9+ Contoh Teks Deskripsi Sekolah, Alam, Hewan dll

Contoh Teks Deskripsi – Paragraf yang mempunyai gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi berarti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Teks deskripsi menggambarkan bentuk objek berdasarkan pengamatan, sifat, rasa, warna, atau corak. Bahasa yang digunakan mengandung majas untuk melukiskan secara konkret.

Paragraf yang disusun dalam teks deskripsi dapat membuat pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan suatu objek atau benda secara langsung.

Baca juga : 9+ Contoh Teks Laporan Hasil Observasi | Pengertian, Struktur & Ciri

Tujuan Teks Deskripsi

target, tujuan

gambar via hotsuite.com

Tujuan teks deskripsi sangat jelas yaitu agar orang yang membaca teks ini seolah-olah sedang  melihat dan merasakan langsung apa yang sedang di jelaskan dalam teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

tanda baca, contoh teks deskripsi

gambar via provokel-online.com

Berikut ciri-ciri dari teks deskripsi yang harus kalian ketahui.

  • Paragraf deskripsi menggambarkan sesuatu.
  • Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.
  • Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  • Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.

Struktur Teks Deskripsi

struktur, contoh teks deskripsi

gambar via phys.org

Berbeda halnya dengan struktur artikel, struktur teks deskripsi hanya memiliki tiga bagian berikut ini.

1. Identifikasi

Penentu identitas seseorang, benda, dan sebagainya. Menjelaskan identitas pokok bahasan dalam teks yang akan dibahas.

2. Deskripsi

Pengelompokan menurut kaidah atau standar yang telah ditetapkan, sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

3. Deskripsi Bagian

Bagian teks yang berisi tentang gambaran-gambaran bagian yang menjadi objek untuk diceritakan di dalam teks tersebut.

Jenis Teks Deskripsi

document, animasi, text

gambar via idle.ilkom.unej.ac.id

Teks deskripsi dibedakan menjadi 3 macam, yaitu;

  1. Teks paragraf deskripsi subjektif : suatu paragraf deskripsi yang penggambaran objek nya menurut kesan menurut sudut pandang oleh penulis teks.Teks deskripsi ini ditulis berdasarkan pengamatan atau observasi yang telah dilakukan penulis. Teks ini membuat pembaca seakan-akan mengalami dan merasakan apa yang dialami oleh penulis, atau ikut masuk dalam cerita yang sedang ditulis.
  2. Teks paragraf spatial: dalam teks ini objek yang digambarkan hanya berupa tempat, benda, ruang dan lainnya.
  3. Teks paragraf objektif: teks ini objek digambarkan apa adanya menurut keadaan objek yang sebenarnya tanpa penambahan opini dari penulis itu sendiri. Deskripsi ini tepat digunakan untuk menyusun paragraph yang menyatakan suatu proses pengamatan.

Selain tiga macam yang telah disebutkan, teks deskripsi juga dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu impresionistis dan ekspositoris.

Deskripsi impresionitas hampir mirip dengan deskripsi subjektif, dan deskripsi ekspositoris mirip dengan paragraph objektif.

Baca juga : 7+ Contoh Teks Editorial | Lengkap dengan Pengertian, Struktur & Ciri

Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi

list, langkah

gambar via blog.organizetosimplify.com

  1. Menentukan tema atau topik (objek yang akan dibahas).
  2. Menentukan tujuan.
  3. Kumpulkan data-data dan lakukan pengamatan langsung mengenai objek yang akan dibahas.
  4. Setelah data-data terkumpul, susunlah data tersebut menjadi kerangka karangan.
  5. Uraikan kerangka karangan menjadi teks deskripsi yang disesuaikan dengan topik.

Ciri atau Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

buku, books

gambbar via merdeka.com

Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks deskripsi:

  1. Menggunakan kata benda sesuai topik yang dideskripsikan. Seperti: sekolah, rumah, guruku, teman saya, dan yang lainnya.
  2. Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya yaitu beliau adalah seorang pejabat yang rendah hati.
  3. Mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Seperti: satu siswa rajin, dua kaos kaki putih, anaknya sangat rajin.
  4. Mengandung kata kerja transitif untuk memberikan informasi subjek. Seperti: siswa itu mengenakan seragam putih biru. Bapak yang sedang memegang paying.
  5. Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) dengan tujuan mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai subjek. Seperti: saya pikir itu adalah kucing cerdas, saya yakin baju itu mahal.
  6. Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan mengenai objek. Seperti: dengan cepat, di rumah, di kantin.
  7. Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Seperti: kulitnya lembut seperti benang sutra.

Contoh Teks Deskripsi dan Strukturnya

bangunan, contoh teks deskripsi

gambar via sewakantorcbd.com

Identifikasi
Sebuah bangunan dengan arsitek modern berdiri dengan tegak di ujung jalan. Bangunan itu adalah rumahku. Ukuran rumahku tidak besar dan tidak kecil, ukurannya lumayan sesuai untuk keluarga kecilku.
Deskripsi
Dinding rumahku berwarna biru. Halamannya luas dan ditumbuhi rumput-rumput hijau. Di depan halaman ada pohon Mangga yang sedang berbuah tetapi belum masak.

Jumlah ruangan di rumahku ada empat ruang. Keempat ruang tersebut adalah dua ruang tidur beserta kamar mandi di dalamnya, sebuah ruang tamu, dan sebuah ruang makan dan dapur yang bergabung menjadisatu.

Penutup/Deskripsi bagian
Rumahku memang tidak mewah, namun cukup untuk menampung seluruh anggota keluargaku. Saya sangat bersyukur memiliki rumah ini.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

kucing lucu, kucing cantik

gambar via unsplash.com/@kotecinho

Kucing Kesayangan

Riko adalah nama kucingku yang ada di desa. Riko adalah seekor kucing kampung yang telah lama aku temukan di selokan dekat sungai saat aku hendak berangkat les.

Riko memiliki bulu hitam tanpa ada kombinasi warna apapun. Umurnya sekitar lima bulan, riko aku temukan dalam keadaan bulunya yang basah karena pada saat itu desaku sedang diguyur hujan.

Melihat Riko tampak lapar dan kedinginan aku tak tega membiarkannya tetap berada di tempat yang tidak tersebut.

Dan akhirnya aku memutuskan untuk membawa Riko pulang. Tak heran lagi, setelah beberapa hari Riko aku rawat dia berubah menjadi seekor kucing yang tangkas dan periang.

Setelah beberapa hari aku merawatnya, kini Riko telah menjadi kucing lucu yang sehat dan periang. Bermain dan jalan-jalan adalah aktivitas kegemaran si kucing lucu ini.  Setiap pagi hari

kebiasaan Riko adalah keluar rumah, dan ia akan kembali ke rumah ketika sore. Walaupun begitu setiap aku pulang dari sekolah Riko sudah stanby di rumah untuk menunggu ku pulang, dia meminta makan lalu kembali pergi bermain. Riko adalah kucing yang sangat mengemaskan.

Dengan tingkahnya yang lucu setiap hari aku merasa terhibur dengan adanya Riko. Riko adalah kucing kesayanganku.

Jika aku sedang sedih Riko selalu saja mengerti, karena setiap aku sedih Riko selalu bertingkah lucu sehingga kesedihanku akan hanyut dalam tawaku.

Kelinci

Semasa SMP aku memlihara 3 ekor kelinci yang cantik dan indah, ke 3 ekor kelinci tersebut adalah jantan. Meraka aku rawat dari kecil, waktu itu aku membelinya dari seorang sahabat yang berternak kelinci.

Masing-masing dari mereka aku beri nama, hans, alex dan jimbo, ketiganya merupakan kelinci jenis anggora, memiliki bulu yang panjang indah.

Hans adalah kelinci yang periang, ia sangat aktif sekali, dan susah untuk di ajak bermain, hans memiliki bulu berwarna putih polos bersih, saat sinar matahari menerjangnya ia nampak kemilau.

Lain hans lain pula alex, ia lebih jinak dan terlihat pendiam, bahkan alex sangat mudah sekali untuk di ajak bermain oleh siapa saja. Alex memiliki bulu dengan dua warna, yaitu putih dan warna coklat, kombinasi ke dua warna tersebut membuat alex terlihat indah.

Sedangkan jimbo adalah kelinci yang memiliki bulu warna hitam polos. Sama halnya dengan alex, jimbo juga tidak terlalu banyak bergerak, dan ia sangat mudah untuk ditangkap dan diajak bermain.

Ke tiga kelinci miliku itu sebenarnya dari dulu banyak orang yang menginginkan, namun aku tidak ingin menjual mereka, sebab bagiku mereka bukan hanya sekedar hewan peliharaan saja, melainkan teman dan sahabat bermain.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

keindahan alam, contoh teks deskripsi

gambar via unsplash.com/@adamkool

Sungai

Sungai merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia, bahkan sejak jaman dahulu, dimana peradaban manusia dimulai, sungai telah menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Maka tidaklah heran, hampir dalam setiap peradaban manusia dari masa ke masa kita menemukan pusat pemerintahan berada di dekat sungai. Sebut saja seperti Babilonia dan Mesir kuno, bukankah masing-masing dari mereka memanfaatkan sungai sebagai sumber kehidupannya, mulai untuk kebutuhan sehari-hari hingga dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

Selain itu sungai juga menyediakan sumber makanan seperti berbagai macam jenis ikan. Saat sungai masih bersih dan jauh dari polusi, ikan yang melimpah akan ditemukan.

Berbedda halnya dengan jaman dahulu, sungai akhir-akhir ini tidak dapat lagi dimanfaat untuk keperluan kehidupan, bahkan sebaliknya sungai menciptakan banyak bencana.

Hal tersebut dikarenakan sungai telah tercemar oleh berbagai macam, seperti oleh zat berbahaya serta pegunungan yang sudah gundul. Maka tidaklah heran apabila sungai sekarang memiliki warna yang coklat, sebab membawa material tanah.

Bukan hanya itu saja, sungai juga telah tercemar oleh limbah dan zat berbahaya yang dihasilkan oleh industri. Meskipun terdapat pelarangan untuk tidak membuang limbah ke Sungai, akan tetapi nyatanya masih banyak yang membuang limbah industri ke sungai.

Kurangnya pengawasan dan kesadaran menjadikan sungai perlahan demi perlahan mengalami kerusakan yang sangat serius.

Keindahan Gunung Cikuray

Gunung Cikuray merupakan gunung yang terletak di daerah Garut, Jawa Barat. Cikuray termasuk ke dalam beberapa gunung yang tidak aktif. Gunung ini erlatif tinggi, yaitu 2821 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Ketinggian tersebut menjadikan Gunung Cikuray ideal untuk di daki, sehingga tidaklah heran setiap harinya tidak pernah sepi dari para pendaki tanah air.

Gunung Cukuray terlihat menjulang tinggi dan gagah diantara pegunungan di Garut. Dari bawah kita akan melihat keindahan yang luar biasa dari gungung ini.

Sedangkan apabila kita mendakinya, Cikuray akan menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan, seperti pemandangan kota dan lampu kota, lautan awan serta pegunungan guntur yang berderet di sebelah utara dan pegunugan papandayan desebelah barat daya.

Contoh Teks Deskripsi Sekolah

sekolah, sma

gambar via kelanakota.suarasurabaya.net

SMA Negeri 19 Garut

SMA Negeri 19 Garut adalah salah satu sekolah menengah atas yang terletak di Kecamatan Bayongbong, Garut, tepatnya di jalan raya Simpang km 100. SMA ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar area, dengan setiap bangunannya terdiri dari dua lantai.

Berbeda halnya dengan SMA lain di Garut, SMA 19 hanya memiliki satu gerbang saja, yaitu di bagian Barat. Sedangkan untuk fasilitasnya, SMA ini memiliki berbagai sarana penunjang yang memadai, seperti lab komputer, 1 aula besar, kantin, laboratorium IPA, lab bahasa, UKS dan koperasi siswa.

Meskipun memiliki fasilitas yang terbilang lengkap, sayangnya sekolah ini terlihat gersang, sebab tidak memiliki pepohonan. Hanya terdapat beberapa tanaman di dalam pot saja yang terhitung minim.

Lapang basket yang terdapat di pusat sekolah menjadikan sekolah ini terlihat ramai dengan berbagai kegiatan dan aktifitas, meskipun terkadang sedikit mengganggu kelas karena kebisingan yang ditimbulkan.

Kemudian ada yang unik dari SMA ini, dimana lokasinya yang berdekatan dengan pasar menjadikan suasana kelas terkadang sedikit berisik oleh suara yang ditimbulkan dari pasar, seperti orang yang sedang berjualan, pengaman dan suara musik.

Boarding School

Boarding School adalah sebuatan bagi sekolah yang menyediakan tempat tinggal sekaligus atau dalam bahasa lain asrama. Selain itu dari segi pendidikan dan pengajaran boarding school biasanya menambahkan pendidikan atau pengajaran agama, seperti pondok pesantren. Sehingga diharapkan siswa nantinya akan meiliki keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat.

Maka akhir-akhir ini tidaklah heran apabila orang tua lebih mempercayakan pendidikan terhadap boarding school dibandingkan dengan pendidikan formal biasa.

Memiliki kelebihan dari segi pengajaran, bukan berarti tanpa kekurangan, sebab boarding school pembiayaan lebih mahal, sehingga tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan.

Beberapa keunggulan dari boarding school bebera diantaranya ialah, lingkungan yang terkondisikan, menghindari kesenjangan sosial, kegiatan terpantau secara keseluruhan dll.

Bagi mereka yang memiliki pendanaan lebih, tentu boarding school akan menjadi pilihan tepat untuk tempat sekolah anak-anaknya.

Contoh Teks Deskripsi Orang

muslimah, ukhti

gambar via wahdah.or.id

Ruhama

Ruhama yang akrab dipanggil Ruru merupakan teman sekaligus adik kelasku di Kampus. Dia memiliki tubuh yang kecil dan berkulit putih cerah, dalam kesehariannya ia senantiasa berkacamata dan berpakaian dengan rapih.

Dalam aktivitas kesehariannya ia senantiasa ceria, senang mengobrol dengan banyak orang, ia juga tidak ingin harinya terbuang sia-sia dengan mengerjakan sesuatu yang tidak bermanfaat.

Aktivitasnya yang padat tidak membuat dia melupakan membaca Al-quran, dalam setiap waktu senantiasa menyempatkan untuk membaca Al-Quran.

Selain kuliah, ia juga aktiv di beberapa oraganisasi dan komunitas, baik dalam kampus maupun luar kampus. Ia beranggapan bahwa dengan organisasi kemampuan diri akan berkembang.

Ari Yuli Lestari

Ari Yuli Lestari yang akrab dipanggil Ari merupakan seorang mahasiswi Universitas Siliwangi angkatan 2015 Jurusan Biologi. Dia memiliki badan tinggi semampai dan berkulit putih cerah, berkacamata dan senantiasa mengguna pakaian syar’i.

Ari adalah sosok yang ceria dan periang, maka tidak heran banyak teman-teman yang menyukainya. Perempuan yang sangat menyayangi anak-anak ini memiliki kegiatan yang unik, salah satunya mendongeng, dimana ia berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya.

Aktivitas yang begitu padat tidak membuat ia lupa akan prestasi akademik, hal ini terbukti dengan indeks prestasi kumulatif yang didapatkan cukup baik.

Contoh Teks Deskripsi Buah

jeruk, orange

gambar via unsplash.com/@xialong

Buah Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang paling populer dan banyak digemari oleh masyarakat dunia. Rasanya yang segar dan manis menjadi salah satu alasannya. Bentuk buah apel bulat tidak sempurna, buah ini memiliki dua warna, yaitu hijau dan merah. Apabila dibandingkan dengan buah lain, apel memiliki kulit yang cendrung lebih tipis.

Kulit apel yang masih muda memiliki tekstur yang kasar, hal ini berbeda dengan tekstur kuli apel yang sudah matang dimana lebih halus.

Bagin daging dari buah apel berwarna putih bersih, namun terkadang dalam beberapa kesempatan terlihat sedikit kekuningan.

Buah apel biasa diolah menjadi berbagai jenis makanan atau minuman, yang paling terkenal dari olahan buah apel ialah sari apel, jus apel dan keripik apel.

Buah Jeruk

Buah jeruk merupakan buah yang memiliki banyak manfaat karena mengandung banyak fitamin C, maka tidaklah heran apabila sebagian besar orang sangat menyuakainya. Jeruk memiliki bentuk yang bulat, kulit ber berwarna hijau dan orange dengan bintik atau pori. Sedangkan untuk bagian dalammnya buah jeruk terdiri dari beberapa pasi dengan bentuk bulat melingkar.

Jeruk memiliki jenis dan variasi yang sangat beragam, sejauh ini jeruk lokal Indonesia tidak kalah dengan jeruk-jeruk yang ada di luar negeri. Bahkan beberapa negara mengakui akan hal ini, dimana jeruk Indonesia menjadi perimadona.

Mengonsumsi jeruk setiap harinya akan mendatangkan banyak manfaat, sebab seperti yang telah disinggung pada bagian sebelumnya, jeruk mengandung vitamin C.

Contoh Teks Deskripsi Tanaman

bunga indah

gambar via bobo.grid

Bunga Mawar

Bunga mawar atau bunga rose merupakan tanaman yang berasal dari daerah China, Timur Tengah dan Eropa Timur. Bunga mawar adalah tanaman populer yang dikenal banyak orang di seluruh dunia. Mawar memiliki susunan yang unik, tanaman ini termasuk ke dalam tanaman group berbiji serta pohon batang berkayu.

Mawar termasuk ke dalam tanaman dikotil, itu artinya memiliki akar tunggal. Tanaman ini juga memiliki kambium, maka tidak heran apabila batangnya dapat tumuh besar.

Mawar memiliki jenis yang bermacam-macam, seperti warna ungu, merah, putih, jingga, kuning, hijau dan lain sebagainnya. Keindahan warnanya membuat setiap orang akan merasa jatuh cinta, maka tidak heran apabila bunga mawar dijadikan sebagai media untuk mengungkapkan perasaan. Maing-masing warna dari bunga mawar memiliki arti yang berbeda.

Contoh Teks Deskripsi Perjalanan

kereta api

gambar via tribunnews.com

Naik Bus

Beberapa hari yang lalu saya melakukan perjalanan dengan bus dari Tasikmalaya, Jawa Barat menuju Magetan, Jawa Timur. Hal ini baru pertama kali saya lakukan, mengingat sebelum-sebelumnya biasanya menggunakan kereta. Melakukan perjalanan dengan bus adalah sesuatu yang menyenangkan meskipun durasinya terbilang lama.

Perjalanan yang biasanya ditempuh dengan waktu 7 jam saja menggunkan kereta, dengan bus ditempuh sekitar 12 hingga 13 jam.

Tentu saja hal ini tidaklah mengherankan, mengingat perjalanan yang ditempuh oleh bus terkadang mengalami kedala seperti macet dan sebagainya, belum lagi harus berhenti stiap beberapa jam sekali.

Contoh Teks Deskripsi Tempat Wisata

danau

gambar via pemburuombak.com

Situ Bagendit

Salah satu tempat wisata populer di Kabupaten Garut, bahkan di Jawa Barat adalah Situ Bagendit. Tempat wisata ini terletak di kecamatan leles. Selain memiliki keindahan pemandangan danau yang menakjubkan, di sini juga tersedia beberapa area bermain seperti kereta dan wahana air.

Setelah menikmati indahnya pemandangan, kita juga dapat menikmati santapan khas Garut, yang tersebar di rumah makan di pinggiran danau.

Situ Bagendit akan cocok rasanya apabila dijadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga, melepas penat di akhir pekan. Spulangnya berwisata dari tempat ini dijamin kita akan mendapatkan pikiran yang lebih segar.


Nah itu dia tulisan mengenai contoh teks deskripsi dengan berbagai topik, seperti mengenai alam, hewan, tumbuhan, orang, tempat dan lain sebagainya. Apabila kalian menginginkan topik lain, kalian bisa request di kolom komentar ya. Kemudian jangan lupa untuk membaca postingan sebelumnya mengenai contoh teks ekposisi, yang tentunya akan menambah ilmu kalian.

Barang kali dari kalian ada yang bertanya mengenai perbedaan dari teks deskripsi dan teks deskriptif, kalian dapat melihat penjelasannya disini.

Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply