beasiswa jerman, kampus jerman

Beasiswa Jerman

Beasiswa Jerman – Sudah bukan rahasia lagi apabila pendidikan di Jerman sangat murah, mulai dari pendidikan sekolah dasar hingga pendidikan tingginya, bahkan di beberapa lembaga atau institusi tertentu tidak dikenakan biaya pendidikan sama sekali.

Hal tersebutlah yang mendorong pelajar Internasional untuk menempuh pendidikan di Jerman. Bagaimana tidak menarik, Jerman menawarkan pendidikan yang murah bahkan gratis dengan kualitas pendidikan yang sangat baik.

Artikel Terkait : Cara Mendapatkan Beasiswa

Hal itulah yang mendorong beberapa pelajar Indonesia untuk melanjutkan studinya di Jerman. Akan tetapi diantara mereka ada yang memanfaatkan beasiswa untuk belajar disana. Berikut daftar besiswa Jerman yang dapat kalian coba juga.

Beasiswa Pemerintahan Jerman

beasiswa jerman, bendera jerman

gambar via unsplash.com

Setiap tahunnya terdapat beasiswa yang dialokasikan pemerintah Jerman untuk mahasiswa Internasional, berikut diantaranya.

Beasiswa DAAD (Deutscer Akademischer Austausch Dienst)

Sejauh ini beasiswa DAAD merupakan beasiswa Jerman paling favorit yang ada, jenis beasiswa ini merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Jerman.

Sebagian besar dari beasiswa DAAD diperuntukan bagi mereka para pengajar terutama dosen, baik dari dosen Uiversitas Swasta maupun dosen dari Universitas Negeri. Selain itu, besiswa ini mengakomodasi para peneliti profesional yang bekerja di sektor publik maupun swasta.

Sedangkan program untuk mahasiswa jenjang S1 nya ialah kursus atau short course dimusim panas selama satu semester. Akan tetapi program ini hanya dikhususkan bagi mereka yang sedang penempuh pendidikan bahasa Jerman saja.

Terdapat dua jenis beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jerman, yaitu beasiswa reguler dan beasiswa khusus. Untuk beasiswa khusus sendiri biasanya hanya meliputi program tertentu saja dan tidak dibuka setiap tahun. Hal tersebut berbeda dengan beasiswa reguler yang dibuka setiap tahunnya, nah bagi kalian yang tertarik sering-seringlah cek informasi.

Beasiswa Erasmus

Erasmus adalah sebuah beasiswa yang disediakan oleh Uni Eropa untuk mereka yang memiliki keinginan disana, salah satu negara yang dijadikan sebagai destinasi dari beasiswa ini adalah Jerman.

Erasmus menyediakan beasiswa penuh, mulai dari biaya kuliah, penelitian, hingga biaya hidup. Sehingga apabila kalian medapatkan beasiswa ini tidak perlu khawatir terkait pembiayaan.

Jerman sendiri adalah asalah satu tujuan favorit pelajar Internasional yang mengikuti program beasiswa Erasmus ini, lalu bagaimana dengan kalian?

Beasiswa Non-Pemerintah

perusahaan bayer, perusahaan jerman

gambar via harnas.co

Selain beasiswa yang bersumber dari pemerintah Jerman, terdapat juga beasiswa dengan sumber non-pemerintah, seperti beasiswa dari perusahaan, organisasi atau lembaga tertentu. Pembiayaan sendiri dapat datang dari Indonesia, Jerman atau bahkan negara lain. Berikut diantaranya beasiswa yang termasuk ke dalam non-pemerintahan.

Heinrich Böll Scholarships

Sebuah beasiswa atau bantuan dana pendidikan yang diselenggarakan oleh pihak yayasan Heinrich Böll, merupakan sebuah beasiswa yang diperuntukan bagi mereka para pelajar Internasional dan domestik. Programnya pun beragam, mulai dari beasiswa sarjana, master hingga doktor.

Dalam satu tahun, beasiswa ini membuka dua gelombang ppendaftaran. Jadi bagi kalian yang menaruh minat dengan beasiswa ini, harus sering-sering cek informasinya boell.de

Kurt Hansen Science Scholarships

Pernahkah kalian mendengar perusahaan Bayer? Sebuah perusahaan dengan jaringan Internasional yang luas termsuk di Indonesia.

Perusahaan Bayer membuka program beasiswa bagi yang menaruh minat dalam pengembangan sains, tentu saja studi dilakukan di Jerman.

Selain membuka program beasiswa jenjang tertentu, Bayer juga membuka proyek studi, program magang dan lain sebagainnya. Info lebih lanjutnya kalian dapat kunjungi laman bayer-foundation.com

The Baden Wurttemberg Stipendum Scholarship

Sebuah program beasiswa yang diberikan oleh oraganisasi asal jerman ini memberikan kesempatan kepada pelajar sekolah menengah atas, mahasiswa serta professional di seluruh dunia untuk merasakan pendidikan di Jerman.

Akan tetapi beasiswa ini hanya dapat diikuti oleh mereka yang memilki kerjasama dengan pihak organisasi. Bentuk besiswanya sendiri bukan sebuah pendaan pendidikan penuh seperti program sarjana atau master. Namun lebih ke dalam pertukaran pelajar yang dilakukan 3 hingga 11 bulan.

Artikel Terkait : Perbedaan Scholarship dan Fellowship

Paling tidak dengan mengikuti program beasiswa ini, kita dapat merasakan pendidikan di Eropa khususnya di Jerman. Sebab pertukaran tidak selalu dilakukan di Jerman, dapat juga diluar Jerman, asalkan masah satu lingkup Benua Eropa.

Deutschland Stipendium

Besiswa satu ini sangat cocok sekali bagi mereka denga prestasi yang cemerlang, beasiswa yang diberikan cukup lupayan, yaitu sekitar 300 euro perbulannya. Dengan uang jumlah tersebut, paling tidak mahasiswa dapat belajar tenang di Jerman.

Besaran pendanaan sendri relatif dapat berubah-ubah, hal ini tergantung kerjasama dan kesepakan antara pemberi beasiswa dengan organisasi atau individu.

Beasiswa Universitas

rwth jerman

gambar via earlydike.de

Selain beasiswa yang diberikan oleh pemerintah ataupun pihak  swasta, terdapat juga beasiswa yang diberikan oleh pihak Universitas Jerman. Tentu saja beasiswa ini dapat menjadi sebuah pilihan. Sedangkan soal pendanaan variatif, tergantung kebijakan masing-masng dari Universitas.

Beasiswa yang diberikan tidak selalu dalam bentuk pendanaan atau beasiswa full, akan tetapi bisa dalam bentuk pelatihan atau kursus dibidang tertentu.

Berikut beberapa contoh beasiswa dari Universtas di Jerman;

RWTH Aachen University scholarships

Pernahkan kalian mendengar RWTH Aachen University, salah satu Universitas ternama yang melahirkan banyak orang hebat di dunia, teruma dalam bidang teknik. Kampus ini memberikan kesempatan beasiswa bagi mahiswa domestik dan Iternasional untuk belajar.

Bagaimana apakah kalian tertarik dengan beasiswa ini?

Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers

Tidak seperti kebanyakan kampus di Jerman yang memberikan beasiswa ppendidikan atau kursus, kampus ini hanya memberikan potongan biaya pendidikan saja. Akan teteapi meski memberikan potongan saja tentu sangat berguna bagi kita.

13 Universitas Populer di Jerman

Sebagai bahan referensi bagi kalian yang akan melanjutkan pendidikan ke Jerman, berikut nama-nama Universitas populer disana;

  1. Ruprect-Karls-Universitat Heidelberg
  2. Ludwing-Maximilians-Universitat Munchen
  3. Technische Universitat Munchan
  4. Universiitat Freiburg
  5. Karlsruhe Institute of Technology (KIT)
  6. Humboldt-Universitat zu Berlin
  7. Emberhard Karls Universitat Tubingen
  8. Georg-August-Universitat Gottingen
  9. RWTH Aachen University
  10. Freie Universitat Berlin
  11. Rheinische Friedrich-Wihelms-Universitat Bonn
  12. Technische Universitat Berlin
  13. Universitat Hamburg

Daftar 13 Universitas populer di atas tdak disusun berdasarkan ranking.

Nah kira-kira kalian memilih Universitas mana untuk melanjutkan pendidikan di Jerman?

Demikian tulsan yang dapat saya bagikan mengenai beasiswa Jerman ini, s emoga mendatangkan manfaat dan menjadi informasi yang berguna.

 

 

Kepoin Yuks