Bagian Bagian Drum yang Harus kamu Ketahui

Setelah pada tulisan sebelumnya kita membahas mengeni jenis tangga nada gitar, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagian bagian drum.

Drum sendiri merupakan alat musik pukul yang seringkali digunakan oleh band. Apapun genre bandnya, drum adalah sesuatu yang wajib ada.

Sebuah drum yang digunakan terdiri dari satu set atau beberapa set. Nah yang akan kita bahas tuntas adalah mengenai hal ini.

Berikut penjelasannya, silahkan disimak ya.

Sekilas Tentang Drum

gambar drum set

Gambar via sweetwater.com

Drum merupakan salah satu alat musik yang masuk ke dalam kelompok perkusi. Drum ini terbuat biasa terbuat dari kulit yang dibentangkan kemudian dipukuli menggunakan batang (stick) atau telapak tangan.

Selain terbuat dari kulit, drum juga dapat terbuat dari bahan lain yang menyerupai kulit, seperti plastik, karet dan lain sebagainya.

Drum yang selama ini mungkin kenal dan banyak digunakan dalam pertunjukan musik-musik modern, seperti pop, rock, jazz dan masih banyak lagi, mengacu pada alat musik drum set.

Drum set sendiri adalah sekumpulan alat dan drum yang dipadukan menjadi satu, alat inilah yang kebanyakan digunakan dalam musik-musik modern. Hal ini akan kita bahas lebih detail lagi dalam bagian bagian drum.

Sejarah Singkat Drum

drummer

gambar via 180drum.com

Sama halnya dengan alat musik lain, misal gitar, alat musik drum memiliki sejarah yang panjang, berkembang dari masa ke masa.

Sejarah alat musik drum sendiri muncul ketika peradaban manusia mengalami perkembangan. Konon katanya dahulu dentuman atau pukulan dari sebuah drum dikaitkan dengan kelahiran seorang manusia.

Pada jaman dahulu drum atau lebih dikenal dengan sebuatan membranophone sangat populer dibunyikan dihutan, terlepas apapun itu tujuannya.

Berdasarkan sejarah, alat musik drum ini telah ada dan tercipta sejak 6000 SM, tentu waktu tersebut bukanlah waktu yang sebentar.

Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa peninggalan lukisan kuno yang menunjukan beberapa orang sedang membawa drum.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan drum tersebut dari kulit labu dan batang kayu, mereka menggunakan inii untuk kepentingan upacara ritual.

Lain lagi di Afrika, drum digunakan sebagai alat komunikasi, menyalurkan ekspresi dan menunjukan sesuatu yang sedang terjadi. Pesan yang disampaikan terangkum dalam setiap pukulan drum.

Kemudian bagaimana sejarah drum di jaman modern?

Drum di jaman modern tercatat lahir di tahun 1890-an, dimana waktu itu alat ini digunakan dalam acara parade oleh orang Afrika yang tingga di Amerika. Akan tetapi drum yang digunakan tidak dalam satu rangkaian, melainkan terpisah-pisah.

Baru pada tahun 1960-an drum set mulai mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini berbarengan dengan kebangkitan band-band ber-genre rock. Hingga saat ini alat musik ini terus mengalami perkembangan dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan.

Artikel terkait: Download lagu anak-anak

Bagian Bagian Drum

bagian bagian drum

Bagian bagian drum

Setelah mengetahu mengenai sejarah singkat perngembangan alat musik drum, pada bagian ini kita akan mencari tahu mengenai apa saja bagian bagian drum dari sebuah drum set pada jaman modern, seperti berikut ini.

  • Snare
  • Bass Drum
  • Tom Tom
  • Cymbal
  • Hardware Drum

Masing masing memiliki turunannya, Berikut kita bahas satu persatu.

1. Snare

Snare adalah bagian drum atau unsur yang sangat penting, sebab snare ini adalah penentu ketukan dari sebuah drum set. Sejauh ini snare memiliki berbagai macam ukuran dari mulai ukuran 10″ hingga 15″.

Dalam snare drum ini terdapat bagian lain yang sangat penting, berguna menghasilkan sebuah bunyi ketika berinteraksi dengan snare. Alat ini terdapat dibagian bawah snare yang disebut snare wire atau snare stainer.

Berikut jenis-jenis snare yang paling umum.

  • Snare biasa memiliki ukuran dikisaran 5 ½” – 6 ½ ”, jenis ini mengeluarkan nada yang sedang.
  • Snare berukuran tebal memiliki ukuran dikisaran 7”-8”, nada atau tone yang dihasilkan dalam (deep).
  • Snare jenis terakhir adalah snare yang memiliki ukuran tipis, snare ini memiliki 2 jenis ialah piccolo snare dan sprono snare. Picollo snare 4 “-4 ½ “ ( Metal atau brass). Yang berukuran 3 ½ “ –4” terbuat dari wood atau kayu, sprono snare berukuran Soprano 12”-13”.

Selain snare-snare yang telah disebutkan terdapat ukuran snare yang lebih kecil sperti small tom 12”, 10”, bahkan 8”.

2. Bass Drum

Bass drum ini akan kita temukan dalam marching band, memang pada mulanya drum set juga menggunakan bass drum yang sama. Pada umumnya bass drum yang digunakan dalam marching band berukuran ukuran 26”, 28”.

Seiring perkembangan, dewasa ini bass drum yang digunakan cendrung lebih kecil, seperti 24”( musik rock), 22” , 20”, 18”, bahkan ada yang 14”.

Bass drum sendiri adalah bagian yang tidak kalah penting dari snare. Bukan saja sama-sama penting, bass juga dapat menjadi penentukan dalam sebuah ketukan drum.

Bagian drum satu ini dimainkan dengan menggunakan kaki kanan atau kiri dengan bantuan alat yang dinamakan pedal.

3. Tom Tom

Tom-tom adalah bagian pelengkap dari sebuah drum set, dimana alat ini memiliki fungsi untuk memvariasikan pukulan dari seorang drummer.

Tom tom ini populer pada decade 30-an, tom tom ini memiliki ukuran yang sangat bervariasi dengan bahan dari katu atau maple.

Tom tom yang paling umum dan standar terdapat 3, diantaranya.

  • Small tom-tom 1
  • Small tom-tom 2
  • Large tom-tom atau floor tom

Sedangkan untuk ukurannya sendiri sangat bervariasi 6”, 8”, 10”, 12”, 13”, 14”, 15”, 16”, 18”, 20”.

4. Cymbal

Cymbal adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan untuk dibahas, apa jadinya apabila sebuah drum set tidak memiliki bagian ini, tentu akan terasa seperti sayur tanpa garam ya :).

Maka dari itu kita harus mengenal bagian-bagiannya, sebab cymbal sendiri memiliki bagian-bagian yang begitu bervariasi dengan fungsinya masing-masing.

4.1 Hi-Hat Cymbal

Hi hat adalah sebuah cymbal yang terdiri dari 2 lempengan cymbal yang digabungkan menjadi dua bagian, ke duanya memiliki ukuran yang sama persis atau dalam kata lain mirip.

Akan tetapi selama ini kebanyakan dari drummer biasanya memilih ukuran hit hat yang tidak sama. Hit hat memiliki peranan yang tidak kalah penting yaitu untuk mengatur tempo dari sebuah musik yang dimainkan. Diantara hit hat ukuran yang dimiliki adalah ukuran 10”, 13” 14”, dan 15”.

4.2 Ride Cymbal

Ride cymbal adalah sebuah cymbal yang memiliki peranan atau fungsi sebagai rhytm. Dalam sebuah drum set, ride cymbal ini hanya terdapat satu dengan ukuran 18”-26”.

4.3 Crash Cymbal

Crash cymbal adalah jenis cymbal untuk melakukan variasi dalam setiap permainan yang dilakukan. Crash cymbal ini hanya digunakan dalam waktu-waktu tertentu saja.

Soal ukuran crash cymbal memiliki ukuran yang lebih tipis dari ride cymbal, yaitu sekitar 15”,16”, 17”, 18”, 19”, 20” dan 22”.

4.4 Chinese Cymbal

Apabila kita melihat berdasarkan fungsinya, antara chinese cymbal dan crash cymbal memiliki fungsi yang sama, yang membedakan hanya ukuran saja.

Chinese cymbal ini memiliki ukuran yang bervariasi antara 8” sampai 20”. Kenapa disebut dengan chinese cymbal? Karena penggunaan ini dipengaruhi oleh musik dari China.

4.5 Splash Cymbal

Splash cymbal merupakan cymbal yang memiliki fungsi sama dengan crash cymbal, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 6”, 8”, 10”, dan 12”. Sedangkan cymbal yang memiliki ukuran lebih tebal dari splash cymbal adalah bell cymbal.

4.6 Sizzle Cymbal

Cymbal jenis ini memiliki suara desis yang panjang, hal ini mungkin diakibatkan oleh adanya paku di sekeliling cymbal. Akan tetap cymbal jenis ini sudah sangat jarang untuk digunakan.

5. Hardware Drum

Barang yang satu ini tidak boleh kita lewatkan, sebab memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah drum set. Adapun bagian dari hardware drum adalah sebagai berkut.

  • Hi-hat stand, digunakan untuk meletakan hi-hat.
  • Snare Stand, digunakan untuk meletakan snare.
  • Cymbal stand, digunakan untuk menggantungkan cymbal.
  • Tom holder, digunakan untuk meletakan tom-tom.
  • Pedal, memiliki fungsi sebagai pemukul bass drum.
  • Thrones adalah tempat duduk seorang drummer.
  • Muffler memiliki fungsi untuk meredam sustain dan dicapitkan pada rim.
  • Adaptor untuk merangkaikan cymbal holder.
  • Octoban yang memiliki bentuk tabung panjang.
  • Gong drum, dipasang menyerupai tom namun memiliki stand.

Jenis Jenis Drum

drum

gambar via majalah prise.com

Alat musik drum memiliki beberapa jenis, hal ini di lihat berdasarkan setingannya. Brikut beberapa jenis yang paling tidak harus kalian ketaui.

NoJenis Drum Set
1Jenis Drum Set Nathan Jonas Jordison
2Jenis Drum Set Neil Ellwood Peart
3Jenis Drum Set Travis Barker
4Jenis Drum Set Akhira Jimbo
5Thomas Lang

*Thomas Lang adalah drummer Austria yang sangat populer, lihat biografinya disini.

Dari tulisan di atas yang telah saya paparkan mengenai bagian-bagian drum, berikut hal yang dapat disimpulkan.

Drum merupakan alat musik pukul yang telah ada sejak ribuan tahun lalu, pada mulanya drum terbuat dari labu yang diugnakan dalam upcara ritual.

Seiring perkembangannya drum digunakan dalam berbagai aliran musik sebagai allat pengiring utama, yang disebut dengan drum set.

Drum set ini terdiri dari beberapa bagian yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Drum set ini memiliki beberapa jenis yang didasarkan pada stingnya.

Demikian tulisan mengenai bagian-bagian drum yang dapat dipaparkan, semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahun.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply