Gambar Kunci Gitar Dasar & Cara Bermain Gitar Bagi Pemula

Gambar Kunci Gitar – Siapa sih yang tidak mau memiliki kemampuan bermain gitar dengan baik? Sudah dipastikan baik laki-laki maupun perempuan menginginkan hal tersebut. Namun untuk memiliki kemampuan tersebut tentu dibutuhkan perjuangan, yaitu melalui proses belajar yang tidaklah sebentar.

Salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan ialah dengan menghafal kunci-kunci gitar lagu yang cukup mudah, semisal chord atau kunci gitar luka disini dari Ungu.

Saya pikir lagu tersebut cukup mudah untuk dimainkan oleh pemula yang masih belajar memahami bagaimana cara bermain gitar dengan baik.

Kunci gitar sendiri memiliki variasi atau ragam, setiap chord atau kunci memiliki turunannya dari chord mayor. Barangkali hal inilah juga yang sedikit membuat bingung pemula dalam belajar bermain gitar.

Bagi kalian yang saat ini sedang belajar bermain gitar, berada disini merupakan sesuatu yang tepat, sebab tulisan ini akan memberikan penjelasan jenis jenis kunci gitar melalui gambar.

Diantara kalian ada yang bertanya-tanya, mengapa menyajikan kunci gitar dalam bentuk gambar? Alasannya cukup sederhana agar mudah dipahami oleh mereka yang baru belajar bermain gitar.

Maka untuk itu silahkan disimak hingga tuntas tulisan ini.

Mengenal Jenis Gitar

gitar

gambar via midspot.com

Gitar tidak hanya memiliki satu jenis, akan tetapi memiliki 10 jenis kurang lebih. Sebelum kita belajar bermain gitar melalui gambar, yuk kita kenali terlabih dulu jenis-jenis gitarnya.

Gitar yang digunakan untuk belajar biasanya adalah gitar jenis acoustic. Karena gitar ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan cukup bersahabat untuk dimainkan.

Berikut 10 jenis gitar yang paling populer.

NoJenis Gitar
1Gitar Akustik
2Gitar Elektrik
3Gitar 12 Senar
4Gitar Archtop
5Gitar Baja
6Gitar Resonator
7Gitar Bass
8Gitar Double Neck
9Gitar Klasik
10Gitar Flamenco

Diantara jenis gitar satu dengan yang lainnya tentu memiliki perbedaan dan sejarah masing-masing, untuk penjelasan lengkapnya mengenai hal itu dapat dibaca dalam tulisan 10 jenis gitar paling populer di dunia.

Gambar Kunci Gitar Dasar

kunci gitar

gambar via thegorbalsla.com

Dalam belajar bermain gitar hal yang pertama dilakukan ialah dengan mengenal kunci dasar gitar. Kunci-kunci gitar yang termasuk dasar diantaranya.

  • Kunci C
  • Kunci D
  • Kunci E
  • Kunci F
  • Kunci G
  • Kunci A
  • Kunci B

Ke tujuh kunci atau chord tersebut harus dikuasai dengan betul, apabila kalian telah menguasainya sudah dipastikan akan mudah dalam memainkan gitar.

Posisi tangan haruslah benar, sebab hal ini mempengaruhi nada atau bunyi yang keluar. Apabila kurang tepat maka bunyi yang dikeluarkan leh gitar akan sumbang atau fals.

Bagi pemula hal ini menjadi tantangan, sebab bermain gitar tidak semudah melihatnya, perlu pembiasaan dan proses yang tidak sebentar.

Kunci dasar ini menjadi sebuah pondasi dalam bermain gitar untuk dapat menguasai skill lebih dalam memainkan gitar. Maka bagia kalian sebagai pemula hukumnya wajib untuk menguasai kunci gitar dasar di atas.

Kunci gitar sendiri memiliki ragam atau jenis, seperti mayor, minor dan sebagainya. Kurang lebih hal tersebutlah yang akan kita bahas pada bagian selanjutnya yang dilengkapi dengan gambar dan penjelasan.

1. Kunci Gitar A

kunci gitar a

Kunci gitar A

Posisi jari untuk kunci A tampak seperti gambar di atas, dimana apabila dideskripsikan posisi jari adalah sebagai berikut.

  • Jari yang digunakan adalah jari manis, tengah dan telunjuk.
  • Ke tiga jari tersebut ditempatkan pada fret yang sama.
  • Fret yang digunakan adalah fret ke-dua.
  • Jari manis ditempatkan pada senar ke-dua.
  • Jari tengah ditempatkan pada sinat ke-tiga.
  • Telunjuk pada senar ke-empat.

Setiap kunci gitar memiliki turunan atau yang disebut dengan minor, seperti kunci dalam hal ini memiliki minor atau turunan sperti am, a7, am6 dan lain sebagainya.

Kunci turunannya akan dibahas pada bagian selanjutnya.

1.1 Kunci Gitar Am

gambar kunci gitar Am

Gambar kunci gitar Am

Kunci gitar atau chord Am ini merupakan turunan dari kunci dasar A, adapun posisi dan penempatan dari masing-masing jari adalah sebagai berikut.

  • Meletakan telunjuk dengan posisi di senar ke-dua fret yang ke-satu.
  • Posisi jari manis ditempelkan pada senar ke-tiga fret ke-2.
  • Jari manis ditempelkan di senar ke-4 fret ke-2.

Jenis kunci gita yang ini adalah minor, hal ini dapat dilihat dari hurup “m” yang tersemat pada “A”. Bunyinya sendiri tidaklah jauh berbeda, mirip bahkan hampir sama, yang membedakan nada yang dihasilkan lebih rendah.

1.2 Kunci Gitar Am6

gambar kunci gitar am6

Kunci gitar Am6

Di awal-awal mempraktekan kunci gitar satu ini pasti akan sulit, sebab menuntut untuk menempatkan 4 jari sekaligus.

Chord ini sangat jarang sekali terdapat pada lagu, itu artinya jarang digunakan, meskipun demikian tentu tidak ada salahnya kita untuk menguasai kunci gitar Am6 ini.

Adapun cara-caranya adalah sebagai beikut.

  • Sama halnya dengan kunci gitar Am, dimana posisi jari telunjuk diletakan pada bagian senar yang ke-dua fret ke-satu.
  • Posisikan jari manis menekan senar ke-tiga pada fret ke-dua.
  • Sedangkan untuk jari tengah diposisikan di senar ke-empat fret ke-dua.
  • Bagian terakhir ialah jari kelingking yang harus ditempatkan di bagian senar ke-satu fret ke-satu.

Apabila kita perhatikan gambar di atas bagian atau posisi jari pada kunci Am dan Am6 hampir sama, yang membedakan ada tambahan jari kelingking.

1.3 Kunci Gitar A7

Kunci gitar A7

Kunci gitar A7 cukup mudah untuk di praktikan, kalian dapat perhatikan gambar di atas, kunci-kunci tipe A ini bisa dikatan hampir mirip semuanya.

Kunci gitar A7 memiliki pola yang sangaat sederhana, dimana cukup meletakan jari kalian di senar ke dua dan ke tiga.

Berikut langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk mengimplementasikan kunci gitar A7 sesuai dengan gambar di atas.

  • Langkah pertama gunakn jari manis untuk menekan senar pada fret ke-2.
  • Kemudian selanjutnya tekan senar ke-4 dengan menggunakan jari tengah.

Chord gitar mirip dengan chord A, hanya saja yang ke tiganya tidak ditekan alias dilepaskan. Bagaimana cukup mudah bukan. Barangkali kunci ini adalah kunci paling mudah yang diantara kunci A.

2. Kunci Gitar B

Kunci gitar B

Gambar kunci gitar B

Bagian ini akan menjelaskan dan memaparkan mengenai kunci gitar B beserta gambar, yang mana bukan hanya gambar gitar B saja, melainkan beserta turunannya seperti;

  • Bm
  • B7

Selain kunci gitar B, Kunci gitar Bm dan B7 cukup penting untuk dipelajari serta dikuasai, sebab banyak digunakan dalam banyak lagu.

Kembali lagi pada kunci B dasar, berikut langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk mempraktikannya.

  • Langkah pertama yang perlu kalaian lakukan ialah dengan meletakan jari telunjuk di bagian senar ke-1 pada fret ke-2.
  • Letakan jari kelingking pada fret ke-2 senar yang ke-3.
  • Kemudian jari manis letakan pada fret ke-4 senar yang ke-3.
  • Lalu di bagian akhir simpan jari tengah di bagian fret ke-2 senar yang ke-4.

Nah kira-kira dengan kalian mterus mengulang-ngulang langkah di atas, sudah dipastikan akan meninngkatkan kemampuan dalam hal bermain gitar.

2.1 Kunci Gitar Bm

kunci gitar bm

Kunci gitar Bm

Bm merupakan turunan dari kunci atau chord gitar B. Jika kita perhatikan pada gambar di atas, kunci gitar Bm ini tidak jauh berbeda dengan B, maka jika telah menguasai kunci B seharusnya tidak kesulitan.

Adapun tahan atau langkah-langkah dalam mempelajari kunci gitar Bm ini adalah sebagai berikut.

  • Posisikan jari telunjuk pada senar pertama dan fret yang ke-2.
  • Kemudian di fret ke-3 letakan jari tengah  pada senar yang ke-2.
  • Bagian terakhir, letakan jari kelingking dan jari manis pada senar ke-3 dan ke-4 pada fret yang ke-4.

2.2 Kunci Gitar B7

kunci gitar b7

Kunci gitar B7

Apabila kita perhatikan dengan saksama, kunci gitar B7 ini mungkin sedikit rumit, apalagi bagi kalian yang pemula bahkan telihat sangat rumit.

Namun apabila kita mempelajari dengan kesungguhan hati pasti akan bisa, soal proses barangkali itu cerita lain, yang terpenting untuk saat ini kalian berusaha terlebih dahulu.

Agar lebih mudah dalam memahami gambar kunci gitar di atas, sebaiknya kalian mengikuti panduan atau langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama yaitu dengan meletakan jari telunjuk pada senar ke-1 di fret ke-4.
  • Posisikan jari tengah pada senar ke-5 fret yang ke-2.
  • Sedangkan untuk jari manis diposisikan di bagian senar ke-3 pada fre ke-2.
  • Kemudian yang terakhir tempatkan jari kelingking di bagian bagian senar-1 fret yang ke-2.

Chord atau kunci gitar B7 ini adalah termasuk kunci gitar yang  sering dimodifikasi, maka jangan heran apabila kalian menemukan gambar kunci gitar yang tidak seduai seperti di atas.

3. Kunci Gitar C

kunci gitar c

Kunci gitar C

Kunci gitar c adalah kunci gitar yang sangat populer, maka tidaklah heran apabila kita menemukan banyak lagu yang diawali oleh kunci c.

Chord gitar c ini adalah termasuk ke dalam kunci dasar, apabila kalian ingin belajar gitar maka sudah dipastikan harus menguasai kunci-kunci dasar, termasuk kunci   ini.

Apabila kalian masih merasa bingung, maka ikuti langkah-lagkah berikut ini.

  • Langkah pertama yaitu letakan jari telunjuk pada senar ke-2 di fret yang ke-1.
  • Letakan jari tengah pada senar ke-4 fret ke-2.
  • Terakhir gunakan jari manis untuk menekan sinar yang ke-5 fret ke-3.

Itu langkah-langkah sederhana yang dapat kalian lakukan untuk belajar mengusai kunci gitar c. Untuk memperjelasnya kalian dapat melihat gambar di atas.

3.1 Kunci Gitar Cm

kunci gitar cm

Kunci gitar Cm

Kunci gitar cm ini tidak jauh berbeda dengan kunci gitar c mayor, dimana yaitu dengan menggunakan 3 jari, bahkan dapat dikatakan kunci cm ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan kunci mayornya.

Berikut langkah-langkah untuk mengatur jari atau posisi pada kunci cm.

  • Posisikan jari telunjuk di senar yang ke-2 pada fret ke-1.
  • Letakan jari panas di senar ke-5 fret ke-5
  • Kemudian letakan jari tengah pada senar ke-4 fret ke-1.

3.2 Kunci Gitar C7

kunci gitar c7

Kunci gitar C7

Kunci gitar c7 ini tidak banyak digunakan atau dalam artian lain sangat jarang, kalau gak percaya coba kalian perhatikan lagu-lagu yang hits, sudah dipastikan tidak menggunakan kunci gitar ini.

Apabila kita memperhatikan urutan kunci gitar pada gambar di atas, mungkin terlihat sedikit menyeramkan dan terlihat sulit untuk dipraktikan.

Akan tetapi tentu tidak ada pilihan lain selain kita berusaha menguasainya, sebab tidak menutup kemungkinan suatu saat kita akan menemukan lagu-lagu yang menggunakn kunci ini.

Berikut adalah cara yang dapat kalian coba untuk menguasai kunci gitar c7.

  • Pertama meletakan jari telunjuk di bagian fret ke-1 di senar yang ke-2.
  • Kemudian posisikan jari tengah pada senar ke-4 fret yang ke-2.
  • Selanjutnya letakan jari manis kalian di frek ke-3 senar ke-5.
  • Pada bagian terakhir letakan jari kelingking pada senar ke-3 fret yang ke-3.

Pertama kali melakukan hal tersebut dipastikan akan kesulitan, namun seiring berjalannya waktu kita akan mulai terbiasa dengan hal tersebut.

4. Kunci Gitar D

kunci gitar d

Kunci gitar D

Kunci gitar D adalah kunci yang cukup mudah untuk dipelajari, sehingga kemungkinan kalian akan dengan cepat dapat menguasai kunci satu ini.

Dalam kunci gitar D kalian hanya memerlukan 3 jari saja ya, hal ini tentu cukup simpel jika dibandingkan dengan kunci gitar sebelumnya.

Lalu seperti apakah posisi jari jari dalam kunci ini?

Kalian coba perhatikan dengan saksama gambar kunci di atas, apabila masih belum cukup, maka simak penjelan langkah-langkah berikut ini.

  • Posisikan jari telunjuk pada senar ke-3 fret ke-2.
  • Selanjutnya posisikan jari tengah di senar 1 fret ke-2.
  • Kemudian langkah terakhir posisikan jari manis pada senar ke-2 fret ke-3

4.1 Kunci Gitar Dm

kunci gitar d minor

Kunci gitar D minor

Chord ini adalah salah satu chord turunan dari D, memainkannya tidak jauh berbeda dan cendrung lebih mudah. Apabila kalian sudah memahami kunci D, sudah dipastikan akan sangat mudah untuk dipraktikan.

  • Langkah pertama yang kalian lakukan ialah meletakan telunjuk pada senar ke-1 di fret ke-1.
  • Kemudian selanjutnya letakan jari manis pada senar ke-2 fret ke-2.
  • Langkah terakhir letakan jari tengah pada senar ke-3 fret ke-2.

4.2 Kunci Gitar D7

kunci gitar d7

Kunci gitar D7

Samahalnya dengan kunci yang berakhiran 7 lainnya, kunci ini sangat jarang digunakan. Namun kenapa masih tetap dibahas? Sebab tidak menutup kemungkinan terdapat lagu yang menggunakan kunci ini, atau bisa jadi kalian menciptakan lagu dengan kunci ini.

So, tidak ada salahnya kalian untuk mempelajari kunci ini ya. Sebab dalam mempelajari sesuatu itu harus tuntas dan benar-benar dipelajari secara kesulurahan, artinya tidak sepotong-sepotong.

Kemudian bagaiman cara mempelajari chord ini? Berikut tahapan yang dapat kalian lakukan.

  • Meletakan jari jari telunjuk di senar ke-2 dan fret yang ke-2.
  • Lalu jari tekang menekan senar ke-2 pada fret ke-3.
  • Kemudian yang terakhir ialah meletakan jari manis pada senar ke-1 di fret ke-2.

Kalian dapa memperhatikan gambar kunci gitar yang telah disedikan, dengan demikian akan semakin memperjelas setiap posisi jari.

5. Kunci Dasar E

kunci gitar E

Kunci gitar E

Saya kira kunci dasar E ini sangat mudah untuk dipahami oleh pemula, dimana hanya memerlukan tiga jari dengan posisi yang sangat sederhana sekali.

Dulu sewaktu saya belajar gitar tentu tidaklah terlalu sulit dalam mempelajari kunci satu ini, sebab sangatlah simpel.

kalian tidak perlu menguras tenaga ataupun pikiran untuk belajar kunci ini, hanya perlu melakukan hal sederhana berikut ini.

  • Tekan senar ke-3 pada fret ke-1 menggunakan telunjuk, posisi ini sekaligus dijadikan sebuah patokan.
  • Gunakan jari manis untuk menekan senar ke-4 pada fret yang ke-2.
  • Bagian terakhir tekan senar ke-5 pada fret ke-2.

Baaimana cukup mudah bukan mempelajari kunci gitar E ini, bahkan lebih mudah daripada mencintai dia :).

5.1 Kunci Gitar Em

kunci gitar EM

Kunci gitar Em

Sama halnya dengan kunci dasar E, kunci gitar Em sangat mudah untuk dipelajari, bahkan kunci ini hanya memerlukan dua jari saja.

Berikut adalah langkah yang dapat kalian lakukan dalam mempelajari kunci Em.

  • Pertama gunakan jari manis untuk menekan senar ke-4 pada fret ke-2.
  • Kemudian gunakan jari tengah menekan senar ke-5 fret ke-2.

Kunci ini sendiri sering digunakan, terutama dalam lagu pop Indonesia, jadi kalian wajib untuk menguasai kunci sederhana ini.

Salah satu lagu yang menggunakan kunci Em adalah lagu dari band terkenal Indonesia yaitu Noah, dengan judul lagunya di atas normal.

5.2 Kunci Gitar E7

kunci gitar e7

Kunci gitar E7

Chord satu ini merupakan turunan dari kunci dasar E, seperti kunci dengan berakhiran 7 lainnya, kunci ini cukup jarang digunakan, terutama oleh band-band di Indonesia.

Kunci E7 menggunakan 4 jari, akan tetapai meski menggunakan 4 jari, tidak sulit, bahkan cukup mudah untuk menguasai kunci ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam mempelajari kunci E7.

  • Pertama gunakan jari telunjuk untuk menekan senar ke-3 pada fret ke-1.
  • Selanjutnya gunakan jari manis dan jari tengah untuk menekan senar 4,5  pada fret ke-2.
  • Tempatkan kelingking pada senar 2 fret yang ke-3.

Nah cukup mudah bukan dalam mempelajari kunci gitar E beserta turunannya, apabila kalian tidak ingat dapat melihat gambar kunci gitar yang telah disediakan.

6. Kunci Gitar F

kunci gitar f

Kunci gitar F

Masuk pada chord selanjutnya, yaitu chord F. Chord satu ini tergolong mudah untuk dipelajari, polanyapun hampir mirip dengan kunci gitar sebelumnya.

Jadi seharusnya kalian tidak kesulitan dalam mempelajari kunci ini. Seperti nampak pada gambar di atas, kunci ini memerlukan 4 jari pada posisi senar gitar.

Perlu diketahui kunci ini juga akan sering ditemukan pada lagu-lagu pop Indonesia, maka untuk itu kalian wajib menguasai chord ini.

Untuk mempelajari chord ini, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berkut.

  • Gunakanlah jari telunjuk sebagai patokan dalam memainkan kunci F, tekan senar ke-2 fret ke-1.
  • Lalu gunakan jari tengah untuk menekan senar ke-3 fret ke-2.
  • Selanjutnya gunakan jari manis untuk menekan senar 4 fret ke-3.
  • Bagian terakhir, gunakan jari kelingking untuk menekan senar ke-5 fret yang ke-3.

6.1 Kunci Gitar Fm

kunci gitar fm

Kunci gitar Fm

Samahalnya dengan kunci dasarnya, Fm menggunakan empat jari dalam memainnkannya. Apabila kita perhatikan gambar di atas barangkali terlihat susah, sebab ada tiga senar yang harus ditekan dalam satu fret.

Namun anggapan tersebut akan hilang ketika kalian mulai mempraktikan kunci ini, sebab akan terasa begitu mudah. Tidak percaya? Silahkan ikuti langkah berikut ini.

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menggunakan jari telunjuk untuk menekan senar 1,2 dan 3 pada fret yang ke-1.
  • Kemudian gunakan jari manis untuk menekan senar ke-4 pada fret ke-3.

6.2 Kunci Gitar F7

kunci gitar f7

Kunci gitar F7

F7 tidak jauh berbeda dengan kunci F minor yang kita pelajari pada bagian sebelumnya, dimana dalam kunci ini terdapat empat senar gitar yang harus ditekan.

Hal-hal yang dapat kalian lakukan untuk mempelajari kunci gitar F7.

  • Gunakanlah jari telunjuk untuk menutupi senar 1,2,3 dan 4 pada fret ke-1.
  • Lalu gunakanlah jari tengah untuk menakan senar ke-3 fret ke-2.

7. Kunci Gitar G

Kunci gitar g

Kunci gitar G

Kunci dasar G adalah kunci yang tidak terlalu sulit untuk kalian kuasai. Kunci ini hanya memerlukan 3 jari saja dalam memainkannya.

Banyak sekali lagu pop Indonesia yang menggunakan kunci G, sehingga kalian sudah tentu harus menguasai kunci dengan baik.

Kalian tidak perlu khawatir dan risau untuk menguasai kunci ini, sebab sangt mudah sekali, sama halnya dengan kunci-kunci yang telah kita pelajari pada bagian sebelumnya.

Brikut tahapan yang dapat kalian ikuti untuk menguasai kunci ini.

  • Pertama gunakanlah jari kelingking untuk menekan senar ke-1 pada fret ke-3.
  • Langkah ke-2 gunakan jari tengah untuk menekan senar yang ke-5 pada fret ke-2.
  • Terakhir, gunakan jari manis untuk menekan senar ke-6 pada fret ke-3.

Bagaimana cukup sederhana bukan?

Jika kalian lupa dapat dengan kunci gitar ini dapat melihat posisi tangan nampak seperti pada gambar.

7.1 Kunci Dasar Gm

kunci gitar Gm

kunci gitar Gm

chord G minor adalah kunci yang mudah untuk dipelajari, meskipun apabila kita perhatikan pada gamabar, nampak seperti kunci gitar yang sulit.

Langsung saja, berikut lanagkah mudahnya untuk memainkan kunci gitar ini.

  • Gambar di atas sendiri merupakan jenis kunci gantung, maka langkah pertama dengan menekan fret ke-3 menggunakan hari telunjuk.
  • Kemudian taruhlah jari kelingking pada senar ke-4 fret ke-5.
  • Kemudian terakhir, tekanlah senar ke-5 pada fret ke-5 dengan menggunakan jari manis.

7.2 Kunci Gitar G7

kunci gitar g7

kunci gitar g7

Chord atau kunci dari G7 ini untuk penempatan dan posisi tangannya tidaklah jauh berbeda dengan posisi sebelumnya.

hal tersebut menunjukan bahwa kunci ini mudah, kalian tinggak meruha sedikit posisi jari tangan untuk memainkan kunci G7.

Adapun langkah yang dapat kalian ikuti adalah sebagai berikut.

  • Pertama adalah jari tengah ditempelkan pada senar ke-5 fret ke-2.
  • Lalu jari manis ditempelkan pada senar ke-6 fret yang ke-3.
  • Kemudian yang terakhir, gunakan jari telunjuk untuk menekan senar ke-1 pada fret yang ke-1.

Barangkali itulah tahapan atau langkah dalam mempelajari kunci gitar G beserta turunannya.

Lagu untuk Pemula (Gitar)

Pada bagian akhir saya sertakan chord lagu yang mudah untuk dimainkan pemula. Sehingga kalian dapat langsung belajar memainkan lagu secara langsung.

Anji – Dia

(Intro)

G    C    G    C    D

 

G             D
Di suatu hari tanpa
Em            D
Sengaja kita bertemu
C                  G
Aku yang pernah terluka
Am               D
Kembali mengenal cinta

G              D            Em
Hati ini kembali temukan
D
Senyum yang hilang
C                  D        G     D
Semua itu karena dia

 

(Reff)

G        D            Em
Oh Tuhan…. ku cinta dia
D         C              G
Ku sayang dia rindu dia
Am           D
Inginkan dia….
G                B       Am        G     E
Utuhkanlah…. rasa cinta di hatiku
C            D              G        C
Hanya padanya… untuk dia

 

(Music)

G  D  Em  D  C
G  Am  D

G                D
Jauh waktu berjalan
Em          D
Kita lalui bersama
C                 G
Betapa di setiap hari
Am              D
Ku jatuh cinta padanya

G                 D
Dicintai oleh dia
Em              D
Ku merasa sempurna
C                   D       G    D
Semua itu karena dia…

 

G        D            Em
Oh Tuhan…. ku cinta dia
D         C              G
Ku sayang dia rindu dia
Am           D
Inginkan dia….
G                B       Am        G     E
Utuhkanlah…. rasa cinta di hatiku
C            D              G        C
Hanya padanya… untuk dia

 

G        D            Em
Oh Tuhan…. ku cinta dia
D         C              G
Ku sayang dia rindu dia
Am           D
Inginkan dia….
G                B       Am        G     E
Utuhkanlah…. rasa cinta di hatiku
C            D              G        C
Hanya padanya… untuk dia

 

Am        D              C            G
Hanya padanya… untuk dia…

Hampir semua lagu Anji menggunakan kunci gitar yang cukup mudah, salah satunya adalah lagu dengan judul “dia”. Lagu ini di dominasi dengan chord G, D, B dan A, artinya hanya sedikit chord saja yang perlu kalian hafalkan.

Setelah kalian mengetahui chord di atas kemudian memelajarinya, sebaiknya langsung prktek lewat lagu, karena dengan demikian akan mempercepat kalian dalam belajar gitar.

Sebab yang saya rasakan ketika belajar bermain gitar yang paling sulit ialah pindah dari kunci satu ke kunci lainnya, hal inilah yang harus kalian terus ulang-ulang.

Kesimpulan

Terimakasih telah menyimak dan membaca tulisan ini dari awal, berikut kesimpulan dari tulisan dengan judul “Gambar Kunci Gitar Dasar & Cara Bermain Gitar Bagi Pemula”.

Dalam belajar bermain gitar diperlukan ketekunan dan kesabaran, sebab belajar gitar memerlukan proses yang tidak sebentar.

Belajar kunci gitar dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya ialah dari gambar. Sebaiknya kalian membukukan gambar kunci gitar, atau dapat membeli buku kunci gitar disini. Hal ini bertujuan untuk memudahkan selama proses pembelajaran berlangsung.

Nah itu barangkali yang dapat saya sajikan dalam tulisan ini, semoga mendatangkan manfaat dan kebaikan, terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply