Kumpulan Kata-Kata Bijak Gus Dur | Nasehat dan Kata Mutiara

Kata-Kata Bijak Gusdur – Siapa yang tidak mengenal sosok Gus Dur atau Abdurahmanwahid, sosok yang nyeleneh, dan perkataannya senantiasa diingat oleh banyak orang. Maka tidaklah heran apabila beliau disenagi banyak orang, terutama santri dari kkalangan Nahdiyin.

Gus dur sendiri merupakan presiden ke-4 RI, mendapatkan julukan sebagai bapak pluralisme Indonesia. Pro dan kontra mewarnai sikap dan pengambian keputusan saat menjabat sebagai seorang presiden.

Namun Gusdur memiliki banyak prestasi selama menjabat sebagai Presiden. Berikut ini prestasi atau keberhasilan Gusdur (lihat disini).

Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang merasa rindu akan sosok Gusdur. Sebagai pengingat, dalam tulisan ini saya menyajikan kata-kata bijak atau nasehat dari Gusdur. Semoga dengan ini paling tidak rindu kita semua terobati.

Kata-Kata Bijak Gus Dur

kata-kata bijak gus dur, nasehat gus dur

gambar via timesindonesia.co.id

Seridaknya terdapat 11+ kata-kata bijak dari Gus Dur yang bisa dijadikan nasehat dan pengingat bagi kita dalam menjalani kehidupan.

Esensi Tugas Kesejahteraan

Marilah kita bangun bangsa dan kita hindarkan pertikaian yang sering terjadi dalam sejarah. Inilah esensi tugas kesejahteraan kita, yang tidak boleh kita lupakan sama sekali.

Gus Dur mengungkapkan bahwa esensi dari sebuah kesejahteraan untuk Indonesia adalah persatuan. Karena seperti yang kita ketahui negara kita ini terdiri dari berbagai macam suku dan budaya, dengan menjaga persatuan dan kesatuan, dapat dipastikan Indonesia akan menjadi negara yang kuat.

Sehingga rasanya tidak perlu kita mencari kesejahteraan yang lain, sebab dengan ada persatuan yang solid kesejahteraan yang lainnya akan menghampiri dengan sendirinya.

Semoga nasehat Gus Dur ini menjadi penyemangat bagi kita untuk mewujudkan sebuah persatuan yang sesungguhnya. Tentu demi mewujudkan negara yang sejahtera dan kuat.

Kemajemukan Adalah Kepastian

Kemajemukan harus bisa diterima, tanpa ada perbedaan.

Rasanya kita sudah harus memaklumi tentang perbedaan yang ada di tanah Indonesia. Sebab negara ini ada dan berdiri bukan di atas kesamaan akan tetapi di atas perbedaan.

Lantas janganlah perbedaan itu menjadi sebuah beban dan menimbulkan kita terpecah belah, seharusnya dengan perbedaan tersebut kita menjadi kuat.

Seperti kata-kata Gus Dur di atas, bahwa kemajemukan harus bisa kita terima tanpa ada perbedaan. Kemajemukan sendiri sudah menjadi sebuah kepastian, tinggal bagaimana kita menyikapinya, yang terenting adalah saling menghargai.

Sabar Itu Tak Terbatas

Sabar itu gak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti gak sabar.

Nasehat ini cocok bagi kita yang seringkali gak sabaran. Terkadang dalam menunggu atau melakukan sesuatu hal, kita merasa sudah bersabar, padahal belum tentu, sebab sabar tidak ada batasnya.

Ilmu sabar ini akan sngat berguna dalam berbagai hal, sebab dalam aktivitas dan menjalankan sebuah kehidupan kita tidak terlepas dari yang namanya sabar.

Perpustakaan Adalah Tempat Ilmu Pengetahuan

Perpustakaan adalah tempat untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan.

Hampir setiap orang rasanya akan setuju dengan quotes Gus Dur ini, bahwa perpustakaan merupakan tempat ilmu pengetahuan.

Bagaimana tidak? Di dalam sebuah perpustakaan banyak karya dan kisah-kisah orang hebat yang dituliskan dalam sebuah buku.

Dengan kita membaca dan memahami buku-buku tersebut, secara tidak sadar kita sedang berkomunikasi dengan mereka. Siapa mereka? Bisa jadi ilmuan, pemikir atau para intelektual.

Tokoh Dongeng

Dalam hidup nyata dan dalam perjuangan yang tak mudah, kita bukan tokoh dongeng dan mitos yang gagah berani dan penuh sifat kepahlawanan

Kita harus sangat sadar bahwa kehidupan ini bukanlah sebuah dongeng, butuh perjuangan yang tidaklah mudah, dalam segala hal itu.

Kata-kata dari Gus Dur di atas, tentu saja dapat menjadi pengingat bagi kita, supaya dalam menjalani kehidupan kita senantiasa menyadari keterbatasan sebagai seorang manusia biasa.

Kita juga di ingatkan atau diberi nasehat oleh Gus Dur, bahwa kita bukanlah seorang tokoh dongeng dan mitos yang gagah berani dan memiliki sikap kepahlawanan.

Memuliakan Manusia

Memuliakan manusia berarti memuliakan penciptanya, merendahkan dan menistakan manusia berarti merendahkan dan menistakan penciptanya.

Nasehat yang satu ini mengingatkan kita untuk senantiasa dan selalu memuliakan sesama sesama manusia dan mahuk lain.

Sebab tatkala kita memuliakan sesama manusia, berarti kita telah memuliakan sang pencipta. Kemudian ketiha kita merendahkan sesama manusia, berarti kita telah merendahkan sang pencipta.

Dengan adanya nasehat dari Gus Dur ini tentu menjadi sebuah pengingat bagi kita untuk tetap menghormati orang lain, terlepas bagaimana caranya.

Lelucon dan Humor

Dengan lelucon, kita bisa sejenak melupakan kesulitan hidup. Dengan humor, pikiran kita jadi sehat.

Memang benar ya dalam menjalani hiddup itu tidak terlalu tegang, bisanya gampang marah bahkan stress. Seperti kata-kata bijak Gus Dur, lelucon paling tidak dapat melupakan kesulitan hidup. Sedangkan dengan humor pikiran kita lebih sehat.

Pada intinya kita harus pandai dalam menghibur diri, baik itu dengan lelucon ataupun humor. Tujuannya supaya kita tidak mudah stress, sehingga dapat menjalani hidup lebih baik lagi.

Dunia yang Sementara

Tidak ada jabatan di dunia ini yang perlu dipertahankan mati-matian.

Apakah kalian yakin dunia ini hanya sementara? Kalau saya iya, bagaimana dengan kalian? Bisa jawab masing-masing ya.

Dengan alasan inilah, seorang Gus Dur pernah mengungkapkan bahwa tidak ada jabatan di dunia ini perlu kita pertahankan mati-matian. kata-kata ini wajib kita ingat, supaya kita memperjuangkan urusan dunia dengan sewajarnya saja.

Kita berkuasa atau memegang jabatan paling lama sepuluh tahun, namun pertanggungjawabannya sampai ke akhirat kelak.

Proses Pemiskinan Bangsa

Membiarkan terjadinya korupsi besar-besaran dengan menyibukkan diri dengan ritus-ritus, hanya akan berarti membiarkan berlangsungnya proses pemiskinan bangsa yang semakin melaju.

Korupsi sudah bukan hal yang aneh di negara kita, barangkali menjadi hal yang biasa dan wajar, hampir saban hari kita menonton berita tentang korupsi.

Nah ada yang menarik dari kata-kata seorang Gusdur, menurut saya ini sangat bijak, mengingat Indonesia tidak pernah kekurangan orang baik ya.

Beliau berkata, ketika kita membiarkan tindak korups besar-besaran, artinya kita telah membiarkan proses berlangsungnya kemiskinan melaju, bahkan pesat.

Batas Masing-Masing

Kalau Anda tidak ingin dibatasi, janganlah Anda membatasi. Kita sendirilah yang harusnya tahu batas kita masing – masing.

Hal yang sangat menarik disampaikan oleh Gus Dur mengenai batasan, dimana batasan itu kita sendirilah yang menciptakannya.

Jikalau dipikir-pikir memang benar, hampir setiap orang atau kelompok memiliki batasan masing-masing diri mereka, dan yang menciptakan mereka ya mereka-mereka sendiri.

Keberhasilan Seorang Pemimpin

Keberhasilan pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam mensejahterakan umat yang mereka pimpin

Kata-kata bijak dari Gus Dur ini wajib didengar, dibaca dan dipahami oleh mereka yang ingin menjadi pemimpin. Tekadang seorang pemimpin merasa bangga dan berhasil ketika mereka bisa membangun sesuatu.

Padahal jauh-jauh hari Gus Dur telah memberikan nasehat mengenai hal ini, dimana seorang pemimpin yang berhasil ialah yang mampu memberikan kesejahteraan atas yang mereka pimpin.

Demokrasi Haruslah Adil

Demokrasi harus berlandaskan kedaulatan hukum dan persamaan setiap warga negara tanpa membedakan latar belakang ras, suku agama, dan asal muasal, di muka-undang-undang.

Hal ini telah menjadi isu yang sangat hangat dari jaman pemerintah Soekarno dan Orde Baru, dimana demokrasi yang ideal adalah demokrasi yang adil bagi semua pihak.

Hal tersebut seperti yang telah diungkapkan oleh Gus Dur, demokrasi haruslah adil bagi semua pihak tanpa membedakan apapun. Tentu kata-kata yang sangat bijak dari Gus Dur ini dapat menjadi sebuah pegangan bagi mereka yang menjalankan pemerintahan.

Penutup Kata-Kata Bijak Gus Dur

kata-kata bijak gus dur

gambar via yukepo.com

Menarik bukan apa yang telah disampaikan oleh seorang Gus Dur, bahkan hal itu dianggap menjadi sebuah kata-kata bijak. Kata-kata bijak Gus Dur di atas dapat menjadi pengingat bagi siapa saja yang ingin hidup lebih baik.

Meskipun mungkin ada yang merasa kecewa terhadap beliau, atau bahkan tidak setuju atas sikap-sikap beliau semasa hidup. Akan tetapi lewat kata-kata bijak di atas, cukuplah kita mengenal tentang kehidupan Gus Dur.

Baca Juga : 79+ Kata Kata Kopi Tentang Cinta, Lucu & Romantis [Lengkap Gambar]

Semoga tulisan yang siingkat ini mendatangkan manfaat, terutama bagi saya, bisa menjadi sebuah pengingat dan mendorong diri untuk lebih baik.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply