21+ Kata Kata Bob Sadino Tentang Cinta, Usaha dll [Quotes Pilihan]

Kata Kata Bob Sadino – Bob Sadino merupakan Pengusaha Indonesia yang memiliki berbagai macam perusahaan dan unit usaha. Bisa dikatakan beliau merupakan tokoh pengusaha Indonesia dengan penampilan nyentrik serta kata kata motivasi nyeleneh.

Rencana adalah bencana

Kutipan di atas merupakan salah satu kata kata dari Bob Sadino. Sebagian orang termasuk saya mungkin tidak paham akan makna dari kata kata di atas.

Selain penampilan nyentrik, Om Bob kerap kali mengeluarkan kata kata motivasi yang nyeleneh. Akan tetapi di balik kata katanya tersebut ada pelajaran yang dapat diambil.

Maka untuk itu cakhasan.com pada kesempatan ini menyajikan kata kata atau quotes motivasi dari seorang Bob Sadino. Harapannya tentu agar memberikan semangat kepada kalian, terutama yang ingin menjadi seorang pengusaha.

Sekilas Tentang Bob Sadino (Biografi Singkat)

quotes bob sadino

gambar via wirabisnis.com

Nama LengkapBambang Mustari Sadino
Tempat tanggal LahirBandar lampung, 19 Maret 1933
PekerjaanPengusaha, Pembisnis
PasanganSoelami Soejoed

Bambang Mustari Sadino alias Bob Sadino merupakan seorang Pengusaha yang lahir pada 9 Maret 1933 di Tanjung Karang, Hindia Belanda atau saat ini dikenal dengan Bandar Lampung.

Bob Sadino terlahir dari keluarga yang berkecukupan, bahkan ketika orang tuanya meninggal ia mewarisi kekayaan keluarga yang lumayan cukup.

Sehingga di usia 19 tahun selepas orang tuanya tiada, Bob Sadino memutuskan untuk merantau ke Luar Negeri, tepatnya Belanda.

Hampir 9 tahun lamanya ia tingal di Belanda untuk bekerja di beberapa Perusahaan. Hingga pada suatu ketika ia kembali ke tanah air untuk memulai usaha.

Bob Sadino menikah ketika ia tinggal Belanda dengan seorang perempuan Indonesia bernama Soelami Soejoed. Pernikahan mereka dikarunia 2 orng anak.

  • Mira Andiani
  • Shanty Dwi Ratih

Sedikit kisah mengenai Bob Sadino dapat di lihat pada video di bawah ini, atau kalian juga dapat membaca kisah Om Bob di artikel Biografi Bob Sadino Lengkap.

Daftar Bisnis Bob Sadino

bisnis

gambar via moneysmart.com

  1. Kemfood, merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi sosis.
  2. Kemfarm, merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang pertanian.
  3. Kemchik, merupakan sebuah pasar sawalayan yang tidak hanya menyediakan produk lokal dan impor.
  4. The Mansion at Kemang, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang properti.
  5. Kem Travel, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang tour dan travel.

5 perusahaan yang dibangun oleh Bob Sadino di atas telah cukup menjadi bukti bagi kita semua mengenai kemampuan beliau dalam mendirikan dan mengelola sebuah perusahaan.

Kata Kata Bob Sadino

kata kata bob sadino

gambar via kasihtahu.web.id

Berikut cakhasan sajikan secara lengkap quotes dari seorang Bob Sadino, setiap katanya Insha Allah akan memberikan motivasi dan semangat kepada kalian, terutama mengenai bisnis atau usaha.

Salah satu quotenya yang sangat terkenal ialah;

Jadilah Mahasiswa yang guobblokk

Untuk mendapatkan quotes Bob sadino lebih banyak, kalian baca artikel ini sampai habis ya.

Quotes Bob Sadino yang Menginspirasi

1. Beneran Punya

quotes bob sadino

Yang beneran punya, nggak akan banyak bicara seperti mereka yang berlaga SOK PUNYA.


Om Bob lewat kata kata di atas ingin menyampaikan pesan kepada kita semua, bahwa orang yang benar-benar punya itu tidak banyak berbicara. hal tersebut sangat jauh berbeda dengan orang-orang yang sok punya.

Secara psikis orang sok punya itu butuh pengakuan dari masyarakat banyak, sehingga tentu ia banyak bicara. Berbeda halnya dengan orang-orang yang memang benar punya, mereka tidak lagi butuh sebuah pengakuan dari siapapun.

Saat ini berada dimanakah posisi kalian? Saya harap kita tidak termasuk ke dalam golongan yang sok punya, sebab jika begitu hal tersebut akan berbahaya bagi masa depan kita.

2. Orang Goblok

quotes bob sadino

Orang Goblok itu ga banyak mikir yang penting melangkah, Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah.


Apakah benar demikian? Mari coba kita bahas kalimat dalam kata kata Bob Sadino di atas,

Maksud dari orang goblok disini ialah orang yang gak banyak mikir. Seperti yang kita ketahui saat memulai usaha yang dibutuhkan bukan hanya tenang konsip saja, namun pengalaman melalui praktek.

Apabila di awal memulai bisnis atau usaha terlalu banyak mikir, usahanya kemungkinan besar tidak akan jalan-jalan. Apalagi jika terlalu mempertimbangkan banyak hal.

Nah sebaiknya memang langsung memulai saja, sambil berjalan sambil melakukan evaluasi, dengan demikian kita akan semakin paham dengan usaha yang sedang kita jalani.

3. Mengosongkan Gelas

quotes bob sadino

Setiap bertemu orang dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu


Maksud mengosongkan gelas disini ialah menganggap diri sendiri belum tahu, dengan demikian akan mendapatkan ilmu yang banyak dari lawan bicara kita.

Memang sebaiknya seperti itu, bukan hanya ketika kita berbicara dengan orang baru saja, hal ini juga dapat diterapkan ketika mengikuti suatu pembelajaran atau seminar.

Maka dengan demikian Insha Allah kita akan mendapatkan ilmu yang lebih, sebab ruang dalam pikiran kita telah dikosongkan terlebih dahulu.

4. Menggoblokan Diri

motivasi bob sadino

Semakin goblok seseorang akan kian banyak ilmu yang diperolehnya saya menggoblokan diri sendiri sebelum menggoblokan orang lain.


Goblok yang Om Bob maksud bukan goblok dalam artian sesungguhnya. Artinya goblok disini lebih ke cara berpikir yang berbeda, unik, kreatif bahkan sangat berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya.

Pada penggalan kata kata di atas, Bob Sadino mengungkapkan, sebelum beliau menggoblokan atau mempengaruhi orang lain, beliau terlebih dahulu menggoblokan diri sendiri.

5. Berhentilah Berharap

motivasi bob sadino

Dibalik setiap harapan selalu diikuti kekecewaan, jadi berhentilah berharap


Harapan dan kekecewaan sesuatu yang senantiasa beriringan, jikalau kata Om Bob berhentilah berharap biar tidak kecewa.

Sebenarnya ada cara lain agar rasa kekecewaan itu tidak ada, yaitu dengan tidak berharap kepada manusia, sebaiknya kita berharap kepada sang pencipta, Allah.

6. Kerja Apa Dikerjain

kata kata bob sadino

Kamu ini bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam bayaran ga seberapa KERJA APA DI KERJAIN.


Kebanyakan orang merasa senang bahkan bahagia tatkala mendapatkan sebuah pekerjaan, meskipun gajinya tidak seberapa dengan segudang kesibukan.

Om Bob melalui kata kata di atas menyindir mereka yang menjadi seorang pekerja, bahkan pada ujung kalimat kata kata tersebut nampak begitu lucu.

7. Pengalaman dan Pengetahuan

kata kata bob sadino

Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak


Melalui quotes di atas Bob sadino menyampaikan keinginannya kepada kita biarpun sudah meninggal, pengalaman dan pengetahuannya ingin tetap abadi tidak ikut terkubur.

Tentu agar pengalaman dan pemikiran beliau dapat bermanfaat bagi banyak orang, apalagi bagi mereka yang ingin menjadi seorang pengusaha.

Hari ini kita melihat bahwa pemikiran beliau benar-benar masih hidup, meski beliau sudah meninggal kita. Semoga pemikiran beliau menjadi sebuah kebaikan untuk kita semua.

8. Kerja Nikmat

kata kata bob sadino

Melangkah tanpa perlu tujuan. Memiskinkan diri tetapi gagal miskin. Aku kerja nikmat, orang lain bilang kerja keras.


Dalam suatu kesempatan Bob Sadino pernah berkata bahwa dalam melakukan sesuatu hal tidak ada yang namanya kerja keras ataupun kerja cerdas. Sebab apabila sudah mencintai sesuatu hal, maka yang ada menikmatinya.

Barangkali diantara kita banyak yang keliru selama ini, dimana saat melakukan sesuatu harus kerja keras dan kerja cerdas. Padahal yang perlu kita tumbuhkan hanya satu yaitu rasa cinta.

Dengan demikian kita tidak akan merasa bekerja dengan keras meskipun hal tersebut kita lakukan, sebab kita memang benar-benar mencintai sepenuh hati.

9. Sekolah Terbaik

kata kata bob sadino

Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya supaya kreatif.


Berbicara mengenai sekolah itu artinya kita membicarakan pendidikan. Om Bob dalam hal ini memberikan pandangannya melalui kata kata di atas, bahwa sekolah terbaik adalah sekolah yang memberikan kebebasannya untuk berekspresi (kreatif) dalam hal ini tentu positif.

Seperti yang kita ketahui pendidikan di Indonesia jauh dari kata baik, sebab pendidikan hanya menjadi sebuah formalitas semata.

Barangkali sangat berbeda dengan Negara lain yang memberikan pendidikan dengan sebenarnya, terutama membentuk karakter siswa, hingga memberikan ruang kebebasan untuk menentukan masa depan daripada mereka.

10. Mengingat Allah

kata kata bob sadino

Dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang. Dalam segala aktivitas kita, maka akan bernilai ibadah


Hal kebaikan apapun yang melibatkan Allah, Insha Allah akan menjadi bernilai ibadah. Selain itu akan memberikan ketenangan hati yang tidak dapat dirasakan oleh mereka yang tidak melakukan itu.

Maka sebaiknya mulailah belajar untuk mengingat Allah dalam berbagai kesempatan, apalagi hal ini telah dilakukan oleh pengusaha sukses Bob Sadino.

11. Jangan Jadi Karyawan

kata mutiara bob sadino

Jika ingin bahagia, jangan jadi karyawan.


Meskipun sebenarnya tidak ada korelasi yang pasti antara ketidakbahagian dengan posisi karyawan. Namun apabila dipikirkan secara logika, menjadi seorang karyawan memiliki tugas yang cendrung berat dan tekanan oleh atasan.

Tentu berbeda halnya ketika menjadi seorang pengusaha, memiliki waktu dan ruang yang lebih bebas. Tidak ada orang yang membatasi dan memerintah.

12. Celana Pendek

quotes bob sadino

Kenapa saya suka pakai celana pendek? Daripada saya nggak pakai celana.


Perkataan Bob Sadino di atas memang sedikit lucu ya, hal ini mengingat seorang Om Bob suka memakai celana pendek kemana pun ia pergi.

Saat banyak orang yang mempertanyakan hal tersebut, Om Bob dengan santainy berkata “daripada gak pake celana

Banyak hal yang dapat dipelajari melalu penampilan Bob Sadino, dimana goal dari kita bukan untuk terlihat kaya, namun untuk menjadi seorang kaya.

13. Kegagalan

quotes bob sadino

Ketika orang pintar bertemu kegagalan, dia akan berkata bahwa itu karena orang lain.


Benarkah demikian orang pintar dalam menyikapi suatu kegagalan, saya juga jelas tidak tahu akan hal ini. Meskipun semua orang tidak dapat di generaly demikian, tapi setidaknya saya pribadi menaruh kepercayaan akan apa yang diungkapkan oleh Om Bob.

Jika boleh menebak hal yang melatar belakangi ungkapan di atas, barangkali berdasrkan pengalaman dari Om Bob yang pernah disalahkan oleh orang-orang pinter.

14. Melamar Pekerjaan

kata kata motivasi bob sadiino

Orang pintar belajar keras untuk mendapatkan ijazah dan secepat mungkin melamar pekerjaan.


Hal inilah yang terjadi di dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi di Negara kita, banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkan ijazah untuk mendapatkan pekerjaan.

Bahkan baru-baru ini viral Mahasiswa Universitas Indonesia yang tidak mau digaji dengan 8 juta. Hal tersebut membuktikan yang dicari orang-orang pinter ialah pekerjaan dengan gaji selangit.

Dahulu ketika saya mulai memasuki dunia kuliah, berpikir demikian juga untuk bekerja di perusahaan terkenal minima di Negeri ini.

Namun seiring berjalannya waktu, saya mulai berpikir untuk belajar menjadi seorang pengusaha. Bukan saja baik untuk masa depan diri sendiri, namun hal ini juga baik untuk keluarga dan lingkungan sekitar.

15. Karir

kata kata bob sadino

Tidak selamanya latar belakang pendidikan menentukan karir kita ke depan, terkecuali untuk karir di bidang pendidikan.


Benarkah latar belakang pendidikan tidak menentukan karir ke depan? Mari kita lakukan analisis sederhana. Kebanyakan orang sekolah, khususnya pendidikan tinggi yaitu untuk mencari pekerjaan, dalam artian menjadi seorang karyawan.

Adapun yang menjadi pengusaha ialah orang-orang tertentu saja, seperti anak seorang pengusaha, atau mereka yang benar-benar memiliki cita-cita menjadi pengusaha. Prosentasi orang-orang semcam ini tidak banyak, kurang dari 50%.

Karir masa depan sebetulnya bukan ditentukan oleh jenjang pendidikan, akan tetapi cara berpikir serta lingkungan dan sejauh mana keinginan untuk mengembangkan diri.

Kata Kata Bob Sadino Tentang Bisnis

1. Bos

kata kata bob sadino

Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetaplah karyawan. Sekecil kecilnya apapun usaha Anda, Anda adalah BOS-nya.


Hampir dalam setiap kesempatan Om Bob senantiasa menyarankan kepada banyak orang untuk menjadi seorang pengusaha, biarpun usaha tersebut kecil.

Meskipun usaha yang dimiliki tidaklah besar, akan tetapi pemilik tetap menjadi seorang bos. Hal ini tentu berbeda halnya ketika bekerja, meskipun memiliki jabatan yang tinggi tetap seorang karyawan dan berada di telunjuk orang lain.

Tidaklah heran Om disebut gila, akan tetapi di sisi lain banyak orang yang tercerahkan dengan kata kata dari Bob Sadino ini.

Bagaimana dengan kalian, apakah berminat untuk menjadi seorang Pengusaha?

2. Bisnis Modal Dengkul

kata motivasi bob sadino

Bisnis itu hanya modal dengkul bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain


Barangkali maksud dengkul menurut Om Bob disini ialah tenaga, jika tidak memilikinya dapat menggunakan tenaga orng lain.

Hal dikatakan beliau mungkin biar orang-orang yang ingin memulai bisnis tidak perlu banyak mikir, melangkah saja, nanti di evaluasi sambil berjalan.

3. Bisnis Cari Rugi

kata kata bob sadino

Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya.


Nah ini dia kata kata dari Om Bob yang dapat dijadikan motivasi atau bahkan kalian tiru. Rugi tidak harus di sesali atau bahkan dihindari, kata Om Bob ketika bisnis rugi ya semangat aja. Kemudian apabila untung maka bersyukurlah.

Saya kira jika menjadi pembisnis kaya gini akan jauh dari kata strees, yang ada bahagian dan senang, sebab maupun rugi dan untuk tetap mendapatkan pembelajaran.

4. Bisnis yang Bagus

quotes bob sadino

Banyak orang tanya, “Bisnis apa yang BAGUS?” Jawabnya, “Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA, bukan yang ditanyakan terus.


Tidak jarang kita temukan orang-orang berkeinginan untuk bisnis, akan tetapi terhenti di benak atau pikiran saja. barangkali hal tersebutlah yang melatar belakangi tercetusnya quotes ini.

Bagiamana dengan kalian?

Apakah ide bisnisnya tertahan di dalam benak saja, sekarang saatnya ambil nafas dan mulailah untuk melangkah. Insha Allah akan lebih baik dari pada diam ditempat.

5. Bisnis & Tingkat Pendidikan

quotes bob sadino

Orang pintar beranggapan, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang bodoh berpikir, dia pun bisa berbisnis.


Anggapan masyarakat Indonesia khususnya, untuk menjadi seorang pembisnis diperlukan tingkat pendidikan yang tinggi, semacam lulusan kulian atau setara dengannya. Pada hal pada kenyataannya tidakla demikian.

Dulu ataupun saat ini banyak pengusaha yang berhasil dan sukses tanpa mendapatkan pendidikan yang tinggi, bahkan mereka diantaranya hanya lulusan sekolah dasar saja.

6. Orang Pintar Vs Orang Bodoh

kata kata bob sadino

Orang pintar yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang berhasil dikumpulkannya sangat banyak. Sedangkan orang bodoh tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.


Bob Sadino berpendapat bahwa orang yang pintar dari segi analisis kemungkinan dapat berpikir negatif karena pengetahuan yang mereka miliki.

Sedangkan orang bodoh tidak memiliki waktu untuk berpikir negatif sebab harus sudah memulai usaha sesegera mungkin.

7. Penting Laku

quotes bob sadino

Orang pintar menganggap sudah mengetahui banyak hal, tetapi seringkali melupakan penjualan. Orang bodoh berpikir simple, yang penting produknya terjual.


Tentu banyak perbedaan yang mencolok antara orang pinter orang bodoh, kata Bob Sadino termasuk cara mereka berpikir dalam jualan.

Jika orang pinter lebih terpaku pada konsep dan perencanaan, hal itu jugalah yang membuat mereka lupa dengan bagaimana cara menjual. Sedangkan orang bodoh hanya berpikir bagaimana produk yang mereka jual laku.

8. Menjadikan Keluarga Sebagai Motivator

kata kata bob sadino

Jadikanlah keluarga sebagai motivator dan supporter pada saat baru memulai menjalankan bisnis maupun ketika bisnis semakin menguras waktu dan tenaga


Tidak dapat dipungkiri memang, keluarga merupakan motivasi paling besar dalam menjalani hidup ini, termasuk saat membangun usaha.

Maka tidaklah heran apabila Om Bob berkata kata demikian lewat quotes di atas. Semoga keluarga menjadi motivasi terbaik bagi kita, baik saat merints usaha maupun setelah sukses.

9. Pengusaha Adalah Orang Mandiri

kata kata bob sadino

Setelah menjadi pengusaha sukses, maka seseorang akan menganggap dirinya sebagai seorang yang mandiri. Dia tidak lagi membutuhkan orang lain, karena sudah mampu berdiri di atas kakinya sendiri


Bagaimana tidak merasa menganggap mandiri, sebab seorang yang sukses dalam membangun bisnis kebanyakan mereka telah mampu mengelola bidang lain dengan baik.

10. Konsisten

quotes bob sadino

Orang pintar dengan mudah beralih dari satu bisnis ke bisnis yang lain karena punya banyak kemampuan dan peluang. Orang bodoh mau tidak mau harus menuntaskan satu bisnisnya saja.


Mereka yang dianggap pintar biasanya lebih banyak memiliki ide dan konsep-konsep yang cemerlang untuk berbagai bisnis, berbeda dengan orang bodoh yang hanya memiliki satu bisnis.

Akan tetapi dalam bisnis dibutuhkan fokus dalam membangunnya, sehingga secara ide dan konsep barangkali orang pinter mengan. Namun dalam urusan konsistensi dan seluk beluk mengenai bisnis orang bodoh yang menang.

Penutup

bob sadino

gambar via beritasatu.com

Pada tahun 2015 Bob Sadino telah pergi meninggalkan dunia untuk selama-lamanya. Meskipun beliau telah tiada banyak hal yang beliau tinggalkan untuk generasi muda, seperti semangat dan cara berpikir.

Nah itu beberapa kata kata Bob Sadino terbaik yang telah cakhasan.com kumpulkan, semoga kata kata atau quotes tersebut dapat memotivasi, menumbuhkan rasa cinta dan semangat pada bisnis.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply