Pengertian dan Jenis-Jenis Beasiswa

Pengertian dan Jenis Beasiswa – Hai sahabat, selamat datang di kolom beasiswa. Pada kesempatan kali ini cakhasan akan memberikan informasi mengenai pengertian beasiswa dan jenis-jenisnya. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan kata beasiswa. Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan beasiswa, apalagi beasiswa kuliah ke luar negeri.

Supaya sahabat lebih semangat dalam mengejar beasiswa, ada baiknya mengetahui pengertian dan jeni-jenis beasiswa itu sendiri. Berikut masing-masing dari penjelasannya;

Apa Itu Beasiswa?

apa itu beasiswa

gambar via seriau.com

Apabila sahabat adalah seorang pelajar atau mahasiswa, tentu saja sudah tidak asing mendengar kata beasiswa. Beasiswa sendiri ialah sebuah istilah untuk pemberian dana pendidikan. Namun tahukah sahabat, beasiswa tiddak hanya berlaku untuk keperluan sekolah saja, akan tetapi bisa jadi untuk kursus singkat atau disebut dengan short course.

Selain itu beasiswa biasanya tersedia untuk berbagai jenjang, dari mulai beasiswa sekolah dasar hingga beasiswa untuk melanjutkan program doktoral.

Jadi apabila sahabat memiliki impian yang tinggi tidak perlu khawatir, sebab banyak mereka yang mewujudkan impiannya dengen bantuan beasiswa.

Siapa pemberi beasiswa? Beasiswa dapat datang dari mana saja, dari berbagai kalangan, dapat dari perorangan, yayasan atau pemerintah.

Setiap beasiswa memiliki karakter dan keunikannya masing-masing, tergantung dari si pemberi beasiswa. Bisa jadi beasiswa diberikan secara cuma-cuma atau juga malah dengan persyaratan yang begitu ribet. Akan tetapi sejauh ini dari kebanyakan beasiswa yang ada selalu memiliki persyaratan.

Pengertian Beasiswa

beasiswa pendidikan

gambar westislandblog.com

Beasiswa adalah sebuah program bantuan pendidikan yang diberikan oleh pihak tertenru, bisa pemerintah atau pihak swasta seperti perusahaan. Besiswa juga diberikan dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh penerimanya.

Beasiswa yang diberikan dapat berbentuk dana bantuan berupa uang untk biaya pendidikan, atau bisa juga berupa kursus atau fasilitas lain yang dapat menunjang siswa atau mahasiswa dalam belajar.

Pengertian Beasiswa Menurut Ahli

beasiswa plan, jenis beasiswa

gambar via analitycindiamag.com

bagaimana pengertian beasiswa menurut para ahli? Berikut pendapat mereka mengenai hal ini.

Lahinta

Lahinta berpendapat bahwa beasiswa adalah sebuah pemberian bantuan kepada siswa atau mahasiswa berupa dana dengan tujuan untuk menjamin kebrlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa sendiri dapat diberikan oleh pemerintah, yayasan atau perorangan.

Murniasih

Berbeda halnya dengan Lahinta, Murniasih berpendapat bahwa beasiswa ialah sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada seseorang supaya bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Penghargaannya pun beragam, dapat berbentuk akses kepada instansi tertentu atau bantuan dalam bentuk uang.

Pengertian Beasiswa Menurut KBBI

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memberikan pengertian mengenai beasiswa, ialah suatu tunjangan berupa uang yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan dalam melakukan pembelajaran.

Pengertian Beasiswa Menurut Wikipedia

Pengertian beasiswa menrut wikpedia ialah sebuah bantuan keuangan yang diberikan kepada seseorang dengan tujuan untuk membantu kebrlangusngan dalm menempuh sebuah pendidikan.

Jenis-Jenis Beasiswa

jenis beasiswa

gambar via ican-education.com

Beasiswa memiliki pengkatagorian masing-masing, hal ini biasanya disesuaikan dengan pemberian dari beasiswa itu sendiri. Berikut ini merupakan jenis-jenis beasiswa menurut berbagai sumber:

NoJenis Beasiswa
1Beasiswa Penghargaan
2Beasiswa Bantuan
3Beasiswa Non-Akademik
4Biasiswa Sebagian
5Beasiswa Penuh
6dll

Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Beasiswa Berdasarkan Bentuk Pembiayaan

beasiswa pembiayaan

gambar via youthmanual.com

Beasiswa Penghargaan

Beasiswa Penghargaan merupakan beasiswa yang diberikan kepada orang-orang yang dianggap memiliki prestasi, baik secara akademik maupun non akademik.

Prestasi akademik sendiri dapat dilihat dari nilai (IPK), sedangkan untuk non akademik biasanya dilihat dari sejauh mana prestasi yang berhasil dtorehkan dalam bidang tertentu, misal musik atau olahraga. Salah satu contoh dari beasiswa ini yaitu beasiswa pemerintah Inggris.

Beasiswa Bantuan

Beasiswa bantuan adalah beasiswa yang diberikan kepada mereka yang dianggap memerlukan bantuan untuk menempuh dan menyelesaikan pendidikannya. Akan tetapi meskipun beasiswa ini disebut dengan bantuan tapi biasanya tetap masih memperhatikan prestasi akademik.

Beasiswa ini sejatinya diperuntukan bagi mereka yang kurang mampu dari segi finansial dan memiliki prestasi yang lumayan cukup baik.

Sehingga penilaian beasiswa bantuan tidak hanyalah dari sisi akademik saja, namun kondisi ekonomi dan finansial secara keseluruhan.

Beasiswa Teaching Assitanship (TA)

Beasiswa satu ini merupakan upah yang diberikan kepada mahasiswa yang menjadi seorang asisten dosen. Beasiswa ini lajimnya diberikan kepada mereka mahasiswa S2 dan S3 atas pekerjaan yang dilakukan dalam membantu kegiatan dosen, semisal memeriksa tugas.

Nominal beasiswa yang diberikan bervariasi, tergantung dari program dan Universitas masing-masing. Namun beasiswa yang diberikan biasanya lebih dari cukup untuk membiaya kehidupan sehari-hari selama kuliah.

Beasiswa Research Assistanship (RA)

Beasiswa research assitanship diperuntukan bagi mereka yang sedang melakukan penelitian atau pengerjaan projek-projek yang dilakukan oleh dosen.

Jadi dalam hal ini mahasiswa berperan aktif dalam membantu penelitian yang dilakukan oleh dosen di sebuah Universitas. Sebagai timbal baliknya mahasiswa mendapatkan beasiswa pendidikan.

Beasiswa Proyek untuk PhD

Beasiswa yang biasanya di tawarka oleh negara-negara di Eropa Barat, seperti Belanda, Jerman, Swiss, Spanyol, Italia dan Prancis. Beasiswa ini diperuntukan bagi mereka yang menempuh pendidikan Doktor, biasanya pembiayaan diberikan bulanan sperti gaji.

Pada umumnya beasiswa ini didapatkan oleh mereka yang sedang mengerjakan sebuah projek, bisa jadi perorangan atau bahkan dalam bentuk kelompok.

Beasiswa Non-Akademik

Beasiswa tidak hanya diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi cemerlang di bidang akademik saja, akan tetapi diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi di bidang non-akademik. Contohnya seperti seni dan olahraga.

Saat ini banyak lembaga atau Universitas yang telah memiliki program beasiswa non-akademik. Bahkan di Indonesia sendiri hampir setiap Universitas memiliki hal itu.

Beasiswa Berdasarkan Cakupan Pembiayaan

jenis-jenis beasiswa

gambar via dbs.com

Beasiswa Penuh (Full Scholarship)

Peasiswa ini sangat familiar dikalangan beasiswa hunter, bagaimana tidak, sebab beasiswa penuh akan menanggung semua kebutuhan kita selama study.

Maka tidaklah heran apabila beasiswa satu ini banyak diburu, terutama oleh mereka yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, bagai jenjang s1, s2 ataupun s3.

Beasiswa penuh akan menetupi segala keperluan si penerima, mulai dari biaya perkuliahan, biaya hidup, bahkan untuk beberapa program beasiswa tertentu menanggung kehidupan keluarga si penerima beasiswa. Salah satu contohnya adalah beasiswa Jerman, yaitu DAAD.

Beasiswa Sebagian (Partial Scholarship)

Beasiswa sebagian ialah sebuah beasiswa yang hanya menanggung biaya sebagian, entah itu biaya hidup ataupun hanya biaya pendidikan. Namun sejauh ini kebanyakan dari beasiswa sebagian hanya maenanggung biaya pendidikan saja.

Beasiswa jenis ini banyak diberikan oleh kampus-kampus di Jepang bagi mahasiswa Internasional yang ingin belajar disana.

Beasiswa Berasarkan Sumber Pembiayaan

beasiswa

gamabr via cermati.com

Beasiswa Pemerintah

Sesuai dengan namanya, jenis beasiswa ini sepenuhnya ditanggung oleh kementrian atau lembaga pemerintah. Misal yang sekarang sangat familiar dikalangan beasiswa hunter ialah beasiswa dari Kementrian Keuangan atau yang kita kenal dengan LPDP.

Selain beasiswa LPDP masih bnayak lagi beasiswa favorit dari pemerintahan, seperti beasiswa BAPPENAS, beasiswa LIPI, beasiswa unggulan dan masih banyak lagi.

Beasiswa Swasta

Beasiswa swasta adalah beasiswa yang ditawarkan oleh institusi atau perusahaan swasta, hal ini bentuk dari perwujudan kontribusi tehadap lingkungan dari perusahaan itu sendiri.

Terdapat begitu banyak beasiswa swasta, seperti Beasiswa Djarum Plus, Beasiswa Tonoto dan lain sebagainya. Beasiswa ini memiliki persyaratan yang beragam, yang tentu sesuai dari kebijak perusahaan itu sendiri.

Beasiswa Donor

Jenis beasiswa donor biasanya tercipta dari hasil kerjasama anatar negara, yaitu kerjasama yang dilakukan oleh negara maju dan negara berkembang. Sehingga dalam hal ini negara maju memberikan pembiayaan terhadap warga dari negara berkembang.

Tujuan pemberian dari beasiswa ini yaitu untuk membentuk pusat-pusat penelitian di negara berkebang, serta menciptakan kesetaraan sosial. Beberapa contoh dari beasiswa ini yaitu beasiswa chevening dari Inggris, beasiswa fullbright dari pemerintah Amerika.

Beasiswa dari Organisasi/Komunitas

Program beasiswa yang ditawarkan oleh suatu komunitas atau oraganisasi tidak jauh berbeda dengan jenis-jenis beasiswa sebelumnya. Beasiswa jenis ini paling yang membedakan dari segi persyaratan atau kualifikasi saja, biasanya lebih ketat.

Beberapa contoh dari beasiswa ini ialah, beasiswa Super Semar yang diberikan oleh yayasan super Semar, beasiswa The Habibie Center, Beasiswa Orbit dan lain sebagainya.

Beasiswa Universitas

Hampir setiap Universitas atau Perguruan Tinggi memiliki program beasiswa, entah itu dalam bentuk beasiswa penuh atau hanya sebagian.

Ruang lingkup beasiswa ini biasanya hanya diperuntukan bagi mereka yang belajar dikampusnya saja, baik itu mahasiswa maupun dosen.

Besiswa Universitas sendiri biasanya memberlakukan prestasi akademik sebagai salah satu syaratnya, tentu saja hal ini untuk menjamin bahwa beasiswa yang diberikan benar-benar tepat sasaran.

Tujuan Pemberian Beasiswa

Pemberian beasiswa memiliki berbagai tujuan, barikut tujuan dari pemberian beasiswa itu sendiri:

  • Membantu para belajar atau mahasiswa dalam belajar dan mencari ilmu yang sesuai dengan bidangnya, terutama bagi pelajar atau mahasiswa yang kurang beruntung dari segi finansial.
  • Menciptakan generasi baru yang lebih cerdas, sebab dengan adanya beasiswa ini memungkin setiap orang memiliki kesempatan dalam mengenyam pendidikan tinggi.
  • Menciptakan kesejahteraan, sebab dengan cukupnya pendidikan, setelah seseorang menyelesaikan pendidikannya mereka dapat berbuat lebih terutama urusan ekonomi.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan jenis-jenis beasiswa yang saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga tulisan ini dapat memberikan pengetahun dan wawasan bagi sahabat, Terimaksih!!

Kepoin Yuks