51+ Jenis Ikan Air Tawar yang Wajib Diketahui [Hias & Konsumsi]

Jenis Ikan Air Tawar – Ikan air tawar adalah jenis ikan yang sangat mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari, selain mudah untuk dibudidayakan, ternyata ikan air tawar memiliki rasa yang tidak kalah enak dibandingkan dengan ikan laut. Sedangkan untuk ikan hias, jenis ikan hias air tawar memiliki bentuk yang indah serta paling umum dipelihara oleh masyarakat luas.

Ikan air tawar konsumsi maupun hias hari ini menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan, selain memiliki permintaan yang tinggi di dalam negeri. Dalam beberapa kesempatan tidak jarang ikan air tawar diekspor. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik untuk masyarakat yang menggeluti budidaya ikan.

Nah mungkin bagi kalian yang minat untuk melakukan budidaya ikan air tawar, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu jenis ikan air tawar yang akan dibudidayakan, baik ikan hias ataupun ikan konsumsi.

Berikut ini merupakan daftar jenis ikan air tawar yang cakhasan berhasil rangkum, disimak ya.

Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi

ikan mas, jenis ikan air tawar
gambar via pusatpandang.com

Seperti yang telah disinggung pada bagian awal, ikan air tawar memiliki berbagai jenis dan ragam. Dalam bagian ini kita akan membahas ikan air tawar yang sering atau lazim dikonsumsi, terutama di Indonesia dan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan lain sebagainya.

Setidaknya terdapat 25 lebih ikan air tawar konsumsi yang akan kita bahas, berikut daftarnya.

NoNama Ikan Air Tawar Konsumsi
1Ikan Tor
2Ikan Tawes
3Ikan Toman
4Sidat
5Ikan Sepat
6Ikan Seluang
7Ikan Tambera
8Ikan Nilem
9Ikan Jendil
10Ikan Lele
11Ikan Lundu
12Ikan Mas
13Ikan Mujair
14Ikan Nila Merah
15Ikan Nila Hitam
16Ikan Tombro
17Ikan Wader
18Ikan Baung
19Ikan Bawal
20Ikan Belinda
21Belut
22Ikan Betok
23Ikan Betutu
24Ikan Biawan
25Ikan Bilih atau bilis
26Ikan Gabus

Jenis ikan air tawar konsumsi memiliki ragam dan jenis yang variatif, akan tetapi saya hanya menemukan 26 jenis ikan yang familiar dan sering dikonsumsi oleh masyrakat indonesia. Nama-nama ikan sepereti nila, mas dan gurame merupakan jenis ikan yang sangat populer. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ikan-ikan yang telah disebut di atas, simak pada bagian berikutnya.

Ikan Tor

ikan konsumsi, ikan tor, gambar ikan
gambar via bobo.id

Nama ikan tor tidak terlalu terkenal dikalangan masyarakat secara luas, nama ikan ini hanya dikenal dikalangan masyarakat tertentu saja. Bahkan dibeberapa daerah ikan jenis ini tidak konsumsi karena dianggap sesuatu yang sakral. Sebagai contoh di Kuningan Jawa Barat, ikan tor dikenal dengan nama ikan kereamat.

Selain di Kuningan, ikan tor atau pedih terdapat dibeberapadaerah di Indonesia. Seperti di Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan. Uniknya ikan ini memiliki nama yang berbeda disetiap daerahnya.

Berdasarkan beberapa referensi yang saya temukan, ikan tor atau pedih berasal dari daerah Aceh. Jika diartikan nama pedih berarti raja, maka tidaklah heran apabila tor disebut dengan ikan raja. Nama tersebut bukanlah tanpa alasan, konon katanya dahulu yang boleh mengonsumsi ikan ini hanya dari kalangan raja dan bangsawan saja.

Maka sangatlah wajar jika hari ini masyarakat sangat jarang mengonsumsi atau bahkan tidak tahu ikan tor. Selain sulit didapatkan, ikan tor atau pedih memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk ikan tor dijual dengan harga Rp.650.000,00/kg. Harga tersebut  terasa cukup mahal hanya untuk seekor ikan konsumsi.

Ikan Tawes

gambar ikan tawes
gambar via pusatpandang.com

Tawes adalah jenis ikan yang sangat mudah kita temukan, hampir setiap daerah mengenal jenis ikan ini. Ikan tawes merupakan salah satu ikan yang sering diawetkan dengan cara diasinkan. Jika dilihat dari bentuk, ikan tawes memiliki kemiripan dengan ikan nilem.

Dunia Internasional mengenal ikan tawes dengan nama java barb atau silver barb. Tawes sangat familiar dikalangan pecinta ikan, khususnya Asia tenggara, seperti Malaysia, Brunai dan Thailand.

Di Indoensia sendiri ikan tawes memiliki sebutan, salah satunya turub hawu untuk di Sunda dan ikan badir untuk di daerah Jawa.

Bagaimana apakah kalian tertarik?

Ikan Toman

gambar ikan toman
gambar via brad.erva-doce.info

Kalau ikan satu ini sangat digemari sekali oleh para pemancing, entah mengapa? Konon katanya ikan toman memiliki tenaga yang kuat. Nah itulah salah satu alasan mengapa ikan toman menajdi buruan para pemancing. Ikan toman memiliki habiitat di sungai-sungai, seperti perairan di Kalimantan dan Sumatera.

Selain digemari oleh para pemancing, jenis ikan air tawar ini diganduringi oleh masyarakat. Biasanya ikan toman dimasak dan dijadikan gulai, dibakar dan dijadikan sup. Toman memiliki daging yang lembut dengan warna putih bersih. Ikan toman tidak hanya dimasak dan disajikan langsung, di daerah-daerah tertentu ikan tawar ini dijadikan ikan asin. Sebagai contoh di daerah-darah jawa, ikan ini dijajakan sebagai ikan asin.

Ada satu lagi yang unik dari ikan toman, yaitu soal bentuk yang menarik dan indah. Maka tidak heran apabila ikan toman muda dijadikan sebagai ikan hias. Akan tetapi ketika ikan ini mulai beranjak dewasa, tetap saja pada akhirnya dijadikan sebagai ikan konsumsi.

Bagi kalian yang ingin mencoba mengkonsumsi ikan toman, bisa menghubungi pemancing di daerah kalian. Ikan ini akan sedikit sulit ditemukan dalam keadaan segar, sebab kebanyak dari penjual biasanya menjual ikan toman dalam keadaan yang telah diasinkan.

Ikan Sidat

gambar ikan sidat
gambar via greeners.co

Barangkali sidat atau ikan sidat merupakan ikan tawar yang cukup populer, selain memiliki kanndungan gizi yang cukup tinggi, sidat ternyata memiliki rasa yang enak.

Sidat dapat kita temukan di sungai-sungai daerah Kalantan, barangkali daerah Kalimantan merupakan habitat asli dari sidat.

Jenis ikan air tawar ini sangat sulit sekali untuk dibudidayakan, berbeda dengan ikan lain, seperti lele atau bahkan belut. Maka tidak heran apabila memiliki harga yang tinggi. Tentu saja hal ini adalah peluang bagi mereka para pemburu sidat. Biasanya untuk satu kilo ikan sidat dapat dihargai dengan harga Rp.240.000 / kg.

Ikan Sepat

gambar ikan sepat
majalah ikan.com

Ikan sepat lebih cocok dijadikan sebagai hias, sebab memiliki warna yang unik dan menarik. Namun bukan hanya bentuknya saja yang indah, ikan sepat kaya akan manfaat memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Diantara manfaat ikan sepat adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta menstabilkannya, dapat mengurangi resiko terkena stroke, mengurangi resiko kanker serta kaya akan vitamin dan omega 3.

Bagaimana luar biasa kan?

Jenis penyakit yang telah saya sebutkan bisa dikatakan penyakit jaman ini yang paling banyak merenggut nyawa manusia. Maka tidak ada salahnya kalian sering-sering mengkonsumsi ikan tawes.

Ikan tawes adalah ikan air tawar yang sangat mudah untuk dibudidayakan, tidak jauh berbeda dengan ikan nila, ikan emas dan ikan nilem.

Sedangkan untuk harganya tidak jauh berbeda dengan ikan-ikan pada umumnya. Bahkan ikan ini sangat mudah kita temukan dalam bentuk ikan asin.

Ikan Seluang

jenis ikan air tawar, ikan seluang
ikan seluang

Ikan seluah adalah ikan dengan perawakan yang kecil, biasanya ikan ini disajikan dengan cara digoreng kering, sampai memiliki rasa yang nyres.

Jika dilihat sekilas ikan seluang memiliki bentuk tumbuh seperti ikan nilem, yang membedakan hanya ukurannya saja. Meski tidak banyak orang yang tahu mengenai ikan seluang, namun ikan ini kaya akan manfaat, salah satu manfaat yang luar biasa dari ikan seluang ialah bisa mengobati serta mencegah osteoporosis atau dalam bahasa kita pengeroposan tulang. Hal ini dikarenakan ikan seluang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Sehingga apabila terdapat diantara kalian yang memiliki masalah dengan tulang, bisa dicoba untuk mengonsumsi ikan seluang. Barangkali ikan dengan mengkonsumsi ikan seluah bisa sembuh.

Ikan Tambera

ikan tembera, ikan semah
gambar via wikipedia.com

Ikan tambera atau ikan tambra adalah ikan air tawar yang bisa dibilang ekslusif, sebab biasanya ikan ini hanya dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas. Ikan jenis ini juga dikenal  di berbagai daerah dengan nama yang berbeda-beda. Sebagai contoh di daerah Sunda, ikan tambera dikenal dengan nama ikan kancra. Ikan ini hidup di sungai dengan arus yang deras, maka tidaklah heran jika memiliki haraga yang mahal.

Ikan tambera akan sangat sulit kita temukan, apalagi di pasar-pasar, mungkin bisa dibilang tidak lajim diperjual belikan, hanya dikawasan tertentu saja.

Ikan Nilem

ikan nilem
gambar via reelmancing.com

Ciri yang mencolok dari seekor ikan nilem ialah bentuk mulut yang kecil serta lancim. Ikan ini sangat mudah dibudidayakan, tidak memerlukan perlakuan yang istimewa. Ikan ini juga sangat sering dihidangkan dirumah makan dan restoran-restoran di daerah-daerah.

Ikan nilem memiliki daging yang putih, serta tekstur yang lembut. Akan tetapi sayangnya, ikan nilem termasuk ke dalam jenis ikan yang memiliki duri yang banyak. Sehingga ketika kalian mengonsumsinnya harus angat hati-hati sekali. Terkadang dengan alasan ini beberapa orang enggan untuk mengonsumsi ikan nilem.

Ikan Jendil

ikan jendil
jenis ikan air tawar

Meskipun namanya terkesan aneh, yaitu jendil. Namun jangan salah, ikan ini memiliki rasa yang tak kalah enak dengan ikan tawar jenis lainnya. Ikan jendil biasanya hidup di sungai begawan solo.

Sejauh ini ikan jendil masih sulit kita temukan dipasaran, sebab hidupnya hanya dikawasan dan daerah tertentu saja.

Masyarakat sekitar solo sendiri biasa menyajikan ikan jendil dengan cara disayur atau hanya dengan digorang saja. Nah apabila kalian ingin merasakan nikmatnya ikan jendil bisa main ke solo yah.

Dilihat dari segi bentuk dan penampakannya ikan jendil lebih mirip dengan ikan patin, memiliki bentuk yang sedikit panjang dengan bagian tubuh berwarna silver, serta sirip warna oarange.

Ikan Lele

ikan lele
gamabr via bisapinter.com

Jenis ikan yang hidup di air tawar selanjutnya ialah ikan lele, yang merupakan salah satu sosok ikan paling terkenal di bumi Indonesia. Hal ini terbukti dengan banyaknya pedagang yang menyediakan menu pecel lele. Coba kalian hitung berapa banyak populasi pedagang pecel lele di daerah masing-masing. Saya kira jumlahnya cukup banyak, bahkan menurut saya badan statistik pun belum tentu dapat menghitungnya.

Seperti yang telah sama-sama kita ketahui ikan lele hidup dan berkembang biak di air tawar, jenis ikan ini sangat mudah di budidayakan, sebab memiliki ketahanan luar biasa, Bahkan dalam kondisi tertentu ikan lele dapat hidup di dalam air dengan jumlah yang minim.

Jika dilihat dari bentuknya, ikan lele memiliki morfologi seperti morfologi ikan yang masih satu keluarga dengannya, seperti ikan sidat contohnya.

Ikan Lundu

ikan lundu
gambar via wikipedia.org

Ikan lundu adalah ikan air tawar yang mungkin jarang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, namun faktanya ikan lundu cukup populer dikalangan masyarakat. Sekilas lundu memiliki bentuk yang menyerupai ikan lele, namun apabila diperhatikan dari segi ukuran, ikan lundu lebih pendek. Bukan hanya itu saja, ikan lundu memiliki warna kulit yang sedikit terang jika dibandingkan dengan ikan lele.

Ikan lundu memiliki tiga kumis yang disebut dengan nama patil. Ketiga patil ini cukup berbahaya, sebab jika kalian terkena patil ikan lundu akan merasakan sakit yang lumayan, bahkan bisa menyebabkan demam.

Ikan Mas

ikan mas
gambar via alamtani.com

Ikan mas adalah ikan air tawar paling populer sejagat raya. Kemanapun kita pergi, kita akan menemukan ikan ini. Soal rasa ikan mas tidak diragukan lagi, memili tekstur yang lembut dan gurih. Kemudian yang paling penting ialah ikan mas memiliki harga yang pas dikantong artinya merakyat.

Masyarakat Indonesia sendiri tak jarang memelihara ikan ini, baik budidaya ataupun hanya untuk konsumsi sendiri. Untuk pemeliharaannya, ikan mas cukup mudah, tidak memerlukan air yang terlalu besar.

Berdasarkan beberapa referensi, ternyata ikan mas memiliki jenis yang beragam bahkan bisa dibilang ikan dengan jenis paling banya. Bagaimana tidak, bayangkan saja seperti jenis ikan mas koi dan mas koki, masing-masing dari kedua jenis tersebut memiliki turunan masing-masing.

Ikan Mujair

gambar ikan mujair
gambar via isw.co.id

Tidak kalah dengan ikan mas, ikan mujair juga termasuk ke dalam jenis ikan yang sangat populer dikonsumsi, terutama di negara-negara Asia Tenggara, seperti halnya Indonesia dan Malaysia.

Ikan mujair memiliki penampilan yang lumayan kasar, dengan sisik punggung yang begitu tajam. Bahkan tak heran orang-orang memegang ini bisa terluka dengan durinya tersebut.

Kemudian bagaiman soal rasanya?

Tidak perlu diragukan lagi, ikan mujair memiliki rasa yang gurih, paling enak jika dimasak dengan cara digoreng kering dibakar bahkan disajikan dengan cara disayur, mantul pokonya.(baca mengenai esep ikan muajir disini)

Ikan Nila Merah

ikan nila merah
gambar via tokopedia.com

Kalian tentu sudah sangat kenal dengan rasa gurih dari ikan seekor nila, barangkali ikan nila merah adalah ikan paling populer yang hidup di air tawar. Selain populer ikan ini sangat mudah dikembangbiyakan dengan, bahkan tidak perlu dikembabiyakan secara khusus ikan nila masih tetap bisa beranak pinak dengan mudah.

Bisa jadi kalian salah satu di antara masyarakat Indonesia yang memelihara ikan nila merah ini.

Ikan Nila Hitam

ikan nila hitam
gambar via bukalapak.com

Sama halnya dengan ikan nila merah, ikan nilah hitam tidak jauh berbeda, yang memebdakan hanya dari segi warna. Soal rasa hampir sama tak jauh berbeda.

Ikan nila hitam ini memiliki harga yang lebih murah, jadi tidak heran seandainya kita lebih sering menemukan ikan nila dengnan jenis nila hitam dibandingkan dengan ikan nila jenis merah.

Ikan Tombro

ikan tombro
gambar via bukalapak.com

Meskipun tobro tidak se-terkenal ikan nila, mujair dan mas, tapi jangan salah ikan ini termasik ke dalam ikan yang memiliki protein yang tinggi.

Selain memiliki protein yang tinggi ikan tomboro memiliki rasa yang enak dengan daging yang khas dan gurih. Akhir-akhir ini, ternyata ikan tombro mulai diminati oleh masyarakat secara luas, itu terbukti dengan permintaan yang tinggi terhadap ikan tombro.

Bagaimana dengan kalian, apakah ingin mecoba?

Ikan Wader

ikan wader
gambar via alamendah.org

Ikan wader adalah ikan dengan permintaan yang cukup tinggi, terutama untuk negara-negara di Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Malaysian dan Brunei. Itu artinya ikan wader adalah jenis ikan air tawar yang cukup populer namanya masyarakat luas.

Ikan wader seharusnya bisa kita temukan dengan mudah, apalagi bagi kalian yang tinggal di daerah. sebab ikan ini hidup di daerah rawa-rawa dan sungai.

Ikan wader sendiri biasa dihargai dengan harga yang relatif murah, yaitu hanya sekitar Rp.17.500 / kg.

Ikan Baung

ikan baung
jenis ikan air tawar

Lagi-lagi kita temukan ikan yang mirip dengan lele, namun jangan salah ikan yang dikenal dengan nama baung ini  memiliki ukuran yang lebiih kecil serta kulit yang lebih terang bahkan bisa dibilang sedikit transfaran.

Ikan jenis ini biasa disajikan dengan cara di bakar atau dipesmol dengan cara memakai acar kuning.

Ikan Bawal

ikan bawal
gambar via event-boerse.info

Bawal merupakan ikan yang masih satu keluarga dengan piranha, untuk ukuran ikan kolam atau air tawar, ikan ini bisa dibilang cukup ganas.

Untuk membuktikan keganasan seekor bawal, kalian bisa mencoba memelihara ikan mas dengan ikan bawal secara bersamaan dalam satu kolam. Kemudian sudah dipastikan hasilnya, ikan yang satu kolam dengan ikan bawal paling tidak akan berkurang jumlahnya.

Ikan bawal memiliki harga yang lumayan mahal, bisa dikatakan harganya di atas rata-rata ikan biasa. Namun harga dan rasa tentu saja berbading lurus. Maka tidaklah heran apabila ikan bawal banyak disukai.

Ikan Belinda

ikan belinda
ikan belinda

Ikan belinda atau ikan punggung pisau merupakan ikan air tawar yang hidup di Sungai Musi, Sumatera Selatan. Namun kalian tidak perlu khawatir, sebab saat ini ikan belinda bisa ditemukan di sebagian besar daerah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Belinda memiliki bentuk yang unik, dimana bentuknya menyerupai ikan laut. selain bentuk yang unik, belinda memiliki corak yang mencolok, dimana pada bagian tubuh, tepatnya di belakang terdapat corak bulat dengan warna hitam.

Masyarakat Palembang biasanya memanfaatkan ikan belinda sebagai pengganti ikan tenggiri dalam membuat krupuk atau mpek-mpek.

Belut

belut
gambar via tribunnews.com

Belut adalah jenis ikan air tawar yang sangat unik, memiliki tumbuh dengan ukuran yang panjang serta berlendir. Belut dapat ditemukan dengan mudah di sawah-sawah, biasanya mereka masuk ke dalam lubang-lubang atau membuat lubang sendiri. Sehingga di siang hari mereka susah untuk ditemukan sebab bersembunyi dalam lubang.

Belut pada umumnya akan menampakan diri dan melakukan pergerakan pada malam hari. Hal teresebutlah yang dimanfaatkan oleh orang – orang untuk berburu belut.

Seiring perkembangan dan pengetahuan masyarakat akan manfaat belut, maka permintaannya semakin meningkat. Hal inilah yang menjadi peluang usaha tentunya.

Sehingga mulailah bermunculan bagaimana cara membudidayakan belum yang efektif.

Ikan Betok

ikan betok
gambar via poskotanews.com

Betok adalah jenis ikan air tawar yang sangat familiar dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah. Namun meski seperti itu, jangan salah, ternyata ikan betok memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Beberapa manfaat yang didapatkan ketika kalian memutuskan mengkonsumsi ikan betok adalah meningkatkan kecerdasan, meminimalisiri kepikunan dan mencegah osteoporosis.

Ikan betok bisa ditemukan di banyak tempat, seperti di sungai, sawah, rawa dan parit. Untuk mendapatkan ini kalian cukup memancingnya menggunakan umpan jangkring atau upan yang lainnya. Dijamin kalian akan mendapatkan betok.

Jika tidak ingin repot kalian juga bisa membeli ikan betok di pasar. Biasanya betok akan sangat mudah ditemukan di pasar-pasar taradisional.

Ikan Betutu

ikan betutu
gamabr via klikhotel.com

Sebagai ikan konsumsi, betutu terbilang jenis ikan air tawar yang relatif mahal. Sebab untuk mendapatkan sekilo ikan betutu kalian harus merogoh kocek Rp.150.000 – Rp.180.000.

Di indonesia sendiri betutu tidak terlalu dikenal, kita sangatjarang atau bahkan tidak pernah menemukan masakan dengan berbahan dasar ikan betutu di restoran-restoran Indonesia. padahal di luar sana, di negara-negara lain, nama ikan betutu sangat populer.

Betutu memiliki penampilan yang unik, berbeda dengan ikan tawar jenis lainnya. Bahkan mungkin kalian menganggap ikan betutu llebih cocok sebagai ikan laut.

Warna dan corak tubuh ikan betutu menyerupai ikan laut, warna coklat tanah mendominasi seluruh tubuh ikan. Sedangkan untuk bentunnya ikan ini memiliki bentuk yang panjang menyerupai lele, atau jenis ikan kucing lainnya.

Ikan Baiwan

ikan baiwan
gamabr via mancingmania.web.id

Baiwan adalah ikan yang hdup di air tawar, ikan ini masuk ke dalam kategori ikan kecil, sebab baiwan hanya bisa mencapai ukuran sebesar telapak tangan. Warnanyapun lebih cocok dijadikan sebagai ikan hias, dibandingkan dengan ikan konsumsi.

Ikan baiwa akan sangat mudah ditemukan pada musim kemarau di sungai-sungai, khususnya di daerah Kutai Kartanegara.

Ikan Bilih

ikan bilih
gambar via serikatnews.com

Ikan bilih bisa dibilang merupakan ikan Sumatera, sebab ikan ini dijual secara besar di daerah-daerah Sumatera, bisa mencapai hingga 5000 ton dalam pertaunnya.

Ikan bilih biasanya dikeringkan atau diasinkan. Jarang sekali kita menemukan penjual kan bilih segar dipasar-pasar.

Ikan Gabus

ikan gambus
gamabr via dunia-perairan.com

jenis ikan air tawar konsumsi yang terakhir ialah ikan gabus, ikan yang sangat mudah kita temukan hampir diseluruh daerah di Indonesia. Ikan ini bisa hidup di danau-danau, sawah, sungai dan rawa-rawa.

Ikan gabus sangat jarang terdapat dipasaran, bisa jadi jenis ikan ini tidak banyak di budidayakan. Sehingga sulit untuk ditemukan dipasar. Satu-satunya cara jika kalian ingin mengkonsumsi ikan gabus dengan cara memesan kepada para pencari ikan.

Jenis Ikan Air Tawar Hias

ikan hias air tawar
gambar via merdeka.com

Setalah pada bagian sebelumnya kita membahas 26 jenis ikan air tawar konsumsi, maka pda bagian ini kita akan membahas mengenai jenis ikan air tawar hias. Sebab tidak dapat dipungkiri, ikan hias banyak digemari oleh masyarakat. Tidak ada salahnya jika kita mencoba mengetahui jenis ikan hias yang hidup di air tawar. Akan tetapi dalam hal ini cak hasan hanya membahas ikan hias yang populer saja. Berikut pembahasannya.

NoNama Ikan Hias Air Tawar
1Ikan Koi
2Ikan Mas Koki
3Ikan Cupang
4Ikan Arwana
5Ikan Guppy

Berikut masing-masing dari pembahasan jenis ikan air tawar yang dijadikan sebagai hiasan.

Ikan Koi

ikan koi
gambar via dream.co.id

Ikan yang berasal dari negara matahari terbit ini, merupaka ikan hias yang sangat populer, bukan hanya di Indonesia akan tetapi bahka di dunia. Selain indah, ikan koi konon katanya dapat mendatangkan keberuntungan bagi siapa saja yang memiliharanya (tentu sesuai kepercayaan masing-masing, kalau saya tidak percaya akan hal ini).

Jenis ikan koi sangat beragam sekali, mencapai ratusan bahkan ribuan, dan hal itu akan terus berkembang, sebab setiap waktu selalu ditemukan jenis ikan koi baru.

Ikan Mas Koki

ikan mas koki
gambar via kuyahejo.com

Ikan mas koki adalah ikan hias yang sangat mudah kita temukan, biasanya jenis ikan ini dipelihara di dalam aquarium. Sebab ikan mas koki memiliki ukuran dan bentuk yang kecil.

Sama halnya dengan ikan koi, ikan mas koki memili jenis yang beragam. Tentu saja tinggal sesuaikan dengan selera kalian apabila ingin mulai memeliahranya. Ikan mas koki ini pada mulanya hidup di daerah-daerah di Tiongkok.

Ikan Cupang

ikan cupang
gamabr via tipsbudidaya.com

Ikan cupang merupakan ikan yang sering dijadikan sebagai aduan anak-anak SD, ikan ini biasanya sangat mudah kita temukan, sebab dijuang dibanyak tempat oleh banyak orang.

Selain itu, ikan cupang mulai dibudidayakan oleh memraka yang melihat peluang bisnis.

Ikan cupang memiliki bentuk yang sangat kecil. Meskipunbentuknya kecil, cupang memiliki warna dan bentuk yang sangat indah.

Ikan Arwana

ikan arwana
gambar via carakus.com

Ikan arwana adalah ikan hias favorit serta banyak diburu oleh pencinta ikan. Rasanya kita sudah tidak aneh lagi mendengar harga ikan arwana yang sangat fantastis.

Ikan arwana pada umumnya hidup di alam seperti dungai-sungai dengan air yang deras. Tapi seiring berjalannya waktu ikan arwana mulai dibudidayakan.

Meskipun berhasil dibudidayakan, ikan arwana hasil budidaya belum bisa menyerupai kualitas ikan arwana yang dihasilkan di alam.

Ikan Guppy

ikan guppy
gambar via youtube.com

Ikan guppy adalah jenis ikan hias air tawar yang sangat mudah dibudidayakan, tidak perlu menguras tenaga apalagi materi untuk mengembang biakan seekor ikan guppy. Biasanya ikan guppy dapat berkembang biak sendiri, dengan syarat tempat mereka harus dibuat seperti habitat aslinya. Sebagai contoh ikan guppy yang dipelihara di aquascape.

Ikan guppy memiliki ukuran yang relatif kecil dengan ekor menjumbay panjang. Ikan ini cukup bagus untuk disimpan di aquarium.

Demikian pembahasan mengenai jenis ikan air tawar yang dapat cakhasan.com sajikan, baik jenis ikan air tawar konsumsi ataupun jenis ika air tawar yang sering dijadikan hiasan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ikan hias, kalian dapat membaca postingan saya selanjutnya.

 

 

Kepoin Yuks