Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar

Cara Membuat Artikel – Artikel merupakan karangan pendek yang ditentukan panjang tulisannya, ada juga yang mendifinisikan artikel sebagai karangan atau esay yang berisi fakta-fakta secara objektif. Lebih jelasnya kalian bisa baca artikel sebelumnya mengenai pengertian artikel.

Kemudian bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar berdasarkan jenisnya? Nah dalam postingan kali ini kita akan belajar bagaimana cara menulis atau membuat artikel yang baik dan benar sesuai dengan kriteria.

Sebelum kita belajar menulis artikel, ada baiknya kita sudah mengerti atau paling tidak mengetahui mengenai jenis-jenis artikel. Karena akan sangat sulit rasanya membuat artikel yang baik dan sesuai apabila kita tidak mengetahu jenis artikel.

Bagaimana apakah kalian sudah mengetahui jenis artikel? Bila belum, jangan khawatir sebab dalam tulisan ini kita akan belajar membuat artikel dilengkapi dengan jenis-jenisnya.

Baca Juga: Pengertian Karya Ilmiah

Langsung saja kita mulai belajar bagaimana cara membuat artikel, berikut penjelasannya.

Hal Penting Dalam Menulis Artikel

artikel, laptop, macbook, laptop apple

gambar via unsplash.com

Sebelum kita masuk ke bagian teknis bagaimana cara membuat artikel, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat artikel. Tentu saja tujuan agar artikel yang kita buat dapat dinikmati oleh pembaca, merasa tidak bosan bahkan pembaca merasa nyaman, biarpun tulisan kita panjang.

Artikel Ditulis Sendiri

Originalitas merupakan hal yang sangat penting, sebab tidak mungkin kita bisa mengedukasi orang lain apabila tulisannya saja hasil dari plagiat (hasil copy paste). Tulisan yang dibuat sendiri tentu mendatngkan nilai tambah, terutama bagi diri pribadi.

Seringkali beberapa penulis melakukan plagiat, dengan alasan tidak ingin cepat dalam menyajikan sebuah artikel. Akan tetapi faktanya hal ini justru akan merusak tulisan.

Hal semacam ini sering kali kita temukan dalam artikel-artikel online, terutama website dengan kepemilikan pribadi.

Membuat Tulisan Artikel Hidup

Mungkin kalian bertanya-tanya karena merasa bingung bagaimana cara membuat artikel yang hidup. Semua orang berlomba-lomba berusaha menyajikan artikel yang hidup demi menarik pembaca.

Tentu saja hal ini tidak mudah untuk dilakukan, sebab memerlukan waktu dan jam terbang yang cukup untuk membuat artikel yang dirasa baik dan memiliki nyawa.

Hal yang paling sederhana yang bisa kalian lakukan ialah dengan banyak membaca. Secara tidak langsung dengan kita banyak membaca akan menambah pembendaharaan kosa kata.

Pembedaharaan kosa kata merupakan modal yang sangat penting untuk menyajikan artikel yang menarik. Sebagai referensi untuk mengetahui artikel yang hidup, kalian bisa baca tulisan-tulisan di panduanim

Dengan begitu, seiring berjalannya waktu saya sangat meyakini tulisan kalian akan membaik dengan sendirinya.

Menggunakan Sumber Terpercaya

Sumber atau referensi merupakan hal yang tak kalah penting dalam pembuatan artikel. Dalam hal ini sebaiknya kalian gunakan sumber-sumber yang terpercaya serta dapat dipertanggung jawabkan isinya.

Bagaimana dengan tulisan yang berupa gagasan atau opini? Sebenarnya sama saja, ada baiknya setiap tulisan yang kita buat bersumber dari tempat-tempat yang terpercaya, akan tetapi untuk tulisan dengan jenis opini dan gagasan saya kira tidak terlalu penting mengenai sumber.

Hal ini harus diperhatikan apabila kalian menulis artikel yang menyajikan fakta dan data. Sebagai contoh tulisan ini saya beri judul “cara membuat artikel yang baik dan benar“, tentu saja tulisan ini tidak secara keseluruhan berisi fakta namun ada gagasan di dalamnya.

Sebab tidak akan mungkin persis sama anta cara menulis artikel yang baik dan benar menurut saya dan cara menulis artikel yang baik dan benar versi tulisan lain.

Namun meski begitu, tetap saja antara tulisan saya dan versi lain ini memiliki titik temu atau kesamaan secara makna.

Pada intinya dalam bagian ini saya ingin mejelskan bahwa sumber yang terpercaya merupakan salah satu hal yang penting untuk mendukung penulisan artikel.

Artikel Harus Padat

Padat dalam hal ini bukan berarti pendek, namun memiliki arti kalimat atau paragraf dalam setiap bagian artikel terasa efektif tidak memiliki kata penghubung terlalu banyak, sehingga tidak berongga.

Bagaimana mebedakan antara kalimat padat dan tidak?

Hal tersebut dapat kalian lihat dari penggunaan kata, sebuah kalimat dikatakan padat apabila memiliki presentase penggunaan kata kerja yang lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan kata sifat.

Dari mulai sekarang kalian bisa berlatih lebih banyak menggunakan kata kerja dalam tulisan dari pada penggunaan kata sifat, selamat mencoba!!!.

Memeberikan Rasa Pada Tulisan

Berbicara mengenai rasa pada tulisan, sebenarnya saya juga masih merasa bingung. Bagaimana tidak bingung? Sebab hal ini adalah bagian tersulit, bisa saja menurut kita sebuah tulisan telah memiliki rasa, sedang bagi pembaca sendiri tidak ada rasa sama sekali.

Soal ini kembali lagi pada jam terbang, soal rasa berarti soal gaya, tentu saja setiap penulis memiliki gaya dan karakter masing-masing.

Untuk membuat tulisan yang baik dan memiliki rasa, saya kira hal perlu dilakukan ilah teruslah membaca dan menulis.

Sehingga pada saatnya nanti kita benar-benar dapat merasakan perbedaan tulisan-tulisan kita dari waktu ke waktu.

Isi Selaras dengan Judul

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ialah hubungan antara isi dengan judul dan sebaliknya.

Fokus pada judul, barangkali itulah yang harus dilakukan dalam setiap menulis artikel. Alangkah baiknya setiap tulisan selain mewakili judul, namum memiliki isi yang lengkap dan kaya akan informasi.

Susunan Artikel

puzzle, rubik, susunan

gamabr via unsplash.com

Penting sebuah susunan artikel? mungkit sedikit diantara kalian mempertanyakan hal ini, penting dan tidaknya sesuatu dapat dilihat dari tujuannya.

Apabila kita merujuk kepada berbagai sumber mengenai format penulisan artikel atau susunan artikel, kita akan menemukan tujuan dari susunan artikel itu sendiri. Salah satu tujuan susunan artikel yaitu memudahkan pembaca untuk memahami sebuah tulisan.

Sehingga saya dapat menyempilkan, susunan artikel merupakan bagian yang penting dalam pembuatan artikel. Bagimana menurut kalian?

Setidaknya ada empat bagian yang perlu diperhatikan ketika membuat artikel, berdasarkan susunannya.

  1. Judul
  2. Pengantar
  3. Tubuh Artikel
  4. Penutup

Berikut penjelasan dari ke-empat susunan artikel di atas.

Judul

Judul adalah bagian yang wajib ada, coba bayangkan sebuah tulisan jika tidak memiliki judul. Mungkin pembaca tidak akan meliriknya biarpun isi dari tulisan tersebut menarik.

Judul terletak dibagian paling atas, dapat dikatakan sebagai identitas yang mewakili tulisan secara keseluruhan.

Judul juga sebaiknya ditulis dengan kaidah EYD (ejaan yang telah disempurnakan), menggunakan huruf kapital atau setidaknya disetiap awalan kata.

Ditulis semenarik mungkin, sehingga pembaca merasa penasaran dan tertarik dengan tulisan yang disajikan.

Maka tidak heran kita menemukan banyak tulisan dengan judul yang sedikit kontroversi, tentu alasan untuk menarik pembaca sebanyak mungkin (hal ini tidak disarankan).

Pengantar atau Pendahuluan

Pengantar atau pendahuluan merupakan pembuka dari sebuah tulisan. Bayangkan apabila sebuah tulisan dibuat tanta menggunakan pengantar, saya rasa hasilnya akan kurang maksimal atau bisa jadi pembaca merasa kaget.

Pendahuluan ini berisi mengenai gambaran-gambaran secara umum mengenai apa yang akan dibahas dalam isi artikel, sehingga pembaca diberitahu terlebih dahulu apa sebenarnya yang akan mereka baca.

Ada baiknya bagian ini dibuat sebaik dan semenarik mungkin, buat pembaca merasa penasaran dan bertanya-tanya akan isi tulisan, dengan begitu pembaca akan terus melanjutkan membaca kebagian isi dari artikel.

Tubuh Artikel

Tubuh artikel merupakan isi pokok pembasan dimana permasalahan atau ide pokok pemikiran diuraikan.

Isi atau tubuh artikel sebaiknya ditulis mengikuti kaidah yang berlaku, tidak bertele-tele namun tetap menarik. Gunakanlah bahasa yang jelas dan sederhana, sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Sebab tubuh artikel merupakan hal yang terpenting dalam sebuah artikel.

Kemudian yang paling penting, jangan pernah melupakan tujuan dari pembuatan artikel, dimana sebagai media untuk mengedukasi dan memberikan informasi bagi para pembaca.

Penutup

Bagian penutup sering kali disebut bagian kesimpulan, dimana bagian ini menyajikan simpulan dari hasil pembahasan pada bagian tubuh.

Sebisa mungkin kesimpulan harus berisi jawaban dari permasalahan yang muncul dalam pembahasan. Sehingga pembaca mendapatkan intisari dari tulisan yang telah kita buat. Kesimpulan tidak harus ditulis secara lengkap, cukup ditulis garis besarnya saja.

Tata Cara Membuat Artikel

create, cara membuat artikel

gambar via unsplash

Setelah pada bagian sebelumnya kita membahas mengenai hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan artikel serta susunan artikel secara umum, maka pada bagian ini sudah saatnya kalian mengetahui langkah menulis artikel.

Seperti yang pernah disinggung pada bagian sebelumnya, bahwa artikel memiliki beberapa jenis. Setiap jenis memiliki karakterstik yang berbeda-beda, sehingga dalam pembuatannya pun tidak dapat disamakan.

Sebelum kita memasuki pada pembahasan menulis artikel berdasarkan jenisnya, berikut ini akan saya jelaskan terlebih dahulu mengenai langkah membuat artikel secaraumum.

Dalam pembuatan artikel setidaknya terdapat 5 tahapan yang harus diperhatikan, sebagai berikut.

  1. Menentukan tema, hal yang paling utama sebelum menulis tentu harus menentukan tema, tema akan sangat berpengaruh terhadap tulisan yang akan kita buat. Sebaiknya kalian pilih tema yang sesuai dengan bidang yang sedang kalian geluti saat ini, atau setidaknya kalian merasa paham dengan tema tersebut.
  2. Menetapkan tujuan, dalam setiap jenis artikel ada baiknya menyatakan maksud atau tujuan dari penulisan artikel, baik tersurat ataupun tersirat.
  3. Rumusan masalah, sebagaimana yang telah kita ketahui, dalam setiap karya tulis termasuk di dalamnya artikel dibutuhkan atau diharuskan adanya rumusan masalah. Rumusan masalah ini akan menjadi sebuah acuan, dimana isi dari artikel menjawab dari rumusan masalah yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Mengembangkan tema, alangkah baiknya pengembangan tema tulisan dibuat dan disesuaikan berdasarkan jenisnya.
  5. Membuat kesimpulan, hal terakhir ialah membuat kesimpulan dari pemaparan yang telah dibuat. Hal ini seharusnya tidak sulit untuk dilakukan jika artikel yang kalian buat memiliki susunan yang baik.

Langkah-langkah di atas bisa kalian coba dalam membuat artikel, saya yakin hal-hal tersebut akan sangat membantu dalam membuat artikel.

Bagaimana apakah kalian mengerti? Jika belum mengerti bisa baca mengenai contoh artikel.

Jangan stop dulu ya membacanya, sebab kita masih akan membahas cara membuat artikel berdasarkan jenisnya sebagai berikut.

Artikel Seo (Search Engine Optimized)

Tidak banyak orang yang tau mengenai SEO, yaitu sebuah cara untuk meningkatkan pencarian di mesin pencari. Lalu bagaimana cara membuat artikel yang sesuai dengan SEO? Dalam menulis artikel SEO sebenarnya tidak ada aturan khusus, hanya saja yang perlu diperhatikan atau hal utama yaitu kualitas dari konten itu sendiri dari mulai orisinalitas hingga struktur artikel.

Setiap mesin pencari memiliki algoritma masing-masing dalam menentukan kualitas konten. Pada intinya tulisan yang kita buat harus disesuaikan dengan algoritma mesin pencari.

Menurut saya banyak sekali website yang menerapkan penulisan artikel SEO, termsuk website saya ini. Sebagai contoh website yang dirasa baik berdasarkan SEO adalah sebagai berikut.

  • pannduanim.com
  • vatih.com
  • satriabajahitam.com
  • maxmanroe.com
  • mastahseo.com
  • notepam.com
  • bukubiruku.com
  • sahabatnesia.com
  • ekspektasia.com
  • bacaterus.com
  • bisapinter.com
  • jempolkaki.com
  • dikatama.com
  • dll

Website di atas hanya contoh kecil yang menerapkan kaidah SEO dalam penulisan artikel, di luar sana masih banyak website yang menerapkan hal yang sama. Kalian bisa kunjungi salah satu website di atas apabila ingin mengetahui bentuk tulisannya seperti apa.

Artikel Deskripsi

Kalian yang sadah terbiasa menulis, pastinya tidak asing lagi dengan jenis artikel deskripsi. Artikel deskripsi sendiri merupakan sebuah tulisan dengan tujuan menggambarkan sebuah fakta sehingga memberikan gambaran yang jelas kepada pembaca.

Artikel ini biasanya berisi gambaran keadaan, kejadian dan peristiwa.

Berikut langkah-langkah dalam membuat artikel deskripsi.

  1. Menentukan sebuah objek yang akan dideskripsikan atau digambarkan dalam tulisan.
  2. Menentukan tujuan penulisan artikel, biasanya tersirat.
  3. Menentukan ide pokok, hal ini tentu dilakukan sebelum menulis, dan tidak perlu dimasukan ke dalam artikel, lebih termasuk ke dalam persiapan.
  4. Mengembangkan tulisan secara sistematis, baik dari segi waktu, peristiwa ataupun kejadian, intinya berurutan.
  5. Berikan kesimpulan terhadap objek yang dideskripsikan.

Artikel Narasi

Artikel narasi, atau sebagian orang menyebutnya sebagai artikel cerita, yaitu sebuah tulisan yang menceritakan sebuah keadaan atau situasi yang terjadi.

Artikel jenis narasi ini mirip seperti dongeng, cerita pendek, drama atau bahkan film. Dalam artikel narasi terdapt penokohan, yaitu tokoh utama yang dijadikan sebagai objek dan memiliki konflik serta pergulatan dalam cerita tersebut.

Berikut ini cara membuat artikel narasi.

  1. Menentukan tema, sama halnya dengan tulisan jenis lain, artikel narasi harus memiliki tema yang jelas.
  2. Menentukan tujuan secara tersirat, misal memebrikan pengajaran mengenai sesuatu hal kepada pembaca.
  3. Menentuka ide pokok secara tersirat.
  4. Mengembangkan tulisan dengan plot; awal, tengah dan akhir. Bagian awal berisi pembuka, diusahakan dibuat semenarik mungkin, sebab hal ini akan sangat berpengaruh untuk bagian selanjutnya. Bagian tegah berisikan konflik dan permasalah dari tokoh utama. Kemudian bagian akhir adanya solusi serta akhir dari cerita yang dibuat.
  5. Bagian akhir, jangan lupa buat bagian anti klimaks sebagai akhir dari cerita atau penutup.

Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi adalah sebuah tulisan dengan tujuan untuk menguraikan sutu topik. Tulisan yang dibuat dapat berupa definisi, fungsi atau kegunaan dari konsep.

Artikel eksposisi ini biasanya memberikan langkah-langkah yang sistematis dalam penulisannya.

Berikut cara membuat artikel eksposisi.

  1. Menentukan tema
  2. Menentukan tujuan, bersifat tersirat
  3. Menentukan ide pokok
  4. Mengembangkan tulisan sesuai dengan tujuan
  5. Memberikan kesimpulan.

Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan tulisan yang berisikan opini artinya yang dimuat merupakan pendapat pribadi atau kelompok.

Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk mengkritik pendapat atau kebijakan. Biasanya kita menemukan artikel argumetatif di media masa seperti surat kabar atau koran.

Meskipun opini, akan tetapi tulisan yang disajikan didukung dengan fakta yang memadai, bahkan dibuat secara mendetail.

Berikut cara membuat artikel argumentasi.

  1. Menentukan tema atau permasalahan yang akan diangkat
  2. Menentukan tujuan secara tersurat
  3. Menentukan rumusan masalah
  4. Mengembangkan karangan dengan cara menyajikan fakta dan data
  5. Memberikan kesimpulan

Artikel Persuasi

Apa itu artikel persuasi? Artikel persuasi adalah jenis artike yang juga dikenal sebagai artikel motivasi. Kenapa disebut dengan artikel persuasi? Sebab artikel ini bersifat persuasif atau membujuk.

Artikel jenis ini mengajak para pembaca untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu. Artikel yang serik ditulis oleh seorang psikolog, agamawan, pembisna dan konsultan.

Berikut cara membuat artikel persuasi.

  1. Menentukan masalah atau tema
  2. Menentukan tujuan
  3. Menentukan rumusan atau ide pokok
  4. Mengembangkan karangan dengan cara menyajikan fakta dan data
  5. Memberikan kesimpulan

Kesimpulan

the end, tamat, finish

gambar via unsplash.com

Dari tulisan yang telah dipaparkan mengenai “bagaimana cara membuat artikel” kita dapat menimpulkan bahwa diperlukannya wawasan yang luas serta jam terbang yang banyak.

Tulisan bagus tidak serta merta dapat dibuat begitu saja, memerlukan proses serta waktu yang tidak sebentar.

Setiap jenis artikel secara umum memiliki karakter sama dalam tata cara penulisannya.

Semoga tulisan ini berguna serta bermanfaat, terimakasih telah berkunjung!!

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply