Seputar Kolam Ikan Koi : Cara Membuat, Merawat Hingga Perlengkapan

Kolam Ikan Koi – Bagi kalian yang menyukai atau hobi memelihara ikan hias, terutama ikan koi. Sudah barang tentu harus memiliki perlengkapan yang memadai, apalagi untuk jenis ikan koi ini yang barang tentu tidak dapat dipelihara dalam aquarium.

Salah satu perlengkapan utama yang harus disediakan ialah kolam.

Mulai dari cara membuat kolam ikan koi yang baik dan benar serta sesuai dengan standar, menentukan kedalaman kolam, media filter kolam ikan, hingga membuat skema filter ikan koi.

Sebab di dalam beberapa kasus, ketika membuat kolam ikan koi tidak benar terutama dalam skema filternya, akan menjadikan hambatan dalam memelihara ikan koi.

Hambatan utama dalam memelihara ikan koi, salah satunya tercemarnya oleh amonia serta karbondioksida dari kotoran ikan. Bila hal tersebut tidak diperhatikan tentu menjadi ancaman serius bagi ikan.

Maka sebelum kalian memutuskan untuk memelihara ikan koi, ada baiknya memperhatikan persipan kolam serta skema filternya.

Baca Juga : Harga Ikan Mas Koki Terbaru

Supaya kalian tidak bingung, berikut ini merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kolam. Mulai dari kolam koi yang memenuhi standar hingga skema filter yang baik.

Syarat Kolam Ikan Koi

Pertama, kita akan membahas soal syarat-syarat yang harus ada dan terpenuhi untuk kolam koi. Sudah barang tentu sayarat ini bisa dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan kolam ikan.

  • Kolam yang baik untuk ikan koi sebaiknya dibangun atau dibuat ditempat yang tidak terkena oleh sinar matahri sepanjang hari. Alasannya cukup masuk akal, sebab jika ikan terkena matahari terus menurus membuat warna air kolam menjadi hijau.
  • Ukuran kolam di usahakan tidak terlalu kecil, sebab hal ini bisa membuat ikan stress. Terkecuali jika memeliharanya hanya satu ekor.
  • Kolam ikan koi sebaiknya dibuat teduh, sebagai solusi dapat ditanami pepohonan disekitarnya.
  • Kolam diusahakan memiliki kedalaman yang ideal, makin dalam makin bagus.

Menentukan Desain Kolam Ikan Koi

Setelah mempelajari dan memahami syarat dalam pembuatan kolam ikan koi, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan serta dipersiapkan ialah desain kolam.

Sebab tidak pantas jika kita menempatkan ikan yang indah ini di kolam yang dari segi estetika kurang. Tentunya dengan desain kolam yang indah akan menambah kesan indah terhadap ikan.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kolam ikan koi.

  • Pemilihan lokasi dalam pembuatan kolam ikan koi
  • Perancangan desai kolam. Biasanya terdapat 3 jenis desain, kotal, lingkaran dan elips.
  • Merancang sistem filtrasi kolam.
  • Menentukan ukuran kolam ikan.
  • Pembangunan kolam ikan.
  • Peoses stabilisasi kolam.

Sebagai tambahan, kalian dapat menjadikan referensi kolam ikan koi berikut ini.

Kolam Ikan Koi Minimalis dan Sederhana

kolam ikan koi minimalis
kolam ikan koi minimalis

Kolam ini dapat dibangun dilahan sempit, bisa di halaman depan rumah ataupun dihalaman belakang. Meski minimalis akan tetapi tidak mengurangi cantiknya ikan koi.

kolam ikan koi minimalis
kolam ikan koi minimalis

Kolam ikan koi berbentuk kotak atau persegi ini sangat cantik, dengan tambahan kayu-kayu dipinggirnya. Jika yang ini akan sangat cocok ditempatkan dihalaman belakang rumah.

kolam ikan koi minimalis
kolam ikan koi minimalis

Desain kolam ikan yang satu ini bisa dijadikan referensi bagi kalian yang memiliki tanah sedikit luas. Tumbuhan atau pepohonan hijau disekitar kolam, menjadikan kolam terlihat lebih teduh dan berwarna.

kolam ikan koi minimalis
kolam ikan koi minimalis

Desain kolam yang satu ini dijamin akan membuat pengunjung rumah nyaman ya, dengan kehadiran ikan koi di rumah paling tidak penghuni memiliki tempat rekreasi pribadi.

kolam ikan koi minimalis
kolam ikan koi minimalis

Kolam ikan koi satu ini dapat kalian jadikan referensi, sangat cantik dan indah ditambah rerumputan yang bagus, semakin cantik.

Menentukan Kedalaman Kolam Ikan Koi

Seperti yang telah disebutkan beberapa kali pada bagian sebelumnya, bahwa kedalaman kolam dalam pemeliharaan ikan koi sangat penting, yang tentunya berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan.

Apalagi jika kalian berniat memelihara beberapa jenis koi, tentu ada baiknya jika kolam di buat dalam.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian membuat perencanaan yang matang terkait kedalam kolam ini, jangan sampai setelah jadi dibongkar lagi, gara-gara masalah kedalaman kolam yang kurang.

Baca Juga : Anatomi Ikan Lengkap

Berikut ini adalah tips menentukan kedalaman kolam, hal ini juga telah menjadi acuan bagi mereka yang biasa membudidayakan koi.

  • Bangun kedalaman kolam yang ideal, sebab apabila terlalu dangkal berpengaruh terhadap suhu air.
  • Pastikan kedalaman dapat menjauhkan ikan koi dari ancaman, seperti kucing dan lain sebagainya.
  • Kedalaman ikan koi yang standar pada umumnya lebih dari 80 centimeter.

Menentukan Ukuran Kolam Ikan Koi yang Ideal

Meski sebelumnya kita membahas mengenai kolam ikan koi minimalis, namun kita belum tahu secara pasti ukuran kolam ikan yang idel dan standar.

Hal ini haruslah menjadi sebuah perhatian sebab, selain berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan, tentu berpengaruh juga terhadap kenyamanan serta volume kolam.

Berikut adalah ukuran kolam ikan yang idel yang dapat kalian jadikan sebagai acuan.

  • Apabila kalian berencana membangun kolam ikan minimalis dari aquarium, idealnya yaitu lebar 1 m dan panjang 1,5 m. sedangkan untuk tingginya 50 cm saja.
  • Kemudian apabila kalian berencana membangun kolam ikan koi minimalis dari batu alam atau batu apa saja, ada baiknya memiliki panjang 1,5 meter dan lebar 1 meter. Sedangkan untuk kedalaman diusahakan lebih dari 80 centimeter.
  • Pada dasarnya dalam menentukan kolam ikan disesuaikan dengan ukuran lahan yang tersedia, serta dibuat senyaman mungkin.
  • Apabila pilahan dalam membua kolam menggunakan terpal, Alangkah baiknya ditempat yang luas semisal kebun. Sebab ukurannya paling tidak 4x5x1 meter.

Skema Filter Kolam Ikan Koi

Filter ikan kolam tak kalah pentingnya dengan ukuran serta kedalaman kolam, sebab hal ini perbengaruh terhadap kelangsungan hidup si ikan.

Akan sangat sia-sia sekali memiliki kolam ikan koi yang bagus, namun tidaklah dilengkapi dengan skema filter kolam yang baik dan memenuhi standar.

Bagaimana jika tanpa filterisasi atau filter?

Filter tidak baik saja akan membuat kondisi ikan kurang baik, apalagi jika kita membangun kolam tanpa dilengkapi dengan filter. Hal yang terjadi hanyalah akan mengurah materi kita baik tenaga maupun uang.

Ada baiknya harus dilengkapi dengan filter sebaik mungkin, apalagi kolam yang dibangun minimalis.

Filterisasi sendiri akan menghasil kualitas air yang baik, dan tentunya sesuai yang di inginkan ikan koi. Salah satu cara yang efektif yaitu dengn cara mengalirkan air melalui filter bioball, batu split, arang yang berfungsi sebagai penyaring kotoran.

Dengan menggunakan teknik ini telah terbukti dapat menjaga keadaan air dalam kondisi baik, yang sudah dipastikan ikan koi yang kalian pelihara akan terlihat lebih sehat cantik.

Kesimpulan

Ikan koi merupakan salah satu ikan dengan tubuh yang cantik dan indah, namun dalam proses pemeliharaannya tidak mudah. Salah satu faktor utama yang harus dipersiapkan jika ingin memelihara ikan koi dalah kolam untuk menaruh ikan koi.

Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, diantaranya filter kolam, kedalam kolam serta ukuran kolam.

Sebab dengan memperhatikan kaidah-kaidah yang benar dalam pembuatan kolam ikan koi, baru bisa tercipta kondisi yang nyaman baik bagi ikan ataupun untuk sang pemilik

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis dalam artikel tentang seputar kolam ikan koi ini.

Terimakasih.

Kepoin Yuks