Ingin Kuliah Gratis dengan Beasiswa Austria? [Baca Disini]

Beasiswa Austria – Austria adalah salah satu Negara yang terletak di benua biru Eropa, Negara ini terkenal dengan music klasik dan komposernya, sebut saja Mozart. Saya yakin hampir semua orang pecinta music klasik sudah sangat familiar dengan nama tersebut.

Tidaklah heran apabila Austria menjadi Negara tujuan para pemusik dari seluruh dunia, terutama mereka yang ingin mempelajari music klasik.

Kendati demikian banyak mahasiswa dari penjuru dunia yang mempelajari bidang lain, seperti arsitektur dan system transportasi.

Hal ini tidaklah mengejutkan, sebab Austria merupakan Negara yang sangat indah dengan bangunan dan arsitektur yang menakjubkan. Sedangkan untuk transportasi, Negara ini memiliki system yang sangat baik, sehingga kita tidak akan menemukan kemacetan di sana.

Berbicara soal pendidikan, terutama pendidikan tingginya, Austria memiliki system pendidikan yang sangat baik.
Selain itu, Austria juga membebaskan biaya pendidikan bagi warganya, warga Uni Eropa serta mereka yang berasal dari Negara ke tiga yang dianggap masih berkembang.

Sedangkan bagi para pelajar asing, Austria menetapkan biaya pendidikan berkisar 17 hingga 380 euro, tergantung darimana mereka berasal.

Bagaimana untuk pelajar Indonesia?

Indonesia merupakan salah satu Negara yang mendapatkan subsidi dari pemerintah Austria. Akan tetapi biasanya yang menjadi persoalan ialah biaya hidup, sebab Austria merupakan salah satu Negara dengan biaya hidup tinggi di Eropa.

Nah apabila kalian ingin sekolah di Austria, kalian dapat memanfaatkan beasiswa, baik beasiswa dari pemerintah Austria ataupun dari pemerintah Indonesia.

Kalian juga bisa mempersiapkan diri sebelum mengikuti seleksi beasiswa ke Austria, semisal dengan mempelajari bagaimana cara mendapatkan beasiswa, bertanya kepada mereka yang sudah atau sedang kuliah di luar negeri ataupun mengikuti komunitas terkait.

Beasiswa Austria

beasiswa austria

gambar via globeopportunities.com

Sejauh ini Austria memiliki program beasiswa yang terbilang lengkap, seperti program sarjana, master dam doctoral. Masing-masing dari program yang disediakan memiliki persyaratan atau kualifikasi yang berbeda-beda.

Sejauh ini ada dua jenis beasiswa Austria yang sangat terkenal, yaitu Scholarship of the Austrian Federal Ministry for Science and Research dan Indonesia Austrian Scholarship Programme. Lebih lengkapnya berikut penjelasan dari masing-masing program.

1. Scholarship of The Austrian Federal Ministry for Science and Research

Bagi kalian yang tertarik untuk melanjutkan study di Austria, program beasiswa ini dapat menjadi salah satu pilihan. Beasiswa ini diperuntukan bagi mereka para peneliti muda di tingkatan pasca sarjana dan post doctoral.

Beasiswa yang sepenuhnya di danai oleh ASEA-UNINET terbuka untuk seluruh bidang ilmu alam, ekonomi, kedokteran dan teknik.

Sejauh ini, terdapat 3 program beasiswa yang ditawarkan, diantaranya dalah sebagai berikut.

  1. Phd Grants, memberikan bantuan pendidikan, mulai dari akomdasi serta biaya hidup selama tiga tahun. Besaran biaya yang diberikan adalah 1.100 euro. Sejauh ini beasiswa ini belum dapat menanggung anggota keluarga yang diikutsertakan ke Austria. Sehingga biaya tersebut sudah tentu harus kita yang menanggungnya sebagai penerima beasiswa. Namun untuk biaya kuliah telah sepenuhnya dibebaskan.
  2. Beasiswa sandwich PhD, memberikan pendanaan pendidikan sebesar 1.100 euro per bulannya yang diperuntukan untuk biaya akomondasi serta biaya hidup maksimal selama satu tahun..
  3. Post-doc Grants memberikan pembiayaan lebih besar apabila dibandingkan dengan program lain, yaitu senilai 1.300 euro untuk tiap bulannya. Biaya tersebut diperuntukan untuk akomondasi serta biaya hidup selama 3-9 bulan.

Persyaratan & Pendaftaran

Apabila kalian berminat dengan beasiswa satu ini, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebagai syaratnya, yaitu;

  • Pastikan usia kalian tidak lebih dari 30 tahun untuk master, dan 35 tahun untuk program doctor.
  • Telah menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya.
  • Memiliki penguasaan Bahasa Inggris atau Bahasa Jerman yang baik.
  • Menyertakan dokumen yang disyaratkan seperti (formulir pendaftaran, proposal riset, riwayat hidup, pernyataan telah diterima oleh salah satu professor di Universitas di Austria).

Pendaftaran beasiswa dapat dilakukan dengan cara mengirimkan aplika si ke Alamat berikut;

  • The National ASEA-UNINET Coordinator of INDONESIA, Prof.Dr.Harno Dwi Pranowo, JFMIFA Universitas Gadjah Mada, Sekip Utara, Yogyakarta 55281.
  • Melalui e-mail ke office”asea-uninet.org, subject: Scholarship Indonesia.
    Untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai beasiswa Austria ini, kjalian dapat mengunjungi website asea-uninet disini.

2. Indonesia Austrian Scholarship Programme

Beasiswa yang hadir dari kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Austria, melalui kesepakatan antara kementrian pendidikan tinggi Indonesia dan kementrian sains dan riset Austria, Badan Kerjasama Internasional Pendidikan dan Penelitian Austria yang bekerja sama dengan Asea-Uninet.

Target dari pada beasiswa ini adalah para dosen tetap nIndonesia untuk jenjang Phd atau Doktoral selama 3 tahun. Beasiswa ini mensyaratkan pelamarnya memiliki usia tidak lebih dari 35 tahun atau maksimal 5 tahun setelah lulus program master.

Apabila kalian dinyatakan diterima sebagai penerima besiswa ini, kalian akan mendapatkan 1000 euro pada tiap bulannya, biaya tersebut diluar biaya akomodasi perjalanan, biaya travel, biaya asuransi serta biaya tambahan lainnya.

Samahalnya dengan beasiswa Austria atau beasiswa luar negeri lainnya, pelamar diwajibkan memiliki penguasaan bahasa Inggris yang sangat baik yang dibuyktikan dengan nilai toefl minimal 500 atau ielts 5.5.

Seluruh berkas pendaftaran dimasukan ke Badan Kerjasama Internasional Pendidikan dan Penelitian Austria atau yang disebut dengan OeAD-GmbH.

Apabila peserta dinyatakan lolos, proses selanjutnya yaitu wawancara yang dilakukan di Indonesia. Setelah dinyatakan sebagai kandidat terpilih, peserta akian dinominasikan untuk mendaftar di salah satu Universitas di Austria.

Setelah proses pendaftaran berhasil dilakukan, selanjutnya, tinggal menunggu pengumuman, apabila dinyatakan lolos, maka kemungkinan besar peserta akan mendapatkan beasiswa Austria ini.

7 Universitas Terpopuler di Austria

kampus austria

gambar via wikipedia.org

  1. University of Vienna
  2. Vienna University of Tecknology
  3. Leopold-Franzens-Universitat Innsbruck
  4. Karl-Franszens-Universitat-Graz
  5. Johanes Kepler University Linz
  6. Alpen-Adria-Universitat Klagenfurt
  7. Paris London University of Salzburg

Ke 7 dari Universitas di atas dapat dijadikan sebagai pilihan dalam proses mendapatkan beasiswa. Perlu jadi catatan kampus-kampus di atas tidak kalah dengan Universitas terbaik lainnya di Eropa.

Nah itu dia tulisan mengenai beasiswa Austria yang dapat saya sajikan, tulisan ini dirangkum dari berbagai sumber, baik offline maupun online.

Semoga bermanfaat.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply