Desain Jendela Kamar Tidur

Desain Jendela Kamar – Jendela merupakan elemen penting dalam sebuah rumah atau hunian. Bukan hanya berfungsi sebagai pentilasi, akan tetapi seiring perkembangan model rumah, jendela menjadi sebuah pelengkap yang tidak dapat dipisahkan dengan desain itu sendiri.

Berbagai perusahan jasa desain rumah berlomba-lomba untuk membuat jendela yang unik tanpa mengurangi fungsi dan manfaatnya.

Kemudian bagaimana dengan anda yang menginginkan desain jendela kamar unik, namun dengan biaya yang terbatas? Jangan khawatir, berikut ini kumpulan model jendela kamar yang bisa jadi inspirasi dalam membangun hunian nyaman.

Tips Merancang Jendela Kamar Tidur

model jendela kamar

model jendela kamar

Sebelum kita masuk dalam pembahasan macam-macam desain atau model jendela kamar tidur, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai bagaimana cara merancang jendela kamar tidur yang sesuai. Tujuan agar anda dapat mendesain jendela kamar tidur sendiri.

Merancang Sirkulasi Kamar Tidur

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam merancang sebuah jendela kamar ialah sirkulasi. Karena seperti yang kita ketahui, fungsi dari jendela untuk menghantarkan udara dari luar ke dalam atau sebaliknya. Tentu kita tidak menginginkan jendela yang secara penampilan indah, namun secara fungsi kurang.

Anda bisa bayangkan, bagaimana jika sebuah kamar tidur memiliki jendela yang tidak terlalu berfungsi dengan baik. Bisa jadi kamar akan terasa pengap dan menimbulkan lembab.

Hal demikian tidak baik untuk kesehatan penghuninya, sebab dapat mengundang berbagai penyakit. Salah satu cara tepat dalam menentukan jendela kamar, ialah menempatkannya di samping. Tujuannya sendiri agar udara dapat keluar masuk dengan lancar.

Pastikan juga jendela kamar yang didesain mudah untuk dioperasikan. Hal yang harus di ingat ialah fungsi dari jendela adalah hal utama, Sedangkan desain hanya pemanis semata.

Dalam beberapa kasus sering ditemukan desain jendela kamar yang berada di atas dengan ukuran kecil. Tentu hal ini tidak baik dari segi fungsi. Anda harus menghindari desain jendela semacam itu.

Merancang Jenis dan Letak Jendela Kamar

Hal kedua ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan beberapa poin sebelumnya, bahkan pada bagian awal saya telah menyinggunya, yaitu mengenai posisi jendela.

Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan letak posisi jendela ialah pencahayaan, dengan adanya cahaya secara alami dapat membuat kamar tidur lebih sehat. Hal tersebut bisa didapat ketika anda penempat posisi jendela dengan tepat.

Hal-hal yang perlu diperhatikan supaya kamar anda dapat terkena matahari ialah posisi atau arah matahari. Akan tetapi jika jendela kamar anda terkena matahari secarala langung, akan terasa panas saat sore hari menjelang. Namun jangan khawatir, untuk menyiasati hal ini, anda dapat memasang kanopi.

Ukuran Jendela Kamar Tidur yang Ideal

Berdasarkan informasi yang di dapat dari hustopia.com & notepam.com jendela kamar tidur yang ideal setidaknya memiliki lebar 40 cm hingga 50 cm, sedangkan untuk tingginya anatara 100 cm hingga 120 cm.

Akan tetapi ukuran jendela sendiri, ada baiknya disesuaikan dengan ukuran dari ruangan kamar itu sendiri. Kita tidak mungkin membuat jendela dengan ukuran yang lebar dan tinggi, sedang ruangannya minimalis. Sebaiknya anda buat ukuran jendela seporposional mungkin.

Catatan: Ukuran di atas bukanlah ukuran mutlak, dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Model atau Desain Jendela Kamar Tidur

Berikut ini kumpulan desain jendela kamar yang dapat dijadikan sebagai referensi.

deasain jendela kamar

desain jendela kamar

desain jendela kamar

jendela kamar

desain jendela kamar

jendela kamar

desain jendela kamar

jendela kamar

desain jendela kamar

jendela kamar

Penutup

Demikian pembahasan mengenai desain dan model jendela kamar yang dapat saya berikan. Semoga tulisan yang sedikit ini dapat memberikan inspirasi bagi anda dalam memangun hunian yang nyaman dan juga indah.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply