Contoh Proposal Skripsi dan Cara Membuatnya

Contoh Proposal Skripsi – Hai sobat mahasiswa, kali ini cakhasan.com masih akan membahas seputar karya ilmiah, yaitu mengenai proposal skripsi. Bagi mahasiswa tingkat akhir alias semester tua, proposal skripsi merupakan hal penting yang harus segera dituntaskan.

Pasalnya, proposal skripsi ini adalah langkah awal untuk mengerjakan sebuah skripsi. Dimana di dalamnya memuat hal-hal berikut.

  1. Topik
  2. Latar belakang permasalahan
  3. Rumusan masalah
  4. Tujuan penelitian
  5. Metode penelitian
  6. Penelitian terkait

Secara garis besar hal-hal di ataslah yang terdapat di dalam sebuah proposal. Setelah proposal skripsi tersebut disusun atau dibuat, proses selanjutnya ilah disidangkan. Hal ini untuk mengetahui apakah topik skripsi tersebut layak diangkat atau tidak.

Nah mungkin sekarang muncul pertanyaan seperti ini

Bagaimana cara membuat proposal skripsi yang baik dan benar?

Hal tersebut akan coba kita bahas secara lengkap berdasarkan pengalaman, serta pada bagian akhir kita juga akan membahas mengenai contoh proposal skripsi yang tentunya dapat dijadikan sebagai referensi. Berikut pembahsannya.

Pengertian dan Contoh Proposal Skripsi

contoh proposal skripsi, paper and pen

gambar via unsplash.com

Ada baiknya proses belajar membuat skripsi dilakukan mulai dari semester awal. Alasannya tentu untuk mempermudah dan membiasakan diri dalam membuat sebuah karya tulis. Sehingga ketika kalian sampai di semester yang mengaharuskan membuat skripsi, kalian sudah merasa siap.

Kemudian apakah proposal skripsi itu? Proposal skripsi ialah laporan usulan penelitian tugas akhir (skripsi). Setiap kampus memiliki sistematika penulisan yang berbeda-beda. Bahkan di kampus saya penulisan proposal skripsi antar Fakultas dan Jurusan memiliki perbedaan. Sebagai contohnya antara Fakutas Teknik dengan Fakultas Ekonomi.

Apabila sebuah proposal tersebut telah selesai dibuat dengan memenuhi sistematika yang diberlakukan, proses selanjutnya ilah disidangkan. Proses sidang proposal skripsi biasanya disebut dengan ujian proposal (UP). Siadang UP sendiri dihadiri oleh dosen penguji, dan dosen calon pembimbing. Hal dilakukan untuk mengukur sejauh mana kelayakan dari proposal untuk diselesaikan.

Jika dilihat berdasarkan bentuknya, proposal skripsi dibedakan menjadi dua bagian, yaitu prosal mini dan proposal penuh. Berikut defini kedua jenis prosal;

Proposal Skripsi Mini

buku dan pensil, proposal skripsi mini

gamabr via unsplash.com

Proposal skripsi mini ialah proposal yang terdiri satu bab. Biasanya hanya memuat pendahuluan saja, yang di dalamnya terdapat latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian dsb. Meskipun dalam proses pengerjaan dikatakan cepat, akan tetapi proposal skripsi dengan bentuk ini memiliki kelemahan, dimana mahasiswa harus mengerjakan bab 2 dan bab 3 secara terpisah setelah ujian proposal.

Hal ini juga yang diterapkan jurusan saya, dimana mahasiswa hanya mengerjakan bab 1 saja sebagai syarat UP. Akan tetapi terkadang setelah ujian proposal tidak sedikit mengganti topik pembahasannya.

Proposal Skripsi Penuh

book, buku

gamabr via unsplash.com

Proposal skripsi penuh adalah jenis proposal dalam bentuk yang lebih lengkap apabila dibandingkan dengan yang sebelumnya. Jika proposal skripsi mini hanya terdiri satu bab 1 saja, beda halnya dengan jenis proposal skripsi ini. Dimana proposal skripsi penuh setidaknya terdiri dari bab 1 hingga bab 3.

Kelebihan dari proposal skripsi penuh, selain lebih lengkap, arah penelitian yang hendak dilakukan lebih jelas. Namun dalam proses pembuatannya sendiri proposal penuh memerlukan waktu yang lebih lama.Proposal penuh dikatakan siap untuk diujikan saat selesai hingga bab 3, bahkan lebih.

Proses Menyusun dan Contoh Penulisan Proposal Skripsi

menyusun proposal skripsi

gambar via unsplash.com

Seperti yang telah disinggung pada bagian atas, tahap awal dalam pembuatan skripsi ialah penyusunan proposal. Saat menyusun proposal seorang mahasiswa dapat dengan leluasa mengangkat sebuah topik yang hendak diangkat.

Secara keseluruhan bagian dalam sebuah proposal skripsi terdiri dari tiga bagian;

  • Bagian Awal
  • Bagian Pokok
  • bagian Akhir

Dari ketiga bagian tersebut yang paling penting ialah babgian pokok, dimana menggambarkan perencanaan penelitian secara keseluruhan.

Bagian awal meliputi sampul, halaman persetujuan, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran. Bagian pokok tediri dari pendahuluan yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan penelitian terkait. Sedangkan untuk bagian akhir hanya terdiri dari daftar pustaka saja.

Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai sistematika dan contoh penulisan proposal skripsi, baik dalam bentuk mini maupun lengkap.

Sistematika Proposal Skripsi

COVER

LEMBAR JUDUL

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Landasan Teori
2.1.1 Bag. Ladasan Teori
2.2 Kerangka Pikir

BAB III. METODE PENELITIAN
3.1 Lokasi dan Waktu Penelitian
3.2 Teknik Pengumpulan Data
3.3 Teknik Analisis Data
3.4 Analisis Sistem

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Penjelasan Sistematika Proposal Skripsi

Pada bagian ini kita akan membahas secara detail dan menyeluruh mengenai sistematika dari proposal skripsi, dimana kita akan membaginya ke dalam 3 bagian, yaitu awal, pokok dan akhir. Untuk bagian awal terdiri dari cover hingga daftar lampiran, bagian pokok terdiri dari bab 1 hingga bab 3, sedangkan untuk bagian akhir daftar pustaka dan lampiran.

Bagian Awal

Cover Proposal

Cover proposal adalah halaman paling depan yang kita lihat, memuat judul proposal skripsi, nama dari penyusun, no induk mahasiswa, logo Universitas, bidang studi, nama fakultas, nama universitas, nama daerah dan tahun dibuatnya.

Lembar Judul

Tidak semua Universitas atau perguruan tinggi menerapkan hal ini, lembar judul hanya berisikan selembar kertas yang bertuliskan judul dari proposal skripsi.

Lembar Pengesahan

Lembar pengesahan adalah halaman yang ditandatangani oleh pimpinan fakultas dan jurusan. Dengan begitu, artinya proposal tersebut telah disahkan atau disetujui secara administrasi. Akan tetapi di beberapa perguruan tinggi untuk proposal skripsi tidak diperlukan pengesahan, hanya perlu acc dari dosen pembimbing saja.

Daftar Isi

Daftar isi merupakan daftar halaman dari isi proposal yang bertujuan sebagai navigasi, dimana pembaca atau menguji akan merasa lebih mudah ketika mencari suatu pembahasan.

Daftar Tabel

Daftar tabel adalah daftar judul-judul tabel yang terdapat di dalam sebuah proposal skripsi. Daftar tabel berguna untuk mempermudah pembaca atau pihak terkait yang ingin mencari suatu pembahasan.

Daftar Gambar

Daftar gambar adalah bagian penunjuk seluruh gambar yang terdapat dalam proposal skripsi, jika proposal tidak memiliki gambar sebaiknya jangan menambahkan daftar gambar.

Daftar Lampiran

Daftar lampiran memuat semua lampiran yang terdafat dalam proposal penelitian. hal yang biasa dilampirkan seperti surat penelitian, berkas-berkas dan lain sebagainya.

Bagian Pokok

BAB I

Bab 1 adalah sebuah bab yang berisikan pendahuluan seperti latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan peneliitian dan manfaat penelitian.

BAB II

Bab 2 berisikan landasan teori atau tinjauan pustaka, disarankan dalam bagian ini jangan memasukan hal yang dianggap kurang penting.

BAB III

Bab 3 adalah bab yang berisika mengenai metode penelitian yang dilakukan, tempat penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan, analisis data dan analisis sitem

catatan : Apabila kalian hanya membuat sebuah proposal penelitian dengan bentuk mini, sukup bab satu saja

Bagian Akhir

Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi literature atau referensi yang kita gunakan dalam membuat proposal skripsi. Referensi yang digunakan beragam, bisa dari jurnal, buku, majalah, koran ataupun dari internet.

Lampiran-Lampiran

Lampiran merupakan sebuah halaman yang berisikan bukti atau pendukung dari sebuah proposal penelitian, dapat berupa scanan atau fotokopian berkas-berkas terkait.

Langkah Membuat Proposal Skripsi yang Baik dan Benar

langkah, step

gambar via unsplash.com

Berikut adalah langkah-langkah membuat proposal skripsi yang baik dan benar. Kalian dapat mengikuti langkah demi langkahnya.

  1. Topik penelitian merupakan hal utama yang harus kalian tentukan. Kalian bisa mendapatkan ide dari mana saja, bisa membaca skripsi orang lain, membaca jurnal ataupun berita-berita di media masa. Akan tetapi alangka baiknya kalian persiapkan jauh-jauh hari dari semester awal.
  2. Mencari referensi sebanyak mungkin, bahan referensi bisa berupa buku, jurnal, dan sumber bacaan lain. Sumber referensi yang baik akan sangat mendukung kualitas penelitian yang dilakukan.
  3. Menentukan rumusan masalah dari latar belakang, susun sedemikian rupa, sehingga mendapatka apa saja yang hendak dijadikan sebagai rumusan masalah.
  4. Menyusun metode penelitian sebagai langkah untuk menjawab rumusan masalah.
  5. Menentukan judul skripsi yang diajukan, buatlalah menarik dan sesuaikan dengan topik yang diangkat.
  6. Setelah semua tahapan berhasil dilakukan, langkah selanjutnya tinggal melengkapi proposal dengan cara mengikuti sistematika yang telah ditentukan.
  7. Jangan lupa setiap perkembangan didiskusikan dengan dosen pembimbing.

Cara Menemukan Ide Proposal Skripsi

Nah jika kalian masih merasa bingung dan belum mendapatkan ide untuk proposal skripsi, kalian bisa ikuti cara berikut ini.

  1. Coba buka kembali mata kuliah yang pernah kalian pelajari, terutama yang menyangkut bidang keahlian kalian. Analisis satu perstu, kira-kira ada gak pembahasan menarik yang dapat diangkat.
  2. Membaca jurnal sebanyak mungkin yang berhungan dengan minat kalian.
  3. Membaca skripsi kaka tingkat kalian, kemudian pelajari.
  4. Melakukan diskusi dengan teman satu jurusan ataupun dosen, dengan begitu ide kalian akan terangsang.
  5. Mencari kekurangan penelitian dari yang telah dibuat, kemudian kalian tambahkan hal-hal yang baru.

Contoh Proposal Skripsi Pribadi

Halaman Cover

KOMPARASI DAN IMPLEMENTASI BEBERAPA METODE PERAMALAN (FORECASTING) DALAM APLIKASI JUMLAH PENJUALAN MOBIL
(Studi kasus : PT. Astra Daihatsu Mobil (ADM) Cabang Tasikmalaya)

USULAN PENELITIAN
TUGAS AKHIR

Oleh :
Nama : Hasanudin
Npm : 1470062xx

logo unsil, gambar logo unsil png

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SILIWANGI
TASIKMALAYA
2018

Lembar Pengesahan

LEMBAR PENGESAHAN
KOMPARASI DAN IMPLEMENTASI BEBERAPA METODE PERAMALAN (FORECASTING) DALAM APLIKASI JUMLAH PENJUALAN MOBIL
(Studi kasus : PT. Astra Daihatsu Mobil (ADM) Cabang Tasikmalaya)

USULAN PENELITIAN
TUGAS AKHIR

Oleh :
Hasanudin
1470062xx

Disahkan oleh :

Pada bagian ini tuliskan calon pembimbing satu dan dua/ Kalian dapat melihat panduan kampus masing-masing

Bagian Isi

Judul/ Topik

KOMPARASI DAN IMPLEMENTASI BEBERAPA METODE PERAMALAN (FORECASTING) DALAM APLIKASI JUMLAH PENJUALAN MOBIL

Bidang Ilmu

Informatika dan Sistem Inteligen

Latar Belakang

Marketing memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan, sebab perusahaan penjualan atau jasa dikatakan sukses apabila marketing berjalan dengan baik.

Marketing sendiri merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsunngan hidupnya untuk berkembang dan mendapatkan laba.(Swastha dan Irawan, 2008:5).

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Pada tahun 2016 tiga industri kendaraan teratas di ukur dari tingkat penjualan ditempati oleh Toyota dengan jumlah penjualan 275.071.

Di posisi kedua dan ketiga berturut – turut di tempati Honda dengan penjualan 151.849 serta Daihatsu dengan jumlah penjualan 133.556. Dari data penjualan teersebut untuk periode selanjutnya dapat di ukur dengan peramalan.

Dalam sebuah perusahaan diperlukan perencanaan. Perencanaan yang di maksud merupakan peramalan jumlah penjualan mobil. Baik berdasarkan jenis, tipe maupun warna mobil. Yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Penelitian sebelumnya mengenai peramalan jumlah penjulan mobil dengan menggunakan berbagai metode telah banyak dilakukan diantaranya oleh Iqbal Fiqriansyah (2011), Dimas Permadi Cahyono (2012), Yuli Kurniati (2014), Helmiyanti Muhadi Mudi (2016) Marco Hulsmann, dkk (2012) Jon Chirstison (2008) Jeh nan pan (2008).

Dari hasil penelitian – penelitian tersebut dikatakan bahwa peramalan memang penting dilakukan untuk kebutuhan perencanaan. Akan tetapi untuk penggunaan metode dalam peramalan dapat disimpulkan tidak ada metode yang benar – benar unggul.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut

  1. Bagaimana cara membandingkan metode peramalan yang efektif.
  2. Bagaimana mengimplementasikan metode peramalan dalam sebuah aplikasi.
  3. Bagaimana aplikasi memberikan perbandingan dari setiap metode.

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini yaitu :

  1. Membandingkan beberapa metode time series dalam peramalan .
  2. Mendapatkan metode yang efektif untuk meramalkan penjualan
  3. Menerapkan bebrapa metode time series kedalam satu aplikasi.
  4. Mengetahui metode peramalan terbaik.

Batasan Masalah

Adapun batasan masalah dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan aplikasi peramalan menggunakan beberapa metode time series
  2. Membandingkan beberapa metode time series dalam peramalan diantaranya: Least Square, Fuzzy Time Series, Regresi Linear Sederhana dan Exponential smooting .
  3. Mengukur tingkat keakuratan dari setiap metode yang di bandingkan.
  4. Data yang digunakan untuk membandingkan beberapa metode peramalan adalah Data Penjualan 2016 sampai dengan 2017 PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Cabang tasikmalaya.

Kumpulan Contoh Proposal Skripsi

perpustakaan keren

gambar via beritagar.com

Sebaagai pelengkap pada bagian ini saya berikan beberapa contoh proposal skripsi dari berbagai bidang keilmuan. Dengan membaca berbagai contoh proposal, paling tidak kalian akan mendapat wawasan mengenai apa itu sebenarnya skripsi, dan saja yang harus kalian lakukan.

Biasa di perpustakaan kampus menyediakan contoh skripsi yang dapat kalian baca dengan leluasa. Akan tetapi jika kalian tidak memiliki cukup waktu untu pergi keperpustakaan, tidak ada salahnya untuk membaca contoh proposal berikut ini.

  • Contoh proposal skripsi Hukum (lihat disini)
  • Contoh proposal skripsi PAI (lihat disini)
  • Contoh proposal skripsi Bahasa Inggris (lihat disini)
  • Contoh proposal skripsi Manajemen (lihat disini)
  • Contoh proposal skripsi Akutansi (lihat disini)

Demikian artikel mengenai contoh proposal skripsi dan cara membuatnya, semoga menjadi referensi dan mendatangkan manfaat bagi kalian. Jangan lupa berikan komentar dan share artikel ini.

Kepoin Yuks