4 Beasiswa Inggris Paling Prestisius

Beasiswa Inggris – Siapa yang tidak mengenal Inggris, sebuah negara yang sangat mashur, namanya dikenal hampir disetiap negara, bahkan bahasanya dijadikan sebagai bahasa Internasional.

Sejak jaman dahulu Inggris memiliki pengaruh yang sangat besar, ditandai dengan banyaknya koloni yang mereka bangun. Samahalnya dengan saat ini di bidang pendidikan, Inggris menjadi salah satu negara yang dinggap mapan dalam soal itu. Maka tidaklah heran apabila pelajar dari berbagai negara berbondong-bondong untuk belajar di Inggris.

Inggris memiliki kampus-kampus terbaik, sebut saja Oxford University dan Brimingham University, kedua nama kampus ini tidak kalah beken apabila dibandingkan dengan Harvard atau MIT (Universitas di Amerika).

Kemudian bagaimana soal biaya pendidikannya?

Selain dikenal memiliki citra yang baik di bidang pendidikan, Inggris ternyata dikenal dengan biaya pendidikan yang fantastis, terutama soal biaya hidup. Mungkin  bagi sebagian orang hal tersebut tidak masalah, lalu bagaimana dengan kita yang memiliki dana pas-pasan.

Artikel Terkait : Tips Jitu Cara Mendapatkan Beasiswa

Solusi yang dapat menjadi pilihan ialah dengan mencari beasiswa penuh yang dapat menanggung pendidikan selama kuliah di Inggris.

Beasiswa Inggris

inggris flag

gambar via mirroradvertising.id

Sejauh ini pemerintah Inggris membuka kesempatan bagi siapa saja yang Ingin mengenyam pendidikan di negaranya, salah satunya melalui program beasiswa yang diselenggarakan Inggris, tentu hal tersebut dapat kalian coba.

Artikel Terkait : Beasiswa Belanda Paling Populer

Selain beasiswa dari pemerintah Inggris, sebenarnya masih terdapat banyak beasiswa, baik dari pemerintah, Indonesia, kampus atau pihak swasta. Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai program beasiswa Inggris adalah sebagai berikut;

  • The British Chevening Awards
  • The Jardine Foundation Scholarship
  • Beasiswa Gates Cambridge
  • Clarendon Fund Scholarship

Berikut pembahasan dari masing-masing beasiswa di atas.

The British Chevening Awards

basiswa chevening, beasiswa inggris

gamabr via ehef.id

The British Chevening Awards atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan beasiswa chevening, merupakan sebuah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Inggris melalui Kementrian Luar Negerinya yang dikelola oleh British Council.

Program yang ditawarkan tergolong unik, dimana program master hanya dilaksanakan dalam waktu satu tahun, hal ini tentu jarang kita temukan di negara-negara lain.

Beradasarkan sejarahnya beasiswa chevening dimulai pada tahun 1983, yang sekarang telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menjadi salah satu program beasiswa unggulan.

Beasiswa chevening hari ini bekerja sama dengan 160 negara di dunia, setidaknya terdapat 43.000 orang yang menjadi alumni beasiswa ini.

Program beasiswa chevening menanggung seluruh kebutuhan yang kita perlukan, termasuk akomodasi perjalanan dari negara asal. Berikut pembiayaan yang diberikan chevening;

  • Biaya hidup
  • Biaya kuliah
  • Akomodasi tiket

Sedangkan beberapa persyaratan penting yang harus kaliian penuhi adalah IELTS 6,5, adapun untuk jurusan tertentu disyaratka 7,0.

Selain nilai IELTS yang telah disebutkan, beasiswa ini mengharuskan setiap pelamarnya telah memiliki pengalaman kerja atau dalam bidang terkait setidaknya 2 tahun.

Program beasiswa chevening ini biasanya dibuka buan Agustus setiap tahunnya, utnuk melihat detail pendaftarannya kalian dapat mengunjungi chevening.org

The Jardine Foundation Scholarship

jardiens

gambar via twitter.com

Berbeda halnya dengan beasiswa sebelumnya, The Jardine Foundation Scholarship diperuntukan bagi mereka yang menginginkan mengenyam pendidikan sarjana di Inggris. Sedangkan untuk pilihan Universitasnya, hanya ada dua saja yaitu Oxford dan Cambridge.

Persyaratan yang diwajibkan oleh pihak pemberi beasiswa adalah umur pelamar jangan lebih dari 25 tahun, kemudian memiliki nilai bioloogi, fisika, kimia dan matematika dengan rata-rata 7,5.

The Jardine Foundation Scholarship merupakan beasiswa dari pihak swasta, tepatnya salah satu perusahaan Inggris yang memiliki hubungan kerjasama dengan Indonesia. Kendati demikian beasiswa ini tidak ada ikan dinas, jadi si penerima dapat dengan bebas memilih pasca lulus.

Beasiswa ini akan membiayai pendidikan secara penuh, termasuk biaya hidup dan biaya perjalanan. Sehingga penerima hanya perlu fokus untuk belajar saja. Bagaimana apakah kalian tertarik?

Beasiswa Gates Cambridge

cambridge

gambar via gates cambridge

Sesuai dengan namanya beasiswa ini hanya diperuntukan bagi kalian yang kuliiah di Cambridge. Nama Cambridge sendiri terkenal dengan sejarah dan prestasinya, bahkan kampus ini termasuk ke dalam Kampus deretan tertua di Dunia.

Berdasarkan catatan dari masa-kemasa, cambridge senantiasa bersaing dengan oxford untuk memperoleh titel kampus terbaik di Inggris.

Gates Cambridge adaah sebuah beasiswa penuh yang membiayai segala hal kebutuhan, mulai dari biaya hidup akomodasi perjalanan hingga biaya riset. Beasiswa ini diperuntukan bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan master dan doktoral. Hingga saaat ini beasiswa Gates Cambridge dianggap beasiswa yang prestesius, baik di Inggris maupun di dunia.

Beasiswa ini disponsori oleh berbagai pihak, baik individu maupun perusahaan. salah satu sponsornya ialah Billgates, seorang pengusaha asal Amerika Serikat.

Persaingan dari beasiswa gates cambridge dianggap sangat ketat, dimana hanya terdapat 90 beasiswa saya yang diperebutkan oleh pelamar di seluruh dunia.

Jadi apabila kalian menginginkan beasiswa ini tentu harus disiapkan jauh-jauh hari, dengan begitu paling tidak kalian memiliki sedikit persiapan.

Kriteria Beasiswa Cambridge

Setidaknya terdapat 4 kriteria yang harus kalian penuhi, apabila ingin diterima, berikut penjelasannya;

  • A good fit with cambridge – Artinya kalian harus mampu meyakiinkan para paniti penyeleksi, bahwa hanya kalianlah yang cocok menerima beasiswa tersebut. Hal ini menyangkut argumen atau alasan kalian mengapa harus kuliah di cambridge.
  • Academic excellence – Salah satu kriteria yang dapat dikatakan sebagai tolak ukur pertama dalam seleksi beasiswa cambridge, yaitu nilai akademik. tentu hal ini tidak mengehreankan, sebab kita tahu sendiri cambridge merupakan kampus dengan reputasi baik yang dihuni oleh kaum intelektual dunia.
  • Leadirship potential – Jiwa kepemimpinan adalah hal mutlak yang harus diimiliki
  • A comitment to improving the lives of other – Beasiswa ini mensayaratkan kepada para penerimanya untuk berkomitmen menggunakan ilmu yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat.

Cara Mendaftar Beasiswa Cambridge

Mendaftar beasiswa gates cambrdge hanya perlu mengajukan permohonan dengan mengisi formulir GRADSAF yang disediakan oleh Universitas Cambridge, atau kalian dapat menghubungi bagian admision officenya.

Berikut ini merupakan berkas yang harus dipersiiapkan saat melamar beasiswa cambridge;

  • Formulir GRADSAF
  • Transkrip nilai akademik
  • 2 surat rekomendasi akademik
  • 1 rekomendasi pribadi
  • Proposal riset
  • Nilai TOEFL/IELTS

Clarendon Fund Scholarship

oxford

gambar via medium.com

Beasiswa clarendon fund adalah sebuah beasiswa yang dianggap sangat prestisius, beasiswa ini diberikan oleh universitas Oxford. Setiap tahunnya beasiswa ini memberikan beasiswa penuh bagi ratusan mahasiswa yang dianggap memenuhi sayarat.

Clarendon fund scholarship adalah sebuah beasiswa yang hanya menitik beratkan pada kemampuan akademik saja. Sedangkan untuk pendaftaranya sendiri tergolong mudah, sebab kalian hanya perlu medaftar di kampus Oxford, dengan begitu secara otomatis kalian dipertiimbangkan sebagai calon penerima beasiswa.

Berikut standar atau kriteria dari clarendon fund scholarship;

  • Memiliki akademik yang baik – Peserta yang melamar pada program beasiswa ini diharuskan memiliki ipk minimal 3,7 dengan sekala empat. Sebagai tambahan pihak penyeleksi akan sangat memperhatikan penghargaan yang diraih selama kuliah, publikasi ilmiah serta informasi mengenai posiisi di masyarakat.
  • Memiliki kemampuan yang baik pada bidang studi yang ditekuni, hal tersebut dapat dinilai dari rekomendasi akademik, publikasi ilmiah, proposal riset serta kontribusi yang diberikan terhadap bidang keilmuan tersebut.
  • Terakhir ialah motvasi pelamar, dimana dapat dilihat dari komitmen, personal statement serta rekomendasi pribadi.

15 Universitas Populer di Inggris

brimingham university

brimingham.ac.uk

Berikut ini merupakan 15 unversitas di Inggris yang dapat kalian jadikan pilihan.

  1. University of Cambridge
  2. Imperial Collage London
  3. University of Oxford
  4. King’s Collage London
  5. University of Edinburgh
  6. University Collage London
  7. University of Bristol
  8. University of Manchester
  9. University of Glasgow
  10. University of Warwick
  11. University of Brimingham
  12. University of Sheffield
  13. London School of Economics & Political Science
  14. University of Nothingham
  15. University of St. Andrews

Daftar di atas tidak di urutkan berdasarkan peringkat

Sekilas Tentang Russel Group

russel group

gambar via kaplanpathwaysgroup.com

Apabila Amerika memiliki IVY League, maka Inggris memiliki Russel Group, yaitu sekumpulan Universitas ternama yang ada di Inggris, dan dianggap sebagai Universitas dengan reputasi terbaik, baik di Inggris maupun dunia.

Russel Group dihuni sekitar 24 universitas, berikut daftar nama universitas dari Russel Group;

  1. University of Brimingham
  2. Durham University
  3. University of Cambridge
  4. University of Exeter
  5. University of Glasgow
  6. University of Leeds
  7. London School of economics & political science
  8. University of Notingham
  9. University of Oxford
  10. Queen’s University of Belfast
  11. University of Southamptoun
  12. University of Warwick 2
  13. University of Bristol
  14. Cardiff University
  15. University of Edinburgh
  16. Imperial Collage London
  17. King’s Collage London
  18. University of Liverpool
  19. University of Manchaster
  20. Newcastle University
  21. Queen Marry, University of London
  22. University of Sheffield
  23. University Collage London
  24. University of York

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk menjadi bagian dari salah satu Universitas di Atas?

Demikian pembahasan mengenai beasiswa Inggris yang dapat kami sajikan, untuk mendapatkan informasi mengenai jenis beasiswa lain, kalian dapat mencarinya sendiri. semoga tulisan ini mendatangkan manfaat bagi kita semua.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply