contoh artikel pendidikan

Contoh Artikel Ilmiah, Kesehatan dan Pendidikan

Contoh Artikel – Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar kata artikel? Berita ataukah hanya sebuah kumpulan tulisan. Secara garis besar artikel merupakan sebuah tulisan yang membahas hal tertentu. Artikel sendiri memiliki berbagai jenis, contohnya seperti artikel ilmiah dan artikel populer.

Apabila kalian ingin mengetahui lebih lanjut seputar artikel dapat dilihat dalam postingan sebelumnya mengenai pengertian dan jenis-jenis artikel. Dalam post tersebut saya membahas secara lengkap dan mendetail.

Artikel Terkait: Pengertian Artikel

Berikut pembahasan mengenai contoh artikel secara lengkap.

Contoh Artikel Ilmiah

contoh artikel ilmiah

gambar via themondoggies

Secara pengertian artikel ilmiah merupakan tulisan dengan bentuk ulasan yang disebut dengan riview article atau artikel penelitian yang kita kenal dengan research article. Semua itu dapat disusun dari sebuah laporan penelitian yang ditulis kembali dalam jurnal, yang selanjutnya dipublikasikan.

Bagi kalian yang pernah kuliah, biasanya ada beberapa tugas mata kuliah yang mengharuskan kita untuk membuat sebuah jurnal. Selain jurnal, skripsi diantaranya termasuk dalam contoh artikel ilmiah. Lebih jelasnya, berikut ini yang merupakan contoh artikel ilmiah.

Artikel Terkait: Cara Membuat Artikel

Contoh Artikel Ilmiah Penelitian

Artikel ilmiah penelitian atau research article merupakan karya tulis hasil dari penelitian, baik mahasiswa atau para peneliti profesional.

Artikel ilmiah dapat berbentuk seperti jurnal, skripsi, tesis dan desertasi. Bagi kalian seorang mahasiswa tentu sudah tidak asing lagi, apalagi yang sudah memasuki semester akhir, dimana penelitian menjadi hal yang sudah biasa.

Pada bagian ini saya akan berbagi mengenai contoh artikel ilmih penelitian yang pernah saya kerjakan. Artikel ilmiah ini dalam bentuk jurnal.


Abstract

Dengan melakukan peramalan, sebuah perusahaan akan mengetahui besaran permintaan (Demand) dimasa yang akan datang. Dengan demikian perencanaan dan strategi marketing akan lebih mudah dilakukan. Sebab dalam perusahaan penjualan atau jasa dikatakan sukses apabila marketing berjalan dengan baik .

Akan tetapi tidak ada model peramalan yang benar-benar akurat. Maka untuk mengantisifasi kesalahan peramalan, diperlukan berbandingan metode yang digunakan. Dalam paper ini di paparkan perbandingan metode peramalan dengan dua parameter yaitu Tingkat akurasi dengan menghitung MAD, MSE, MAPE dan algoritma dengan mengukur waktu eksekusi.

Perbandingan dilakukan dengan cara membuat aplikasi yang mengimplementasikan model peramalan. Sehingga diketahui model peramalan yang dapat digunakan untuk meramalkan penjualan mobil.

Model peramalan yang akan dibandingkan adalah Double Exsponential Smoothing dengan Brown’s model, Simple Regression Linier dan Moving Average.

Artikel Terkait: Struktur Artikel Lengkap

Hasil dari perbandingan Moving Average unggul dengan nilai MAPE 15,13% sedangkan untuk DES dan Simple Regression Linier adalah 19,60% dan 6,60%. Sedangkan untuk waktu eksekusi algoritma Moving Average lebih cepat yaitu 0,0000007868 sedangkan untuk DES dan Simple Regression Linier 0.0000056386 dan 0.0000046611.

Contoh Artikel Ilmiah Pendidikan

Jika artikel ilmiah penelitian biasanya dilakukan oleh mahasiswa dan peneliti profesional, beda halnya dengan artikel ilmiah pendidikan. Artikel jenis ini dibuat dan dikerjakan oleh pelajar SMA ataupun SMP.

Mungkin kalian sendiri semasa sekolah pernah membuat sebuah laporan yang berkaitan dengan percobaan atau analisis fenomena yang terjadi. Nah hal-hal semacam itu bisa disebut dengan artikel ilmiah pendidikan.

Berikut contoh dari artikel ilmiah pendidikan.


Manusia memiliki modal dasar yang sangat penting dalam menjalankan hidup, dimana diberikannya DNA (Deoxyribose Nucleic Acid) atau yang dikenal dengan asam nukleat.

Semua manusia sejak jaman Nabi Adam a.s hingga akhir nanti semuanya memiliki yang disebut dengan DNA.

Apabila tubuh diibaratkan dengan dengan sebuah bangunan, perencanaan dan proyek-proyek secara keseluruhan telah tercantum dalam DNA.

Semua tahapan perkembangan yang terjadi pada manusia, baik dalam rahim atau setelah lahir berlangsung dalam kerangka program yang telah ada sebelumnya.

Program tersebut membentuk seorang manusia, mulai bagaimana penampilan fisik, seperti rambutnya, warna kulit, bentuk hidung dan lain sebagainya. DNA dapat dikatakan cetak biru dari manusia itu sendiri.

Sepanjang penelitian yang telah dilakukan para ilmuan, setidaknya DNA memiliki kemampuan menyandi sekitar +30.000 sifat. Sifat yang dimaksud disini merupakan tidak terbatas terhadap sifat fisik semata, akan tetapi termasuk sifat psikologis.

Meskipun pada nyatanya penyandian sifat psikologis dilakukan secara tidak langsung, yaitu melalui sintesa atau pembentukan protein menjadi sebuah hormon.

Jurnal

Seperti yang telah disinggung pada bagian atas, jurnal merupakan salah satu dari artikel ilmiah. Jenis artikel ilmiah ini biasa dibuat dan dipublikasikan oleh mahasiswa, baik mahasiswa sarjana ataupun pascasarjana.

Bahkan di lingkungan akademisi sendiri jurnal merupakan sesuatu yang diharuskan, dosen di setiap Universitas atau Perguruan Tinggi diharuskan melakukan publikasi ilmiah dengan menerbitkan jurnal setiap enam bulan sekali.

Pembuatan jurnal sendiri tidak terpatok pada satu orang saja, sebab dapat dilakukan secara berkelompok, baik dua ataupun tiga orang.

Dalam proses pembuatan jurnal, seorang dituntuntut untuk memenuhi kaidah yang berlaku, mulai dari tata cara penyusunan hingga jumlah halaman, semuanya telah diatur.

Berikut contoh artikel ilmiah dalam bentuk jurnal yang dapat kalian jadikan referensi.


contoh jurnal, contoh artikel


contoh artikel, jurnal ilmiah

Untuk  mendapatkan contoh jurnal lebih banyak, kalian dapat mengunjungi website jurnal sinta dikti disini

Makalah

Bagi anak sekolah atau mahasiswa, tentu saja makalah adalah hal yang biasa, dimana hampir setiap semester mendapatkan tugas berupa karya tulis ini.

Makalah termasuk ke dalam karya ilmiah, sebab pembahasannya berisi hasil pengamatan atau kajian yang terjadi di lapangan.

Makalah sendiri dalam penulisannya memiliki prosedur, teori serta prinsip yang berhubungan dengan permasalahan yang hendak dikaji.

Secara garis besar makalah terdiri dari halaman cover, kata pengantar, pendahuluan, pembahasan, penutup dan daftar pustaka.

Contoh Artikel Pendidikan

contoh artikel pendidikan

cakhasan.com

Artikel pendidikan sendiri merupakan sebuah artikel yang mengulas atau membahas apa saja yang berhungan dengan pendidikan. Sebagai contoh pendidikan era digital dan pendidikan jaman dahulu.

Apabila dilihat dari segi kebahasaan, artikel pendidikan lebih mudah dipahami. Tentu hal ini bertujuan agar setiap pembaca mengerti serta merasa mudah. Berikut adalah contoh artikel pendidikan.

Pendidikan Era Digital

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila informasi di era digital sangat mudah di dapat, hal ini berbanding terbalik dengan jaman dulu, dimana untuk mendapatkan sebuah informasi diperlukan perjuangan yang lebih. Dengan adanya percepatan informasi ini, seharusnya proses pendidikan lebih mudah dilakukan.

Akan tetapi nyatanya arus informasi yang cepat tidak hanya mendatangkan hal positif, di dalamnya terdapat beberapa hal negatif, yang menjadikan hambatan dalam proses pendidikan.

Kecangihan teknologi seringkali dimanfaatkan untuk hal yang bersifat negatif oleh para siswa. Dimana mereka lebih senang menghabiskan waktu menonton film dan main game dibandingkan dengan membaca buku atau belajar.

Maka tak heran apabila pendidikan di era digital ini tidak lebih baik dari jaman dahulu. Bahkan apabila kita bandingkan dengan orang terdahulu, mereka lebih baik dari segi pemahaman. Padahal seperti yang diketahui, proses belajar mengajar waktu itu tidak semudah saat ini.

Mengacu pada permasalahan yang muncul, seharusnya pemerintah atau pihak terkait segeara melakukan tindakan, agar hal ini tidak berlarut-larut.

Selain pihak pemerintah, orang tua menjadi pihak utama yang harus memberingan dampak yang baik terhadap anak. Sehingga perkembangan teknologi tidak akan memberikan dampak yang negatif.

Contoh Artikel Kesehatan

contoh artikel kesehatan

gamabr via futuready

Seperti namanya, artikel kesehatan merupakan sebuah tulisan yang membahas berkenaan dengan kesehatan. Pembahasannya sendiri dapat berupa cara menjaga kesehatan, pola hidup sehat, pembahasan penyakit tertentu atau bahkan manfaat-manfaat yang berhungan dengan menjaga dan peningkatan kesehatan.

Berikut contoh artikel kesehatan yang dapat dijadikan sebagai referensi atau proses belajar pembuatan artikel, silahkan disimak.

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Minum air putih saat bangun tidur terbukti merupakan metode yang ampuh dalam menjaga kebugaran dan kesehatan. Bahkan jauh sebelum hal ini menjadi trend, masyarakat Jepang telah terbiasa dengan hal ini, dimana mereka senantiasa rutin minum di pagi hari.

Manfaat yang akan kita dapatkan ketika memutuskan rutin minum disetiap pagi tidak tanggung-tanggung, diantaranya ialah damat mengencangkan kulit, terhindardari diabetes dan obesitas, mengobati penyakit mata, kelain tubuh serta masih banyak lagi.

Kemudian mengapa minum air di pagi hari menjadi sesuatu yang penting?

70 persen dari tubuh kita berupa air, apabila kebutuhan air dalam tubuh tidak dapat terpenuhi maka sudah dapat dipastikan tubuh akan mengalami gangguan, baik jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Hal inilah yang menyebabkan minum air di pagi hari menjadi sangat penting, Untuk lebih jelasnya berikut manfaat air bagi tubuh.

Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Peningkatan metabolisme menjadi sangat penting bagi mereka yang sedang menerapkan diet ketat. Dengan meningkatnya proses metabolisme, itu artinya sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Membantu menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Malam hari adalah dimana tubuh memperbaiki diri serta mengeluarka semua racun yang ada di dalamnya. Ketika meminum air di pagi hari dalam keadaan perut kosong, artinya racun dalam tubuh dibersihkan dengan air tersebut.

Mencegah Kenaikan Berat Badan

Saat meminum air putih di pagi hari, hal tersebut secara tidak langsung dapat mencegah kenaikan berat badan. Sebab dengan minum di pagi rasa lapar dan hasrat ingin makan akan sedikit berkurang.

Contoh Artikel Lingkungan Hidup

contoh artikel lingkungan hidup, go green

gambar via greeners.co

Tidak jauh berbeda dengan artikel tentang kesehatan, yang membedakan hanyalah pembahasannya saja. Dimana artikel mengenai lingkungan hidup membahas mengenai seluk beluk atau soal lingkungan. Berikut contohnya.

Sudah Tercemarkah Udara Indonesia

Beberapa terakhir Indonesia menjadi sorotan dunia Internasional, terutama dalam urusan pencemaran udara. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, sebab seperti yang kita tahu, hampir disetiap kemarau banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut. Terlepas dari ketidaksengajaan atau kesengajaan, hal ini sangat merugikan masyarakat, tidak jarang dalam beberapa kejadian korban berjatuhan.

Lantas siapakah yang harus kita salahkan? Pemerintahkah? Pengusahakah? Atau mungkin kita hanya perlu berpasrah tanpa melakukan apapun.

Baik pemerintah maupun pengusaha seharusnya benar-benar sadar akan hal ini, banyak yang dikorbankan termasuk masa depan indonesia.

Sejak sekolah dasar kita sudah sangat sering mendengar bagaimana seharusnya menjaga lingkungan. Namun pada nyatanya setelah dewasa, justru orang-orang yang merusak lingkungan bukanlah mereka yang tidak sekolah, akan tetapi mereka yang berpendidikan.

Contoh Artikel Populer

media sosial

gamabr via digitalmerketer.id

Artikel populer ialah sebuah artikel yang menjelaskan fenomena yang sedang terjadi di masyarakat, atau masih hangat untuk diperbincangkan. Apabila diliaht dari segi kebahasaan artikel populer lebih mudah dipahami dan dimengerti. Sebab bahasa yang digunakan adalah bahasa keseharian. Berikut contohnya.

Fenomena Sosial Media

Berbicara mengenai media sosial, barangkali sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang. Siapa sih dijaman sekarang yang tidak memiliki sosial media.

Pro dan kontra mengenai sosial media terus perkembang, hal ini bukan tanpa alasan, sebab seiring berjalannya waktu banyak masyarakat diantara kita yang kurang bijak dalam memanfaatkan media sosial. Kemudian baiknya tindakan seperti apa yang perlu dilakukan supaya media sosial membawa dampak positif bukan sebaliknya.

Berikut bebrapa hal yang sebaiknya kita lakukan dalam mnyikapi fenomena media sosial.

Melakukan Kontrol

Hal yang dapat dilakukan ialah dengan cara melakukan kontrol dari dalam, baik berusaha mengontrol diri sendiri ataupun orang-orang terdekat, seperti keluarga, teman dan kerabat. Paling tidak dengan adanya pengingat kita akan lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial.

Memfilter Informasi yang Masuk

Hal negatif lain dari adanya media sosial, ialah munculnya yang disebut dengan hoax. Hal ini cukup membuat resah masyarakat dimana kita senantiasa disodori berita-berita bohong. Seperti yang kita ketahui hoax saat ini elah menjadi musuh bersama.

Contoh Artikel Bahasa Indonesia

peta indonesia, wilayah indonesia

gambar via tribunnews.com

Artikel bahasa Indonesi berikut ini bisa dijadikan sebagai referensi dalam mengerjakan tugas.

Bali Menjadi Destinasi Wisata Favorit Dunia

Bali merupakan tempat yang sangat indah, maka tidak heran apabila masyarakat dunia begitu tertarik untuk mengunjunginya.

Bahkan menurut survey yang pernah dilakukan kepopuleran Bali mengalahkan Indonesia sendiri, yang menjadi sangat menarik, akhir-akhir ini bali ditempatkan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Dunia.

Hal ini tentu saja menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia, sebab salah satu wilayahnya banyak dikunjungi wisatawan asing. Semoga untuk dimasa yang akan datang bukan hanya bali saja yang terkenal. Namun daerah-daerah lainnya.

Demikian pembahasan mengenai contoh artikel, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi kalian. Selamat belajar!!

Kepoin Yuks