Contoh Teks Biografi Lengkap Pengertian, Ciri & Struktur

Contoh Teks Biografi – Teks biografi dapat diartikan atau didefinisikan yaitu sebagai suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut bisa menjadi teladan untuk orang banyak.

Selain biografi, ada juga yang namanya Autobiografi atau riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut. Untuk itu, antara biografi dan autobiografi sangatlah berbeda.

Perbedaan tersebut dapat ditinjau dari penulisnya, apakah riwayat tersebut ditulis sendiri atau orang lain yang menulisnya.

Sedangkan jawaban teratas dari web terkenal yaitu brainly mengenai perbedaan biografi dan auto biografi terletak pada penulisnya saja.

Baca juga : 11+ Contoh Teks Eksposisi & Paragraf Eksposisi [Lengkap]

Nah, berikut akan kami ulas sedikit tentang teks biografi.

Ciri – Ciri Teks Biografi

kapur, chlalk

gambar via unsplash.com

Berikut ini merupakan ciri-ciri dari teks biografi, hal tersebut sekaligus menjadi pembeda dengan teks lain, misal teks eksposisi dan lain sebagainya.

  • Memuat fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan
  • Memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi
  • Teks biografi harus memiliki struktur yang jelas

Jenis – Jenis Teks Biografi

jenis teks,

gambar via eduspensa.com

Terdapat teks biografi dengan berbagai jenis atau macam, hal ini dapat dilihat berdasarkan hal-hal berikut ini.

NoJenis Teks Biografi
1Berdasarkan sisi penulis
2Berdasarkan isinya
3Berdasarkan persoalan yang dibahas
4Berdasarkan penerbit

Berdasarkan Sisi Penulis

  • Autobiografi, suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut.
  • Biografi, suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh orang lain.

Biografi berdasarkan izin penulisan dibagi menjadi dua:

  • Authorized biography, biografi yang penulisannya mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang akan ditulis cerita hidupnya.
  • Unauthorized biography, biografi yang penulisannya tanpa seizin dan sepengetahuan tokoh yang akan di tulis kisah hidupnya. Biasanyapenulisan unauthorized biography terjadi karena tokoh tersebut telah wafat.

Berdasarkan Isinya

  • Biografi perjalanan hidup, berisi sebuah perjalanan hidup lengkap seorang tokoh atau diambil dari bagian-bagian yang dianggap mempunyai kesan.
  • Biografi perjalanan karir, berisi sebuah perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini atau bisa juga perjalanan karir dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu.

Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

  • Biografi politik, penulisan cerita hidup tokoh suatu negara yang dilihat dari sudut pandang politik. Biografi semacam ini mendapatkan bahan dari kumpulan berbagai riset. Akan tetapi, biografi politik biasanya tidak lepas atau sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang minta untuk ditulis.
  • Biografi intelektual, kumpulan bahannya yang didapatkan dari berbagai riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.
  • Berdasarkan jurnalistik, sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.

Berdasarkan Penerbit

  • Buku sendiri, sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri.
  • Buku subsidi, penulisan biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. Biasanya biografi seperti jika dilihat dari segi komersil tidak akan laku ataupun jika laku harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

Struktur Teks Biografi

contoh teks biografi

gambar via slideshare.net

Orientasi
Tahap ini adalah bagian pengenalan suatu tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh tersebut di dalam teks biografi.
Peristiwa dan Masalah
Tahap kejadian atau peristiwa yang dialami oleh tokoh. Berisi penjelasan suatu cerita baik itu berupa pemecahan masalah, proses berkarir, peristiwa menyenangkan, menegangkan, yang pernah dialami oleh tokoh hingga mengantarkannya meraih mimpi, cita-cita dan kesuksesan.
Reorentasi
Bagian penutup. Berisi mengenai pandangan penulis kepada tokoh yang dikisahkan. Reorentasi ini bersifat opsional semata, jadi boleh ada maupun tidak ada.

Unsur Kebahasaan Teks Biografi

contoh teks biografi

gambar via busy

Kata Hubung

Kata hubung berfungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain dalam sebuah kalimat dan juga kata hubung antara satu kalimat dengan kalimat yang lain. Contoh: dan , tetapi, lalu, kemudian.

Baca juga : Teks Persuasi | Pengertian, Contoh, Ciri & Struktur

Apabila kata hubung tersebut berfungsi menyambungkan antara satu kalimat dengan kalimat lain, kata hubung itu dinamakan konjungsi antarkalimat. Contoh: oleh karena itu, akan tetapi, meskipun demikian, tidak hanya itu.

Rujukan Kata

Rujukan kata yaitu kata yang merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya. Kata rujukan dikatagorikan menjadi beberapa bagian, antara lain:

  • Kata rujuk benda atau hal. Contoh : ini, itu, tersebut.
  • Kata rujuk tempat. Contoh : disini, disana, disitu.
  • Kata rujuk orang. Contoh : dia, ia, beliau, mereka, -nya.

Peristiwa, Waktu dan Tempat

Dalam teks biografi, terdapat kata yang berfungsi menunjukkan peristiwa, waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh.

Kata Kerja

Kata kerja atau verba merupakan kata yang menjelaskan sesuatu hal yang dilakukan oleh tokoh. Kata kerja dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan bentuk dan berdasarkan jenis.

Kata kerja berdasarkan bentuk

1. Kata kerja dasar
Kata kerja dasar adalah kata kerja yang masih dalam bentuk aslinya, yang berarti kata kerja ini belum mengalami pengimbuhan baik awalan, akhiran ataupun sisipan. Contoh : lari, ajak, ambil, pukul.
2. Kata kerja berimbuhan
Kata kerja berimbuhan merupakan kata kerja yang sudah mengalami penambahan, baik berupa awalan, akhiran, maupun sisipan. Contoh :

Mengambil. Awalan = me + ambil (kata kerja dasar)

Mengadili. Awalan = meng + adil (kata kerja dasar) + i (akhiran)

Contoh Teks Biografi Tokoh Terkenal

contoh teks biografi habibi, bj habibi

gambar via ehef.id

Baacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan B.J Habibie merupakan tokoh yang sangat terkenal di Indonesia maupun dunia. B.J Habibie pada tanggal 25 Juni 1936 lahir tepatnya di Pare-Pare. Tokoh yang satu ini bahkan pernah menjabat menjadi presiden Indonesia.

Meskipun kepemimpinannya tidak lama, namun B.J Habibie sangat berpengaruh bagi Indonesia. Istri dari B.J Habibie bernama Ainun Bersari.

Almarhumah mendampingi B.J Habibie dalam masa perjalanan hidupnya. B.J Habibie dikenal bukan sebagai seorang politikus yang handal. Ia dikenal sebagai bapak teknologinya Indonesia. Ini dikarenakan kepintaran Habibie dalam urusan teknologi khususnya teknologi pesawat terbang.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan B.J Habibie pernah mengenyam pendidikan di ITB atau Institut Teknologi Bandung. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya untuk sekolah di Jerman.

Pada saat di Jerman inilah banyak pihak yang merasa kagum dengan B.J Habibie dalam urusan pembuatan pesawat terbang. B.J Habibie mampu memberikan semangat pada kaum muda Indonesia, jika anak-anak Indonesia mampu bersaing dalam teknologi.

Contoh Teks Biografi Tentang Penulis Buku

contoh teks biografi orang terkenal

gambar via cerita ihsan.com

Tere Liye adalah penulis terkenal di Indonesia. Nama Tere Liye ini adalah nama pena dari seorang penulis yang bernama Darwis. Tere Liye bisa dikatakan sebagai penulis paling produktif saat ini. Pasalnya penulis yang satu ini selalu mengeluarkan karya-karya baru di setiap tahunnya.

Tere Liye lahir di pedalaman Sumatera pada tanggal 21 Mei 1979. Saat ini usianya akan menuju ke 40 tahun. Penulis novel yang satu ini adalah penulis yang sangat tidak biasa ide-ide novelnya.

Hampir semua genre novel pernah ditulis oleh Tere Liye. Ia sudah menulis novel dengan berbagai tema mulai dari cinta, politik, ekonomi, agama, pendidikan dan berbagai tema lainnya. Setiap kali Tere Liye merilis novel, novel terbitannya selalu diburu oleh penikmat novel Indonesia.

Padahal jika melihat latar belakang Tere Liye, ia tidak memiliki jejak penulis. Pendidikannya adalah Ekonomi dari kampus Universitas Indonesia.

Ayah dan ibu Tere Liye hanya seorang petani biasa. Namun bakat Tere Liye dalam menulis tidak perlu diragukan lagi. Bahkan beberapa novel karyanya sudah di filmkan. Beberapa karya yang di filmkan seperti Hafalan Sholat Delisa dan Bidadari-Bidadari Surga.

Hal yang semakin membuat banyak orang kagum adalah ternyata menulis bukan pekerjaan utama seorang Tere Liye. Tere Liye adalah seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Indonesia.

Menulis hanyalah sebagai hobi dari Tere Liye. Melalui tulisannya, pembaca bisa belajar banyak hal. Di novel Negeri Para Bedebah, pembaca bisa belajar tentang ekonomi dan politik dunia. Di novel Sunset Bersama Rossi,pembaca bisa belajar mengenai ketulusan cinta sejati.

Saat membaca karya-karya Tere Liye, penulis akan disajikan cerita yang tidak bisa. Dari semua cerita ini pembaca akan paham jika penulis novel yang satu ini sangat luas sekali pengetahuannya akan dunia luar. Saat ini, Tere Liye telah menulis lebih dari 30 novel. Tentu saja ini prestasi yang sangat mengagumkan.

Contoh Teks Biografi yang Membahas Diri Sendiri

contoh teks biografi diri sendiri

gambar via devianart.com

Saya adalah seorang laki-laki kelahiran kota Medan dan dilahirkan tepat pada tanggal 20 September 1994. Ayah dan ibu saya memberikan saya nama Putra Shahreza. Ayah saya bernama Amir Shahreza dan ibu saya bernama Martha Asinta. Di keluarga, saya adalah anak pertama dari 3 bersaudara. Adik saya yang pertama bernama Dani dan yang kedua bernama Doni.

Saya menempuh pendidikan di kota Medan sejak SD, SMP dan SMA. SD Muhammadiyah 2 Medan adalah tempat dimana saya menyelesaikan pendidikan dasar. Setelah lulus, saya melanjutkan ke jenjang SMP di, SMP Negeri 11 Medan. Selepas SMP saya menempuh pendidikan di SMA Kartini Medan.

Selepas SMA, saya melanjutkan kuliah di Universitas Medan jurusan tata boga. Saya menempuh pendidikan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang selalu saya raih. Bahkan saya berhasil menjadi lulusan terbaik di tempat saya kuliah.

Tentu saja ini saya lakukan untuk bisa membuat orangtua saya merasa bangga. Bagi saya belajar keras dan bekerja keras adalah sesuatu yang harus dilakukan. Tidak ada kesuksesan yang dapat diraih tanpa adanya kerja keras.

Saat ini saya sudah berhasil membuka restoran sendiri. Hal ini adalah impian saya sejak kecil. Saya memang suka sekali makan enak dan juga masak masakan yang enak.

Bagi saya pendidikan memang sangat penting dan mewujudkan cita-cita adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Itulah perjalanan singkat kehidupan saya, semoga hal ini dapat menginspirasi banyak orang.

Contoh Teks Biografi Bahasa Inggris

ronaldo

gambar via bolasport.com

The world of football belongs to Cristiano Ronaldo. He became a star thanks to his experience in round leather processing. Although according to many circles, his achievements are still below Lionel Messi, but Cristiano Ronaldo is still considered one of the best soccer players at the moment.

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro is his full name and has the nickname CR7. He was born on February 5, 1985 in Santo António, district of Funchal, island of Madeira (Portugal). The youngest of the four brothers is the son of the couple Aviero Early and Maria Dolores dos Santos. His father worked as a gardener in the city. Ronaldo’s name was given by his father because he greatly admired Ronald Reagan.

Cristiano Ronaldo was born in the middle of a poor family. Since childhood, he had to share a room with his brothers. And this family adheres to Catholic teachings.

While attending school, Cristiano Ronaldo was quite popular among his classmates, but had to be expelled from school for throwing a chair at his teacher.

Until he obeyed his mother’s will to focus on the world of football. At the age of 8 years he joined the club of Andorinha and then at the age of 10 he joined C.d. National In this club the ability of Cristiano Ronaldo is growing rapidly. Finally, Sporting Lisbon became interested in the skill of Cristiano Ronaldo and recruited him at the age of 16.

He debuted with Sporring Lisbon in October 2001. Along with Sporting Lisbon, he won 25 times and scored 3 goals.

On August 6, 2003, during the inauguration of the Estadio José Alvalade, a friendly match was played between Sporting Lisbon and Manchester United. Cristiano Ronaldo starred in the game and his club won the match with a score of 3-1.


Penutup

Demikian pembahasan mengenai teks biografi yang meliputi contoh, struktur, tujuan, ciri, unsur dan kaidah kebahasaan yang digunakan. Semoga tulisan ini dapat membantu serta memberikan pemahaman yang baik. Apabila terdapat kekeliruan mohon untuk dimaafkan, koreksi dapat ditulis dikolom komentar dan jangan lupa baca artikel sebelumnya mengenai contoh teks editorial.

Terimakasih

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply