51+ Kata Mutiara Bahasa Sunda Kahirupan [Lengkap Gambar]

Kata mutiara Bahasa Sunda Kahirupan barangkali sudah menjadi hal yang biasa dan lumrah di kalangan masyarakat Sunda. Kata mutiara Bahasa Sunda merupakan pepatah atau papatah yang disampaikan turun temurun dari orang tua, berisi tentang kata kata bijak.

Kata mutiara Bahasa Sunda tidaklah terpaku hanya pada kata bijak saja, tetapi terdapat beberapa pepatah yang humor atau lucu bahkan sedikit romantis, artinya kata kata tersebut tidak melulu kata kata buhun (baheula). Meskipun demikian, tidaklah mengurangi makna dan pembelajaran di dalamnya, yang artinya tetap mendidik.

Kata mutiara ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan peribahasa Jawa maupun Sunda, secara pemakna bahkan sangat persis sekali, sebagai contohnya seperti berikut.

Sa’acan urang ngarasakeun ngeluh ka barudak (anak-anak) urang, pikirkeun heula ka jalmi anu mandul, anu hoyong pisan ngagaduhan anak.

Kurang lebih memiliki arti atau makna; janganlah mengeluh dengan anak-anak, coba pikirkan mereka yang mandul dan tidak memiliki anak.

Untuk lebih banyak mengenai papatah atau pepatah Bahasa Sunda, simak sampai selesai tulisan ini ya, berikut daftar pembahasannya.

Kata Mutiara Bahasa Sunda Kahirupan (Kehidupan)

kata mutiara kahirupan

Kumpulan kata-kata mutiara Sunda berikut ini saya yakini akan menjadi sebuah pembelajaran, pengingat serta menjadi kebaikan untuk hidup kalian.

1. Sebelum Menyalahkan Diri Sendiri

kata mutiara bahasa sunda

Sebelum menunjuk dan menyalahkan diri sendiri, coba pikirkan terlebih dahulu, bahwasannya tidak semua orang luput dari kesalahan dan perbuatan dosa.

Menjalani kehidupan seringkali menemukan sebuah masalah dan tantatangan, saat itulah terkadang kita merasa menyesal dan menyalahkan diri sendiri.

Penyesalan memang diperlukan, akan tetapi yang menjadi kesalahan terbesar saat menyesalinya terlalu berlebihan. Jangan sampai kita menghakimi diri sendiri akan hal itu.

Sebab setiap orang pernah berbuat salah dan lupa. Biarkanlah itu semua menjadi pembelajaran berharga dalam hidup serta menjadikan diri kita lebih baik lagi di masa mendatang.

2. Cape Karena Bekerja

kata kata basa sunda

Sebelum kita merasa cape dan mengeluh akan pekerjaan yang sedang kita lakukan, coba pikirkan orang-orang yang nganggur, cacat serta membutuhkan pekerjaan seperti kita.

Merasa cape dalam melakukan sebuah pekerjaan adalah hal yang sangat wajar, bahkan saya pikir setiap orang pun merasakan hal sama.

Perbedaan yang mendasar ialah terdapat dalam sikap syukur. Meskipun sama-sama cape, orang yang bersyukur setidaknya akan tetap merasa bahagia dalam melakukan pekerjaan.

Lalu bagaimana untuk menumbuhkan rasa syukur tersebut?

Cara paling mudah untuk menumbuhkan rasa syukur ilah dengan melihat orang di bawah kita. Seperti yang terdapat pada kata kata di atas, tatkala mulai mengeluh coba lihatlah orang-orang yang cacat dan tidak memiliki pekerjaan.

Dengan melakukan hal yang demikian Insha Allah kita akan menjadi orang yang bersyukur serta menjalani kehidupan dengan penuh semangat.

3. Mengeluh Kepada Anak

kata kata mutiara bahasa sunda

Sebelum kita mengeluh kepada anak-anak kita, coba pikirkan terlebihh dahulu orang mandul yang memiliki anak.

Bagi mereka yang sudah berumah tangga dan memiliki anak, barang kali ada suatu waktu dimana merasa kesal kepada anak, entah ketika sang anak rewel, membuat ulah dan bahkan melakukan hal yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Sebelum memarahi mereka, alangkah baiknya kita berpikir sejenak, mengenai mereka yang telah menikah namun susah memiliki keturunan.

Bukan berarti orang tua tidak boleh memarahi anak, akan tetapi supaya kita lebih bijak dalam memperlakukan anak-anak. Jangan sampai hawa nafsu menjadi mendominasi. Alih-alih mendidik anak, yang ada malah penyiksaan terhadap mereka.

Anak adalah sebuah titipan dari yang Maha Kuasa, maka dari itu hendaknya kita memperlakukan mereka dengan sebaik-baiknya dan mendidik mereka sebaik mungkin supaya kenal dengan Allah.

Saat kita menanmkan pendidikan Agama Insha Allah mereka akan menjadi anak-anak yang tahu akan diri dan Tuhannya. Denagan demikian Insha Allah mereka akan menjadi anak yang Sholeh, dan kelak menjadi orang yang bermanfaat.

4. Rumah yang Kotor

kata kata bahasa sunda

Sebelum kita mengeluh dengan rumah yang kotor, dikarenakan tidak ada pembantu yang membersihkannya. Coba kita pikirkan terlebih dahulu orang-orang yang hidup dijalanan dan tidur dalam gubuk.

Janganlah pernah mengeluh dengan apapun yang ada di dunia ini, sebaiknya kita tetap semangat dan optimis dan menjalani kehidupan ini.

Banyak hal yang mungkin dapat menyebabkan kita mengeluh, salah satunya ialah rumah yang kotor, terkadang juga iri dengan rumah tetanggah yang terlihat bersih.

Akan tetapi jika demikian kuaranglah tepat, seharusnya kita bisa melihat mereka orang-orang yang di bawah kita tidak memiliki rumah dan tempat tinggal.

Dengan cara seperti itu, kita akan menjadi orang yang lebih bersyukur serta bisa merawat tempat tinggal yang ada dengan sebaik mungkin.

5. Mengeluh Kepada Istri dan Suami

kata kata bahasa sunda

Sebelum mengeluh kepada istri atau suami, sebaiknya coba pikirkan dan bayangkan orang-orang yang terus berharap meminta jodoh kepada Allah.

Tidak jarang kita menemukan beberapa orang yang mengeluh terhadap pasangannya, terutama kepada istri maupun suami.

Mengeluh sesuatu yang wajar, asal jangan terlalu berlebihan, mengapa demikian? Sebab saat mengeluh terlalu berlebihan akan ada diantara kita yang merasa tersakiti.

Mengeluh terhadap pasangan, seperti kepada suami dan istri bukanlah jaan keluar. Justru hal tersebut malah akan memperkeruhh suasan.

Dari pada mengeluh lebih baik mencari jalan keluar dan solusi bersama-sama akan permasalahan yang dihadapi, misal mengingatkan pasangan, memberikan pengertian dan berkomunikasi dari hati ke hati.

Berkeluh kesah bisa saja menjadi salah satu penyebab retaknya hubungan rumah tangga, setiap pasangan tentu tidak ingin terjadi perpisahan.

Padahal harusnya bersyukur dengan hadirnya pasangan berarti ada orang yang sangat dengan denga kita, sebab mencari jodoh itu tidaklah mudah, seperti kata mutiara tentang kahirupan di atas.

Kata Mutiara Bahasa Sunda Kahirupan & Artinya

Berikut ini merupakan kata kata mutiara Bahasa Sunda yang tidak kalah dengan kata kata Bahasa Sunda sebelumnya.

1. Melakukan Hal yang Berbeda

kata kata mutiara bahasa sunda kahirupan

Jikan kalian menginginkan sesuatu yang belum dimiliki, maka kalian harus melakukan sesuatu yang belum pernah dikerjakan.

Kata kata bijak Bahasa Sunda ini dapat ditemukan dalam berbagai bahasa, seperti Bahasa Jawa, Bahasa Minang serta bahasa daerah lainnya.

Apabila kita gali lebih dalam terkait makna dari kata-kata di atas, sesuatu yang baru tidak mungkin didapatkan dengan cara yang lama atau biasa-biasa saja, diperlukan cara dan inovasi yang baru.

Dengan demikian kesempatan untuk mendapatkan hal tersebut lebih besar, apalagi jika cara yang kita lakukan tidak sama dan tidak diketahui oleh orang lain.

2. Berhenti Bertanya

kata kata bijak bahasa sunda

Berhenti bertanya bagaimana caranya mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan, karena jawaban satu-satunya dari pertanyaan tersebut ialah berusaha.

Pernahkah diantara kalian memiliki pertanyaan mengenai bagaimana caranya mendapatkan apa yang kalian inginkan. Sebaiknya kalian mulai berhenti bertanya yang demikian, sebab jawabannya hanya ada satu yaitu berusaha.

Sebenarnya usaha yang dilakukan tidak hanya terbatas pada satu bagian saja, akan tetapi lebih dari pada itu, semisal berdoa ataupun kegiatan-kegiatan yang dapat mengarahh pada apa yang diinginkan, yang demikian juaga termasuk bagian dari usaha.

Jangan sampai ketika kalian menginginkan sesuatu hanya diam saja, tanpa melakukan usaha apapun. Sebab yang demikian itu mustahil untuk terjadi, terkecuali memang ada faktor lain, misal kita benar-benar soleh secara spiritual.

Hingga saat ini saya memiliki keyakinan bahwa orang yang solehh secara spritual pasti akan dipermudah segala usrusannya, termasuk mendapatkan keinginan.

3. Sahabat Itu Seperti Bulan

pepatah sunda

Sahabat itu seperti Bulan, Setiap malam cahayanya menerangi kegelapan.  Walaupun jarang datan, dia senantiasa ada.

Memang berul adanya, seorang sahabat itu ibarat rembulan yang bersinar terang dimalam hari, disaat sekeliling gelap gulita, ia memberikan cahaya dan menerangi jalan.

Sahabat adalah sosok yang senantiasa ada, dikala sedih, bahagia dan dalam kondisi apapun, memperlakukan kita seperti dirinya sendiri.

Maka jika kalian meiliki sahabat, jangan pernah sia-siakan mereka, sebab mereka adalah diri kita, dan diri kita adalah mereka.

Setiap kenangan yang yang dilewati akan terus tersimpan di dalam memori secara utuh, dan akan selalu diingat sampai kapanpun.

Mencara seorang sahabat tidaklah semudah membalikan telapak tangan, sebab membutuhkan proses dan waktu yang cukup panajng. Saya yakin kalian semua telah paham dan mengerti akan hal itu.

4. Masalah Bukan Untuk Menjatuhkan

kata kata mutiara bahasa sunda

Semua masalah yang datang sekarang, bukan untuk menjatuhkan kamu, namun untuk menguji seberapa kuat kamu dapat menahannya.

Masalah dalam kehidupan sudah sunatullah, artinya akan senantiasa ada, tergantung bagaimana cara menyikapinya.

Tinggal bagaimana kita bersikap dan bertindak akan masalah yang dihadapi, jangan sampai dengan adanya masalah menjadi melemahkan kita.

Percayalah, setelah datang masalah pasti akan datang kemudaha. Percayalah juga masalah itu datang berbarengan dengan solusinya.

Semoga kita menjadi orang yang kuat dan tangguh dalam menghadapi setiap ujian yang ada, senantiasa diberikan kebaikan dalam setiap langkah kita.

5. Perbedaan Orang Sukses & Orang Gagal

kata kata mutiara bahasa sunda kahirupan

Orang yang sukses memiliki banyak cara, sedangkan orang yang gagal memiliki banyak alasan.

Kata kata bijak ini sudah sangat familiar dan sering kita dengar, terutama dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Benarkah seperti itu?

Barangkali iya, apabila kita melihat secara nyata dalam kehidupan, orang sukses rata-rata memiliki banyak cara untuk mewujudkan impiannya, sedangkan orang gagal malah sebaliknya, mereka terlalu banyak mencari alasan.

Perbedaan semacam ini sebenarnya terdapat dalam pola pikir atau yang sering kita kenal mindset. Hal tersebut menjadi salah satu landasan utama seseorang bertindak.

Kebiasaan, sikan bahkan sifat mulanya bersumber dari pola pikir melihat sebuah masalah atau kejadian. Maka dari itu sangat perlu untuk membangun pola pikir atau mindset yang baik.

Pepatah Sunda

pepatah sunda

Berikut ini adalah 5 papatah atau pepatah dalam Bahasa Sunda yang paling best. Namun bukan berarti pepatah Sunda yang lain jelek.

Pepatah Sunda juga sama dengan kata bijak atau kata mutiara, sebab di dalamnya berisi mengenai nilai-nilai kehidupan atau dalam Bahasa Sundanya Kahirupan.

1. Kudu Silih Asih Silih Asah Jeung Silih Asuh

pepatah sunda

Saling mengasihi, saling mengajari dan saling mengasuh.

Kata kata bijak dari tanah Sunda satu ini memiliki makna yang begitu dalam. Bagaimana tidak, sebagai mahluk sosial kita harus dan wajib saling mengasihi, mengajari serta saling mengasuh diatara sesama. Dengan demikian akan tercipta kehidupan yang kondusif.

Dalam setiap prosesnya dibutuhkan timbal balik diantara kita, sehingga tidak berjalan hanya satu arah saja. Saling memberi dan saling mengingatkan menjadi komponen yang tidak kalah penting.

2. Kudu Hadé Gogog Hadé Tagog

pepatah sunda

Harus baik ucapan dan baik prilaku

Merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang, ucapan dan prilaku adalah sesuatu yang saling keterhubungan.

Ucapan yang baik adalah sesuatu yang amat penting, sebab semua dimulai dari sebuah ucapan. Sedangkan prilaku adalah representasi dari diri kita.

3. Nimu Luang Tina Burang

pepattah sunda

Menemukan hikmah dari kejadian

Pepeling atau pepatah sunda yang mengajarkan kepada kita untuk bijak dalam menyikapi suatu kejadian. Jangan sampai sebuah kejadian lewat begitu saja tanpa dapat diambil hikmahnya.

Sebenarnya kita haruslah dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian, bukan berarti itu semua kejadian bentuknya musibah, dari hal baikpun kita dapat mengambil pejaran untuk menjadi seseorang yang lebih baik dimasa mendatang.

4. Ulah Ngaliarkeun Taleus Ateul

pepatah sunda

Jangan menyebarkan fitnah atau informasi palsu

Pepatah atau kata mutiara sunda hakirupan di atas mengajarkan kepada kita untuk berhati-hati dalam menyebar luaskan informasi. Apalagi jaman sekarang, mengingat teknologi informasi telah berkembang begitu pesat. Bahkan atara informasi bohong dan benar dapat di bolak balikan.

Nah sebaiknya dalam hal ini kita lebih bijak dalam menyebar luaskan informasi, jangan sampai informasi yang belum tentu kebenarannya kita sebar luaskan.

5. Tarajé Nangeuh Dulang Tinandé

pepatah sunda

Tangga bersandar wadahpun siap menadah

Sekilas kata kata bijak Bahasa Sunda di atas tampak sederhana, bahkan nyaris sulit untuk diterjemahkan. Setelah ditelusuri lebih dalam terkait makna yang terkandung dalam setiap katanya, dapat disimpulkan bahwa memiliki arti sikap komitmen dan setia terhadap kewajiban diri akan suatu hal.

Masih bingung?

Sederhananya makna dari kata kata Sunda di atas ialah “berani berbuat berani bertanggung jawab”, artinya kita harus konsikuen terhadap apa yang telah pilih, jangan sampai lari bahkan menghindar dengan pilihan kita sendiri.

 

Sajak Bijak Bahasa Sunda

sajak bijak bahasa sunda

Berikut di bawah ini cakhasan sajikan sajak bijak dalam Bahasa Sunda lengkap dengan artinya. Sajak dalam Bahasa Sunda sendiri sangat beragam, mulai dari sajak yang menggunakan Bahasa Sunda lemes hingga Bahasa Sunda Kasar.

Sajak Bahasa Sunda di bawah ini berkisah tentang kebersamaan serta mencapai impian, semoga kita dapat mengambil pelajarannya.

Hiji wanci dina panungtungan
Aya rasa kangen anu cumantél na jéro kolbi
Panineungan.,
Wanci urang ririungan
Katineung nu cumantél dina ati
Kiwari tinggal carita Ngan ukur kalangkang nu nuturkeun na impian

Geus nitih kana wanci
Cunduk kana mangsana
Satungtung tambuh aya dikieuna
Ngajajap harepan nu bakal disorang
Mapaésan satungtung harepan

Di tuturkeun ku gupay cita-cita Anaking …. Geura sorang poé isuk Dina kiwari ngantik bihari Seja ayeuna sampeureun jaga Brai… geura miang Sing panjang léngkah natar lalakon Kasmaran picaritaeun.


Suatu kali dalam terakhir
Ada rasa rindu yang tersimpan dalam hati
Kenangan.
Lain kali kita berkumpul dengan damai
Kenangan yang tersimpan di hati
Sekarang tinggal cerita Hanya bayangan berikut mimpi

Sudah sampai pada waktunya
Sampai pada masanya
Terus ada sekarang
Mengantar harapan yang akan disongsong
Saya berharap semua baik baik saja.

Diikuti oleh cita-cita Anak …. Segera jemput hari besok yang sekarang menjemput… Segera mengambil langkah yang panjang dan membuat cerita.


Meskipun terjemahan dalam Bahasa Indonesianya sedikit berantakan, karena diterjemahkan dengan bebas, namun semoga kalian masih paham akan maknanya.

Kata Mutiara Bahasa Sunda Sedih

kata mutiara bahasa sunda kahirupan

Berikut beberapa contoh kata mutiara sundah sedih tentang kahirupan yang dapat kijadikan pembelajaran serta pengingat dalam menjalani kehidupan.

1. Berbicara

kata mutiara bahasa sunda kahirupan

Pada hari ini, sebelum kita menyesal menanyakan pembicaraan yang kurang baik, coba pikirkan terlebih dahulu mengenai orang yang tidak dapat berbicara sama sekali

Kata mutiara Bahasa Sunda megenai kahirupan di atas bercerita mengenai berbicara yang kurang baik. Sebaiknya sebelum berbicara pikirkan terlebih dahulu apa yang akan diucapkan, mengapa demikian? Sebab perkataan yang telah terucap sulit untuk ditarik kembali.

Jangan sampai perkataan yang telah kita ucapkan dapat menggoreskan luka di hati orang lain, sebaiknya pikirkan sematang mungkin.

2. Mengeluh Akan Makanan

kata mutiara bahasa sunda

Sebelum mengeluh dengan makanan yang akan kita makan, coba pikirkan mereka yang tidak memiliki makanan

Janganlah pernah mengeluh atas apa yang sedang kita jalani, termasuk mengenai makanan. Meskipun makanan yang kita makan sederhana, namun kita tetap harus bersyukur, sebab masih dapat makan.

Coba bayangkan mereka yang setiap harinya memikirkan makanan, masih kebingungan dengan apa yang harus mereka makan.

Bahkan di luar sana masih banyak orang-orang yang kurang beruntung, kelaparan, kekeringan hingga mereka mati. Bersyukurlah sebab dengan syukur semuanya akan lebih baik, Insha Allah.

3. Jangan Menyerah

kata mutiara bahasa jawa kahirupan

Jangan sekali-kali mengucapkan selamat tinggal jikalau kalian masih ingin mencoba. Jangan sekali-kali menyerah jikalau kalian masih merasa sanggup

Kata mutiara kahirupan Bahasa Sunda ini secara bahasa sangat elok, sebab pada kalimat pertama di awali dengan kata kata kiasan, yang kemudian di kalimat ke dua diperjelas.

Kehidupan senantiasa menawarkan tantangan disetiap waktu, tergantung diri kita mau mengikutinya atau tidak. Tapi jika kita tidak mengikutinya tentu akan tertinggal jauh.

Setiap masalah dan tantangan yang ada sudah pasti memiliki solusi, tinggal kita mau berjuang atau tidak, pilihan seutuhnya ada ditangan kita.

4. Jangan Menghina Masa Lalu Orang Lain

kata kata mutiara bahasa sunda

Jangan menghina seseorang karena memiliki masa yang suram, harus ingat air yang jernih tercipta dari awan yang gelap.

Tidaklah pantas apabila kita menghina seseorang yang memiliki masa lalu kelam, sebab setiap orang memiliki masanya.

Masa lalu yang kelam cukuplah menjadi pembelajaran untuk sekarang dan masa yang akan datang. Baik masa lalu yang kelam itu ada di diri kita ataupun ada di dalam diri orang lain.

5. Wanita yang Diperjuangkan

kata kata mutiara bahasa sunda

Nyatanya orang yang selama ini diperjuangkan, sudah memilih laki-laki lain.

Adakah diantara pembaca sekalian yang mengalami hal sama dengan kata kata Bahasa Sunda di atas? Jika ada sudah tentu sedih banget ya.

Di luar sana banyak orang yang pernh megalami hal seperti itu, sakit tak berdarah, apalagi jika ditinggal menikah oleh perempuan yang kita cintai.

Jika hal seperti itu terjadi kepada kalian, maka kalian harus tetap bergerak, jangan sampai larut dalam kesedihan. Jika bisa mending cari penggantinya.

Kata Mutiara Bahasa Sunda Lemes

Berikut ini merupakan kumpulan kata kata bijak Bahasa Sunda halus yang akan menjadi petuah dan pengingat dalam mengarungi kehidupan.

1. Kebahagian

kata kata bijak bahasa jawa

Kebahagiaan buka karena banyak harta, kebahagiaan adanya di dalam hati yang terus mengucap syukur.

Banyak orang yang mencari kebahagiaan melalui harta, meskipun hal tersebut tiddaklah salah, akan tetapi rasanya tidak akan kita temukan kebahagian tersebut di dalam harta.

Tempatnya kebahagian ada di dalam hati, buatlah senang dan tenang hati kita maka akan bahagia. Ketenangan akan di dapat melalui ketakwaan.

2. Yakin dengan Diri Sendiri

kata kata bijak bahasa sunda halus

Sepanjang kamu yakin, tidak ada yang mustahil, harus percaya kepada diri sendiri lebih hebat dari apa yang kamu pikirkan.

Yakin adalah modal penting dalam menjalani dan mengerjakan apapun, termasuk menjalani kehidupan ini. Kata kata bijak Bahasa Sunda di atas ingin memberi tahu kepada kita semua bahwa kita harus yakin akan kemampuan diri sendiri. Bahkan diri kita ini lebih hebat dari pada apa yang kita pikirkan.

3. Langkah yang Baik

kata mutiara bahasa sunda kahirupan

Langkah yang nyaman, kehidupan agar berkah.

Hendaknya kita memperhatikan setiap langkah yang ada, langkah baik akan memberikan kenyamanan serta ketenangan dalam kehidupan.

Sedangkan langkah yang salah akan menimbulkan kegelisahan dan ketidak tenangan dalam kehidupan. Sebalum melangkah pikirkan terlebih dahulu dengan matang.

Selain memberikan ketenangan, tujuannya pun agar hidup kita dipenuhi dengan keberkahan, jika sudah berkah Insha Allah baik.

Semoga kita senantiasa melangkahkan kaki ke jalan yang baik seperti kata mutiara Bahasa Sunda kahirupan di atas.

4. Sabar

kata mutiara bahasa sunda kahirupan

Belajar sabar itu susah, kalau gampang tidak akan ada yang sengsara.

Apa itu sabar? Apabila kita merujuk pada pengetahuan umum, sabar merupakan sikan menahan emosi dan keinginan.

Sedang menurut Islam sabar memiliki arti sebagai keteguhan diri dalam menjalankan ketaatan terhadap Allah yang Maha Kuasa.

Kata kata Bahasa Sunda di atas menyebutkan bahwa belajar sabar itu susah, memang betul demikian. Apabila mudah sudah pasti setiap orang bisa sabar.

Padahal sabar itu memiliki buah yang manis, cebat atau lambat buahnya akan dipetik. Selain itu Allah juga menjanjikan surga sebagai balasan untuk orang-orang yang sabar.

Bahkan dalam kata kata Bahasa Sunda di atas pada kalimat keduanya berbunyi “kalau gampang tidak akan ada yang sengsara“, itu berarti hasil dari sabar adalah kebahagian.

Semoga kita menjadi orang yang sabar serta teguh dalam ketaatan kepada Allah.

5. Taat Kepada Allah

kata mutiara bahasa sunda kahirupan

Jangam khawatirkan perkara rezeki, jangan khawatir masalah hati, hidup yang penting taat kepada Allah, Insha Allah kaya raya.

Hidup itu seharusnya tidak mengkhawatirkan rezeki, apalagi hati, semuanya telah ada yang menjamin yaitu Allah. Kita sebagai mahluknya hanya perlu taat terhadap aturan-aturannya.

Namun dalam kehidupan kita, seringkali memikirkan dan mengkhwatirkan yang tidak perlu. Barangkali hal-hal tersebutlah yang keliru dan membuat kita menjadi semakin tidak tenang.

Kata Kata Mutiara Islami Bahasa Sunda

kata mutiara bahasa sunda kahirupan

Bagian ini akan membahas secara khusus mengenai contoh kata mutiara Bahasa Sunda kahirupan yang Islami. Tidak dapat dipungkiri kata kata bijak Bahasa Sunda ini sangat sering diucapkan oleh orang Sunda. Semoga kata kata yang disajikan menjadi pengingat dan penguat dikala hati galau dan gundah gulana.

1. Perolongan Allah

kata kata bahasa sunda islami

Allah akan menolong hambanya, jika hambanya menolong saudara Muslim lainnya (HR. Musim)

Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim ini sangat familiar sekali, dimana seorang hamba pasti Allah tolong jika ia menolong Muslim lainnya (lebi jelasnya mengeanai hal ini baca disini)

Sebagai seorang muslim hendaknya kita saling menolong antar sesama dalam kebaikan dan perbaikan. Sebab muslim itu bersaudara semuanya.

2. Takdir

kata mutiara bahasa sunda islami

Jika dua orang ditakdirkan untuk bersama, darimanapun asalnya pasti akan dipertemukan.

Kehidupan ini tidaklah ada yang namanya kebetulan, semuanya telah diatur sedemikian rupa oleh sang pencipta, yaitu Allah.

Maka apabila Allah telah memiliki ketetapan pasti akan terjadi, sebagai contohnya seperti kata mutiara Bahasa Sunda islami di atas.

3. Sabar & Ikhlas

kata mutiara bahasa sunda kahirupan islami

Bukan sabar namanya jika ada batasnya, bukan ikhlas namanya jika masih merasa sakit.

Sabar dan ikhlas itu sesuatu yang mudah diucapkan, akan tetapi sulit pada prakteknya. Bahkan di dalam kata sabar sekalipun belum tentu ada sabar, begitupun dengan ikhlas.

Mungkin kalian bingung!

Banyak diantara kita yang berucap “saya sabar dan ikhlas” Ipadahal jauh di lubuk hati tidak seperti itu, kita masi seringkali bersembunyi di balik diri sendiri.

4. Doa

kata bijak bahasa sunda islami

Mudah-mudah Allah hari ini memudahkan segala urusan, melapangkan hati dan meringankan langkah kita dalam perbuatan baik.

Semoga doa dan harapan kita dikabulkan oleh Allah, dijaga dan senatiasa diberikan kebaikan dalam urusan dunia dan akhirat.

5. Sujud

kata kata mutiara islami bahasa sunda

Saat paling dekat antara Rabb dan mahluknya, yaitu ketika sujud. Maka perbanyaklah doa.

Kata kata mutiara Bahasa Sunda di atas diambil dari Hadist Riawayat Muslim, yang mana saat-saat paling dekat antara Allah dan mahluknya ialah ketika sujud, maka dari itu perbanyaklah doa.


Nah itu dia tulisan mengenai kumpulan kata mutira Bahasa Sunda kahirupan yang bisa dijadikan pengingat untuk menjalani kehidupan. Seomoga tulisan yang sederhana ini mendatangkan manfaat.

Seluruh gambar yang terdapat dalam tulisan ini dibuat menggunakan canva oleh penulis. Apabila pembaca ingin menjadikan gambar atau poster kata kata mutiara Bahasa Sunda di atas sebagai caption Instagram atau status WA, diperkenankan tanpa syarat apapun.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply