beasiswa prancis, wisuda

Beasiswa Prancis

Beasiswa Prancis – Pernahkah kalian membaca novel “Edensor” karya seorang Andrea Hirata, diamana dalam buku tersebut menceritakan perjalanan pendidikan di salah satu Universitas di Prancis, dan saya pikir hal itu sangat menakjubkan.

Prancis merupakan negara luar biasa dengan sejarah, budaya, tempat wisata, kuliner, bahasa dan lain sebagainnya. Bukan hanya itu saja, perancis menjadi pusat perkembangan pendidikan. Di sana terdapat salah satu Universitas tertua di dunia, yaitu Sorebone.

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk studi di Prancis?

Soal pendidikan, sejauh ini prancis menyandak negara dengan pendidikan yang paling efektif dan berkualitas. Selain itu Prancis sangat membuka lebar-lebar siapa saja yang sekolah di negaranya.  Hal itu terbukti dengan menempatinya Perancis di posisi ke-3 sebagai negara penerima pelajar asing.

Artikel Terkait :

Lalu bagaiamana dengan bahasanya?

Sudah menjadi rahasia umum apabila masyarakat sangat mencintai bahasanya, bahkan kita akan menemukan orang-orang disudut kota Prancis  yang menolak untuk berbahasa asing.

Kendati demikian, kalian yang ingin kuliah di Prancis jangan khawatir, sebab hampir setiap Universitas memiliki kelas Internasional, itu artinya bahasa Inggris masih digunakan.

Sebagai negara yang sangat peduli terhadap pendidikan, Prancis membuka program beasiswa bagi mahasiswa domestik dan Internasional. Berikut ini beberapa program beasiswa yang dapat kalian coba;

Beasiswa Pemerintah Prancis

prancis flag, bendera prancis

gambar via berkulia.com

Seperti halnya dengan negara laian, negara Prancis adalah negara paling giat dalam memberikan beasiswa baigi mahasiswa Internasional. Hal ini terbukti dengan digulirkannya beberapa beasiswa yang sumbernya memenag dari pemerintah. Sebagai contoh, berikut beasiswa yang didanai oleh pemerintah Prancis.

Beasiswa Eiffel

Bisa dikatakan beasiswa Eiffel ini adalah beasiswa Prancis paling populer. Beasiswa yang ditawarkan setiap tahun untuk jenjang master dan doktor ini hanya meberikan biaya pendidikan atau penelitian maksimal 10 bulan saja.

Walaupun tergolong sebentar, namun beasiswa ini membiayai secara penuh, mulai dari akomodasi perjalanan, asuransi, biaya pendidikan hingga menaggung biaya kehidupan.

Sejauh ini, beasiswa Eiffel hanya membuka untuk program studi tertentu saja, misal Teknik, Sains, Ekonomi, Hukum dan Politik.

Ketika kalian dinyatakan berhak menerima beasiswa Prancis ini, maka kalian akan mendapatkan pendanaan sebesar 1.180 euro untuk jenjang master dan 1.400 euro untuk jenjang doktor.

Nah apabila kalian tertarik dengan beasiswa Prancis ini, kalian terlebh dahulu diharuskan diterima di salah satu universitas di Prancis. Dengan begitu secera otomatis kalian memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Eiffel.

Selain diharuskan diterima terlebih dahulu di salah satu Universitas di Prancis. Beasiswa Eiffel memiliki batasan umur, untuk jenjang master maksimal 30 tahun dan untuk jenjang doktor maksimal 35 tahun. Jadi patikan kalian masih layak untuk menerima beasiswa eiffel ini.

Beasiswa BGF (Bourse du Gouverenement Francais)

Beasiswa BGF merupakan sebuah beasiswa hasil dari kerja sama antara Prancis dan beberapa kementrian Indonesia, perusahaan Prancis atau Indonesia, pemerintahan Provinsi, lembaga dan atau yayasan.

Setidaknya dalam setiap tahun beasiswa ini menggelontorkan 300 beasiswa yang dikelola oleh IFI, yaitu sebuah institut Prancis di Indonesia. Program ini hanya ditawarkan untuk mereka mahasiswa master dan doktor saja.

BGF akan mebiayai pendidikan secara penuh, mulai dari tiket perjalanan, tempat tinggal, biaya hidup, buku, pendampingan, asuransi hingga kursus-kursus. Pendanaan tersebut ditanggung oleh beberapa pihak, pemerintahan Prancis dan rekanan IFI seperti Pemerinthan Provinsi atau perusahaan.

Terdapat beberapa skema dalam BGF ini, salah satunya pendidikan dapat ditempuh di dua negara, dalam hal ini Indonesia dan Francis.

Nah bagi kalian yang berminat dengan beasiswa ini, silahkan persiapkan diri masing-masing sebaing mungkin. Sehingga pada waktunya nanti kalian dapat meraih hasil terbaik.

Beasiswa Hermes

Hermes adalah sebuah Prancis yang dikhususkan bagi para post-doctorat untuk mengerjakan proyek dalam bidang ilmu sosial dan humaniora. Pemerintah Prancis melalui kementrian luar negerinya membuka kesepatan bagi para peneliti luar Prancis untuk melakukan riset di Universitas-Universitas mereka.

Beasiswa Harmes dari Prancis ini hanya ditujukan untuk beberapa negara saja, salah satunya adalah Indonesia. Penelitian yang dilakukan di Universitas biasanya didasarkan atas rekomendasi dari pihak-pihak terkait. sehingga penerima beasiswa tidak memiliki hak menentukan secara pebuh atas tempat penelitiannya.

Beasiswa GDF Suez

GDF Suez adalah sebuah beasiswa hasil dari kerja sama antara pemerintah Prancis lewat kementrian luar negeri dengan pihak GDF Suez group yang dibantu oleh institut Prancis din indonesia (IFI).

Sebuah program beasiswa yang menawarkan program master atau S2 di kampus yang ditunjuk oleh pihak mereka. Beasiswa ini membiayai pendidikan secara penuh, bahkan memberikan kesempatan kepada penerima untuk melakukan magang di GDF Suez.

Beasiswa Swasta

logo total, total

gambar via thenational.ae

Selain terdapat beasiswa dari pemerintahan Prancis, kalian juga dapat kuliah dengan memanfaatkan beasiswa dari perusahaan. Berikut ini adalah contoh beasiswa dai pihak swasta.

Beasiswa Total

Total merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia yang berasal  dari Prancis (baca artikel tentang Total disini). Setiap tahunnya mereka memberikan beasiswa master bagi mahasiswa Indonesia.

Bidang studi yang total biayai diantaranya sebagai berikut.

  • Perminyakan
  • Teknik
  • Ekonomi
  • Hukum
  • Manajemen
  • Politik

Nah apabila kalian sedang mepelajari bifang-bidang tersebut, kalian memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi master di Prancis dengan beasiswa Total ini.

Terdapat beberapa sekema yang diberlaku dalam penerimaan beasiswa Total, salah satunyany adalah double degree program yang diseenggarakan di Indonesia dan di Prancis.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, persiapkan diri kalian sebaik mungkin dari sekarang, agar pada saatnya mendapatkan hasil terbaik.

10 Universitas Populer di Prancis

kampus prancis

gambar via akadecindonesia.com

Berikut ini merupakan 10 universitas yang dianggap paling populer di Prancis;

NoUniversitas
1Ecole Normale Superieure (ENS Paris)
2Ecole Polytechnique (Paris Tech)
3Universite Pierre et Marie Curie (UPMC)
4Universite Paris-Sud 11
5Universite Paris Diderot (Paris 7)
6Science Po paris
7Universite Paris Sorbone
8Universite Paris 1 Phanteon-Sorbone
9Uiversite Paris Descrates
10Ecole des Ponts Paristech

10 daftar universitas Prancis di atas tidak diurutkan berdasarkan peringkat.

Demikian tulisan mengenai beasiswa Prancis yang dapat saya bagikan. Semoga tulisan ini menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Kepoin Yuks