jenis ikan laut

31+ Jenis Ikan Laut Dalam, Dangkal dan Konsumsi [100% Lengkap]

Jenis Ikan Laut –  Tahukah sahabat, bahwa banyak sekali jenis ikan yang terdapat dilautan, dan sebagian besarnya dapat dikonsumsi, nah pada artikel ini, cakhasan.com akan berbagi informasi seputar jenis ikan yang ada di lautan.

Baik itu jenis ikan laut dangkal, jenis ikan laut dalam dan jenis ikan laut  konsumsi. Karena seperti yang telah kita ketahui bersama, tidak semua jenis ikan yang berada dilautan dapat kita konsumsi.

Bahkan ada beberapa jenis ikan laut yang diantaranya dilindungi karena terancam punah. Ada juga jenis ikan laut yang beracun dan berbahaya bagi manusia.

Oleh karena itu, yuk langsung cari tahu saja jenis-jenis ikan laut.

Jenis Ikan Laut Dangkal

Berikut ini merupakan jenis ikan laut dangkal, dan biasanya sangat disenangi dan dijadkan terget oleh para pemancing. Kira – kira ikan apa saja ya.

Ikan Bojor

ikan bojor, jenis ikan laut

pexels.com

Nah ini dia ikan yang memiliki banyak nama atau sebutan, yaitu ikan bojor. Ikan yang biasa disebut ikan pasir, ikan polos, ikan bolos dan lain sebagainya. Namun ikan ini jarang dikonsumsi ya, paling pemancing biasanya memanfaatkan ikan satu ini untuk umpan ikan pari.

Ikan Gatho

jenis ikan llut, ikan gatho

pexel.com

Ikan gatho adalah ikan yang hidup di perairan dangkal, biasanya ikan ini sangat disenangi dan dijadikan target oleh para pemancing, sebab ikan gathomemiliki tarikan yang kuat.

Selain itu, jenis ikan laut dangkal ini memiliki daging yang lembut dan tebal, maka tentu tak heran jika dijual dengan harga yang tinggi.

Ikan Luthok

ikan luthok, ikan lundu, gambar ikan

wikipedia.org

Sekilas ikan luthon ini mirip dengan ikan jenis air tawar yaitu patin. Tak jauh berbeda dengan jenis ikan sebelumnya, ikan luthok juga ternyata sangat disukai oleh para pemaning.

Ikan Kuro

ikan kuro, jenis ikan laut, ikat laut dalam, ikan laut dangkal

pexels.com

Ikan kuro merupakan ikan yang hidup di lautan dangkal, akan tetapi tidak memiliki karang. Jadi jika sahabat ingin memancing atau mendapatkan ikan kuro ini hindari lautan dangkal yang berkarang. Ikan kuro sendiri memiliki berbagai jenis, mulai dari ukuran yang kecil  hingga besar.

Ikan Tombol

gamabr memancing, orang memancing

pexels.com

Mungkin sebagian diantara baru dengar ya mengenai ikan tombol ini, ikan ini juga biasa dikenal dengan nama ikan somanganti.

Ikan Megan

pancingan, kail, memancing

pexels.com

Ikan megan atau dalam bahasa inggris silver dart adalah jenis ikan air dangkal yang disenangi para pemancing, selan memiliki rasa yang lezat, ikan ini bisa dengan mudah ditemukan.

Ikan Caru

ikan caru, gambar ikan laut

ezujusoh.blogspot.com

Ikan caru atau cencuru ini jika dilihat sekilas mirip dengan tongkol atau torpedo, memiliki warna yang lebih terang jika dibandingkan dengan torpedo.

Caru juga menjadi ikan favorit bagi para Fisher dengan alasan ikan ini memiliki tenaga yang kuat.

Ikan Garon

ikan air laut, ikan garon, jenis ikan

keprifishingclub.blogspot.com

Adakah yang pernah mendengar, nama ikan satu ini, yaitu ikan garon. Namanya sendiri memang tidak cukup populer dikalangan masyarakat luas, tapi jangan salah para pemancing sangat menyukai ikan garon.

Ikan Pari

ikan pari, jenis ikan laut

vemale.com

Ikan pari adalah jenis ikan laut perairan dangkal yang memiliki bentuk unik, dengan ekor yang kecil serta seolah memilki sayap yang lebar.

Namun hati-hati dengan ikan satu ini, meski terlihat cantik akan tetapi cukup berbahaya.

Bluefish

blue fish, gambar bluefish, jenis ikan laut

jenis ikan laut

Blue fish adalah jenis ikan laut yang terkenal dikalangan pemancing, apalagi di luar negeri. Memiliki nama latin Pomatomus saltatrix memiliki panjang hingga 18 cm, sedangkan berat 18 kg.

Redfish

redfish, jenis ikan laut, gambar ikan

jenis ikan laut

Redfish memiliki nama latin Sciaenops ocellatus termasuk kedalam jenis ikan yang digemari oleh para pemancing. Berat ikan ini bisa mencapai 42 kg. Akan tetapi ukuran tersebut susah ditemukan, untuk yang ada saat ini hanya kisaran 3-5 kg.

Blackdrum

blackdrum fish, ikan laut, jenis ikan

onthewater.com

Ikan black drum adalah kerabat red drum, ikan ini berukuran tidak terlalu besar. Blackdrum memiliki warna garis gelap pada sisiknya.

Beratnya sendiri hanya sekitar 2-14 kg.

Flounder

jenis ikan laut, flounder

reelspursuits.com

Flounder atau dikenal juga dengan nama fluk merupakan jenis ikan laut dengan bentuk pipih, sahabat dapat menemukan ikan ini di pantai berpasir, teluk, muara atau bahkan anak sungai.

Jangan salah, ikan flounder menjadi favorit para pemancing.

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Koi Terbaru

Tautog

jenis ikan laut, ikan laut, tautog fish

ontehewater.com

Ikan tautog atau lebih dikenal dengan nama blackfish, merupakan jenis ikan yang berada di laut dangkal. Ikan yang memiliki ukuran tubuh yang panjang serta montok ini memiliki rasa yang tak kalah enak dengan jenis ikan laut lainnya.

Weak Fish

weakfish, ikan laut, ikan laut dangkal

onthewater.com

Weak fish memiliki ukuran mulut yang tidak biasa, jika dibandingkan dengan ikan lain, ukuran mulut weak fish terbilang besar.

Ikan ini menjadi salah satu incaran para pemancing, memiliki berat rata-rata 9 kg.

Mengapa namanya weak fish atau dalam bahasa indonesia ikan lemah, sebab ikan yang satu ini memiliki mulut yang mudah robek.

Bonito

bonito.com, ikan laut, jenis ikan laut, gambar ikan

fish-on.com

Ikan bonito terlihat seram, memiliki gigi-gigi yang cukup tajam, namum meski begitu ikan ini menjadi ikan buruan pemancing, entah apa penyebabnya, mungkin bisa jadi memiliki kekuatan tarikan yang besar ya.

Makerel

makerel, jenis ikan laut, gambar ikan

fishfarmingexpert.com

Machkarel atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama ikan tenggiri, merupakan jenis ikan laut dangkal yang cukup terkenal dikalangan masyarakat.

Di Indonesia sendiri ikan ini biasa dijadikan bahan baku dalam pembuatan batagor atau bakso ikan.

Pompano

pompano fish, ikan laut, jenis ikan laut

kingsailsfishmounts.com

Ikan pompano memiliki warna keperakan dengan sirip ekor yang kecil, serta bentuk tubuh yang sedikit pipih.

Tarpon

tarpon, jenis ikan laut, gambar ikan

nature.org

Ikan tarpon memiliki bentuk yang memanjang dengan ukuran sisik yang cukup besar, ikan ini menjadi salah satu ikan yang difavoritkan oleh pemancing.

Jika dilihat sekilas bentuknya mirip dengan ikan bandeng, namun yang membedakan adalah dari segi ukuran serta sisik.

Snock

jenis ikan laut konsumsi, jenis ikan, gambar ikan

saltstrong.com

Ikan snock adalah ikan yang pada umumnya lebih senang hidup di muara atau air payau dibandingkan di laut, ikan ini juga lebih mirip bandeng, namun memiliki warna yang kekuning-kuningan dengan kepala yang sedikit besar dan lebar.

Jenis Ikan Laut Dalam

Setelah kita membahas jenis ikan laut daangkal, rasanya kurang pas jika kita melewatkan jenis ikan yang hidup di  laut dalam.

Berikut ini merupakan jenis ikan laut dalam, bisa jadi menakutkan dan menyeramkan.

Ikan Faangtooth

faangtooth, ikan buas, ikan seram

jenis ikan laut

Kira-kira ikan semacam pa ya? Dari namanya saja sudah terdengar sedikit aneh. Mari kita cari tahu saja langsung.

Ikan faangtooth adalah jenis ikan perairan dalam, ikan ini tidaklah cukup populer di masyarakat, yang mengetahuinya pun hanya kalangan tertentu saja.

Kesan pertama ketika melihat ikan satu ini adalah seram, memiliki muka yang aneh tak seperti ikan yang kita ketahui pada umumnya.

Ikan faangtooth merupakan spesies ikan langka yang hidup dikedalaman 5 kilometer.

Ikan ini juga cukup berbahaya karena memiliki gigi yang tajam serta taring dikedua sisinya.

Hiu Berjumbai

ikan hiu berjumbai, jenis ikan laut

jenis ikan laut dalam

Hiu berjumbai dengan nama ilmiah Chlamydoselachus Anguineus, adalah jenis ikan hiu purba yang masih ada sampai sampai saat ini. Meskipun untuk saat ini sangat sulit sekali ditemukan.

Hiu ini seringkali menunjukan hidup yang primitif, maka dari itu biasanya disebut dengan fosil hidup. Di Jepang hiu ini dapat ditemukan di kedalaman 50 sampai 200 meter, sedangkan untuk di tempat lainnya biasanya ditemukan dikedalaman 1,570 meter.

Bentuk jenis ikan hiu ini lebih mirip dengan belut atau bahkan lele, karena memiliki ukuran yang panjang, artinya panjang tubuh tidak porposional dengan ukuran bada ikan.

Anglerfish

jenis ikan laut dalam, gambar ikan buas

jenis ikan laut dalam

Selanjutnya adalah ikan anglerfish yang tidak kalah menakutkan jika dibandingkan dengan hiu berjumbai atapun ikan faangtooth. Bahkan, ikan satu ini terkenal dengan nama ikan sungut ganda, penyebutan tersebut tentu bukan tanpa alasan, karena anglerfish memiliki mulut yang besar, bahkan kepala dengan tubuhnya jauh lebih besar kepala.

Sedang untuk habitatnya sendiri anglerfis berada di samudare pasifik, samudera hindia, samudera artik serta laut mediterania.

Ikan satu ini biasa menyelam hingga dasar laut untuk mencari mangsa, dan perlu di ketahui anglerfish adalah jenis ikan carnivora.

Hiu Goblin

jenis ikan laut, ikan laut

jenis ikan laut dalam

Hiu goblin atau memiliki bahasa latin Mitsukurina Owstoni termasuk kedalam jenis ikan bawah laut yang terbilang cukup langka, bahkan dapat dikatakan punah.

Pada umumnya hiu goblin memiliki ukuran mencapai 3-4 meter saat mereka dewasa. Memiliki gigi yang tajam dengan sedikit menonjol ke depan.

Ikan langka ini dapat ditemukan dikedalaman lebih dari 100 meter.

Kepiting Laba-Laba

kepiting laba-laba, gambar kepiting, jenis ikan laut

jenis ikan laut dalam

Kepiting laba-laba dapat ditemukan dikedalaman 100 meter, tepatnya di laut Jepang. Memiliki kaki-kaki yang panjang apabila di bandingkan dengan hewan antrophoda lainnya, yaitu dengan panjang bisa mencapai 3,8 meter, serta dengan berat yang bisa mencapai 19 kilogram. Selain itu hewan antrhopoda ini, dapat mengembangkan tubuhnya hingga 40 meter.

Kepiting laba-laba ini terlihat seram, akan tetapi ia termasuk hewan yang ramah.

Jika dihitung-hitung sebenarnya masih banyak jenis ikan laut dalam, seperti cacing alaska, tupai laut dan lain saebagainya. Mungkin dikesempatan yang lain saya perlu membuat postingan khusus mengenai jenis ikan laut dalam.

Jenis Ikan Laut Konsumsi

Pada bagian ini kita akan membahas jenis ikan laut konsumsi, karena sperti yang kita tahu, tidak semua jenis ikan laut dapat dikonsumsi.

Maka dari itu cakhasan memberikan daftar jenis ikan laut apa saja yang dapat kalian konsumsi.

Ikan Cakalang

ikan cakalang, gambar ikan

jenis ikan laut konsumsi

Jika dilihat sekilas ikan cakalang sedikit mirip dengan ikan tongkol, bahkan sebagian orang mengiranya cakalang adalah ikan tongkol. Wajar hal tersebut terjadi, karena memang sangat mirip diantara keduanya.

Ikan cakalang sendiri memiliki warna yang lebih terang, jika dibandingkan dengan ikan tongkol, memiliki ukuran panjang sekitar 60 cm dengan warna punggung yang kebiru-biruan.

Ikan Tongkol

jenis ikan laut konsumsi, gambar ikan, ikan tongkol

jenis ikan laut konsumsi

Bagi masyarakat Indonesia ikan tongkol sudah tidak asing lagi, karena banyak terdapat di pasar-pasar tradisional. Ikan ini memiliki warna yang lebih gelap jika dibandingkan dengan ikan cakalang. Serta memiliki tubuh dengan ukuran yang langsing.

Memiliki berat tubuh yang bervariatif, namun untuk ukuran panjang ikan tongkol biasanya hanya 60 centimeter.

Ikan Kembung

ikan kembung, ikan laut, gambar ikan, jenis ikan

jenis ikan laut konsumsi

Ikan gembung adalah jenis ikan laut dengan ukuran yang tidak terlalu besar, bahkan dapat dibilang kecil. Ikan ini masih satu kerabat dengan ikan tenggiri, tongkol, tuna dan makarel.

Ikan kembung dari sisi ekonomis termasuk ikan menengah kebawah, artinya tidak terlalu mahal ikan ini mudah sekali didapatkan, hampir disetiap daerah di Indonesia, ikan kembung bisa dijumpai.

Ikan Tuna

ikan tuna sirip kuning, gambar ikan

Ikan tuna merupakan jenis ikan laut yang begitu populer, untuk saat ini konsumsi ikan tuna terbanyak adalah negara di Asia Timur, salah satunya adalah Jepang.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tuna terbesar di dunia, setiap tahunnya Indonesia ekspor ikan tuna ke negara Jepang.

Tidaklah heran mengapa ikan ini menjadi salah satu ikan yang davorit, sebab memiliki tekstur daging yang lembut serta memiliki gandungan gizi yang tinggi.

Saat ini ikan tuna sudah mulai di budidayakan di banyak negara, seprti Jepang, Indonesia dan Australia. Meskipun telah banyak di budidayakan, namun kebutuhan pasar terus tidak terpenuhi setiap tahunnya,

Selain itu ikan tuna memiliki beragam jenis. Khusus untuk ikan tuna yang dapat dibudidaya adalah tuna jenis tertentu saja.

Untuk lebih jelasnya mengenai ikan tuna, kalian bisa baca artikel menganai jenis-jenis ikan tuna dan proses budidayanya.

Ikan Teri

ikan teri

jenis ikan laut konsumsi

Ikan teri atau ikan billis adalah sekelompok ikan laut dengan ukuran yang begitu kecil,

Ikan Kakap

ikan kakap, gambar ikan, jenis ikan laut

jenis ikan laut konsumsi

Ikan kakap juga tak kalah populer dengan ikan laut lainnya, seperti ikan tuna. Ikan ini banyak diminati pecinta ikan. Kakap hidup di dasar-dasar laut yang memiliki terumbu karang.

Kakap juga ternyata memiliki jenis yang beragam, kakap yang paling banyak ditemui di Indonesia adalah jenis kakap merah.

Ikan Barakuda

ikan barakuda, jenis ikan laut konsumsi

jenis ikan laut konsumsi

Ikan baru kuda adalah jenis ikan laut dalam yang sangat disenangi oleh apra pemancing, sebab memiliki kekuatan tarikan di atas rata-rata.

Barukuda memiliki tubuh yang lumayan besar dengan bentuk yang cukup menyeramkan, seluruh bagian tubuhnya ditutupi dengan sisik halus.

Ikan Baronang

ikan baronang, jeis ikan laut

jenis ikan laut konsumsi

Ikan baronang adalah ikan laut yang hidup di perairan dalam, termasuk kedalam keluarga siginidae. Ikan jenis konsumsi ini lumayan diminati.

Ikan Belanak

ikan belanak, gambar ikan, jenis ikan laut

jenis ikan laut konsumsi

Ikan belanak adalah jenis ikan yang meyerupai ikan bandeng, dalam bahasa inggris ikan dikenal dengan bluespot.

Sebenarnya masih banyak jenis ikan laut yang dapat dikonsumsi, akan tetapi cakhasan.com belum dapat membahas keseluruhan sebab keterbatan waktu, semoga artikel yang singkat ini dapat memberikan manfaat.

Kepoin Yuks