contoh teks eksposisi

11+ Contoh Teks Eksposisi & Paragraf Eksposisi [Lengkap]

Contoh teks eksposisi – Sebuah paragraf berupa karangan yang menyampaikan argumentasi atau pendapat dengan tujuan untuk meyakinkan orang lain. Istilah eksposisi ini berasal dari kata ekspos yang berarti memberitakan sesuatu dengan memberikan keterangan atau penjelasan.

Teks eksposisi dapat berupa fakta, gagasan-gagasan penulisnya, contoh-contoh, atau pendapat para ahli. Bahkan, teks eksposisi ini dilengkapi dengan media visual seperti table, peta, grafik, dan yang lainnya. Teks eksposisi ini cenderung subjektif, karena mengemukakan suatu persoalan berdasarkan sudut pandang penulisnya.

Teks eksposisi sebagai suatu teks yang bersifat argumentative merupakan pengategorian yang berfokus pada struktur dan kaidah kebahasaannya.

Fungsi Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi

fungsi teks eksposisi

Berdasarkan fungsi atau tujuannya, teks eksposisi ini tergolong dalam jenis teks argumentatif. Diharapkan pembaca atau pendengarnya mendapatkan pengertian dan kesadaran setelah membaca atau mendengar teks tersebut.

Tidak hanya sekadar mendapat pengetahuan baru, tetapi lebih dari itu, yaitu adanya perubahan sikap atau setidaknya ada persetujuan atau keberpihakan dari pernyataan-pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

Struktur Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi, struktur

struktur teks eksposisi

Secara umum struktur dalam teks eksposisi terdapat tiga bagian, diantaranya adalah tesis, argumentasi (rangkaian argumen), kesimpulan (penegasan ulang terhadap pendapat yang telah disampaikan). Setiap bagiannya memiliki fungsi masing-masing. Agar lebih jelas berikut ulasan lengkapnya.

1. Tesis

Tesis atau pernyataan pendapat merupakan sebuah bagian yang berisi pendapat atau opini penulis berkenaan dengan topik pembahasan. Bagian ini sendiri terdapat pada bagian awal sebuah paragraf, serta sekaligus menjadi pembuka.

2. Rangkaian Argumen

Rangkaian atau bagian argumentasi merupakan sebuah struktur teks eksposisi yang berisikan mengenai alasan-alasan untuk memperkuat argumen penulis, baik itu berupa persetujuan atau penolakan.

Hal ini berkaitan erat dengan gagasan-gagasan penulis yang disampaikan pada bagian sebelumnya serta dijadikan sebuah topik.

Seorang penulis biasanya mencantumkan fakta dan pernyataan yang dapat memperkuat pendapat yang telah disampaikan. Biasanya dilengkapi dengan data serta sumber-sumber yang dapat dipertanggung jawabkan. Dengan demkian, pendapat yang telah disampaikan akan semakin kuat.

3. Kesimpulan

Kesmpulan merupakan penegasan ulang terhadap pernyataan yang telah disampaikan pada bagian sebelumnya. Sehingga pembaca akan lebih memahami isi teks secara keseluruhan. Bagian ini senantiasa ditempatkan di bagian akhir paragraf.

Kaidah Teks Eksposisi

caution, kaidah teks eksposisi

kaidah teks eksposisi

Teks eksposisi yang menyajikan pendapat atau gagasan yang cenderung subjektif dan bertujuan untuk meyakinkan pihak lain bahwa argumen yang disampaikan itu benar berdasarkan fakta yang telah disediakan.

Konsekuensinya, ada satu topik khusus yang menjadi pusat perhatian penulisnya, dan pendapat-pendapatnya pun dilihat dari sudut pandang penulis.

Sehingga dalam teks tersebut akan dijumpai ungkapan subjektif penulis, seperti saya anggap, dimungkinkan, saya duga, sepertinya, dan kata-kata sejenis lainnya. Berikut kaidah kebahasaan dari teks eksposisi.

1. Menggunakan pernyataan persuasif

Contoh :

  • Itulah buah dari gelora untuk menjadi bangsa yang besar.
  • Tetapi, mengapa kita lebih bangga dengan apa yang dimiliki oleh orang luar, memilih gaya hidup bangsa lain
  • Walaupun begitu fasih berbahasa asing, bergaya hidup seperti Negara lain, tidaka kan menjadikan kita lebih hebat.

2. Menggunakan Pernyataan Fakta

Teks eksposisi banyak menggunakan pernyataan yang menyatakan fakta atau dukungan atau bukti kebenaran argumentasi penulis/penuturnya. Bisa juga diperkuat dengan pendapat para ahli atau kutipan-kutipan yang mendukung pernyataannya dan bersifat menguatkan.

3. Menggunakan Pernyataan Menilai/Komentar

Contoh :

  • Begitu kontrasnya mentalitas anak-anak generasi sekarang dengan para pemuda zaman dahulu. Kebanggaan kepada negeri dan bahasa sendiri bergitu bergeloranya pada dada mereka.
  • Namun, mimpi agung kini semakin memudar, tergerus tipu daya, dan peradaban bangsa lain yang seakan-akan lebih kemilau.
  • Walaupun peristiwa Sumpah Pemuda selalu diperingati setiap tahunnya, makna dari peristiwa itu tidak akan berbekas.

4. Banyak menggunakan istilah

Teks atau paragraf eksposisi banyak menggunakan istilah teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Misalnya topik yang dibahas tentang generasi muda dan kebangsaan, istilah teknis yang digunakan seperti heroic, sumpah pemuda, tradisional, peradaban, nasionalisme, proklamasi, dan yang lainnya.

5. Banyak menggunakan konjungsi

Teks atau paragraf eksposisi banyak menggunakan konjungsi yang berkaitan dengan sifat dari isi teks eksposisi tersebut.

Misalnya sifat dari isi topik tentang mempertentangkan atau mengontraskan antara generasi muda masa lalu dengan generasi muda zaman sekarang. Konjungsi yang digunakan adalah namun, akan tetapi, padahal, walaupun.

6. Banyak menggunakan kata kerja mental

Kata kerja yang dimaksud yaitu menyatakan, dianggap, menduga, diperkirakan, bersikap, berbahgia, mengetahui, memuja, merasa.

Contoh :

  • Bahasa, seni, dan hasil-hasil budaya bangsanya sendiri dianggap kolot atau ketinggalan zaman.
  • Kita sangat berbahagia pula ketika sudah akrab dengan lagu dari Negara lain.
  • Padahal, kalau merasa diri sebagai bangsa maju dan berperadaban tinggi, harusnya semakin hebat pula mentalitas kita.

Jenis-jenis Teks/Paragraf Eksposisi

jenis-jenis teks eksposisi, books, papers

jenis-jenis teks eksposisi

Apabila dilihat berdasarkan jenisnya, teks eksposisi atau paragraf eksposisi memiliki 5 (lima) jenis bentuk, seperti defnisi, gambaran, pengerjaan, laporan, perbandingan dan pertentangan. Berikut masing-masing penjelasannya;

  • Teks Eksposisi definisi yaitu ragam eksposisi yang hanya menerangkan pengertian atau definisi pada satu topik tertentu secara mendalam.
  • Teks Eksposisi pengerjaan yaitu cara kerja atau langkah-langkah, metode-metode, prosedur dalam melaksanakan sesuatu secara kronologis dari permulaan hingga akhir.
  • Teks Eksposisi gambaran merupakan suatu ragam teks yang memaparkan berita atau pembahasan-pembahasan suatu topik dengan metode menunjukkan gambaran atau penjelasan simple yang berkaitan antara sebuah topik dengan topik yang lainnya dan mempunyai persamaan baik sifat atau kemiripan dalam suatu hal tertentu.
  • Teks Eksposisi laporan yaitu ragam dari teks eksposisi yang menerangkan atau melaporkan dari suatu peristiwa atau dari suatu penelitian yang ditetapkan.
  • Teks Eksposisi perbandingan merupakan teks eksposisi yang berisi ide ataupun gagasan utamanya dikemukakan dengan metode memberikan perbandingan atau membandingkan dengan suatu hal lain yang berbeda atau sama.
  • Teks Eksposisi pertentangan merupakan suatu karangan yang memuat perihal hal pertentangan berkaitan suatu hal dengan hal yang lain.

Ciri-Ciri Teks/Paragraf Eksposisi

newspappers

ciri-ciri teks/paragraf eksposisi

Teks atau paragraf eksposisi memiliki perbedaan dengan jenis teks lain, hal tersbut dapat dilihat dari ciri-ciri yang dimilikinya. Berikut apa saja yang menjadi ciri dan karakteristik dari teks ekposisi.

  • Memuat mengenai penjelasan informasi serta pengetahuan.
  • Menggunakan bahasa yang digunakan baku dan formal.
  • Teks yang digunakan jelas sehingga mudah dipahami.
  • Gaya bahasa yang digunakan sifatnya persuasif.
  • Menyajkan fakta sebagai alat dari kontribusi dan konkritasi.
  • Memiliki isi yang menjawab pertanyaan (apa, siapa, mengapa, kapan dan bagaimana).
  • Tulisan yang bersifat fakta dan ilmiah.
  • Teks berisifat netral dan obyektif.
  • Tidak memaksakan kehendak pembaca serta memihak.
  • Memiliki data dari sumber yang dapat dipertanggung jawabkan.

Contoh Teks Eksposisi Lengkap

alphabet pictures

contoh teks eksposisi

Contoh teks eksposisi ini merupakan bagian terakhir dalam pembahasan artikel ini, dimana akan menampilkan rangkaian paragraf eksposisi.

Mengapa contoh teks eksposisi disajikan dibagian akhir?

Barangkali sebagian dari kalian ada yang mempertanyakan hal tersebut. Alasannya sendiri sebenarnya cukup logis, saya ingin setiap pembaca yang hadir ke cakhasan.com mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh. Sehingga pembahasannya pun di buat selengkap mungkin, dari mulai pengertian eksposisi hingga contohnya.

Kemudian saya kira pembaca tidak akan terlalu kesulitan dalam menemukan part dari setiap pembahasan, sebab setiap content telah memiliki navigasi dan daftar isi yang cukup mumpuni.

Contoh teks eksposisi yang akan dibahas terdiri dari 2 (dua) bagan besar, ialah berdasarkan jenis teks atau pragraf serta berdasarkan bidang atau subjeknya secara singkat.

Contoh Teks Eksposisi Berdasarkan Jenisnya

Pada bagian ini menyajikan contoh paragraf eksposisi dan strukturnya berdasarkan jenis. Seperti yang telah dijelaskan pada bagian jenis teks eksposisi, bahwasannya terbagi menjadi 5 (lima) bagian. Masing-masing dari jenis tersebut akan kita berikan contohnya.

1. Contoh Teks Eksposisi Definisi

Era digital ditandai dengan cepatnya informasi berpindah dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal ini sudah barang tentu ditunjang yang disebut dengan sistem informasi, dan salah satu penunjang pentingnya ialah internet.

Internet sendiri merupakan sebuah jaringan komunikasi dengan memanfaatkan media satu dengan yang lainnya. Sehingga antar pengguna dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Internet memfasilitasi penggunanya untuk mengakses informasi dengan cepat, bukan hanya bersifat lokal, namun global.

Standar yang digunakan dalam internet secara global ialah Tranmission Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP). Teknologi tersebutlah miliaran orang di dunia dapat mengakses internet. Dengan teknologi inilah setiap orang dapat bertukar informasi dan mendapatkan akases di internet.

2. Contoh Teks Eksposisi Penngerjaan

Siapa bilang kopi memiliki dampak negatif bagi tubuh kita? Pada nyatanya kopi memiliki banyak manfaat yang dapat kita rasakan. Selain itu, kopi menjadi salah satu minuman favorit berbagai kalangan masyarakat dari yang muda hingga yang tua, dari kalangan bawah hingga kalangan atas.

Semakin berkembangnya kopi di masyarakat kita, semakin banyak pula modifikasi dari minuman ini, sebagai contohnya ialah es kopi.

Cara pembuatannya pun tidaklah terlalu sulit, dimana kita tinggal menambahkan es dalam kopi yang kita sajikan. Namun asupaya rasanya nikmat, proses pertama yang hendak dilakukan ialah memilih biji kopi yang berkualitas. Nah setelah mendapatkan biji kopi yang dirasa cocok dan memnuhi selera, selanjutnya adalah menggiling kopi menjadi halus.

Dalam roses menghaluskan biji kopi terdapat beberapa pilihan, seperti menggunakan mesin, penggilingan manual atau menggunakan cara tradisional dengan ditumbuk. Kopi sebaiknya diproses sehalus mungkin, sebab hal ini akan sangat berpengaruh terhada rasa.

Setelah mendapatkan kopi yang benar-benar halus, langkah selanjutnya menyiapkan alat press, saringan kopi atau alat lainnya. Sekiranya alat telah siap digunakan, jangan lupa untuk menyedikan air panas untuk menyedunya. Seduh kopi secara perlahan, hingga mendapatkan cairan kopi yang cukup.

Apabila dirasa sudah cukup, selanjutnya bisa tambahkan gula atau krimer, sesuaikan dengan selera masing-masing. Bagian akhir tambahkan air dingin dan es secukupnya. Es kopi siap disajikan untuk kalian nkmati.

3. Contoh Teks Eksposisi Gambaran atau Ilustrasi

Sebuah organisasi memperlukan kerjasama yang kuat antar anggotanya, tentu tujuannya agar organisasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan visi misi yang dicanangkan.

Hal tersebut dapat kita bayangkan seperti halnya kendaraan yang dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Tentu sebuah kendaraan dapat bergerak karena adanya keselarasan antar komponen, saling menopang serta mengkapi satu dengan yang lainnya, mereka senantiasa berjalan beriringan.

Organisasi pun memerlukan hal yang demikian, setiap komponen di dalamnya harus senantiasa memiliki keselarasan pandangan yang sama. Dengan demikian sudah dapat dipastikan oraganisasi akan terus berkerak menuju visinya, hal ini sama dengan mobil yang dapat bergerak menuju tempat yang dituju.

4. Contoh Teks Eksposisi Laporan

Wayang merupakan sebuah seni pertunjukan yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu, dan ditetap sebagai warisan budaya Indonesia. Unisco sebagai lembaga resmi kebudayaan dunia yang berada di bawah naungan perserikatan bangsa-bangsa (PBB), pada tanggal 7 November 2003 menetapkan sebagai warisan dunia yang tidak ternilai.

Hal tersebut tentu menjadi kebanggaan Indonesia dan masyarakatnya. Wayang tidak hanya terdiri dari satu jenis, setidaknya terdapat 4 (empat) jenis wayang. Akan tetapi sejauh ini yang paling populer ialah wang kulit dan wayang golek.

5. Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi menuntut mahasiswanya memiliki penguasaan materi lebih mendalam, hal ini terlihat dari banyaknya materi dan teori yang diberikan. Hampir dalam setiap kesempatannya senantiasa mengedepankan teori dan konsep terhadap sebuah permasalahan.

Padahal seperti yang kita tahu, terlalu fokus terhadap hal tersebut, menyebabkan mahasiswa tidak memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang sifatnya teknis.

Praktik tentu menjadi sesuatu yang pentng, apalagi bagi mereka yang berkecimpung di dunia teknik, tentu seharnya paling tidak mendapatkan porsi yang sama dengan pembelajaran secara teori.

Hal yang terjadi di lingkungan Universtas sangat berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Politeknik. Sebab di Politeknik sendiri paraktik sifatnya lebih banyak dengan dibandingkan dengan teori. Tentu alasannya supaya mahasiswa dapat memiliki skill yang mumpuni saat terjun ke dunia industri.

6. Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Semester kali ini menjadi momen yang luar biasa bagi Ari dimana ia mendapatkan nilai yang luar biasa, bahkan dapat dikatakan mendekati kata sempurna. Pasalnya perempuan berparas cantik ini mendapatkan Indeks prestasi 3,97 dari skala 4,00.

Hal tersebut tentu diraih dengan perjuangan serta pengorbanan luar biasa, dimana setiap hari harus berpacu dengan tugas dan buku.

Pada ia merupakan perempuan yang sangat aktif sekali, baik organisasi maupun lingkungan sosial. Ari telah membuktikan, keaktifan di oraganisasi dan sosial bukan menjadi halangan untuk meraih prestasi akademik. Bahkan sebaliknya, hal tersebut menjadi pemacu untuk menjadi lebih baik dan terus berprestasi.

Hal yang di raih Ari berbeda dengan apa yang di dapatkan oleh Nania, pasalnya ia harus merelakan nilai akademiknya terjun bebas. Padahal semester sebelumnya, ia selalu mendapatkan nilai yang sangat baik.

Bukan tanpa alasan prestasi Nania mengalami penurunan, ia sempat sakit dan dirawat di Rumah Sakit untuk waktu yang tidak sebentar, bisa jadi hal inilah faktor utamanya.

Contoh Teks Eksposisi Berdasarkan Subjeknya

Setelah kita mengetahu contoh dari paragraf eksposisi yang didasarkan pada jenisnya, kali ini kita akan coba mengetahui contoh dari paragraf eksposisi berdasarkan subjeknya.

Apa yang dimaksud sobjek dalam kontek ini?

Subjek dalam hal ini artinya sesuai bidangnya, misalkan contoh teks atau pragraf eksposisi tentang kesehatan, pendidikan, lingkungan, ekonomi, sosial, berita, politik dan lain sebagainya.

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Tesis

Kemunculan partai politik ialah untuk membangun dan membentuk calon peminpin baik yang sekarang ataupun dimasa mendatang. Namun pada nyatanya saat ini partai politik lebih banyak menelurkan koruptor dari pada pemimpi.

Argumentasi

Hal paling mudah yang dapat kita lihat saat ini ialah menjamurnya tindakan korupsi, seakan-akan semua orang berbondong-bondong untuk mencuri kekayaan Negara. Hampir setiap partai politi memiliki kader yang korupsi, tanpa terkecuali. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian dari para petinggi partainya. Jangan sampai membudaya dan malah diikuti oleh kader yang lain.

Kesimpulan

Partai politik harus kembali pada tujuan semula, bukan hanya mencari kekuasaan atau jabatan semata. Namun mereka haruslah mampu menelurkan pemimpin ulung yang dapat membawa negara ke arah yang lebih baik dari berbagai sisi.

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup

Tesis

Beberapa tahun terakhir Indonesia mengalami masalah soal lingkungan hidup, terutam polusi udara yang disebabkan kebakaran hutan. Terlepas kebakaran yang terjadi merupakan kesengajangan atau murni, kebakaran hutan merupakan persamasalahan yang harus segera ditangani. Jangan sampai taun ketaun kejadiannya sama. Sebab dapat mengganggu kesehatan dan membuat alam semakin rusak

Argumentasi

Kasus kebakaran hutan bukan hanya terjadi saat in saja, akan tetapi dari taun-ketaun selalu terjadi yang lebh parah kasusnya mengalami trend peningkatan. Penyelidikan telah beberapa kali dilakukan, yang mengejutkan sebagian besar kebakaran ini disebabkan ulah manusia, terutama para pengusaha sawit. Bagaimana tidak, pembakaran hutan adalah cara paling murah dilakukan dalam hal ini. Padahal dampak yang disebabkan begitu berbahaya, mulai dari penyakit hingga rusaknya alam.

Kesimpulan

Seharusnya pemerintah melakukan tidakan yang tegas akan hal ini, jangan sampai kejadian semacam ini terus terjadi dari tahun ketahu, Sebab kebakaran hutan akan sangat berbahaya bagi keberlangungan hidup kita kedepannya.

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Tesis

Tidak banyak yang tahu bahwa daun bidara memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati jerawat. Bukan hanya itu manfaat daun bidara sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh dan yang lainnya.

Argumentasi

Ada banyak orang telah membuktikan bahwa daun bidara dapat mengobati banyak penyakit, seperti diabetes, sakit lambung dan lain sebagainya. Selain dapat mengobati penyakit, daun bidara juga biasa digunakan untuk pengobatan ruqyah.

Kesimpulan

Ddapat disimpulkan, bahwa daun bidara banyak memiliki manfaat, terutama untuk kesehatan. Sebaiknya kita menanam tanaman ini di rumah.

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Liingkungan Sekolah

Tesis

Sekolah seharusnya menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi setiap siswanya, Namun pada kenyataannya hal ini dibeberapa tempat sulit untuk didapatkan, mengingat masih banyak sekali terjadi bully disekolah. Untuk mengatasi bully ini, sebaiknya sekolah menerapkan pendidikan karakter, dimana yang dikedepankan adalah kecerdasan sosial bukan ntelektualnya.

Argumentasi

Setiap siswa memiliki kelebihan dan bakat masing-masing, jangan sampai seorang tidak cerdas dalam mata pelajaran tertentu disebut bodoh. Kita harus meyakini bahwa setiap manusia memiiliki keunikan masing-masing. Pendidikan karakter ini akan menjadi sebuah solusi untuk pendidikan di negeri ini. Selain mengurangi tidakan bullying, dengan begini juga setiap siswa akan merasa dihargai.

Kesimpulan

Hingga saat ini pendidikan karakter menjadi satu-satunya pilihan untuk memperbaiki pendidikan yang ada. Sehingga, dengan dimikian pendidikan kita diharapkan akan lebih baik.

5. Contok Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tesis

Entah mengapa pendidikan di Indonesia dirasa masih menjadi barang mahal, padahal upaya pemerintah untuk hal ini dianggap sudah maksimal. Namun buktinya masih banyak masyarakat yang belum dapat menkmati pendidikan.

Argumentasi

Mahalnya penddikan di negeri ini disinyalir tata kelola serta sistem yang kurang baik, meskipun kebijakan pemerintah pusat dirasa sudah maksimal, padanyatanya dilapangan penuh dengan kendala. Hal ini seharusnya menjadi perhatian, sebab akan sampai kapan pendidikan di Indonesia terus seperti ini.

Kesimpulan

Pendidikan yang mahal di negeri ini bukan karena kurangnya anggaran dari pemerintah, akan tetapi sistem yang kurang baik.

6. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Tesis

Adanya polteknik merupakan sebagai solusi dari pemerintah untuk menghasilkan tenaga yang siap kerja. harapannya dengan begitu mereka yang telah lulus dari politeknik dapat membantu perekonomian keluarganya serta meningkatkan ekonomi negara.

Argumentasi

Setiap mahasiswa di politeknik difokuskan terhadap penguasaan keahlian yang akan membantu mereka  dalam bekerja dan berkarir di dunia industri. Sehingga dengan begitu diharapkannya mereka dapat bersaing dan mendapatkan pekerjaan lebih cepat.

Kesimpulan

Hadirnya Politeknik paling tidak dapat membantu anak muda Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan skill yang telah mereka miliki.

Demikian pembahasan mengenai contoh teks eksposisi dan contoh paragraf eksposisi. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian dalam memahami setiap maternya.

Teriimakasih.

Sumber gambar dari unsplash.com

Kepoin Yuks