ayam bangkok

Tata Cara dan Doa Memotong Ayam Sesuai Syariat

Tata Cara dan Doa Memotong Ayam – Allah memberikan salah satu kenikmatan kepada kita dengan kehadiranya seekor ayam, dimana dengannya itu bisa dijadikan berbagai variasi makanan. Oleh karena itu, bagi seorang muslim harus mengetahui doa memotong ayam, karena hewan yang disembelih harus berdasarkan syariat islam.

Dalam islam sendiri ada tata cara penyembelihan hewan yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah doa memotong hewan, baik ayam, angsa, kambing, bebek ataupun hewan yang lainya yang dihalalkan untuk dimakan.

Disini cakhasan akan mengajak kepada antum semua untuk mempelajari doa yang akan disembelih, karena doa yang harus kita ketahui bukan hanya doa dalam shalat saja, akan tetapi doa penyembelihan hewanpun harus kita ketahui.

Tata Cara Menyembelih Ayam Sesuai Syariat Islam

ayam, ayam kampus

gamabr via merdeka.com

Ada beberapa adab yang harus kita ketahui sebelum kita menyembelih ayam yaitu

Harus Beragama Islam

Tentu saja kata syariah itu berasal dari islam, oleh karen itu yang menyembelih hewanpun harus beragama islam. Karena yang mengatur cara pemotongan ayam dengan benar sesuai syariat islam adalah agama islam. Jadi orang yang dapat menyembelih hewan diharuskan beragama islam.

Diharamkan Bagi yang Menyembelih Kepada Selain Allah

Ali bin abi thalib berkata  ‘’ Allah akan melaknat orang yang melaknat kedua orang tuanya. Allah melaknat kepada seseorang yang menyembelih (memotong) kepada selain Allah. Dan Allah melaknat orang yang memberi tempat bagi orang yang buat Bid’ah. Serta Allah melaknat kepada orang yang merubah tanda-tanda di bumi’’.

Menggunakan Pisau atau Parang yang Tajam

Pisau atau parang adalah alat yang dianjurkan untuk memotong ayam. Agar tidak menyakiti hewan yang akan disembelih maka alat pemotongnya diharuskan tajam, agar hewan yang disembelih tidak kesakitan.

Tidak Menunjukan Pisau Kepada Hewan yang Akan Disembelih

Menyembunyikan pisau adalah salah satu adab dalam penyembelihan hewan. Jangan memperlihatkan pisau yang akan kita pakai kecuali ketiaka mau menyembelih hewan tersebut. Adab ini juga adalah salah satu bentuk kasih sayang kepada hewan yang akan disembelih.

Membaca Doa

jangan lupa untuk berdoa, agar hewan yang akan kita sembelih itu halal. Daging yang kita sembelih akan menjadi haram kalau seandainya kita sengaja tidak menyebut nama Allah. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surah Al-An’am ayat 121.

‘’ Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya.’’ [al-an’am ; 121]

Oleh karena itu membaca doa sebelum menyembelih adalah suatu keharusan. Insya allah untuk doanya akan dibahas lebih rinci lagi di bawah.

Tidak menyembelih hewan di depan hewan yang lainnya

Saat kita menyembelih hewan, maka salah satu adab dalam islam adalah menyembunyikannya dari hewan yang lain. Karena hal tersebut akan menghindarkan hewan yang akan dsembelih selanjutnya dari rasa takut dan sakit saat menghadapi kematian. Apalagi kita menyembelihnya di hadapan anak-anaknya, itu dilarang.

Mengalirkan Darah Ayam yang Disembelih

Saat kita menyembelih ayam, maka sembelilah sampai ke urat leher atau urat nadinya dengan alat apapun. Karena cara yang paling bagus untuk mengeluarkan darah dan membersihkanya adalah dengan memutus urat nadi ata urat leher. Setelah kita menyebelih hewan tersebut, maka selayaknya kita mengalirkan darah tersebut melalui pisaunya.

Menghadapakan Hewan yang Kita Sembelih ke Arah Kiblat

Pada dasarnya, semua ibadah yang Allah perintahkan kepada kita disunahkan untuk menghadap kiblat. Begitupun dengan hewan sembelihan. Karena perkara ini juga adalah ibadah kita kepada allah SwT, maka disunahkan untuk dihadapkan ke kiblat. Saat hewan dihadapkan ke kiblat maka itu adalah penyempurnaan ibadah menyembelih dan mendapatkan pahala dari sisi Allah SWT.

Doa Memotong Ayam

memotong yam, menyembelih ayam

gambar via brad.erva-doce.info

Agar memudahkan dalam membaca doa, maka cakhasan akan mengurutkan tatacara doa.

Membaca Basmalah

Bacaan yang pertama dalam doa memotong ayam adalah membaca basmalah, karena setiap perbuatan harus di awali dengan membaca basmalah, termasuk dalam memotong ayam.

doa memotong ayam

Tapi lebih baik kita membaca basmalah lebih lengkap, tujuannya agar lebih afhdol, kecuali memang jika kita memiliki waktu yang sempit.

lafadz bismillah

Membaca Shalawat Kepada Rosulullah SAW

Berbagai shalawat bisa dibacakan kepada baginda nabi Muhammad SAW. Boleh membaca yang panjang ataupun yang pendek. Tapi langkah baiknya membaca shalawat yang pendek agar hewan yang akan kita sembelih tidak tersiksa lama.

Salah satu shalawat yang bisa di baca adalah ;

solawat nabi

Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”

Membaca Takbir 3 Kali

 

Salah satu sunah Rosullah SAW adalah membaca tahmid satu kali dan membaca takbir 3 kali.

takbir

Membaca Doa Penyembelihan

Salah satu yang diajarkan oleh Rosulullah adalah membaca doa sembelih. Tentu saja doa ini bisa dipakai kepada setiap hewan yang akan disembelih buan hanya untuk ayam saja.

Adapun doanya sebagai berikut ;

doa memotong ayam

Artinya ‘’ ya tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-mu. Dan denga ini bertaqarrub kepada-mu. Karenanya hai tuhai yang maha pemurah, terimalah taqarrabku.’’

Mengapa Membaca Doa Saat Memotong Hewan Penting?

parang untuk memotong ayam, golok

gambar alhadiibrahim.com

Seperti yang telah kita ketahui, setiap perkara dalam islam telah diatur sedemikian rupa, sebagai umat Islam kita sangat meyakini bahwa Islam merupakan agama yang sempurna.

Dalam hal ini termsuk tata cara dan doa saat memotong hewan. Mengapa hal ini dirasa penting? Berikut penjelsannya.

Adab Kepada Allah

Setiap aktivitas yang hendak kita lakukan tentulah ada adab dan caranya, termasuk memotong hewan. Bukankah dalam setiap kegiatan seorang muslim harus melibatkan Allah. Adab kepada Allah ini tentu harus dilakukan secara serius, berlaku kapada manusia pun ada adabnya apalagi kepada Allah.

Bentuk Syukur

Dalam memotong hewan terdapat nikmat yang begitu besar yang Allah berikan, nikmat tersebut terletak pada hewan yang telah dititipkan kepada kita. Bagaimana coba jika di dunia ini tidak ada ayam? Tentu saja kita tidak akan pernah tahu bagaimana rasa ayam. Nah membaca doa termasuk ke dalam bagian rasa syukur kita sebgai hamba Allah.

Sunnah Nabi

Seluruh perkara yang terdapat dalam Islam telah diajarkan oleh baginda nabi Muhammad Saw, kemudian segala bentuk dan apapun yang telah diajarkan tersebut menjadi sunnah, yang ketika kita mengerjakannya tentu mendaptkan pahala.

Maka ketika kita membaca doa dalam memotong hewan, sebagai contoh saat memotong ayam, berarti kita telah mengikuti apa yang beliau ajarkan.

Menjamin Kehalalan

Dalam pembahasan sebelumnya kita telah mengetahui, bahwa haram hukumnya ketika kita menyembelih hewan selain kepada Allah. Nah dengan di lafadzkannya doa penyembelihan sehingga hewan yang kita sembelih menjadi sesuatu yang halal.

Nah itulah dia tata cara dan doa menyembelih ayam. Islam telah mengajarkan segala sesuatu dengan sempurna, termasuk dalam melakukan penyembelihan hewan. Maka dari itu sudah sepantasnya kita melakukan serta melaksanankan apa yang telah di ajarkan.

Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa membantu antum semuanya untuk menyembelih hewan sesuai syari’t islam.

Kepoin Yuks