bekerja secara tim. Tentu saja hal seperti itu akan saya butuhkan dimasa mendatang.

Mungkin saya akhiri dulu tulisan ini, semoga bermanfaat dan dapat mengambil pembelajaran dari pengalaman yang sangat sederhana ini. Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply