11+ Kata Kata Ustadz Adi Hidayat [Quotes Pilihan]

Kata Kata Ustadz Adi Hidayat – Ustadz Adi Hidayat, Lc., MA. merupakan seorang Da’i dan Ulama Indonesia, beliau secara rutin mengisi kajian di Al-Ahyar.

Pembahasan atau kajian yang dipaparkan begitu detail, sehingga sangat mudah dipahami oleh para jama’ah. Selain itu kedalaman ilmu dan penguasaan Bahasa Arabnya tidak diragukan lagi.

Kata kata beliau dalam setiap kajian senantiasa memberikan pencerahan serta motivasi dalam melaksanakan ibadah dan menjalani hidup yang lebih baik. Seperti kata kata Ustadz Adi Hidayat yang pernah disampaikan dalam salah satu kajiannya.

Islam itu menenangkan. kalau masih sering gelisah ada yang salah dengan keislamannya.

Kira kira apa yang kamu tangkap dari kalimat di atas? Setiap orang tentu memiliki penafsiran yang berbeda-beda akan hal ini.

Akan tetapi saya yakin kata kata di atas menjadi pengingat bagi kita semua akan hal keislaman masing-masing. Untuk kata kata atau quotes dari Ustad Hidayat lainnya akan disajikan dalam bagian berikutnya.

Sekilas Tentang Ustadz Adi Hidayat

ust adi hidayat

gambar via muslim obsession.com

Nama Lengkap:Adi Hidayat
Tempat Tanggal Lahir:Panengglang, Banten 11 September 1984
Profesi:Pendakwah
Amamater:Kuliyya Dakwah Islamiyyah di Tripoli, Libya

Ustadz Adi Hidayat Lc., MA dilahirkan di Paneglang, Banten pada tanggal 11 September 1984. Beliau dikenal sebagai Da’i dan Cendekiawan Muslim dengan pengetahuan serta wawasan luas.

Ustad Adi Hidayat juga memiliki yayasan study Islam dan dakwah yang bernama Quantum Akhyar Institute. Lewat yayasan tersebutlah beliau mengajarkan Islam secara mendalam kepada masyarakat secara luas.

Saat ini nama beliau sudah dikenal oleh masyarakat secara luas, sebab kajian-kajian beliau biasa di muat dalam youtube melalui Akhyar TV dan juga media sosial.


Pendidikan Ustadz Adi Hidayat

  • SMP – SMA – Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyyah, Garut.
  • Pendidikan Tinggi – Fakultas Dirasat Islamiyyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kuliyya Dakwah Islamiyyah di Tripoli, Libya, Islamic Call College, Libya.

Kata Kata Motivasi Ustadz Adi Hidayat

kata kata motivasi ustadz adi hidayat

Berikut ini merupakan quotes motivasi dari Ustadz Adi Hidayat, Insha Allah akan sangat bermanfaat bagi kita semua.

1. Do’a

Kalau kita tak punya harta tidak apa-apa, kita punya doa. Kalau kita tampangnya biasa, tidak apa-apa, kita doanya luar biasa. Kalau kita merasa tidak menarik, tidak apa-apa, doa kita itu menarik di sisi Allah. Pokonya kalau kita tidak punya modal apapun dalam hidup kita masih punya Allah Swt, tinggal minta.

Do’a merupakan senjata bagi seorang Muslim, dengan doa pula lah kita dapat mendekatkan diri kepada sang pemilik semesta.

Kedudukan do’a bagi umat Islam amatlah penting, bahkan setiap harinya dianjurkan untuk senantiasa utuk berdo’a.

Maka tidaklah heran Islam melalui Baginda Nabi mengajarkan kita untuk senantisa berdo’a dalam setiap aktivitas yang kita jalani.

2. Memahami Makna atau Arti Solat

Sudahkah kita mengerti ? Dari sekian ribu shalat yang kita tunaikan, berapa persen yang kita paham artinya. Jangan-jangan kita shalat tapi tidak tahu artinya. Bagaimana bisa khusyu’ kalau kita tidak mengerti apa yang kita lakukan?

Solat adalah ibadah yang wajib dilaksanakan minimal 5 waktu dalam setiap harinya, bahkkan solat ini merupakan tiangnya Agama, maka apabila tiangnya tidak berdiri lagi runtuhlah.

Hal penting yang perlu kita pahami dalam menjalnkan solat ialah makna atau arti dari solat, tujuannya tentu agar kita semakin khusyu dan mantap dalam menjalankannya.

3. Surganya Tidak Jelas

Nabi yang sudah jelas surga saja bangun malam untuk tahajud hingga bengka-bengkak, Ada sementara yang surganya tidak jelas, amalan berantakan, hisabnya menegangkan namun masih merasa aman dengan amalnya.

Semoga apa perkataan dari Ustadz Adi Hidayat di Atas menjadi pengingat bagi kita semua, bahwasannya seorang Nabi saja yang telah dijamin syurganya melaksanakan ibadah dengan sangat maksimal.

Sedangkan kita, kebanyakan orang-orang saat ini yang syurganya belum ada jaminan mengerjakan ibadah semaunya saja.

4. Do’a Pasti Dikabulkan

Allah sentiasa makbulkan doa kita. Cuma cepat atau lambatnya. Jika sholat ditunaikannya lambat, lambat jugalah Allah makbulkan.

Sebuah do’a yang dipanjatkan oleh seorang hamba pasti Allah akan kabulkan, namun apakah cepat atau lambat. Kita juga sebagai hamba harus sadar diri sebenarnya, apakah kita termasuk hamba yang senantiasa taat akan perintahnya atau hamba yang lalai.

Ketika kita memperbaiki hubungan dengan Allah, maka Insha Allah akan dimudahkan segalara urusan kita, baik akhirat maupun dunia.

5. Jaminan Allah Bagi Orang yang Solat Tahajjud

Jaminan Allah Bagi Orang yang Shalat Tahajjud.

  1. Disukseskan karir/dimudahkan pekerjaan.
  2. Dibimbing mengawali aktivitas.
  3. Diberikan solusi terbaik ketika terkena masalah.
  4. Ditolong Allah tanpa perantara

Sebagian orang Muslim termasuk dalam hal ini saya sangat berat menjalankan tahajjud atau solat malam, padahal apabila dilihat memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

Semoga kita semua Allah mudahkan dalam melaksanakan solat tahajjud, diberikan kebaikan serta rahmat dan karunui-Nya dalam hidup ini.

6. Kunci Semua Hal Adalah Solat

Kunci dari semua hal adalah shalat. Kalau kita masih sering berbuat salah maka ada yang salah dalam shalat kita.

Berdasarkan pengetahuan Ustadz Adi Hidayat kunci dari semua hal adalah solat. Hal ini diungkapkan juga oleh beberapa ulama dan sumber lain.

Orang yang melaksanakan solat dengan baik dan khusyu sangat tidak mungkin berbuat keburukan. Maka apabila diantara kita masih melakukan keburukan sedang ia melaksanakan solat, itu artinya ada yang salah dalam solatnya.

Semoga kata kata dari ust Adi Hidayat tentang solat ini menjadi pengingat bagi diri kita untuk senantiasa meningkatkan ibadah.

7. Memilih yang Baik

Kalau anda bisa memilih yang baik, kenapa masih mempertahankan yg buruk?

Dalam menjalani hidup, kita senantiasa disodori dua pilihan bahkan beberapa pilihan. Semuanya jelas ada ditangan kita.

Beruntunglah apabila yang dipilih merupakan sesuatu kebaikan, namun celakalah apabila pilahan jatuh kepada hal-hal yang buruk.

Kemudian kenapa kita memilih keburukan sedang kebaikan ada dihadapan kita. Keburukan akan membawa kepada sengsaraan, dan kebaikan akan membawa pada kebahagiaan.

Semoga Allah mempermudah kita semua untuk melakukan hal-hal kebaikan, dan menjauhkan diri kita dari hal yang sifatnya buruk.

8. Untuk Siapa Hidayah?

Hidayah bukan hanya diberikan untuk orang yg tidak beriman saja, tapi Allah berikan hidayah pada orang yang beriman juga untuk menguatkan iman nya.

Hidayah identik dengan orang-orang yang belum beriman, padahal menurut Ustadz Adi Hidayat, hidayah itu diberikan juga kepada mereka yang telah beriman untuk menguatkan iman.

Sebab seperti yang telah kita ketahui keimanan seorang Muslim naik turun. Artinya iman itu terkadang naik dan terkadang turun.

Semoga kita semua termasuk ke dalam orang-orang yang mendapatkan hidayah serta dikuatkan keimanannya. Sehingga kelak termasuk ke dalam orang-orang yang beruntung.

9. Dekat dengan Al-Quar’an

Jika umat islam seluruhnya dekat dgn al qur’an, maka turun rahmat kebaikan dari Allah subahanahuwata’ala dan negeri ini akan menjadi baik

Al-Qur’an menganduk obat, baik bagi lahir maupun batin, di dalamnya mengandung banyak kebaikan yang tidak terhingga.

Apabila seluruh umat Islam di negeri ini dekat dengan Al-Qur’an maka sudah dipastikan Allah akan menurunkan rahmat dan kebaikan kepada negeri dan bangsa ini.

10. Anak Palestina

Candaan anak-anak palestina dalam MENGHAFAL QUR’AN “Nanti di syurga antum saya dadah-dadah karena hafalan saya sudah lebih banyak

Palestina terkenal dengan sebutan 3 kota suci, yang mana disinilah terdapat peradaban atau sejarah umat Muslim, Kristen dan Yahudi.

Akhir-akhir ini, Palestina dirundung duka, peperangan seolah tak pernah berhenti, bahkan mungkin tidak akan berhenti hingga akhir nanti.

Hal tersebut berdampak pada semua sektor kehidupan, seperti lingkungan, ekonomi dan sosial. Umat Islam disana keimanannya sudah tak diragukan lagi, termasuk dengan anak-anaknya.

Kata Kata Bijak Ustadz Adi Hidayat

kata kata ustadz adi hidayat

Berikut ini merupakan kumpulan kata kata bijak dari Ustadz Adi Hidayat yang pernah disampaikan dalam ceramahnya.

1. Nasihat

Jika yang kita dengar adalah nasihat, maka jangan lihat siapa yang mengucapkan, tapi dengarlah apa yg diucapkan. Namun jika menyangkut suatu pemikiran/pendapat, lihatlah dulu siapa yg mengucapkan, baru dengar apa yg dia ucapkan.

Nasihat dan pendapat adalah sesuatu hal yang berbeda, untuk itu dalam hal ini Ust Adi meberikan nasehat kepadada kita semua mengenai hal ini.

Sebuah nasehat sudah pasti adalah kebaikan, maka dengarlah tanpa harus memandang siapa yang mengucapkannya.

hal tersebut berbeda dengan pendapat, sebelum kita mendengarnya, alangkah baiknya di lihat dulu yang mengucapkannya.

Pendapat sendiri adalah sesuatu hal yang diungkapkan seseorang untuk perihal permasalahan yang sedang dihadapi, dapat berupa inovasi atau pemecahan masalah.

Suatu pendapat pun belum tentu dapat diketahui kebenarannya. Barangkali hal inilah yang menjadi pertimbangan mengapa kita harus melihat terlebih dahulu orangnya.

2. Wanita Haid Tetap Mendapatkan Pahala

Seorang wanita jika kesehariannya terbiasa mengamalkan shalat fardu, shalat sunnah, puasa, baca al-qur’an. Jika tiba masa haid, dan tidak bisa mengerjakan kebiasaan keseharian nya kabar gembiranya anda tetap mendapatkan pahalanya selama masa haid.

Wanita sangat berbeda sekali dengan laki-laki, bukan hanya beda secara fisik, namun seorang wanita memiliki rutinitas yang berbeda, salah satunya adalah haid.

Haid sendiri merupakan keluarnya darah kotor dari seorang wanita yang disebabkan membusuknya sel telur. Dalam kondisi seperti ini wanita tidak dapat melaksanakan ibadah seperti solat, baik sunnah maupun fardu, puasa, baca Al-Qur’an dan lain sebagainya.

Namun apabila keseharian wanita sebelum haid taat melaksanakan ibadah yang telah disebutkan, Insha Allah ketika haid datang ia masih mendapatkan pahalanya.

3. Takwa Adalah Kunci

Kalau pengetahuan anda mau ditambah oleh Allah, mudah dalam belajar, kuat dalam ingatan. Tingkatkan takwamu kepada Allah maka Allah akan ajarkan anda pengetahuan (ilmu).

Setelah melakukan beberapa analisis, menurut saya pribadi takwa merupakan kunci keberhasilan dalam melakukan segala hal, baik itu urusan ukhrowi, maupun duniawi.

Bayangkan apabila kita sudah dekat dengan sang pencipta pemilik segalanya, ingin apapun Insha Allah kita diberikan dan dimudahkan, bahkan sampai dibimbing.

Maka sangat betul menurut Ustadz Adi Hidayat dalam kata kata di atas. Ketika kita ingin dimudahkan dalam belajar, kat dalam ingatan dll, maka jal satu-satunya adalah takwa. Sebab segala apapun itu hakikatnya Allah yang memberikan, usaha dan ikhtiar itu hanya perantara.

4. Cara Solat Khusyu

Cara shalat khusu

  1. Kenakan pakaian terbaik,
  2. Perbaiki wudhu, wudhu yang benar
  3. Hadirkan perasaan seperti shalat kita yang terakhir.

Tidak sedikit orang yang tidak bisa melaksanakan ibadah solat secara khusyu, tentu dengan berbagai permasalahan, baik itu urusan dunia atau lain sebagainya. Menurut Ust Adi Hidayat, salah satu menciptakan solat yang khsyu adalah dengan melakukan 3 cara di atas.

Mari kita coba berusaha mengamalkan 3 cara di atas, dengan demikian semoga solat kita menjadi khusyu dan dapat diterima oleh Allah.

5. Jangan Bosan Bersyukur

Yang terlihat sedikit bisa jadi berkahnya melimpah. Makanya jngan bosan bersyukur. Biar nikmatnya ditambah.

Bersyukur merupakan sesutu yang harus kita lakukan, saat kita bersyukur maka Allah telah berjanji untuk menambah nikmat.

Janganlah pernah melihat sedikit atau banyaknya, akan tetapi kita berharap ada keberkahan dalam setiap yang Allah berikan kepada kita.

Semoga kita semua termasuk ke dalam orang-orang yang senantisa bersyukur, dilimpahkan rejekinya serta diberikan kebaikan di dunia maupun akhirat.


Demikian kata kata atau quotes Ustadz Adi Hidayat yang dapat cakhasan sajikan. Semoga kata-kata tersebut menjadi sebuah nasehat yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply