gambar kupu kupu cantik, gambar kupu kupu dan bunga

Ciri-Ciri Kupu-Kupu yang Harus Kalian ketahui!

Ciri-ciri kupu-kupu – Kalian pasti sudah tak asing lagi dengan kupu kupu, salah satu hewan yang memiliki rupa indah. Kupu kupu biasanya banyak terdapat di taman bunga, kebun ataupun ladang. Tidak sedikit hewan bersayap ini menjadi favorit serta digandrumi banyak orang.

Kalian juga pasti sudah mengatuhuinya, bahwa ini tidak langsung menjadi kupu kupu, akan tetapi mengalami metamorfosisi terlebih dahulu. Di awali dengan proses telur yang menjadi seekor ulat, terus menjadi kepompong, baru setelah itu menjadi seekor kupu kupu yang terlihat cantik.

Metamorfosis kupu kupu juga menjadi yang paling sempurna, sebab untuk menjadi kupu kupu cantik, ia harus melewati beberapa fase seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Bahkan dari kupu kupu, kita dapat mengambil pelajaran hidup, yaitu harus sabar dalam menjalani setiap proses kehidupan.

Kupu kupu memiliki tiga bagian tubuh, diantaranya kepala meliputi antena, mata dan mulut. Dada meliputi, sayap serta kaki. Sedang yang terakhir perut dilengkapi alat reproduksi pada bagian tubuh.

Baca Juga : Morfologi Kupu-kupu terlengkap 

Menurut Idntimes setidaknya kupu kupu memiliki fakta yang unik, misal kupu kupu selalu makan yang berbentuk cair, memiliki sayap yang transparan, serta kupu kupu biasa minum dari butiran lumpur. Bagaimana hewan indah ini menarik bukan?

Supaya kalian tidak salah mengenali kupu kupu, yuk cari tau apa saja ciri ciri kupu, sebab ada beberapa hewan yang sepintas mirip dengan kupu kupu, seperti halnya ngengat.

Ciri-Ciri Kupu-Kupu

gambar kupu kupu cantik, gambar kupu kupu dan bunga

unsplash.com

Ciri dari kupu kupu yang begitu nampak, ialah memiliki sayap yang indah serta warna warni. Sebenarnya sayap kupu kupu selain berfungsi untuk terbang, yaitu untuk mengelabui predator yang akan memangsanya.

Selain itu, kupu kupu memiliki jenis yang beragam. Berdasarkan informasi di Indonesia terdapat 2.500 jenis kupu kupu, bagaimana dengan di dunia? Di pulau jawa sendiri terdapat 600 an jenis kupu kupu.

Dalam klasifikasi ilmiah kupu kupu merupakan hewan yang termasuk kedalam kerajaan animalia, memiliki ordo lepidoptera serta kelas insecta.

Adapun ciri-ciri kupu-kupu yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut.

  • Kupu kupu adalah hewan bersayap, dengan sayap transparan, warna yang dihasilkan sayap merupakan dari sisik.
  • Terdapat dua jenis kupu kupu, yang aktif pada siang hari, serta terdapat juga yang aktif pada malam hari.
  • Kupu kupu merupakan hewan dengan metamorfosisi sempurna, mulai dari telur, ulat, kepompong hingga menjadi kupu kupu yang indah.
  • Kupu kupu memiliki ciri khusus, jika sedang hingga ia selalu membentangkan sayap indahnya. Sedangkan untuk kupu kupu yang hidup dimalam hari seperti ngengat, memiliki warna sayap yang lebih kelabu dan kusam, serta cendrung kurang menarik. Kupu kupu dan ngengat ini masih bersaudara, atau saudara dekat.
  • Seperti yang telah dibahas pada bagian tubuh kupu kupu, bahwa ia memiiliki mata yang majemuk, serta saling melengkapi diantara keduanya.
  • Jumlah kaki kupu kupu sebanyak tiga pasang. Kupu kupu memiliki kaki yang begitu halus, sehingga tumbuhan yang ia hinggapi takan mungkin rusak, seperti bunga.
  • Dalam soal penapasan kupu kupu memanfaatkan trakea yang terdapat pada bagian dada. Trakea merupakan sejenis rongga tempat masuk oksigen, kupu juga membutuhkan oksigen dalam kadar banyak.
  • Kulit kupu kupu dari kitin
  • Memiliki sepasang sayap yang lebar melebihi dari tubuhnya, terdiri dari sayap bagian atas serta bawah. Dengan adanya dua sayap tersebut, kupu kupu akan mudah melakukan terbang.
  • Kupu kupu berkembang biak dengan cara bertelur.
  • Kupu kupu selalu memakan yang bersifat cair, semisal serbuk, nektar dan sari dari lumpur.
  • Kupu kupu memiiliki belalai sebagai alat penghisap nektar atau bunga.

Ciri-Ciri Kupu-Kupu Dalam Bahasa Inggris

kupu kupu, gambar kupu kupu, gambar kupu kupu cantik, gambar kupu kupu dan bunga

unsplash.com

Di bawah ini merupakan ciri-ciri kupu-kupu dalam bahasa Inggris, bisa jadi kalian sedang membutuhkan hal ini. Simak yuk.

  • The color of the body and butterfly wings colorful serves to deceive the enemy (warna tubuh dan sayap kupu kupu warna warni yang berfungsi untuk mengelabui musuhnya).
  • Having a mouth shaped like a trumpet which functions facilitate a butterfly sucking honey or pollinate crops ( Memiliki mulut berbentuk seperti terompet yang berfungsi memudahkan kupu-kupu saat menghisap madu atau membantu penyerbukan tanaman).
  • Having a pair (two wings) flexible that serves to facilitate butterflies on the wing ( Memiliki sepasang ( dua sayap ) yang lentur yang berfungsi untuk memudahkan kupu-kupu sewaktu terbang )
  •  Have your feet smooth so that interest its host is not broken ( Memiliki telapak kaki yang halus sehingga bunga yang dihinggapinya tidak rusak ).

Sumber : Brainly.co.id

Habitat Kupu Kupu

kupu kupu, gambar kupu kupu cantik, gambar kupu kupu dan bunga, ciri-ciri kupu-kupu

pexels.com

Setelah kita membahas ciri-ciri kupu-kupu, kita akan membahas dimana mereka biasa tinggal, yang jelas bukan dikasur ya.

Indonesia di anugrahi alam yang melimpah ruah, sebagai salah satunya adalah kupu kupu. Indonesia memiliki spesies kupu kupu hampir 2.500 jenis, tentu ini sangat banyak dibandingkan dengan negara lain.

Baca Juga: Jenis Kupu-Kupu yang Harus Kamu Ketahui!

Selain itu kupu kupu menjadi daya tarik di Indonesia, bagaimana jadinya jika taman bunga dan taman buah tanpa kupu kupu, mungkin tidak akan terlalu menarik, berkat hewan satu ini pemandangan tamana bunga atau taman buah jauh lebih berwarna dan mernarik.

Bukan hanya sebagai daya tarik, akan tetapi kupu bisa saja dijadikan pundi pundi rupiah, bagaimana caranya? Tentu saja dengan dijual.

Menurut informasi dari CV Monokwari, harga kupu kupu Indonesia berada dikisaran 4.000 sampai dengan 3.200.000 per ekornya. Kira kira dijadikan apa kupu kupu? Bukan untuk dijadikan gorengan atau sejenisnya, akan tetapi kupu kupu yang dibeli dipelihara dan dirawat untuk dijadikan tontonan, biasanya ini dilakukan oleh negara negara barat.

Habitat kupu kupu merupkan daerah – daerah dengan tinggi 2.000 mdpl (meter diatas permukaan laut), yang bisa ditemukan seperti di hutan, lahan pertanian, aliran sungai, taman buah ataupun taman bunga.

Jika anda tertarik dengan kupu kupu, tentu saja dapat mengunjungi daerah daerah tersebut. Karena kalau di daerah perkotaan sangat jarang sekali ditemukan kupu kupu.

Makanan Kupu Kupu

gambar kupu-kupu

pexels.com

Thukah kalian, bahwa kupu kupu tidak hanya memakan sari bunga, akan tetapi ada makanan lain. Diantara makanan yang dimakan kupu kupu adalah sebagai berikut.

Buah Buahan yang Sudah Busuk, Makanan Kupu Kupu

Kupu kupu biasanya sangat suka sekali dengan buah buahan yang sudah busuk, biasanya hewan ini mengambil sari sari buah melalu belalainya, selain itu kupu kupu sangat menyenangi buah busuk yang masih menggantung di pohonnya.

Makanan Kupu Kupu, Getah Pohon

Hampir semua kupu kupu menjadikan getah pohon sebgai makanan. Getah pohom yang dijadikan makanan tentu getah pohon yang tidak memiliki racun, namun terdapat juga beberapa jenis kupu kupu yang hanya memakan dengan getah pohon jenis tertentu pula.

Garam dan Keringat Sebagai Makanan Kupu Kupu

Tidak disangka ya, tenyata kupu kupu suka dengan yang asin, sebagai bukti adalah keringat dan garam. Diketahui keringat memiliki zat natrium, maka jangan heran jika tiba tiba kupu kupu hinggap di tubuh kalian.

Manfaat Kupu-Kupu

manfaat kupu-kupu, ciri kupu-kupu

gambar via heepwe.com

Siapa sangka, selain indah kupu-kupu ternyata memiliki manfaat. Mungkin hal ini sangat jarang sekali diketahui oleh kebanyakan orang. Akan tetapi nyatanya memang seperti itu. Berikut manfaat kupu-kupu yang harus kamu ketahui.

  • Kupu-kupu memiliki manfaat menyerbuki bunga, seperti yang kita ketahui, seekor kupu-kupu sangat erat sekali kaitannya dengan bunga.
  • Kupu-kupu berperan penting dalam menjaga kelangsungan ekosistem, sebab mereka memerankan peranan ganda dalam sebuah rantai makanan. Baik sebagai mangsa ataupun sebagai predator.
  • Kupu-kupu menjadi objek penelitian para ilmuan, dimana dimanfaatkan untuk memantau perubahan iiklim yang terjadi.
  • Kupu-kupu dapat menyediakan anti biotik. Meskipun tentu tidaklah setiap jenis kupu-kupu menyedikan hal ini. Sementara ini kupu-kupu yang memiliki antibiotik ialah kupu-kupu besar asal Inggris dengan ciri-ciri memiliki warna coklat.
  • Membantu menyingkirkan serangga atau hama pengganggu.
  • Kupu-kupu dapat membantu membersihkan lingkungan dari limbah.
  • Kupu-kupu memiliki manfaat, salah satunya menjadi inspirasi bagi para seniman.

Sekian dulu pembahasan mengenai ciri-ciri kupu-kupu, semoga informasi yang cakhasan.com berikan dapat memberi manfaat. Jangan sampai salah ya membedakan kupu – kupu dengan ngengat, sebab kalian sekarang telah mengetahui ciri-ciri kupu-kupu. Terima kasih, salam hangat

Kepoin Yuks