Tips Jitu Cara Mendapatkan Beasiswa

Cara Mendapatkan Beasiswa – Biaya kuliah yang semakin tinggi lantas tidak mengendorkan seseorang untuk tetap kuliah di kampus idaman, baik itu jenjang s1, s2 ataupun s3. Sebab sekarang begitu banyak program beasiswa yang bisa diikuti, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Akan tetapi yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut? Sebab tidak sedikit diantara kita yang tidak mempersiapkan dengan matang untuk mengikuti sebuah program beasiswa.

Alhasil kita tidak endapatkan apa-apa, yang ada hanya penolakan dari program beasiswa satu ke program beasiswa lainnya.

Artikel Terkait : Beasiswa Inggris Paling Prestesius 

Nah untuk meminimalisir hal tersebut, alangkah baiknya jika kalian meengetahui bagaimana cara mendapatkan beasiswa, berikut ulasannya.

Tips Mendapatkan Beasiswa

cara mendapatkan beasiswa

gambar via indonesia.go.id

Berikut hal-hal yang perlu kalian persiapkan dan kalian lakukan supaya mudah dalam mendapatkan beasiswa, cara ini saya yakin ampuh.

Mencari Informasi

Hal pertama yang perlu kalian lakukan ialah mencari informasi beasiswa yang dapat dipercaya, misal dari website Universitas, Guru Bimbingan Konseling (bagi kalian yang masih duduk di SMA), forum-forum beasiswa dan lain sebagainya.

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai beasiswa tersebut, nantinya bisa kalian jadikan pilihan apabila beasiswa yang satu tidak cocok dengan hati.

Mempelajari Persyratan dari Berbagai Program Beasiswa

Setelah mendapatkan informasi yang cukup mengenai beasiswa terkait, selanjutnya adalah mempelajari persyaratan dari masing-masing programnya. Kalian dapat mengukur sendiri, sejauh mana telah memenuhi persyaratan dengan masing-masing program beasiswa.

Apabila merasa belum cukup memenuhi syarat, hal yang perlu dilakukan ialah berusaha memenuhi sayarat tersebut. Namun apabila salah satu dari persayaratan tersebut tidak mungkin terpenuh, kalian dapat mencoret program beasiswa tersebut dari daftar yang aklian targetkan.

Kuasailah Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi kompenen yang sangat penting apabila kalian ingin mendapatkan beasiswa. Jangan harap bisa mendapatkan beasiswa tanpa kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Hampir setiap program beasiswa mewajibkan hal ini, dengan di tandai oleh sertefikat TOEFL atau IELTS.

Artikel Terkait : Beasiswa Jerman Paling Populer 

Untuk mempersiapkan hal ini kalian bisa mengambil beberapa kursus, tentu saja dengan mengambil kursus akan membantu kalian dalam memperbaiki bahasa Inggris.

Belajar dari Pengalam Orang lain

Ada sebuah pepatah yang mengatakan “Pengalaman adalah guru terbaik”, hal ini tentu perlu kalian coba, jika perlu bertanyalah kepada mereka yang pernah atau sedang mendapatkan beasiswa.

Kalian pelajari pola mereka dalam mendapatkan beasiswa, dengan begitu paling tidak akan memberikan gambaran bagaimana seharusnya kalian bertindak.

Mencari Mentor

Dengan adanya mentor akan memudahkan kita dalam bertanya dan bertindak, seorang mentor akan mengarahkan dengan tepat cara bagaimana mendapatkan beasiswa yang kita inginkan.

Sehingga tujuan dan keinginan kita dalam mendapatkan beasiswa semakin terarah, cara inilah juga yang digunakan kebanyakan orang untuk mendapatkan beasiswa yang diinginkan.

Siap Diri Kalian

Persiapan maksimal akan menghasilkan hasil yang maksimal pula, jadi tidak ada pilihan lain bagi kalian apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

Salah satu dari persiapan itu dengan mempelajari materi-materi yang sering diujikan, atau hal yang dijadikan syarat dalam tes beasiswa.

Kampus Ikatan Dinas Bisa Jadi Pilihan

Terdapat opsi apabila kalian ingin mendapat beasiswa secara otomatis, yaitu dengan masuk ke sekolah tinggi ikantan dinas. Bahkan sekolah-sekolah ini telah menjamin kita paska lulus hingga penempatan kerja. Namun tentu tidak mudah, sebab persaingannya pun dapat dikatan berat.

Menjadi Siswa atau Mahasiswa Berprestasi

Dengan menjadi seorang yang memiliki prestasi gemilang baik akademik maupun non akademik, akan memudahkan kita dalam mendapatkan beasiswa. Bahkan dalam beberapa kesempatan pihak pemberi beasiswa yang mencari orang-orang engan talenta dan prestasi luar biasa.

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

bendera dunia, flag

gambar via infokampus.news

Tidak jauh berbeda dengan jenis beasiswa dalam negeri, cara yang dapat kalian lakukan agar bisa endapatkan beasiswa luar negeri ialah hal-hal yang telah kita bahas pada bagian sebelumnya. Paling beberapa tambahan yang harus dipersiapkan ialah informasi mengenai negeara tujuan.

Artikel Terkait : Beberapa Pilihan Beasiswa Kanada

Jangan sampai ketika kalian mendapatkan beasiswa dengan tujuan nengara tertentu, ketika kalian sampai di negara tersebut shock karena perbedaan budaya dan kebiasaan masyarakat disana. Nah hal-hal semacam ini bisa kalian pelajari sebelum berangkat.

Cara Mendapatakan Beasiswa LPDP

beasiswa lpdp

gamabr via tribunnews.com

Sudah kenalkah kalian dengan beasiswa LPDP, saat ini nama program beasiswa satu ini sangat terkenal. LPDP diluncurkan pertama kali pada tahun 2012, dimana merupakan sebuah lembaga yang berada di bawah kemetrian keuangan.

LPDP sendiri adalah kependekan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, sehingga dana abadi yang dimiliki oleh kemenkeu disalurkan melalui LPDP untuk kepentingan pembiayaan pendidikan.

Sejauh ini LPDP telah bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti dengan Ristekdikti dan Kementrian Agama. LPDP memiliki beberapa program beasiswa sebagai berikut.

  • Beasiswa Reguler
  • Beasiswa Desertasi
  • Beasiswa Dokter Spesialis
  • Beasiswa Afirmasi
  • Beasiswa Ungulan Dosen Indonesia
  • Beasiswa Co-funding

Tahap Pendaftaran Beasiswa LPDP

Setelah sahabat mengetahui program beasiswa LPDP, selanjutnya yang harus sahabat ketahui ialah tahapan mendaftarnya. Berikut kami ulas tahapan mendaftar beasiswa LPDP.

  • Membuat akun di laman LPDP
  • Memverifikasi akun
  • Mendaftar beasiswa
  • Melengkapi riwayat pendidikan
  • Melengkapi kolom organisasi
  • Melengkapi kolom lain-lain
  • Mengunggah dokumen yang dminta
  • Memeriksa status pendaftaran
  • Menunggu hasil seleksi
  • Seleksi subtansi

Nah itu dia program beasiswa dari LPDP yang dapat sahabat coba, untuk mengetahui informasi lengakap dan jadwal seleksinya bisa kunjungi laman LPDP disini.

Cara Mendapatkan Beasiswa SMA

sekolah menenga atas, upacara sma

gambar via kompas.com

Terdapat beberapa langkah yang bisa sahabat lakukan dalam mencari dan mendapatkan beasiswa, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mencari informasi dari sekolah sahabat, bisa ditanyakan memlalui wali kelas atau bahkan kepala sekolah.
  2. Mencari beasiswa dari pemerintah setempat, misal pihak Provinsi atau Kabupaten.
  3. Beasiswa dari pihak swasta atau yayasan, biasanya dalam beberapa kesempatan terdapat beberapa perusahaan atau yayasan yang menyedikan beasiswa jenjang SMA. Nah sahabat bisa coba-coaba program tersebut.
  4. Mengikuti lomba, mengikuti lomba dan bisa menang merupakan gerbang menuju beasiswa sekolah, baik itu sekolah menengah atau perguruan tinggi. Dengan memenangkan perlombaan setidaknya peluang dalam mendapatkan beasiswa semakin terbuka lebar.

Cara Mendapatkan Beasiswa S2

beasiswa s2, wisuda

gambar via harukaedu.com

Cara mendapatkan beasiswa S2 sebenarnya telah kita bahas dalam bagian paling awal, dimana langkah-langkah strategis yang dapat kita lakukan ialah mencari informasi sebanyak mungkin mengenai beasiswa yang kemudian kita seleksi sesuai minat dan keinginan kita.

Artikel Terkait : Beasiswa Amerika ini Akan Membiaya Kuliah Gratis

Kemudian hal terpenting ialah berusaha menyesuaikan dengan persayaratan setiap beasiswa yang hendak kita apply. Tentu saja kita sangat paham dan memngetahui mengenai kemampuan diri kita sendiri, dan sekiranya masih merasa ada yang kurang dan belum masuk kualifikasi beasiswa yang kita apply, maka tidak ada pilihan lain selain berusa memenuhi hal-hal tsb.

Demikian pembahasan mengenai beasiswa yang dapat saya paparkan, semoga kita tatap semangat dalam meraih impian dalam hidup ini, termasuk mendapatkan beasiswa.

Percayalah selama kita terus berjuang, cepat atau lambat kesuksesan akan kita dapatkan. Terimakasih telah membaca tulisan yang kurang bagus ini 🙂

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply