Cara Mudah Belajar Renang Tanpa Pelatih [100% Work]

Bagi sebagian orang, berenang merupakan hal yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan. Namun tidak jarang banyak diantara kita yang tidak suka dengan alasan tidak bisa. Berdasarkan pengalaman, seseorang yang tidak menyukai olah raga ini karena mereka tidak bisa dan takut untuk memulai.

Padahal renang  memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu renang termasuk olah raga yang di sunahkan bagi umat muslim. Jadi tunggu apa lagi, mulailah belajar dari sekarang. Mungkin saja anda merasa malu dan takut untuk memulai. Akan tetapi percayalah jika memiliki niat yang kuat dan sungguh – sungguh pasti akan bisa.

Saya mulai belajar renang saat memasuki bangku kuliah. Pada awalnya dengan di bantu seorang teman, kemudian selanjutnya mencoba membiasakan diri untuk belajar sendiri. Beberapa bulan kemudian mulai bisa menyaingi teman yang sudah terbiasa.

Hal yang saya lakukan membuktikan bahwa belajar renang itu tidaklah sulit, yang anda perlu lakukan hanyalah berusaha semaksimal dan semampu anda.

Pada awalnya memang merasa malu, namun seiring berjalan waktu semua akan biasa – biasa saja. Untuk anda yang masih merasa malu dan takut untuk memulai, saya akan berbagi sedikit pengalaman, bagaimana proses belajar sampai saya cukup bisa dan terbiasa. Beberapa hal yang dilakukan selama proses belajar sebagai berikut :

Daftar Isi

Memilki Niat yang Kuat

cara mudah belajar renang

pexel.com

Niat bisa dibilang merupakan pondasi, jadi ketika niatnya kuat maka kita tidak akan pernah menyerah dalam mencapai apa yang kita niatkan. Menurut saya hal ini berlaku dalam segala hal, bukan hanya dalam urasan belajar. Saking pentingnya sebuah niat, dalam hadis kudsi, bab niat di simpan paling awal.

Sejujurnya saya tertarik dengan olah raga ini sejak duduk di sekolah dasar. Tetapi pada waktu itu tidak ada fasilitas, yang ada hanya sungai. Tentu saja sungai bukanlah sebuah pilihan untuk belajar, yang ada saya bisa hilang entah kemana.

Harapan untuk belajar renang sedikit terbuka ketika masuk sekolah menengah pertama (SMP). Dalam mata pelajaran olahraga diajarkan tata cara berenang. Namun sayang hal tersebut tanpa praktik.

Selepas SMP pun saya masih belum bisa renang sama sekali, begitupun yang terjadi selepas SMA. Artinya hasilnya sama, yaitu tidak bisa. Ada beberapa alasan yang membuat tidak bisa, salah satunya niat yang lemah atau orang sering menyebutnya setengah – setengah.

Memasuki bangku kuliah, kebanyakan teman dekat bisa bahkan terbiasa renang. Sampai pada waktu itu mereka memiliki jadwal rutin. Mereka seringkali mengajak saya dalam bebereapa kesempatan, ketika saya ikut, yang dilakukan hanya duduk diam atau berdiam diri di pinggir kolam.

Keinginan untuk bisa mulai muncul kembali. Pada saat itu saya langsung meniatkan bahwa saya harus bisa. Tidak lama kemudian saya mengajak teman yang sudah bisa untuk berenang sekaligus mengajari saya. Ia mengajari saya hanya sekali waktu itu. Setelah itu seringkali saya hanya pergi sendiri untuk belajar.

Bertanya Kepada Atlet

cara mudah belajar renang

pexel.com

Setiap seminggu dua kali, saya selalu menyempatkan diri untuk belajar berenang. Tentunya tanpa ditemani seorang teman ataupun pelatih. Belajar terus menerus bolak – balik dari pinggir ke pinggir. Terkadang rasa malu muncul, tapi saya coba kubur sedalam mungkin perasaan tersebut.

Kolam renang yang di gunakan merupakan kolam renang umum yang rutin di digunakan latihan para atlit. Biasa para atlit mulai berlatih bakda Ashar, sekitar pukul tiga sore.

Mengetahui hal tersebut, saya membuat jadwal belajar pukul satu siang. Tujuannya supaya bisa melihat mereka latihan. Hal tersebut berlangsung tidak sebentar, lama-kelamaan saya mulai mengenal salah satu diantara mereka. Perkenalan tersebut berujung pada seringnya saya bertanya tentang renang.

Belajar Renang Dari Youtube

cara mudah belajar renang

pexel.com

Zaman sekarang kita telah dimudahkan dengan mudahnya mendapatkan informasi, salah satunya Youtube. Saat ini Youtube telah menjadi sebuah gaya hidup, bukan hanya itu media ini bahkan mengalahkan peran telivisi.

Mengetahui hal tersebut, saya memanfaatkan youtube sebagai media untuk belajar. Tentu anda juga boleh mencobanya. Youtube menawarkan tutorial belajar berenang secara lengkap, mulai dari gaya dada sampai gaya punggung.

Hal tersebut memudahkan saya untuk terus belajar, memperhatikan setiap gerakan yang dilakukan, selanjutnya setiap kali selesai melihat tutorial, ke esokan harinya saya praktikan. Apabila hasil yang didapatkan belum sesuai dengan target, terus mecoba dan mencoba lagi.

Sebagai saran, jika anda ingin belajar beranang dari youtube. Maka pilihlah video yang propesional dan memiliki ukuran tinggi, serta memberikan pelajaran secara mendetail. Sengga anda tidak akan merasakan kebingungan. Karena ada bebera video yang di sajikan tidak detail. 

Belajar Secara Bertahap

cara mudah belajar renang

pexel.com

Dalam beberapa kesempatan mungkin anda sering mendengar, dalam belajar apapun, yang harus dilakukan adalah step by step. Artinya lakukanlah secara bertahap. Jangan pernah berpikir ingin menjadi seorang. Akan tetapi cobalah berfikir untuk bisa menyelesai setiap tahapannya.

Berdasarkan pengalaman, pertama yang dilakukan ialah beradaptasi dengan air. jangan sampai tubuh tegang, buat tubuh se relax mungkin. Jika sudah merasa nyaman mulailah melatih gerakan kaki, buat kondisi kaki selentur mungkin. Seiring berjalannya waktu, tubuh akan terbiasa dengan kondisi ini, intinya adalah tentang pembiasaan.

Saat itu saya terus – menerus melatih gerakan kaki selentur mungkin sampai merasa terbiasa bahkan bosan. Setelah dirasa terbiasa, proses selnajutnya ialah melatih gerakan tangan. Proses yang dilakukan pun terbilang sama dengan proses sebelumnya, ialah metihnya dengan terus menerus.

Proses selanjutnya ialah menggabungkan gerakan keduanya, antara kaki dan tangan, gerakannya pun harus dibuat satu irama. Jujur proses ini merupakan proses tersulit, harus bolak balik, dan itu cukup menguras tenaga.  Pada mulanya saya tidak menyangka bahwa renang begitu cape. Apalagi saat proses belajar, saya yakin akan merasa cape, sebab belum bisa mengatur pernapasan dengan baik.

Dengan belajar secara bertahap, maka kita akan lebih mudah dalam berakselerasi, meski memang tidak dapat dipungkiri dalam setiap proses memakan waktu yang tidak sebentar. Tapi yakinlah cara ini merupakan cara terbaik jika anda belajar secara otodidak. Hal ini telah saya buktikan sendiri, memang efektif untuk dilakukan.

Dimulai Dengan Gaya yang Mudah

cara mudah belajar renang

pixel.com

Olah raga renang memiliki beberapa gaya, dalam perlombaan propesional gaya yang di perlombankan sedikitnya ada empat. Setiap gaya memiliki tingkat kesulitan masing – masing. Berdasarkan pengalaman, biasanya seorang yang baru belajar, mempelajari gaya dada atau gaya katak.

Gaya Dada atau Gaya Katak

Gaya dada atau gaya katak merupakan suatu gaya dalam berenang, dengan posisi dada menghadap permukaan air. sedang untuk batang tubung dalam keadaan tetap. Untuk kedua kaki menendang arah bagian luar sementara kedua belah tangan diluruskan ke bagian depan.

Agar badan maju dan terangkat, tangan digerakan membelah air. Sedang untuk bagian tubuh meniru gerakan katak, sehingga gaya ini di sebut gaya katak.

Sampai saat ini gaya dada merupakan gaya yang paling populer, sebab lebih mudah dlakukan dan tidak terlalu menguras tenaga.

Gaya Bebas

Gaya bebas atau free swim adalah sebuah teknik berenang dengan posisi dada menghadap kepermukaan air, kedua belah lengan di ayunkan secara bergantian ke depan dengan mengayuh. Sementara bagian kaki dicambukan ke bagian bawah air secara bergantian.

Untuk pengambilan pernapasannya sendiri teknik renang seperti ini, sewaktu berenang menoleh ke arah kiri atau kanan.

Gaya Kupu – Kupu

Gaya kupu – kupu atau dalam bahasa inggris Buterfly Stroke, atau kenal juga dengan nama gaya lumba – lumba atau gaya Dolphin. 

Dibandingkan dengan gaya – gaya yang lainnya gaya kupu – kupu lebih sulit untuk dilakukan, sebab gaya ini memerlukan tenaga dan kekuatan yang cukup besar. jadi sebaiknya sebelum belajar gaya kupu – kupu, belajarlah gaya dada atau gaya bebas terlebih dahulu.

Gaya Punggung

Gaya punggung adalah berenang dengan cara posisi punggung menghadap ke permukaan air. Untuk gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas. Tetapi bedanya dengan posisi tubuh yang terlentang.

Posisi ini lebih mudah dalam mengambil nafas, sebab posisi mulut dan hidung berada di permukaan air.

Terus Berlatih

cara mudah belajar renang

pexel.com

Perlu diketahui, latihan merupakan hal yang penting, teruslah berlatih, dengan berlatih saya yakin kita akan menjadi seorang pro. Apalagi untuk anda yang bercita – cita menjadi seoorang perenang.

Latihan merupakan proses pembiasaan, kenapa hal ini perlu dilakukan? Jelas jawabannya supaya terbiasa dan menjadi ahli.

Apa yang saya tulis ini, merupakan sebuah pengalaman yang jelas pernah dirasakan. Untuk mencapai sesuatu dibutuhkan usaha bahkan perjuangan. Jika anda merasa kurang dengan apa yang disampaikan, semisal tentang penjelasan gaya – gaya berenang, Anda bisa buka laman wikipedia atau youtube. Terimakkasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply