9+ Jenis Ikan Air Payau [Budidaya, Konsumsi & Hias]

Jenis Ikan Air Payau – Masih membahas soal ikan, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis ikan yang hidup di air payau. Namun sebelumnya tentu kita perlu mengetahui apa itu air payau? Sederhananya air payau merupakan campuran antara air tawar dengan air laut.

Ok, kita akan bahas terlebih dahulu mengenai air payau secara singkat. Seperti yang telah saya sebutkan, air payau merupakan campuran antara air tawar dengan air asin. Air dapat dikatakan masuk ke dalam kategori payau jika memiliki kandungan garam antara 0,5 hingga 30 gram dalam satu liternya. Berikut ciri-ciri air payau.

  1.  Memiliki arus dan sistem perairan yang tenang
  2. Memiliki residance time yang lama
  3. Terdapat stratifikasi cahaya dan suhu
  4. Memiliki oksigen yang lebih rendah, jika dibandingkan dengan air mengalir

Sedangkan yang termasuk kedalam air payau sendiri, diantaranya adalah tempat-tempat berikut.

  1. Muara sungai
  2. Teluk pantai
  3. Rawa yang mengalami pasang surut
  4. Badan air yang terdapat dibalik pantai

Bagaimana apakah sekarang sudah mengetahui apa itu air payau? (bisa kalian baca mengenai air payau secara lengkap disini)

Jenis Ikan Air Payau

jenis ikan air payau, ikan nila

gambar via tribuns.id

Tidak jauh berbeda dengan jenis ikan air tawar, ikan air payau termasuk ke dalam kategori ikan yang mudah dibudidayakan. Terdapat beberapa alasan mengapa ikan air payau sangat sering dibudiyakan, misal memiliki harga yang lumayan tinggi, supaya mengalami pertumbuhan yang cepat, rasa daging lebih enak apabila dibandingkan dengan ikan yang ada di alam dan lain sebagainya.

Hari ini tidak dapat dipungkiri permintaan ikan semakin tinggi, termasuk permintaan ikan payau. Budidaya ikan air payau yang mudah menyebabkan banyak orang melirik hal ini.

Nah jika kalian termasuk orang yang ingin memulai budidaya ikan air payau, berikut jenis-jenis ikan air payau yang bisa dijadikan pilihan.

Ikan Mujair

ikan mujair

gambar via daftarikanhias.web.id

Sebagian dari kalian mungkin merasa heran mengapa ikan mujair termasuk ke dalam ikan yang dibudidayakan di air payau. Namun faktanya saat ini ikan mujair telah mengalami perkembangan, salah satunya banyak para pengusaha yang membudidayakan ikan mujair di air payau. Hal ini berhasil dilakukan, hasil budidaya yang didapatkan antara di air payau dan air tawar tidak jauh berbeda, bahkan bisa dikatakan lebih bagus hasil dari air payau.

Baca Juga: Harga Ikan Koi Terbaru

Menjadi sesuatu kelebihan tersendiri bagi ikan mujair, dimana dapat dibudidayakan secara fleksibel, baik di air tawar maupun air payau. Hal ini berdampak pada peningkatan hasil ikan mejuair yang mengalami peningkatan.

Ikan Bandeng

Bukan rahasia lagi jika bandeng merupakan ikan dengan peminat yang cukup tinggi, selain harganya yang relatif murah, ikan bandeng ternyata memiliki rasa yang tidak kalah dengan ikan-ikan mahal.

Apabila kita amati penampilan ikan bandeng, rasanya lebih pas jika ikan ini hidup di air laut. Akan tetapi nyatanya ikan bandeng dapat hidup dan dibudidayakan di air payau. Ikan ini juga bisa dikatakan merupakan jenis ikan air payau unggulan.

Meskipun budidaya yang dihasilkan di air payau tidak sebagus hasil budidaya di pertambakan, tapi dengan hasil tersebut paling tidak dapat memberikan keuntungan bagi para pembisnis di sektor ini.

Perkembangan budidaya ikan bandeng diprediksi akan terus mengalami peningkatan, ini dapat dilihat dari permintaan yang kian naik. Artinya akan banyak orang yang terus mengembangkan budidaya bandeng di air payau.

Untuk saat ini ikan bandeng merajai permintaan di beberapa daerah, seperti di daerah Sulawesi, Kalimantan dan Pulau Jawa.

Ikan Kerapu

ikan kerapu

gambar via bulelengkab.go.id

Setiap orang rasanya akan menyepakati bahwa ikan kerapu merupakan ikan dengan kualitas tinggi. Akan tetapi sangat disayangkan sebab ikan kerapu mengalami penurunan populasi. Hal tesebut diakibatkan dari penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan.

Kelangkaan ikan kerapu menyebabkan harganya membumbung tinggi. Kini tidak dapat dikonsumsi semudah dulu, padahal ikan kerapu memiliki penggemar lumayan banyak, sebab rasanya yang begitu enak.

Ikan kerapu adalah jenis ikan yang sangat unik, sebab dapat hidup baik di air tawar maupun air laut. Artinya ikan ini bisa hidup di air payau.

Ikan Patin

ikan patin

gambar via usahabudidaya.com

jangan tanya lagi mengenai kualitas ikan patin, ikan dengan rasa yang sangat enak ini dapat dibudidayakan di air payau.

Harga ikan patin yang relatif tinggi menyebabkan para pengusaha berlomba-lomba untuk memulai membudidayakan ikan patin.

Ikan patin tergolong ke dalam jenis ikan dengan pertumbuhan yang cepat, jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Memiliki ukuran yang lumayan besar serta daging yang yang benar-benar bagus untuk ukuran seekor ikan air tawar. Menjadikan ikan patin sebagai buruan pecinta kuliner terutama ikan.

Ikan Nila

ikan nila

gambar via bulelengkab.go.id

Sama halnya dengan ikan mujair, ternyata ikan nila dapat hidup dan dibudidayakan di air payau. Rasanya hampir seluruh masyarakat indonesia telah mengetahui jenis ikan satu ini. Selain memiliki harga yang tidak terlalu mahal, ikan nila memiliki rasa yang relatif enak untuk dikonsumsi.

Bahkan sekarang ini ikan nila merupakan jenis ikan yang sangat populer dikalangan masyarakat, selain ikan mas. Banyaknya ikan ini dipasaran, disebabkan mudahnya budidaya ikan.

Ikan Kakap Putih

ikan kakap putih

gambar via pertanianku.com

Ikan kakap putih adalah ikan yang disenangi banyak orang, ikan ini mampu hidup di daerah tropis maupun subtropis.

Sejauh ini ikan kakap putih mampu mencapai berat hingga 60 kg dengan panjang 1,8 meter, yang menjadi unik dari jenis ikan ini yaitu dapat hidup di air payau dan air laut.

Kakap putih adalah jenis ikan karnivora, dimana mereka memakan ikan lain yang lebih kecil, terutama memakan ikan dari jenis udang-udangan. Habitat asli dari kakap putih ailah sungai-sungai jernih, pantai mangrove dan pantai yang berkarang.

Ikan Belanak

ikan belanak

gambar via spotmancing.com

Tidak terlalu banyak orang yang menngetahui dan mengenal mengenai ikan belanak ini. Padahal ikan belanak merupakan ikan yang memiliki kualitas baik. Sekarang ini ikan belanak sudah mulai dibudidayakan di air payau. Kiata dapat dengan mudah menemukan budidaya ikan belanak di daerah Pulau Jawa dan Kalimantan.

Belanak merupak jenis ikan laut tropis dan subtropis, bentuknya sendiri hampir mirip dengan ikan bandeng, masyarakt dunia mengenal blanak dengan nama blue spot mullet.

Ikan belanak dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, akan tetapi dalam beberapa kesempatan ikan blanak dapat kita jumpai di perairan tawar, seperti sungai dan perairan payau seperti di muara-muara.

Belanak memiliki bentuk yang menyerupai dengan ikan bandeng, bahkan secara anatomi sangat mirip, yang membedakan bentuk badannya lebih terlihat ramping dan pipih.

Ikan Bawal

ikan bawal

gambar via ikan predator.net

Pada dasarnya ikan bawal merupaka jenis ikan air tawar, akan tetapi tidak jarang ikan bawal dibudidayakan di air payau. Selain lebih cepat besar dari segi pertumbuhan, bawal yang dibudidayakan di air payau memiliki rasa yang lebih gurih jika dibandingkan dengan bawal yang terdapat di air tawar.

Ikan bawal adalah ikan yang memiliki rasa gurih dan enak, ikan ini masuk ke dalam kelas di atas rata-rata. Jenis ikan yang masih satu keluarga dengan ikan piranha di mazon ini merupakan carnivora. Seringkali memangsa ikan-ikan lain yang lebih kecil disekitarnya.

Ikan Sidat

ikan sidat

gambar via tempo.co

Sidat adalah jenis ikan yang hidup di air tawar dan air payau. Sejauh ini permintaan ikan sidat lumayan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri. Akan tetapi sayangnya ikan sidat sangat sulit sekali untuk dibudidayakan, sehingga tidak banyak orang yang mencoba buddaya ikan ini.

Berdasarkan beberapa penelitian, ikan sidat memiliki manfaat yang luar biasa, diantaranya dapat mencegah pengeroposan tulang.

Penutup

tambak ikan

gambar via jitunews.com

Jenis ikan air payau adalah ikan yang mampu hidup dalam campuran antara air tawar dan air garam, setidaknya air yang termasuk ke dalam air payau ialah air dengan kadar 0,5 gram sampai 30 garam memiliki kandungan garam perliternya.

Akan tetapi tidak jarang beberapa jenis ikan air tawar atau ikan air laut mampu hidup dalam kondisi air payau. Untuk beberapa jenis ikan, air payau dapat mendatangkan keuntungan bagi pelaku bisnis.

Demikian tulisan yang dapat saya bagikan mengenai jenis ikan air payau, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta mendatangkan manfaat, Termakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply