11+ Cara Belajar Efektif & Efisien

Cara Belajar Efektif – Belajar merupakan sebuah kewajiban, bukan bagi siswa atau mahasiswa saja, akan tetapi bagi semua manusia yang masih hidup. Bahkan di dalam islam belajar adalah sesuatu keharusan. Artinya setiap orang dituntut untuk belajar, meningkatkan pengetahuan dan kapasitas dirinya. Baik itu ilmu akhirat maupun ilmu dunia. Seharusnya kita dapat menyeimbangkan diantara keduanya.

Akan tetapi dalam belajar terkadang kita menemukan kendala, salah satunya adalah sulit memahami apa yang sedang kita pelajari.

Kemudian bagaimana caranya supaya kita mudah dalam belajar?

Segala sesuatu tidaklah ada yang mudah, butuh perjuangan dan kerja kerja keras. Doa saja tentu tidaklah cukup, kita membutuhkan usaha serta pengalaman dalam melakukan segala hal, termasuk belajar.

Artikel Terkait : Pengertian Taksonomi Bloom

Namun paling tidak ada beberapa yang bisa kita lakukan untuk membantu belajar menjadi terasa lebih mudah dan menyenangkan. Berikut 9+ cara belajar efektif dan efesien yang bisa kalian coba, baik di rumah ataupun di sekolah.

Cara Belajar Efektif dan Efesien

cara belajar efektif

gambar via pinterest

Seperti yang telah disebutkan, dalam belajar memerlukan usaha dan kerja keras. Salah satu bentuk yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir itu semua dengan cara menemukan pola atau cara belajar yang efektif dan efisien. Belajar yang efektif diyakini dapat membantu meningkatkan hasil membelajaran.

Terdapat banyak ragam atau cara dalam melakukan pembelajaran, diantaranya sebagai berikut.

Menentukan Tempat yang Nyaman

desain interior, rumah makan

gambar via berita turki.com

Tempat adalah faktor yang cukup penting untuk mendukung kualitas belajar, bayangkan bagaimana kita dapat belajar dengan baik apabila tempat yang digunakan kurang baik dan kurang nyaman.

Setidaknya sebuah tempat dianggap layak dan baik untuk belajar tatkala memiliki tingkat kebersihan yang baik. Sedangkan jika diartikan nyaman sendiri relatif tergantung standar setiap orang.

Membuat dan Menentukan Suasana Belajar yang Nyaman

tempat belajar anak

gambar via dream.co.id

Nah setelah kita dapat menentukan tempat yang nyaman bagi belajar, selanjutnya adalah menentukan suasana belajar. Banyak cara untuk membuat susana belajar terasa nyaman, diantaranya belajar sambil mendengarkan musik, tidak jarang kita menemukan orang orang dengan tipe ini. Belajar di tempat hening, selain belajar sambil mendengarkan musik, belajar ditempat hening menjadi pilihan bagi beberpa orang.

Pokonya kalian bisa cari tahu apa yang dapat membuat diri kalian nyaman saat sedang belajar. Cara semacam ini tentu saja akan meningkatkan kualiatas dalam belajar, sehingga belajar kalian bisa dikatakan efektif.

Menentukan Waktu Belajar

Back to school, books and an alarm clock

gambar via gadis.co.id

Waktu dalam belajar sangat berpengaruh terhadap kualitas belajar tersebut, lantas kapan waktu terbaik untuk belajar? Secara garis besar Islam telah menjelaskan waktu terbaik untuk belajar ialah pagi hari dan sore hari setelah tidur siang. Tentu saja hal ini akan cukup membantu dalam meningkatkan kualiatas belajar.

Akan tetapi terkadang beberapa orang memiliki waktu sendiri dalam belajar, misal saat menjelang tidur malam, atau ada juga yang belajar teangah malam demi mendapatkan suasana yang hening.

Disiplinlah Dalam Belajar

disiplin dalam belajar

gambar via dosenpendidikan.com

Hal ini bisa kita katakan merupakan hal yang krusial, dimana kebanyakan orang tidak sukses dalam segala hal diakibatkan kurangnya disiplin, termasuk dalam belajar.

Dalam belajar kita dituntut untuk bisa mengatur waktu sebaik mungkin, kapan memulai dan istirahat, kapan harus belajar dan kapan untuk menunda belajar. Sebab hal inilah yang akan menjadi pembeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Langkah yang bisa kita coba agar kita dapat disiplin dalam belajar, ialah dengan cara menyusun agenda secara mendetail. Mulai dari belajar apa hingga waktunya, kemudian meneguhkan hati untuk selalu mengikuti apa yang telah dijadwalkan.

Belajar yang baik dan efektiaf ialah belajar setiap hari, dengan cara ini kita kan terbiasa. Kalian dapat menyisihkan waktu satu hingga dua jam setiap harinya. Jangan sampai kalian belajar ketika mendapatkan pekerjaan rumah saja, atau bahkan ketika hendak ujian. Hal tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa.

Artikel Terkait : Pengertian Pedagogik

Dengan belajar setiap hari secara teratur, mengulang-ngulang apa yang guru sampaikan. Hal ini akan membuat kemampuan kita dalam belajr semakin baik.

Merangkum Pokok Materi Pembelajaran

merangkum, rangkuman

gambar via ilmuindo.com

Kenapa kalian harus merangkum pokok pembelajaran? Terdapat banyak alasan untuk hal itu, salah satunya jika kalian berusaha merangkum satu buku lengkap, tentu akan memerlukan waktu yang lebih lama. Cukuplah dengan hanya mengambil intisari dari sebuah buku atau apa yang diajarkan. Hal ini telah terbukti dan digunakan oleh banyak orang, hasilnya pun cukup menakjubkan.

Dengan cara demikian akan membuat belajar terasa lebih efektif serta lebih mudah diingat dan dipahami dalam setiap pembelajarannya.

Belajar Secara Berkelompok

kerja kelompok, belajar kelompok

gambar via liputan6.com

Belajar berkelompok atau belajar bersama dapat menjadi sebuah pilihan bagi kalian. Dengan belajar kelompok kalian dapat bertukar pikiran serta saling membantu. Tentu saja hal ini akan lebih asyik apabila dibandingkan dengan hanya belajar sendiri.

Terkadang disisi lain belajar bareng dapat menjadi bemurang. Karena berdasarkan pengalaman yang saya alami, saat belajar kelompok lebih banyak menghabiskan waktu buat bercanda, makan dan ngobrol. Jadi dari keseluruhan jam kerja kelompok hanya 30% saja waktu yang di gunakan untuk kerja kelompok, sisanya digunakan hal-hal lain.

Hal ini harus jadi perhatian, bagaimana caranya supaya kalian dapat kerja kelompok dengan efektik, misalkan belajar barengnya ditaruh di awal, Jadi sebelum belajar bareng selesai tidak diperkenankan untuk mengobrol di luar kontek pelajaran.

Belajar Dengan Cara Praktek

praktik, laboratorium

gambar via labmanager.com

Hal ini dapat diterapkan ketika kalian sedang belajar, akan tetapi hanya berlaku untu pelajaran tertentu saja, misalkan ilmu pengetahuan alam, komputer dan sejenisnya.

Dengan kalian menerapkan hal ini tentu saja hasil belajar akan lebih terasa membekas. Selain itu, belajar dengan cara ini lebih mengasyikan dan tidak mudah bosan.

Memahami Bukan Menghafal

memahami

gambar via maxmanroe.com

Sebagian diatara kita kita mungkin ada yang masih salah mengartikan belajar adalah menghafal. Padahal hal ini kurang tepat, dimana ketika kita hanya berusaha menghafal pelajaran, saat menemukan hal yang berbeda sudah dapat dipastikan akan merasa kesulitan memecahkan hal tersebut.

Cara belajar yang baik dan efektif ilah dengan cara memahami pelajaran tersebut, sehingga kita mengerti konsepnya. Dengan demikian akan membuat kita lebih mengerti dan paham apa yang sedang kita pelajari sebenarnya.

Jangan Terlalu Banyak Belajar Menjelang Ujian

girls, happy woman

gambar via belifurniture.com

Sudah sangat sering sekali kita mendengar hal ini, bukan tanpa alasan mengapa sebaiknya kita tidak belajar menjelang ujian. Hal yang paling mendasar dari ini semua tentu dikhawatirkan kita tidak fokus saat sedang ujian, bisa saja kita merasa lelah ngantuk akibat kecapean.

Maka ada baiknya kalian tidak belajar ketika hendak ujian, ataupun jika ingin belajar, hanya sekedar me-review saja. Sehingga pastikan kalian lebih siap ketika melakasanakan ujian, baik secara mental maupun materi.

Learning By Discussion

diskusi, belajar diskusi, animasi diskusi

gambar via stiekusumanegara.ac.id

Diskusi merupakan salah satu cara yang tepat dalam belajar, cara ini memungkinkan membuat kalian belajar lebih cepat. Namun bukan tanpa persipan, sebelum berdiskusi diusahakan kalian baca dan pelajari apa yang akan didiskusikan sehingga diskusi kalian seimbang.

Diketahui belajar dengan cara ini merupakan termasuk kedalam metode yang efektif. Selain memudahkan bertanya, berdiskusi juga dapat mengasah kemampuan dalam berbicara serta menyampaikan sesuatu dengan baik. Dengan menerapkan hal tesebut, pemikiran akan terpacu, shingga tidak ada orang yang bodoh saat berdiskusi.

Learning By Doing

praktik, praktek, memperbaiki komputer

gambar via cakhasan.com

Metode belajar seperti ini banyak diterapkan di luar negeri, dimana siswa diarahkan untuk mengeksplorlasi segala hal sendiri berdasarkan pengalaman-pengalamannya. Sehingga dengan cara demikian siswa memungkinkan untuk berkembang lebih cepat serta pelajaran yang lebih membekas.

Nah kalian bisa meniru hal ini dengan cara melakukan banyak praktik, tidak hanya teori saja.

Perbanyak Bertanya

bertanya

gambar via sabigaju.com

Kita seringkali mendengar pepatah yang menyebutkan “Malu bertanya, sesat dijalan”. Ada baiknya ketika kalian merasa tidak memahami sesuatu pelajaran dapat bertanya baik kepada teman, guru atau mbah google. Apalagi dengan adanya teknologi informasi, memungkinkan kita mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat.

Hal inilah yang terkadang saat ini mulai menurun dari siswa di negara kita, mereka cendrung pasif meskipun tidak paham atas apa yang dijelaskan oleh gurunya.

Dengan bertanya, paling tidak kalian bisa menemukan sebuah titik atau hal baru atas apa yang disampaikan oleh guru atau teman kalian.

Terus Mencoba

terus mencoba

gamabr via merdeka.com

Jangan sampai kalian menyerah, teruslah mencoba untuk memahami semuanya. Dengan kalian terus mencoba maka akan menemukan hal-hal baru di dalamnya. Sebab yang membedakan satu orang dengan yang lainnya adalah pengalaman, dengan banyak mencoba, paling tidak kita telah memiliki pengalaman yang lebih.

Terkadang hal ini juga yang tidak menjadi perhatian, mungkin bisa jadi malas, gampang bosen, merasa bodoh, pelajaran yang sedang ditekuni terlalu sulit dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut cobalah dihilangkan dari benak kalian, dan fokuslah terhadap tujuan.

Mulailah Dengan Pelajaran yang Kamu Suka

belajar

gambar via loop.co.id

Hal ini dapat menjadi sebuah solusi untuk menciptakan cara belajar yang menyenangkan dan efekti, yaitu dengan cara memulai mempelajari apa yang kamu suka. Terkadang ketika kita mulai mempelajari sesuatu yang kita sukai, hal yang sulitpun akan terasa lebih mudah.

Berdasarkan penelitian seseorang yang belajar dengan keadaan bahagian akan lebih mudah menyerap ilmu atas apa yang sedang dipelajari, setinya ketika kalian mempelajari apa yang kalian senangi kalian merasaha bahagia. Nah hal inilah yang akan menjadi modal berharga untuk mempelajari hal lain dikemudian hari.

Mengingat Tujuan

goals, tujuan

gambar via wrckfix.com

Dengan mengingat tujuan artinya kalian telah memotivasi diri sendiri secara tidak langsung, sebab dengan cara ini bisa saja semangat kalian mebludak. Dalam menuntut ilmu, selain belajar dan cara belajar, ternyata motivasi merupakan bagian yang sangat penting. Sebab semuanya berawal dari sini, ketika seseorang memiliki otivasi yang tinggi, sudah dipastikan akan lebih bertahan, dibandingkan dengan mereka yang motivasinya lemah bahkan tidak memiliki motivasi.

Maka ada baiknya senantiasa mengingat tujuan sekolah dan belajar, hasil akhir apa yang hendak ingi kita capai. Sebab itu semua akan menjadi modal berharga saat perahu kalian tertepa badai.

Banyak membaca

membca, read, girls

gambar via tempo.co

Banyak membaca dapat membuka jendela pengetahuan, semakin banyak berinteraksi dengan buku, maka memungkinkan menjadi orang yang luas secara wawasan dan pengetahuan.

Memiliki pengetahuan yang mendalam serta wawasan yang luas menjadi sebuah cita-cita banyak orang. Dengan membaca juga kalian akan lebih mudah dalam belajar serta memahami segala sesuatu.

Membuat Catatan

catatan, catatan kratif

gambar via brilio.net

Ada baiknya kalian selalu membuat catatan-catatan kecil setiap kali belajar. Sebab hal ini akan membantu terkait capaian-capaian kalian.

Tulislah apa saja yang dirasa kurang atau belum terpenuhi setiap setelah belajar. jadikan catatan tersebut sebagai evaluasi diwaktu belajar berikutnya.

Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

belajar efektif

gambar via rumah.com

Menemukan proses belajar yang efektif dan menyenangkan tentulah tidak mudah, sebab barangkali dibeberapa kesempaan atau mata pelajaran tertentu kita tidak menyukai hal itu. Nah cara-cara berikut bisa kalian coba, agar proses belajar tidak hanya efektif akan tetapi menyenangkan.

Belajar Dengan Mindmap

peta konsep

gambar via ristekdikti.go.id

Selain cara-cara yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, hal ini bisa kalian coba, yaitu dengan cara belajar menggunakan midmap.

Apa itu mindmap?

Mindmap atau peta pikiran dicetuskan pertama kali oleh pakar pendidikan Tony Bauzan. Dengan menerapkan mindmap dimungkinkan mempermudah dalam proses pembelajaran.

Caranya yaitu dengan menggambar terlebih dahulu apa yang hendak kita pelajari dalam kerta A4. Sehingga proses belajar menjadi lebih terarah.

Sambil Mendengarkan Musik

belajar dengan musik

gambar via hellosehat.com

Musik barangkali akan sangat membantu dalam proses belajar kalian. Sehingga belajar yang tadinya terasa membosankan dengan kehadiran musik ini akan terasa lebih menyenangkan.

Pilihlah musik yang menenangkan tanpa lirik (instrument), sebab ketika kalian mendengarkan musik yang memiliki lirik, perhatian kalian sudah dapat dipastikan akan fokus pada lirik tersebut.

Memanfaatkan Teknologi

menonton youtube.com

gambar via tribunstyle.com

Belajar dengan menggunakan teknologi, seperti apalikasi interaktif atau video interaktif dapat menjadi sebuah pilihan untuk menciptakan belajar yang lebih menyenangkan. Nah jika kalian tidak melek teknologi, bisa minta bantu kepada orang lain atau sodara kalian.

Cara Belajar Efektif di Rumah

belajar di rumah

gambar via parenting77.com

Rumah merupakan tempat dimulai dan berakhirnya aktivitas kita. Kemudian bagamana caranya supaya bejar kita lebih efektif saat dirumah. Karena saat kita sedang berada di rumah biasanya lebih asyik melakukan hal-hal yang yang sifatnya menyenangkan, seperti nonton televisi, nonton film atau bahkan main game. Berikut bebeapa cara belajar yang bisa kalian pilih ketika sedang berada di rumah.

Menggunakan Metode Sersan (Serius Tapi Santai)

belajar kelompok, belajar santai

gambar via gayahidup.com

Hal ini dapat kalian lakukan saat belajar dirumah, tentu saja jangan samakan antara belajar di rumah dan di sekolah. Kalian dapat menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk berhenti dan memulai belajar. Jika kalian merasa mulai lelah dapat melakukan hal-hal lain terlebih dahulu sebelum memulai kembali.

Tentu dengan cara seperti ini belajar kalian akan lebih efektif dan menyenangkan.

Memilih Sudut yang Tepat

desain interior rumah, ruang tamu

gamabr via tribunnews.com

Kalian bisa mencoba mengekplore tempat belajar yang lebih nyaman dan menyenangkan disekitar rumah. Tempat adalah faktor pendukung yang sangat penting dalam membantu proses dan menghasilkan kualitas belajar yang baik.

Misal kalian dapat mencoba belajar di area-area seperti halaman rumah, teras, balkon atau bahkan di loteng. Dengan cara seperti ini mungkin saja belajar kalian akan lebih efektif.

Cara Belajar Efektif di Sekolah

belajar di sekolah, sekolah dasar

gamabr via jadiberita.com

Sudah pasti setiap orang menginginkan proses belajar yang baik disekolahnya. Tapi pada kenyataannya tidak demikian, malah ada beberapa siswa yang merasa kesulitan saat belajar di sekolah. Hal ini dapat kalian lakukan saat belajar disekolah, supaya proses belajar lebih efektif.

Datang Tepat Waktu

jam alrm

gambar via wartaekonomi.co.id

Dengan kalian datang tepat waktu ke sekolah, berarti kalian telah memulai pagi dan hari disekolah dengan baik. Sebab jika kalian terlambat, hal itu akan sedikit menurunkan mood kalian.

Artikel Terkait : Pengertian Kompetensi

Bukan hanya itu saja, ketika seseorang terlambat bisa jadi ketinggalan beberapa materi pelajaran. Hal ini sudah dapat dipastikan kalian tidak akan mengerti.

Awali Dengan Berdoa

berdoa

gamabr via cakhasan.com

Kalian dapat mengawali hari dengan selalu berdoa (baca doa sebelum belajar disini), termasuk saat hendak belajar. Hal ini akan membangkitkan semangat dan fokus kalian saat belajar. Selain itu dengan dengan berdoa terlebih dahulu Insha Allah kita akan terhindar dari hal-hal negatif.

Memperhatikan Guru Saat Menerangkan

guru, mengajar

gambar via cakhasan.com

Supaya materi pelajaran yang guru sampaikan bisa kita cerna dengan baik. Alangkah baik setiap apa yang guru sampaikan kita perhatikan dan fokus apa yang guru paparkan. Dengan begitu tentu harapannya kita dapat mengerti dengan mudah.

Demikian tulisan mengenai  cara belajar efektif dan efisien yang dapat kalian praktikan, baik di rumah maupun di sekolah. Semoga tulisan ini dapat membantu serta mendatangkan manfaat. Jangan lupa di share dan tinggalkan komentar ya.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply