Doa Bercermin | Keutamaan dan Adabnya

Doa Bercermin – Bercermin merupakan suatu kegiatan yang tidak pernah terlewatkan oleh setiap orang, apalagi mereka para kaum hawa, kebanyakan dari mereka sebelum berpergian senantiasa melakukan hal ini, bahkan berhias yang lazimnya di lakukan di dedan cermin.

Bercermin adalah sesuatu yang wajar, sebab setiap orang memiliki naluri untuk merasa tampil baik di depan orang lain. Hal ini tentu dilakukan untuk melihat anggota badan yang tidak dilihat secara langsung oleh mata.

Islam sebagai agama yang paling sempurna telah mengajarkan hal ini melalui apa yang dilakukan baginda Nabi. Tentu saja tujuannya supaya apa yang kita kerjakan menjadi sebuah nilai ibadah dari pada sisi Allah. Salah satu yang dapat kita lakukan agar bercermin menjadi ibadah, ilah dengan membaca doa bercermin serta mengamalkan adab-adabnya.

Artikel Terkait : Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Maka dari itu, cakhasan.com dalam tulisan yang sedikit ini akan berbagi mengenai doa bercermin lengkap dengan bacaan Arab, latin serta terjemahannya. Selain itu saya juga akan sedikit membahas mengenai keutamaan dan adab-adab dalam bercermin.

Berikut penjelasan lengkapnya, silahkan disimak.

Doa Bercermin

doa bercermin

doa bercermin

Doa bercermin memiliki beberapa versi, namun di Indonesia sendiri terdapat doa mengenai hal ini yang paling banyak dikenal oleh masyarakat.

Berikut merupakan bacaan doa bercermin yang dapat kalian lafadzkan ketika hanya sekedar bercermin atau bahkan berhias.

Doa bercermin (Arab, latin & arti)

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Bacaan latin: Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya :

Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku

Doa di atas tersebut adalah doa yang sangat terkenal sekali di masyarakat kita, seringkali di ajarkan kepada siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar.

Maka sayang sekali apabila kita telah mempelajari dan mengetahuinya namun tidak di amalkan. Sudah barang tentu ilmu yang kita dapat tersebut kurang manfaatnya.

Artikel Terkait : Doa Masuk dan Keluar Rumah

Doa ini memiliki makna yang sangat indah, sebagaimana kita ketahui bahwa manusia merupakan mahluk yang paling sempurna. Doa tersebut mengisyaratkan bahawa semoga Allah ta’ala memperbaiki akhlak kita seperti Allah menciptakan kita dalam bentuk terbaik.

Hadist Doa Bercermin

book, hadist

gambar via breweryarts.co.uk

Terdapat beberapa hadist berkenaan dengan hal ini, bahkan dapat dikatakan cukup banyak. Misal seperti hadist yang diriwayatkan oleh Baihaqi dan Ibnu Hibban, hadist yang diriwayatkan oleh Al Tabhrani dan lain sebagainya.

Dalam hal ini rasanya kedua hadist yang telah disebutkan telah cukup mewakili, berikut penjelasan lengkapnya mengenai hadist doa bercermin.

Hadist Baihaqi dan Ibnu Hibban

Terdapat doa yang lebih pendek daripada doa pada bagian sebelumnya, yaitu doa yang diriwayatkan oleh Baihaqi dan Ibnu Hibban, berikut bunyi doanya.

الَّلهُمَّ حَسَّنْتَ خَلّقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Bacaan latin : Allahumma hassinta khalqii fahassin khuluqi.

Artinya :

Ya Allah, (sebagaimana) Engkau membaguskan rupaku, baguskanlah pula akhlakku.

Dapat kita lihat, bahwasannya doa dari hadist yang diriwayatkan oleh baihaqi dan Ibnu Hibban tidaklah jauh berbeda dengan doa yang kebanyakan masyarakat Indonesia gunakan.

Hadist Riwayat Al-Thabrani

Sebagian besar doa yang dilafalkan saat bercermin ialah doa yang diajarkan oleh Nabi kepada para sahabat, sebagaimana dengan doa berikut yang diriwayatkan oleh Al-Thabrani.

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلْهُ , وَصَوَّرَ صُوْرَةَوَجْهِى فَحَسَّنَهَا , وَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Bacaan latin: Alhamdulillahilladzii sawwaykholqii fa’addalhu. Washowwaro shuurota wajhiifahassanahaa. Waja’alnii minal muslimiina.

Artinya :

Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan kejadianku dan memperindahnya, memuliakan rupa ku lalu membaguskannya dan yang telah menjadikan aku termasuk orang islam.
Hadis ini di riwayatkan oleh Ibnu Sunni dan di dhaifkan oleh Al Albani dalam Al Irwa’ dan Shahih wa dhaif al jami’ al shaghir no: 9936.

Nah dengan demikian kalian dapat memilih doa yang sekiranya mudah untuk dipelajari dan dilafalkan. Setiap doa pasti terdapat kebaikan di dalamnya, maka hendaklah senantiasa berdoa.

Ayat Alquran Tentang Bercermin

alquran

gambar via whyislam.com

Saat kita sedang bercermin, hendaklah mengutamakan ketakwaan kita kepada Allah. Sebab ketika bercermin kita dapat melihat apa-apa yang dimiliki oleh kita dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tentulah hal ini harus kita syukuri, sebab Allah telah menciptakan masnusia dalam sebaik-baik bentuk.

Sebab tidak sedikit orang yang merasa minder dan kurang saat bercermin, hal itu terbukti dengan maraknya operasi plastik dan lain sebagainnya. Tentu hal semacam itu merupakan ke kufuran.

Terdapat sebuah ayat dalam Al-Quran yang menjelasakan bahwa manusia diciptakan dengan sebaik-baiknya bentuk, yaitu dalam surat At-Tin ayat ke-4 sebagaimana berikut.

لِقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْشَانَ فِى اَحْسَنِ تَقْوِيْمِ

Lafadz latin : Laqad kholaqnaal insaana fii ahsani taqwiimi.

Artinya :

Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya.

Dalam ayat tersebut Allah sendiri yang bilang bahwasannya manusia diciptakan dalam bentuk sebaik-baiknya. Maka tidak perlu merasa kurang atas apa yang dimiliki, sebab pada nyatanya manusia itu sendiri yeng membuat persepsi.

Rasa syukur serta ikhlas sebaiknya harus tetap kita usahakan untuk ditanamkan dalam diri, dengan begitu kita akan merasa cukup dan tenang dengan apa yang Allah berikan.  Nah kalian juga dapat mencari tahu mengenai manusia menurut Islam disini

Keutamaan Membaca Doa Bercermin

phon, inique tree

gamabr via tribunnews.com

Sama halnya dengan doa yang lain, membaca doa ketika bercermin Insha Allah akan mendatangkan manfaat. Sebab kita harus sangat yakin apa yang di ajarkan oleh baginda Nabi sudah barang tentu merupakan sebbuah kebaikan dengan segudang manfaat.

Berikut adalah beberapa manfaat dan keutamaan yanng akan kita dapatkan ketitaka melafadzkan doa bercermin.

  • Dapat meningkatkan ketakwaan seseorang kepada Allah Subhanawata’ala.
  • Menurunkan kesombongan yang bersemayam dalam diri manusia.
  • Menambah rasa syukur yang mendalam atas karunia yang Allah berikan.
  • Menjadikan diri lebih baik serta dekat kepada Allah.
  • Mendapatkan pahala sebagai bekal hidup kelak di akhirat.
  • menumbuhkan kesadaran serta kepedulian terhadap diri sendiri.

Nah hal di ataslah yang Insha Allah akan kita dapatkan ketika senantiasa mengamalkan doa bercermin. Semoga hal ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk tetap menjaga doa.

Adab Bercermin

semut, ant

gambar via analisadaily.com

Sebagaimana kegiatan lainnya, bercermin memiliki adab yang hendaknya sangat kita perhatikan, tujuannya tentu supaya kegiatan ini bernilai ibadah di sisi Allah.

Artkel Terkait : Tata Cara dan Doa Memotong Ayam

Brikut yang termasuk ke dalam adab bercermin :

  • Membaca do’a
  • Senantiasa mengingat Allah.
  • Senantiasa menanamkan rasa syukur atas nikmat-nikmat yang Allah berikan.
  • Mengharapkan bimbingan Allah.
  • Jangan tertawa atau berbicara atas bayangan di cermin.
  • Tidak boleh sobong atas kelebihan yang dimiliki.

Adab Berhias

berhias, akhwat, wanita hijab cantik

gamabr via thewalimah.com

Hal ini biasanya lebih lajim dikerjakan oleh seorang perempuan. Sebab ketika seorang perempuan bercermin, tidak sangat jarang sekali hanya bercermin namum memiliki perkerjaan lain, yaitu seperti berhias. Nah khusus bagi kaum hawa utamanya hal ini haruslah benar-benar diperhatikan, sebab dalam berhias memiliki adab-adab yang hendaknya kita penuhi. Berikut inilah yang termasuk ke dalam adab-adam dalam berhias.

  • Tidak diperkenankan untuk berlama-lama di depan cermin.
  • Dilarang diperkenankan menggunakan atau memakai perhiasan secara berlebih.
  • Perempuan yang sedang berkabung dilarang untuk menggunakan perhiasan.
  • Laki-laki dilarang menggunakan perhiasan yang terbuat dari emas.
  • Tidak diperkenankan untuk mentato tubuh serta merubah bagian tubuh manapun.
  • Menggunakan pakaian yang disyariatkan.
  • Dilarang menghiasi tubuh yang dapat merubah bentuk tubuh.

Mengapa Harus Berdoa Ketika Bercermin?

why

create by canva.com

Bagian ini merupakan bagian akhir atau penutup dari tulisan dengan judul doa bercermin, mengenal adab dan keutamaanya.

Kemudian mengapa kita harus berdo’a ketika bercermin?

Seperti yang kita ketahui, Islam sebagai agama yang sempurna telah mengatur segala hal, termasuk dalam hal ini berdo’a. Dalam setiap kegiatan dan apa yang kita lakukan, kita diharuskan untuk senantiasa mengamalkan doa. Tujuannya agar kita terhindar dari yang sifatnya buruk serta dicatat sebagai ibadah oleh Allah.

Demikian artikel mengenai doa bercermin ini saya tulis, semoga mendatangkan manfaat serta menjadi pengingat, khususnya bagi saya sendiri.

Wassalammualaikum.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply