Mengenal Band Indie Indonesia dan Dunia [Sejarah & Perkembangan]

Band Indie Indonesia – Pernahkah kalian mendengar istilah Indie dalam dunia musik. Pada umumnya band-band tersebut menolak untuk masuk dapur rekaman melalui major label.

Secara umum kebanyakan masyarakat Indonesia tidak terlalu mengetahui akan hal ini. Saya pribadi mengenanal istilah Indie ketika duduk dibangku kuliah, itupun dari teman-teman pendaki.

Kemudia apa itu sebenarnya Indie?

Dalam tulisan ini saya akan coba mengupas tuntas mengenai band indie dan istilahnya. Sebetulnya dari mana dan kapan istilah ini muncul.

Berikut pembahasannya, silahkan disimak.

Sejarah Band Indie

musik indie

gambar via billboard.com

Bagi kalian yang tidak mengetahui mengenai grup musik indie, bagian ini akan memberikan sedikit pencerahan akan hal tersebut, mulai dari sejarah hingga perkembangannya seperti apa.

1. Indie Bukan Genre

Banyak orang yang beranggapan indie adalah aliran atau genre musik, padahal hal tersebut jelas keliru, sebab indie merupakan istilah yang diambil dari kata “indipendent”.

Dengan demikian sangat jelas anggapan sebagian orang yang menganggap indie adalah genre musik, seperti halnya Jazz, Rock dan lain sebagainnya jelas keliru.

Grup musik indie rata-ratatidak tergantung dengan label major, mereka bermusik dan menciptakan lagu sesuai dengan keinginan merek a sendiri.

Maka tidaklah heran apabila kita menemukan lagu-lagu dari grup musik indie yang unik dan antimainstream, tidak seperti lagu pada umumnya, misal Ungu atau Armada.

Baru-baru ini viral lagu indie dengan judul “kasih sayang orang tua”, dimana lagu tersebut benar-benar absurd. Akan tetapi meskipun demikian, lagu dari grup musik indie biasanya tidak hanya bercerita tentang cinta saja, dari segi lirik banyak kesamaan dengan lagu reggae.

Karena mereka tidak dinaungi label atau dapur rekaman, mereka biasa membuat rekaman secara mandiri atau bahkan indvidu. Beberapa orang atau group band bahkan berkolaborasi diantara mereka.

2. Populer Sejak Tahun 80-an

Musik Indie pertama kali diperkenalkan pada tauh 80-an, pada tahun tersebut mulai bermunculan grup musik indie, seperti The Smith dan Joy Division.

Pada tahun 90-an musik indie semakin berkembang dengan adanya band unik yang menyebarkan virus indie ke seluruh penjuru dunia, yaitu Nirvana dan Radiohead .

Nirvana dan Radiohead tercatat pernah menggegerkan dunia musik pada saat itu, dimana mereka merilis album yang harganya terselah pembeli atau istilahnya sistem pay-what-you-like.

3. Perkembangan Musik Band Indie di Indonesia

Perkembangan grup musik indie di indoenesia berdasarkan literasi dan beberapa sumber disebutkan pada tahun1990-an belum terlalu populer.

Pada masa tersebut masyarakat Indonesia lebih mengenal istilah underground, meski demikian tentu sangat jauh berbeda antara underground dan indie, sebab underground cendrung keras dan lebih ekspresif.

Band Indonesia yang pertama kali merilis lagu-lagunya seara indie adalah pasa band. Tercatat pada waktu itu pasband sangat sukses dengan berhasil menjual 5000 kopi.

Hal tersebut mengakibatkan banyak band yang merilis lagu-lagunya secara indie, sebut saja Pure Saturday pada tahun1995, kemudian Mocca Band yang sangat sukses menjual album mereka dengan menyentuh angka 100.000 kopi.

Perkembangan grup musik indie saat ini dibilang sangat pesat di Indonesia. Hingga saat ini telah banyak grup musik indie bermunculan.

Apabila kita bebicara mengenai karakter musik tentu indie lebih baik dibandingkan dengan band -band yang terkenal saat ini.

Artikel terkait:

Group Band Indie

band indie

gambar via musicoloid.com

Berikut ini merupakan daftar nama grup musik indie yang paling populer baik di Indonesia maupun luar negeri, barangkali salah satu dari nama bandnya adalah favorit kalian.

1. Group Band Indie Indonesia

Hingga saat ini telah banyak grup musik indie Indonesia yang terbilang sukses, malah dapat mlampuai band-band yang masuk label.

Berikut 10 daftar grup musik indie terbaik.

NoGroup Band Indie
1Payung Teduh
2Mocca Band
3Pas Band
4Sore
5White Shoes and the Couples Company
6The Trees and The Wild
7Discus
8Hightime Rebellion
9Dialog Dini Hari
10Stars and Rabbit

1.1 Payung Teduh

Payung teduh merupakan grup musik indie yang dibentuk oleh alumni UI (Universitas Indonesia). Band ini memiliki keunikan dan kekhasan yang luar biasa, maka tidak heran apabila banyak orang menyukainya.

Lagu-lagu yang dibawakan oleh payung teduh bukan hanya sekedar lagunya saja, namun lebih daripada itu, sebab setiap liriknya adalah puisi yang memiliki makna tersembunyi.

1.2 Mocca Band

Mocca adalah grup band yang sangat fenomenal, dimana lagu-lagunya terkenal hingga negeri sakura, Jepang. Kebanyakan lagu yang mereka ciptakan adalah dalam bentuk Bahasa Inggris, maka tidak heran apabila lagunya populer di luar negeri juga.

Beberapa lagu mereka menjadi soundtrack untuk beberapa film, dengan demikian maka band ini sudah tidak diragukan lagi kepopulernnya.

1.3 Pass Band

Pass band adalah pelopor gru musik indie Indonesia, sehingga pada waktu itu banyak band-band Indonesia lainnya yang mengikuti jejak mereka, termasuk Mocca.

Pada masa tersebut Pass Band mampu menjual album mereka sebanyak 50.000 kopi, tentu hal tersebut merupakan sesuatu pencapaian yang sangat baik.

1.4 Sore

Mungkin jarang yang tahu dengan nama band satu ini, Sore adalah grup musik indie yang memiliki prestasi cukup mentereng, buktinya mereka terkenal di Malaysia dan menjadi salah satu band yang harus didengar lagunya menurut Asia Times.

Sore adalah band beraliran pop jazz, saya yakin siapa saja yang mendengarkan lagu ini akan langsung jatuh hati. Kalian dapat melihat karya-karya mereka melalui youtube.

1.5 White Shoes and the Couples Company

Band ini pertama kali terkenal lewat lagu yang meraka nyanyikan dan dijadikan sountrack film Janji Joni yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Mariana Raneta.

White Shoes and the Couples Company biasa disebut dengan nama WSATCC adalah band yang cukup senior dalam mempopulerkan indie.

Lagu-lagu yang dibawakan oleh WSATCC mendayu-dayu khas tahun 70-an atau bahkan dapat dibilang seperti lagu Beanda jaman dahulu.

2. Group Band Indie Dunia

Setelah kita membahas group musik indie Indonesia pada bagian sebelumnya, pada bagian ini kita akan mencari tahu mengenai band indie dunia.

Karena seperti yang telah dijelaskan, grup musik indie dipelopori oleh musik barat. Adapan perkembangan di Indonesia setelah memasuki tahun 90-an.

Berikut beberapa daftar band indie luar negeri yang bisa kamu nikmati.

  1. Phantogram
  2. The 1975
  3. The Papper Kites
  4. Passion Pit
  5. Tune Yards

Ini dia sedikit deskripsi dari masing-masing grup band indie luar negeri di atas.

2.1 Phantogram

Phantogram merupakan grup indie yang baru terbentuk, yaitu pada tahun 2017, kendati demikian grup ini tidak membutuhkan waku yang lama untuk menjadi populer, sebab lagu-lagunya langsung digandrumi oleh masyarakat.

Grup ini terdiri dari dua orang saja, yaitu Josh Cartel dan Sarah Barthel. New York menjadi saksi pertama keberhasilan mereka di dunia musik.

Pada tahun 2018 lalu grup ini berhasil melakukan konser keliling Amerika, tentu hal tersebut menjadi sebuah prestasi yang sangat besar untuk grup musik indie yang baru lahir.

2.2 The 1975

grup musik indie asal Manchaster Inggris ini telah sejak lama terkenal, usianya pun tergolong sudah cukup lama, yaitu terbentuk pada tahun2002.

Prjalanan band sendiri telah cukup lama dengan menghasil beberapa karya yang dapat dinikmati oleh para fans setianya.

2.3 The Papper Kites

The Papper Kites adalah sebuah band asal Australia dengan aliran folk, band ini terbilang masih baru yaitu didirikan pada tahun 2010.

Meskipun baru didirikan pada tahun 2010, namun anggotanya telah sejak lama terbiasa menulis dan menyanyikan lagu. Maka tidaklah heran apabila mereka begitu cepat dikenal masyarakat.

2.4 Passion Pit

Passion Pit adalah sebuah grup musik indie dengan aliran elekropop yang didirikan pada tahun 2007, berselang 3 tahun kemudian grup band ini namanya telah populer dan dikenal oleh masyarakat dunia.

Sejauh ini mereka tercatat telah memiliki 4 album, tentu karya-karya tersebut merupakan hal yang luar biasa untuk dibanggakan.

2.5 Tune Yards

Tune Yards mulai dikenalkan ke publik di tahun 2006. Sejauh ini Tune Yard telah menghasilkan 4 album yang luar biasa, sehingga namanya pun dapat dikenal oleh masyarakat dunia.


Kesimpulan

Indie bukanlah genre atau aliran musik seperti anggapan kebanyakan masyarakat, tetapi ia adalah group band yang tidak menggunakan label mayor dalam memproduksi lagu-lagunya.

Perkembangan indie dimulai pada tahun 80-an, selanjutnya di tahun 90-an banyak grup musik Indonesia yang mengikuti hal tersebut, seperti Pass Bnad dan Mocca.

Demikian informasi yang dapat saya berikan mengenai band Indie, mulai dari perkembangan, sejarah hingga nama nama band indie Indonesia dan luar negeri.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply