9+ Contoh Teks Eksplanasi Singkat | Alam, Budaya & Sosial

Contoh Teks Eksplanasi – Apa sebenarnya itu teks eksplanasi? Apakah sama antara teks ekspalanasi dengan teks eksposisi? Setiap peristiwa di sekitar kita tentunya ada proses dan hubungan sebab-akibat dengan peristiwa lainnya.

Dalam teks eksplanasi ini terdapat penjelasan tentang hubungan sebab-akibat tersebut dengan menggunakan aspek “mengapa” dan “bagaimana” suatu peristiwa terjadi.

Pengertian Teks Eksplanasi

contoh teks eksplanasi, membaca, mengajari anak

gamabar via unsplash.com/@priscilladupreez

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses atau tahapan mengapa dan bagaimana terjadinya suatu fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah, dan budaya.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa teks eksplanasi adalah suatu teks yang isinya menjelaskan informasi mengenai proses terjadinya suatu fenomena, baik itu fenomena alam, ilmu pengetahuan, serta kehidupan sosial dan budaya.

Jenis teks ini sering ditemukan dalam buku-buku sains, geografi dan sejarah. Pada dasarnya tujuan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan tentang mengapa dan bagaimana suatu fenomena atau peristiwa terjadi.

Baca juga : 7+ Contoh Teks Berita (5W+1H) | Pengertian, Struktur, Ciri & Kaidah

Struktur Teks Eksplanasi

struktur bangunan

gamabr via https://unsplash.com/@ennio5

Dalam teks eksplanasi terdapat tiga struktur pembentuk teks eksplanasi, yaitu:

1. Pernyataan Umum

Pada bagian pernyataan umum, memuat tentang penjelasan umum mengenai suatu topik atau peristiwa yang akan dibahas. Pernyataan umum bisa berupa pengenalan atau penjelasan singkat tentang suatu peristiwa/ fenomena yang terjadi.

2. Deretan Penjelas

Bagian deretan penjelas, memuat informasi mengenai sebab-akibat suatu peristiwa atau fenomena. Bagian deretan penjelas ini disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjelaskan suatu peristiwa secara runtut atau kronologis dari awal hingga akhir.

3. Interpretasi

Interpretasi merupakan teks penutup dan bukan suatu keharusan. Bagian interpretasi ini menjelaskan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas dari topik yang telah dibahas.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

story book

gambar via dewihepy.com

Teks eksplanasi memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Adapun ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  • Semua informasi yang disampaikan dalam teks adalah fakta (faktual) tanpa adanya tambahan opini dari penulis.
  • Jenis teks ini bersifat informatif atau memberikan informasi dan tidak berusaha untukmempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal-hal yang dibahas.
  • Topik yang dibahas di dalamnya adalah fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.
  • Struktur teksnya terdiri dari tiga jenis, yaitu; pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat, dan interpretasi.
  • Penjelasan di dalam teks ini menggunakan sequence markers, seperti; Pertama, Kedua, Ketiga, dan lainnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

puzzle

gambar via mrsisystems.com

Adapun beberapa kaidah kebahasaan teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  • Pembahasan topik lebih fokus pada hal-hal yang bersifat umum, bukan partisipan manusia. Contoh; gempa bumi, gunung meletus, tsunami, badai, dan peristiwa alam lainnya.
  • Dalam penulisannya harus menggunakan istilah-istilah yang ilmiah.
  • Dalam penulisannya harus menggunakan kalimat pasif.
  • Penulisannya lebih sering memakai verba material dan verba relasional (kata kerja aktif).
  • Penulisannya banyak menggunakan konjungsi kausal (sebab-akibat) dan waktu. Contoh; sebelum, pertama, jika, kemudian, sehingga.
  • Penulisan eksplanasi bertujuan untuk menjustifikasi bahwa sesuatu yang dijelaskan secara kausal itu benar adanya.

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

jenis teks eksplanasi, job, work

gambar via Eduspensa.id

Menurut NWS Departement School and Education (2012), terdapat empat jenis teks eksplanasi.

  • Eksplanasi Sequential, yaitu jenis eksplanasi yang menjelaskan rincian tahapan suatu fenomena. Misalnya; urutan siklus kehidupan rantai makanan.
  • Eksplanasi Kausal, yaitu jenis eksplanasi yang menjelaskan mengenai asal-muasal atau penyebab terjadinya perubahan pada suatu hal secara bertahap. Misalnya; proses terjadinya tanah longsor.
  • Eksplanasi Teoritis, yaitu jenis eksplanasi yang berisi spekulasi kemungkinan yang bisa terjadi di balik suatu fenomena alam. Misalnya; letusan gunung merapi mungkin memicu terjadinya bencana alam lain yang dahsyat.
  • Eksplanasi Faktorial, yaitu jenis eksplanasi yang menjelaskan tentang efek serta hasil dari suatu proses. Misalnya; efek terjadinya kolonialisasi.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

contoh teks eksplanasi, books

gambar via satujam.com

Berikut kami sediakan contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya dengan berbagai jenis contoh, tujuannya sendiri agar memudahkan untuk mengenal seperti apa teks eksplanasi itu.

1. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Pernyataan umum (pembuka)

Gerhana bulan adalah salah satu fenomana alam yang sering terjadi, maka tidaklah heran fenomena ini kerap kita jumpai. Gerhana bulan dapat terjadi apabila bulan dan matahari berposisi sama, sehingga sinar matahari yang seharusnya sampai ke bumi terhalang oleh bulan. Hal tersebut menyebabkan bumi menjadi gelap untuk beberapa waktu.

Meskipun begitu, posisi bulan dan matahari tidak selamanya akan menghasilkan gerhana. Mengapa demikian?

Sebab kemiringan orbit bulan dan eleptika, yang menyebabkan perpotongan diantara keduanya yang disebut dengan node.

Jadi gerhana bulan baru akan terjadi apabila bulan berposisi dengan potongan garis atau yang disebut dengan titik nude. Setidaknya dibutuhkan 29 hari hingga 30 hari bulan berpindah posisi dari satu titik ke titik lainnya.

Derertan penjelas (isi)

Gerhana bulan yang terjadi pada faktanya tidak selalu tidak terlihat, sebab dalam beberapa kejadian bulan masih nampak, hal ini terjadi karena sinar matahari masih tersisa, yang menyebvabkan sinar tersebut berbelok menuju arah bulan oleh atmosfer.

Sinar hasil pantulan dari atmosfer tersebut biasanya memiliki warna kemerahan yang menyebabkan bulan nampak berwarna merah gelap saat sedang terjadi gerhana matahari.

Gerhana bulan dapat kita amati secara langsung dengan mata telanjang, hal ini tidak akan membahayakan diri kita sama sekali.

Penutup (interpretasi)

Gerhana bula terjadi apabila sebagian atau seluruh bayangan bumi menutupi penampakan bulan. Terutama apabila posisi bumi sedang berada diantara bulan dan matahari, sehingga sinar matahari tidak dapat sampai pada bulan karena terhalang oleh bumi.

2. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

Pernyataan umum (pembuka)

Sama halnya dengan gerhana bulan, gerhana matahari adalah salah satu fenomena alam, namun gerhana matahari sangat jarang terjadi.

Gerhana matahari disebabkan terhalangnya sinar matahari oleh bulan, sehingga keadaan bumi nampak gelap seperti malam hari. Meskipun demikian, gerhana matahir biasanya hanya dapat disaksikan di tempat tertentu saja, tergantung posisi matahari dan bulan sedang sejajar.

Deret penjelas (isi)

Gerhana matahari memiliki berbagai jenis, seperti gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari cincin.

Berbeda halnya dengan gerhana bulan, gerhana matahari tidak dapat diamati oleh mata telanjang, sebab pantulan cahayanya akan sangat membahayakan dan menyebab kerusakan pada retina mata.

Penutup (interpretasi)

Gerhana matahari terjadi ketika seluruh atau sebagian cahaya matahari terhalang oleh bulan, yang kemudian menyebabkan cahaya matahari tidak dapat sampai ke bumi.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

kebakaran hutan, contoh teks eksplanasi bencana alam

gambar via merdeka.com

Bagian ini akan menyajikan secara khusus mengenai contoh teks eksplanasi mengenai bencana alam. Setidaknya terdapat 5 contoh yang akan disajikan, seperti tsunami, banjir, gemba bumi, longsor dan kebakaran hutan.

1. Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir merupakan bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia, bahkan dapat dikatakan telah menjadi langganan pada tiap tahunnya. Penyebabnya beragam mulai dari dari benar-benar yang diakabitkan oleh alam itu sendiri hingga yang diakabitkan oleh tangan manusia.

Apabila diartikan, banjir ialah ketidakmampuan sungai, danau, drainase atau aliran air lainnya untuk menampung volume air yang ada, sehingga air meluap dan menggenang tempat yang tidak seharusnya.

Banjir pada umumnya terjadi di daerah rendah, seperti bantaran sungai, tempat yang tidak memiliki drainase atau resapan air yang baik.

Banjir kerap kali terjadi saat musim hujan datang, hal ini karena air dengan debit tinggi bviasanya tidak mampu ditampung oleh sungai.

Seperti yang telah disinggung pada bagian awal, penyebabnya dapat terjadi murni faktor alam dan tangan manusia.

Banjir yang diakbiatkan oleh faktor alam terjadi karena hujan yang cukup deras dengan durasi lama, yang pada khirnya mengakibatkan sungan tidak mampu menampung debit air yang tinggi. Terjadinya erosi atau pendangkalan di area sungai dan lain sebagainnya.

Sedangkan banjir yang diakibatkan oleh faktor manusia ialah membuang sampah ke suangai, sehingga air yang seharusnya mengalir ke hilir terhalang, dan akhirnya meluap.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwasannya banjir adalah bencana alam yang terjadi akibat dua faktor, yaitu alam dan manusia itu sendiri.

2. Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa jepang yaitu “Tsu” dan “Nami” yang berarti gelombang. Bencana ini kerap kali terjadi di Jepang dan Indonesia.

Barangkali kalian masih ingat dengan apa yang terjadi di tahun 2004, bagaimana tsunami meluluhlantahkan tanah rencong Aceh.

Tsunami merupakan perpindahan badan air secara tiba-tiba yang diakibatkan oleh perubahan air laut secara vertikal. Daerah-daerah yang berpotensi tsunami adalah daerah yang berbatan dengan laut atau pantai.

Terjadinya tsunami biasanya diakobatkan adanya gerakan bumi secara vertikal, sehingga mengganggu keseimbangan air laut. hal tersebut dapat terjadi dengan adanya gempa, tanah longsong, gunung meletus dan meteor yang jatuh ke laut.

Ketidak seimbangan air laut tersebut pada akhirnya akan membentuk gelombang besar yang kita kenal sebagai tsunami.

Tsunami yang dihasilkan sangat bervariatif, tergantung gerakan bumi yang terjadi. Berdasarkan poenelitian, kecepatanh tsunami dapat mencapai 100 km/jam ketika di laut, dan mengalami penurunan menjadi 30 km/jam saat mencapai daratan. Sedangkan untuk ketinggiannya dapat mencapai puluhan meter.

Tsunami akan menggusur dan melalap apa saja yang dilewatinya. Gelombang tinggi ini sangat berbahaya, berdasarkan kasus-kasus yang pernah terjadi, tsunami selalu berhasil menghancurkan lingkungan dengan sempurna.

Sejauh ini tsunami termasuk bencana alam paling berbahaya. Tidah hanya fasilitas serta bangunan yang tergusur oleh tsunami, tewpi manusia juga.

3.  Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Gempa bumi adalah bencana alam yang disebabkan oleh bergeraknya lempengan bumi sehingga terjadi getaran ke-permukaan. Indonesia dan Jepang merupang dua negara yang sangat sering mengalami bencana ini. Tentu tidaklah heran, sebab Indonesia dan Jepang berada pada daerah dengan patahan yang banyak.

Sama halnya dengan kejadian lain, kebanyakan gempa bumi terjadi secara tiba-tiba, salah satu pemicu dari gempa ilah adanya aktivitas di dalam bumi, terutama yang berhubungan dengan meletusnya gunung.

Indonesia dapat dikatakan sebuah negara langganan gempa. Salah satu kejadian yang paling besar adalah gempa bumi yang mengguncang jogja pada 2007.

Kemudian baru-baru kemarin gempa menghancurkan sebagian besar daerah di Nusa tenggara Barat dan Palu. Dua kejadian tersebut banyak merenggut nyawa.

Berdasarkan uraian di atas, gempa bumi terjadi diakibatkan adanya pergerakan bawah bumi sehingga terjadi getaran ke-permukaannya. Sejauh ini yang paling sering menjadi pemicu gempa ialah meletusnya sebuah gunung.

4. Contoh Teks Eksplanasi Longsor

Tanah longsor merupakan sebuah peristiwa yang terjadi akibat adanya pergerakan tanah atau batuan. Penyebabnya dibedakan menjadi dua bagian, yaitu faktor pemicu dan faktor pendorong. Fakktor pemicu ialah yang menyebabkan batuan atau tanah bergerak, sedangkan faktor pendorong dipengaruhi oleh kondisi material.

Di Indionesia sendiri tanah longsor bukanlah fenomena yang baru, bahkan beberapa daerah telah menjadi langganan. Bencana alam tanah longsor terjadi oleh dua faktor, yaitu sosial dan alam.

Tanah longsor yang disebabkan oleh sosial atau ulah manusia sia sendiri seperti pembabadan atau penebangan hutan.

Hutan yang gundul menjadi salah satu pemicu terjadinya tanah longsor, sebab air hujan yang turun tidak dapat diserap oleh akar yang pada akhirnya air menggerus material tanah.

Sedangkan faktor alam yang memicu terjadi longsor ialah gempa dan erosi yang diakibatkan oleh hujan yang deras.

Tanah longsor dapat ditanggulangi dengan cara menanam pohon ditempat yang curap, tujuannya agar tanah terikat dan menjadi kuat disangga oleh akar.

5. Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan adalah kategori bencana alam yang sebagian besarnya disebabkan ulah tangan manusia. Sudah sangat sering kita menyaksikan setiap tahunnyanya hutan-hutan di Indonesia mengalami kebakaran yang sangat parah. Tentu saja hal ini menjadi sebuah catatan buruk bagi pemerintahan, sebab sebagian besar kejadian tersebut disebabkan oleh manusia.

Kebakaran hutan terjadi saat musim kemarau, biasanya orang-orang yang memiliki kepentingan membekar dengan sengaja lahan tersebut. Padah sadar atau tidak tindakan tersebut merugikan banyak pihak, mulai dari masyarakat, pemerintah hingga pengusaha.

Menbgapa demikian?

Bayangkan ketika terjadi kebakaran hutan, asam yang pekat biasanya menyebabkan penyakit ISPA dikalangan masyarakat, mengganggu penerbangan, serta mendatangkan kerugian yang tak terkira untuk negara.

Sedang kebakaran hutan yang disebabkan oleh alam secara murni presentasinya sangat minim sekali dan tidak separah kebakaran hutan yang diakoibatkan oleh tangan manusia.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

pealngi, contoh teks eksplanasi fenomena alam

gambar via https://unsplash.com/@lucicles

Berikut ini adalah contoh teks ekplanasi mengenai fenomena alam, yaitu terjadinya pelangi dan aurora.

1. Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Pelangi atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama rainbow adalah fenomena alam yang sering terjadi diseluruh belahan Benua.

Pelangi adalah peristiwa optik dan meteorologi dimana disusun oleh cahaya warna-warni yang muncul di langit atau media lainnya.

Pelangi dapat dilihat ketika hujan ringan turun, bentuknya mirip bususr menembus cakrawala. Selain itu pelangi juga dapat dilihat di air terjun yang tinggi.

Pelangi setidaknya dibentuk oleh 4 siklus yang terdiri dari pembiasan sinar matahari, sinar matahari yang melewati tetesan air, pembelokan cahaya dan terbentuknya warna pelangi.

Pelangi hanya dapat kita jumpai saat sedang hujan ringan dengan sinar matahari berada tepat pada posisi kita, sehingga kita akan dapat melihat pelangi yang indah membentuk busur.

2. Contoh Teks Eksplanasi Aurora

Aurora merupakan sebuah fenomena alam yang mirip dengan pancaran cahaya. Sinar cahaya yang dipancarkan menyala-nyala pada lapisan ionosfer sebuah planet.

Sinar cahaya tersebut dihasilkan oleh interaksi medan magnet planet dengan partikel yang dipancarkan oleh cahaya matahari.

Pada umummnya aurora hanya dapat terjadi di daerah kutub utara dan kutub selatan. Aurora yang terjadi di utara disebut dengan aurora borealis, Sedangkan untuk aurora yang berada di daerah selatan dikenal dengan nama aurora australis.

Terdapat tiga proses terjadinya aurora, diantarannya medanh magnet, angin matahari, interaksi partikel atmosfer bumi dengan partikel bermuatan matahari.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan, bahwa aurora hanya terjadi di kutub utara maupun selatan. Fenomena trsebut dfiakibatkan dari iunteraksi medan magnet bumi dengan matahari.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

contoh teks eksplanasi budaya

gambar via https://unsplash.com/@ayahya09

Berikut ini adalah 2 contoh teks eksplanasi budaya yang dapat kalian pelajari, yaitu dengan judul wayang dan penyebab lunturnya budaya di Indonesia.

Baca juga : Contoh Teks Anekdot [Lengkap] Lucu, Menyindir, Singkat & Strukturnya

1. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Wayang

Wayang adalah sebuah seni pertunjukan asliu Indonesia. Telah ada dan dinikmati sejak berpuluh abad yang lalu. Wayang memiliki perkembangan yang begitu pesat, terutama untuk di Pulau Jawa dan Bali.

Selain wayang mengalami perkembangan di daerah yang telah disebutkan, nyatanaya wayang dikenal oleh sebagian masyarakat Melayu yang dipengaruhi oleh budaya Jawa dan Hindu.

Perserikatan bangsa-bangsa (PBB) melalui UNESCO menetapkan wayang sebagai seni pertunjukan boneka terkenal asal Indonesia, ditetapkan pada tanggal 07 November 2003. Wayang adalah warisan dunia yang harus dijaga dan dipertahankan oleh masyarakat Indonesia (wayang sebagai warisan dunia baca disini)

Berdasarkan sejarah, wayang digunakan sebagai media menyebarkan Agama, terutama untuk agama Islam dan Hindu.

Maka dari itu wayangh sudah seharusnya kita lestarikan, sebab mengandung banyak nilai filosofi yang mengarahkan manusia untuk senantiasa berbuat baik serta menghindari perbuatan buruk.

2. Contoh Teks Eksplanasi Budaya : Lunturnya Budaya Indonesia

Perkembangan zaman yang semakin maju tidak hanya mengantarkan Indonesia menjadi sebuah negara yang lebih baik, terutama dalam urusan ekonomi dan arus informasi, akan tetapi terdapat hal lain yang dianggap negatif, yaitu tergerusnya buda Indonersia.

Padahal seperti pepatah leluhur negeri ini, budaya merupakan jati diri dari sebuah negara. Sebagian besar anak muda merasa lebih keren ketika mempraktikan budaya yang lainj, terutama budaya barat dan korea.

Anak muda lebih senang menontoh film di bioskop dibandingkan dengan menonton pertunjukan wayang di hajatan. Padahal budaya menjadi sebuah kekuatan besar untuk sebuah negeri.

Selain penyebabnya hal-hal yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya, lunturnya budaya Indonesia ialah kurangnya pembelajaran dan pengenalan budaya terhadap generasi muda.

Salah satu solusi untuk menanggulangi hal tersebut ialah dengan cara memberikan wawasan dan pengajaran mengenai budaya se dini mungkin. Tentu saja harapannya agar mereka lebih mengenal budaya mereka sendiri dibandingkan dengan asing.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

contoh teks eksplanasi sosial

gambar via https://unsplash.com/@marvelous

Berikut ini merupkan contoh teks eksplanasi sosial yang dapat kalian pelajari dan dijadfikan sebagai contoh, dengan judul kemiskinan.

1. Contoh Teks Eksplanasi Sosial: Kemiskinan

Kemiskinan adalah sebuah kondisi sosial dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok hidup, hal tersebut disebabkan daya beli merekia yang sangat rendah.

Barangkali masalah sosial ini menjadi sebuah momok yang sangat menakutkan bagi berbagai negara. Selain itu tingkat kemiskinan mnenjadi patokan kesejahteraan. Suatru negara akan dianggap sejahtera apabila memiliki tingkat kemiskinan yang rendah, begitupun sebaliknya.

Isu kemiskinan sendiri tidak lagi menjadi isu nasional, namun telah menjadi isu Internasional. Sebab hampir setiap negara di dunia membahas dan mencari penyelesaian untuk hal ini. Banyak faktor yang menyebabkan terjadi kemiskinan, sedang menurut ahli ekonomi dan filsafat kemiskinan adalah bentuk yang relatif.

Relatif disini memiliki arti bahwa kemiskinan dapat ditafsirkan secara berbeda tergantung siapa dan darimana yang melihatnya.

Setiap kelompok menafsirkan kemiskinan dengan cara masing-masing, misal liberalis menganggap kemiskinan muncul akibat kurangnya usaha.

2. Contoh Teks Eksplanasi Sosial Pengangguran

Pengangguran atau tuna karya merupakan sebuah kondisi seseorang yang tidak memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan atau bahkan seseorang yang bekerja kurang dari 2 hari dalam seminggu.

Banyak faktor yang menyebabkan adanya pengangguran, faktor yang paling umum ialah banyaknya angkatan kerja dibandingkan dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Pengangguran tidak hanya menjadi masalah pribadi saja, namun pengangguran menjadi masalah negara, sebab ketika suatu negara memiliki masyarakat dengan jumlah pengaguran yang banyak dapat dipastikan penghasilan negara berkurang.

Pengangguran sangat berkaitan erat dengan tingkat kesejahteraan dan kemiskinan suatu negara. Maka tidak heran apabila negara berupaya keras untuk mengurangi pengangguran yang ada.

3. Contoh Teks Eksplanasi Sosial Tawuran

Tawuran adalah bventuk kekerasan yang dapat dilakukan oleh para pelajar ataupun masyarakat, dimana terdapat dua kubu berhadapan yang memperselisihkan suatu hal. Masalah yang diperselisihkan bisa apa saja yang akhirnya dapat memicu tawuran terjadi.

Dalam beberapa tahun terakhir, tawuran sangat sering terjadi, terutama antar pelajar dan geng motor. Kejadian tersebut mengakibatkan banyaknya korban yang berjatuhan.

Tawuran dikalangan pelajar dan anak muda dikategorikan sebagai kenakalan remaja, bagaimana tidak, anak muda atau pelajar yang seharusnya menyiapkan diri untuk masa depan malah merusak dirinya sendiri dengan tawuran.

Untuk mengurangi terjadinya tindak kekerasan ini, pemerintah melalu aparat telah berusaha meminimalisirnya, seperti senantiasa melakukan patroli, melakukan himbauan disetiap sekolah dan lingkungan masyarakat.,

Penutup

Contoh-contoh teks eksplanasi yang telah kita bahas di atas menunjukan bahwa banyak topik atau pembahasan yang dapat dijadikan sebagai teks eksplanasi, sperti fenomena alam, sosial, budaya, politik, bencana alam, kesetan dan lain sebgainnya.

Teks ekplanasi sangat mudah dibuat, yang terpenting sebagai penulis memiliki sumber informasi cukup akan permasalahan yang dibahas. Informasi yang jelas dan valid menjadi salah satu kunci dari sebuah teks eksplanasi yang baik dan benar.

Demikian teks eksplanasi beserta contoh-contohnya yang dapat di paparkan oleh cakhasan.com. Semoga tulisan ini mendatangkan manfaat dan kebaikan bagi kita semua.

Terimakasih


Referensi

wikipedia.org

yuksinau.id

romadecade.org

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply