jenis-jenis sablon kaos, kaos

Jenis-Jenis Sablon Kaos

Jenis-Jenis Sablon Kaos – Tidak dapat kita pungkiri dunia fashion anak muda mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya distro kaos yang menjamur di berbagai daerah, baik brand lokal maupun Internasional.

Hal tersebut bagi sebagian orang dilirik sebagai salah satu peluang usaha yang menggiurkan, termasuk di dalamnya usaha konveksi dan sablon kaos.

Pada pertengahan 2014 seorang teman benar-benar terjun ke dalam industri sablon kaos ini, ia memulai usahanya dengan modal 50 juta saja. Setahu saya hingga saat ini usahanya masih tetap bertahan.

Bagi kalian yang ingin memulai usaha di dunia konveksi, yang termasuk di dalamnya sablon kaos. Ada beberapa hal yang harus diketahui, salah satunya adalah jenis-jenis sablon kaos, perbedaan sablon manual dan digital printing. Maka dari itu saya berusaha untuk menyajikan informasi tersebut dalam artikel ini, Brikut pemaparannya.

Daftar Isi

Mengenal Jenis-Jenis Sablon Kaos

jenis-jenis sablon, cat, paint

gambar via unsplash.com

Apabila dirinci, jenis-jenis sablon yang digunakan untuk sablon sangatlah bervariatif. Mulai dari sablon yang sifatnya manual hingga jenis sablon yang bersifat modern. Saat ini industri kaos besar biasanya telah menggunakan sablon dengan jenis digital printing, tujuannya tentu agar pengerjaan lebih cepat. Berikut jenis-jenis sablon manual hingga modern.

Sablon Pigmen

Pernah mendengar jenis sablon ini? Sablon pigmen bisa digunakan untuk kaos dengan warna yang cerah. Sablon pigmen bersifat menyerap ke dalam kain yang digunakan. hal ini mirip dengan tinta yang dapat menyerap hingga serat kain. Nah apabila kalian menemukan sablon yang menyerap hingga keserat kain, sudah dapat dipastikan itu menggunakan sablon pigmen.

Sablon pigmen sendiri sangat kuat dan bertahan dengan lama, maklum saja sebab cairan sablon masuk hingga serat kain. Akan tetapi kekurangan dari jenis sablon ini ialah tidak dapat digunakan untuk kain dengan warna gelap. Jika hal itu dilakukan maka warna sablon akan kalah oleh warna kaos itu sendiri.

Sablon Plastisol

Sablon plastisol merupakan jenis sablon yang sangat kuat, sablon ini terbuat dari minyak atau yang kita kenal sebagai PVC. Seperti yang kita ketahui bersama PVC memiliki daya rekat yang sangat kuat. Maka tidaklah heran apabila memiliki harga yang lumayan mahal.

Kelebihan dari plastisol sablon ialah mampu membentuk dot atau titik dengan ukuran yang sangat kecil. Namun untuk mengeringkan hasil sablon plastisol ini tidak semudah mengeringkan jenis sablon biasa. Karena membutuhkan alat khusus.  Hal ini tentu tidaklah heran, sebab untuk mengeringkan hasil sablon dari jenis plastisol setidaknya dengan suhu 160 derajat celcius.

Sablon Rubber atau karet

Sablon rubber atau masyarakat lebih senang menyebutnya sablon karet, merupakan jenis sablon yang menutupi serat kain. Bentukk sablon yang dihasilkan timbul serta memili sifat yang elastis.

Sablon rubber juga sejauh ini adalah jenis yang paling banyak digunakan, sebab mampu memberikan hasil yang pada kain dengan warna gelap.

Beberapa kelebihan dari sablon jenis rubber adalah tahan lama, kuat, dapat distrika serta memiliki harga yang tidak terlalu mahal.

Sablon Menyala (Glow in The Dark)

Pernah mendengar glow in the dark? Sablon jenis ini termasuk sablon yang unik sebab dapat menyala dalam kegelapan, kayak neon. Sablon ini dapat menyala dalam gelap, hal ini terjadi karena sablon menyala berbahan dasar dari fosfor.

Sablon glow in the dark memang tidak terlalu populer di Indonesia, sablon dengan jenis ini juga memiliki harga yang lebih tinggi dengan sablon jenis lainnya, maklum karena bisa menyala dalam gelap kali ya.

Sablon Flocking

Flocking adalah jenis sablon yang menyerupai kain. Mungkin kalian pernah melihat sablonan kaos menyerupai kain seperti yang dipotong dan ditempelkan. Nah jenis sablon tersebut disebut dengan nama sablon flocking. Proses pembuatan sablon flocking biasanya ditambahkan semacam beludru dalam proses pembuatannya. Sablon flocking sendiri memiliki dua jenis, yaitu bubuk dan lembaran.

Penutup

Demikian pembahasan lengkap mengenai jenis-jenis sablon kaos, perbedaan sablon manuan dan digital serta alat yang dibutuhkan untuk melakukan sablon, baik digital ataupun manual. Nah bagi kalian yang sedang nyari kaos kece dengan berbagai jenis sablon, bisa berkunjung ke teespro.id. Kalian bisa memebuat kaos sesuka hati kalian dengan desain bebas, untuk kualitas dijamin mantap.

Kepoin Yuks