beasiswa belanda

Ini Dia 4 Beasiswa Belanda Paling Populer

Beasiswa Belanda – Sudah tidak asing lagi apabila belanda menjadi destnasi pendidikan pelajar Indonesia. Sejak jaman kolonial hingga saat ini, pelajar Indonesia berbondong-bondong untuk mengenyam pendidikan di negri kincir angin ini.

Berdasarkan informasi, saat ini terdapat 1200 mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Belanda dari berbagai jenjang.

Belanda sendiri adalah sebuah negara terpadat di Eropa, memiliki beragam keunikan dan keindahan yang luar biasa. Soal institusi pendidikan tidak perlu diragukan lagi, Belanda setidaknya memiliki 13 Universitas yang masuk dijajaran 500 Universitas terbai dunia.

Beasiswa Belanda

beasiswa belanda

gamabr via ehef.id

Salah satu cara untuk berkuliah di Belanda yaitu dengan beasiswa, mungkin untuk sebagian orang biaya kuliah di Belanda bukanlah sesuatu hal yang masalah, akan tetapi bagaimana dengan kita yang memiliki dana terbatas? Maka solusinya adalah beasiswa.

Untuk kuliah di Belanda sebenarnya tidak melulu dengan beasiswa Belanda, sebab terdapat banyak beasiswa yang diberikan dari pihak swasta, oraganisa maupun pemerintah Indonesia. Akan tetapi sejauh ini beasiswa Belanda yang paling populer adalah dari pemerintahan Belanda.

Berikut beberapa beasiswa populer untuk study di Belanda;

Beasiswa StuNed (Studeren in Nederland)

belanda, kinci angin belanda

gambar via schoters.com

Saat ini beasiswa stuned merupakan salah satu beasiswa yang sangat populer, telah mencetak ratusan hingga ribuan alumni. Beasiswa ini merupakan hasil kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Belanda.

Beasiswa stuned sendiri ditujukan untuk para profesional Indonesia, setidaknya terdapat tiga jenis program yang stuned tawarkan seperti;

  1. Program master
  2. Short course
  3. Tailor made training

Sejauh ini program yang sangat diminati dari stuned adalah program masternya, sedangkan untuk fokus studynya terdiri dari lima yang difokuskan;

  1. Manajemen air
  2. Ketahanan pangan
  3. Sektor ekonomi
  4. Sektor yudisial
  5. Hak asasi manusia

Beasiswa ini dapat diajukan oleh perorangan atau institusi, beasiswa yang diajukan individu atau perorangan basanya adalah program master dan short course, sedang beasiswa yang diajukan oleh institusi atau oraganisasi adalah berupa pelatihan.

Persyaratan Beasiswa StuNed

Beberapa persayaratan yang harus dipenuhi agar kalian bisa mengikuti seleksi beasiswa StuNud adalah sebagai berikut;

  • Memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun
  • Memiliki Letter of Admision (LoA) dari Universitas Belanda
  • Memiliki nilai TOEFL min 79 atau IELTS 6,0

Informasi llebih lanjut bisa kalian dapatkan di nesoindonesia.or.id

Beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS)

tulip, bunga tulip

gambar via digiyan.com

Orange tulip scholarship adalah sebuah beasiswa yang disokong oleh berbagai pihak, antaranya pemerintah Indonesi, pemerintah Belanda serta perusahaan Belanda. Sejauh ini beasiiswa orange tulip merupakan beasiswa yang sangat diminati, sebab besiswa ini tidak hanya menawarkan program master, namun menawarkan program bachelor’s dan program bahasa pra-kuliah.

Beasiswa yang dibiayai oleh tiga lembaga sekaligus ini mengahruskan para pelamar diterima terlebih dahulu di Unversitas yang ditunjuk oleh pihak beasiswa orange tulip. Untuk melihat skema dan Universitas yang ditunjuk kalian bisa mengunjungi Nuffic Nesso Indonesia.

Beasiswa yang dikelola oleh Nuffic Nesso ini hanya berlaku untuk program beasiswa tertentu saja,sehingga tidak semua program stud dan Universitas yang ada di Belanda bisa masuk dalam program ini.

Jika kalian merasa tertarik dengan beasiswa ini, kalian dapat melihat segala persyaratannya di nesoindonesia.or.id. Segala peryaratan yang harus kalian penuhi tertera semuanya disana.

Ntherlands Fellowship Programme (NFP)

jalan belanda

gambar via ehef.id

Salah satu beasiswa yang dilaksanakan oleh pemerintah Belanda yang melaui kementrian luar negerinya. Beasiswa ini diiberikan kepada 51 negara di seluruh dunia, termasuk di dalamnya Indonesia. Beasiswa yang berorientasi pada pengembangan kapasitas oraganisasi penerimanya yang dilakukan melalui pendidikan serta pelatiihan professional.

Beasiswa ini membuka tiga program, sebagai berikut.

  1. Program master
  2. Program Ph.D
  3. Short course

Sebagaimana beasiswa lainnya, beasiswa ini mengharuskan para pelamarnya diterima terlebih dahulu di salah satu Universitas Belanda. Selain itu, kalian juga diharuskan telah memimiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun, serta di nominasikan oleh perusahaan tempat bekerja.

Kriteria Beasiswa NFP

Berikut beberapa kriteria dari beasiswa NFP yang harus kalian penuhi;

  • Warga negara, bekerja dan tinggal di salah satu negara yang memiliki kerja sama dengan NFP.
  • Memiliki employment statement.
  • Tidak bekerja diperuhaan atau organisasi yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan sumber daya manusia seperti, perusahaan multinasional, organisasi nasional, organisasi donor bilateral, organisasi donor multilateral dan organisasi non pemerintahan Internsional.
  • Mempunyai pasport yang masih berlaku.
  • Tidak sedang menerima beasiswa lain.
  • Memiliki goverment statement yang memnuhi persayaratan.

Beasiswa dari Universitas Belanda

universitas leiden

universitas leiden

Terdapat pilihan lain untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Belanda, yaitu melalui Universitas Belanda itu sendiri. Sejauh ini kampus-kampus di Belanda banyak menawarkan beasiswa, baik beasiswa penuh maupun beasiswa sebagian.

Informasi mengenai beasiswa dari kampus Belanda ini akan sangat mudah kalian dapatkan dari perhimpunan pelajar Indonesia yang ada disana. Jadi sering-seringlah kalian bertanya kepada mereka untuk mengenai hal ini. Dengan begitu paling tidak kesempatan untuk mengenyam pendidikan Belanda semakin besar.

13 Universitas Terpopuler di Belanda

kampus belanda

gambar via youtube

Berikut 13 Universitas populer yang ada di Belanda. Universitas ini dapat kalian jadikan sebagai referensi dalam menentukan pemilihan.

  1. University of Amsterdam
  2. Leiden University
  3. Utrecht University
  4. Deft University of Technology
  5. University of Gronigen
  6. Erasmus University Rotterdam
  7. Maastricht University
  8. Eindoven University of Technology
  9. Wagenigen University
  10. Radbound University Nijmegen
  11. VU University Amsterdam
  12. University of Twente
  13. Tilburg University

Daftar universitas populer di atas tidak berdasarkan peringkat.

Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan mengenai beasiswa belanda apa saja yang dapat menjadi pilihan. Semoga tulisan singkat ini mendatangkan manfaat bagi kita smeua. Jika diarasa bermanfaat, ajngan lupa tinggal komentar di bawah.

Kepoin Yuks