Beasiswa Italia

Beasiswa Italia – Italia adalah sebuah negara di daratan Eropa yang sangat eksotis, menawarkan banyak keunikan, mulai dari budaya, wisata, sejarah dan kulinernya. Pernahkah kalian mencoba mencicipi esspreso, nah minuman tersebut merupakan salah satu minuman khas Italia yang populer. Selain itu, UNESCO menobatkan Italia sebagai negara dengan jumlah situs dan warisan budaya terbesar di dunia.

Selain terkenal dengan warisan budayanya, Italia terkenal sebagai pusat fashion dunia. Maka tidak heran apabila kita mengenal desainer-desainer kenamaan dunia yang berasal dari Italia.

Lalu bagaimana dengan pendidikannya?

Soal pendidikan, Italia tidak jauh berbeda dengan negara-negara Eropa lainnya. Bahkan beberapa Universitas di Italia masuk ke dalam jajaran Universitas tertua di Eropa. Jadi kalian tidak perlu khawatir soal kualitas pendidikan di sana.

Artikel Terkait : Cara Mendapatkan Beasiswa

Universitas-Universitas di Italia memiliki bidang studi unggulan, seperti;

  • Arsitektur
  • Desain
  • Sains
  • Teknik
  • Ekonomi
  • Manajemen
  • Pertanian
  • Teknologi terbarukan
  • Humaniora
  • Pariwisata
  • Seni
  • Musik

Kemudian soal biaya pendidikan, Italia menerapkan hal yang sama dengan Indonesia, yaitu tergantung dengan pendapatan keluarga. Namun apabila kalian ingin kuliah di Italia dengan gratis, kalian bisa mencoba beberapa beasiswa berikut ini.

Daftar Isi

Beasiswa Pemerintah Italia (The Italian Goverenment Scholarship)

pemerintahan italia, italia govrement

gambar via delvedc.com

Setiap tahunnya pemerintah menyediakan beasiswa, baik untuk mahasiswa domestik maupun beasiswa untuk mahasiswa Internasional.Namun pada umumnya beasiswa yang ditawarkan hanya untuk short courseĀ selama 3 bulan, 6 bulan atau 9 bulan saja. Nah apabila kalian tertarik dengan beasiswa di Italia dapat mengunjungi laman iicjakarta.esteri.it

Artikel Terkait : Beasiswa Amerika

Beasiswa yang Tersedia di Italia

Berikut beberapa program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintahan Italia;

  1. University degree course
  2. Program pelatihan seni, musik dan lain sebagainya. Beasiswa setidaknya diberikan selama 6 bulan.
  3. Program master degree, program ini miniimum dilaksanakan selama satu tahun.
  4. Program Ph.D degree, pendaftaran dan aturannya ditentukan oleh masing-masing dari Unversitas di Italia.
  5. Program spesialisasi, program ini dikhususkan bagi mereka mahasiswa kedikteran. Beasiswa ini setidaknya diberikan selama 6 bulan.
  6. Beasiswa penelitian, dilaksanakan oleh Universitas atau lembaga penelitian terkemuka di Italia. Program ini berlangsung minimal 6 bulan.
  7. Kursus bahasa dan kebudayaan Italia, sebuah program yang dikhususkan bagi mereka yang mengambil jurusan sastra dan kebudayaan Italia.
  8. Kursus bagi guru bahasa Italia, menargetkan penerima dari kalangan guru bahasa Italia yang memiliki pengalaman.

Kebanyakan beasiswa dari pemerintah Italia maksimal hanya 9 bulan, namun uniknya beasiswa-beasiswa tersebut dapat diperbaharui kembali dengan cara mendaftar kembali. Jika pelamar memiliki track record yang baik tentu saja akan sangat mudah mendapatkan beasiswa kembali.

Beasiswa Bocconi University

boccony university

gambar via jeduka.com

Selain beasiswa yang didanai oleh pemerintah Italia, nyatanya terdapat beasiswa dari pihak Universitas, salah satunya adalah beasiswa dari Universitas Bocconi. Universitas Bocconi setiap tahunnya menawarkan beasiswa S2 dan S3 bagi para mahasiswa Internasional.

Beasiswa yang diberikan oleh pihak Universitas Bocconi ini merupakan beasiswa penuh, artinya segala jenis biaya pendidikan ditangguh oleh pihak Universitas.

Masa pendidikan di Universitas Bocconi beragam, tergantung bidang studi yang diambil, namun rata-rata dalam 3 tahun bisa selesai untuk program sarjana, kecuali jurusan hukum setidaknya harus menempuh studi selama 5 tahun untuk menyelesaikannya.

Sedangkan untuk program master, studi ditempuh dalam waktu 2 tahun. Artinya sama dengan universitas-universitas di negara lainnya.

Pertimbangan pelamar beasiswa untuk diterima ditinjau dari 2 aspek, yaitu keungan serta karir akademik. Hal tersebut berlaku untuk semua program tanpa terkecuali.

Artikel Terkait : Beasiswa Kanada

Bantuan pedidikan yang diberikan untuk setiap mahasiswanya adalah 11.000 euro bagi mahasiswa program sarjana, sedangkan 12.000 euro bagi mahasiswa program master.

Beasiswa dari Universitas Bocconi ini diperuntukan untuk pelajar Internasional yang sama sekali tdak pernah mengenyam pendidikan di Italia. jadi buat kalian yang sekolahnya lulusan Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini.

Untuk mendapatkan informasi mengenai skema, persyaratan dan hal-hal yang menyangkut beasiswa Bocconi ini, kalian dapat mengakses halamannya di unibocconi.eu

Catatan: Bocconi merupakan sebuah Universitas Swasta terkemuka di Italia yang telah melahirkan banyak orang hebat, termasuk salah satu yang menjadi Perdana Menteri Italia.

10 Universitas Populer Italia

universitas italia

gambar via dominicanuniversity.com

Berikut 10 Universitas paling populer di Italia yang bisa kalian jadikan sebagai referensi dalam menentukan tempat studimu di Italia.

  1. University of Bologna
  2. Sapienza University of Rome
  3. Politecnico di Milano
  4. University of Milano
  5. University of Pisa
  6. University of padua
  7. Universita degli Studi di roma – Tor Vergata
  8. Politecnico di Torino
  9. University of Florence
  10. University of Naples

10 Universitas populer Italia di atas tidak disusun berdasarkan peringkat.

Nah kira-kira kalian memilih Universitas mana untuk melanjutkan pendidikan di Italia? Saya yakin kalian punya pilihan dan pertimbangan masing-masing dalam menentukan hal ini.

Demikian pembahasan mengenai beasiswa Italia yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Semoga tulisan ini menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply