9+ Aplikasi Membuat Flowchart Alternatif Visio

Diagram tool ialah sebutan untuk aplikasi yang membantu dalam pembuatan diagram, contohnya flowchart, erd, dfd dll. Barangkali Visio namanya lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dibandingkan dengan aplikasi membuat flowchart lainnya.

Apakah ada aplikasi alternatif utnuk membuat flowchart selian Visio?

Nah hal tersebutatlah yang akan kita coba telusuri, sejauh ini cukup banyak aplikasi yang dapat dijadikan alternatif Visio, baik itu gratis ataupun berbayar.

Berikut ulasannya.

Aplikasi Membuat Flowchart

Nah berikut ini adalah 10 aplikasi yang bisa dijadikan pilihan dalam membuat diagram, seperti membuat flowchart, membuat erd ataupun membuat dfd.

1. Rational Rose

Saya rasa sejauh ini Rational Rose adalah aplikasi yang poweful, mengapa demikian? Selain memiliki fitur yang sangat lengkap, aplikasi ini memiliki tampilan user interface yang nyaman.

Saat kalian masuk pertama kali pada halaman awal, akan disodori beberapa pilihan mengenai membuatan diagram, khususnya diagram alir.

Rational Rose adalah salah satu aplikasi berbayar, apabila kalian ingin menggunakannya dapat langsung mengunjungi web resminya disini.

2. Diagram Ring

Bisa dikatakan diagram ring merupakan aplikasi digaram yang penuh warna. Aplikasi ini mampu membuat flowchart, grafik, diagram, erd dan dfd.

Aplikasi ini juga memiliki bentuk shape yang sangat beragam, mulai dari yang biasa hingga yang unik dan aneh.

Ketika kita telah menyelesaikan pekerjaan membuat digaram, hasil pekerjaan kita dapat disimpan dalam bentuk .jpg dengan file space 1 MB.

3. Dia

Dia merupakan sebuah aplikasi membuat diagram tidak berbayar alias gratis. Aplikasi ini tersedia di Windows, Linux maupun MacOS.

Beberapa tahun kebelakang, saat saya masih kuliah, Dia sempat menjadi andalan, tentu alasannya kalian tahu, ya karena aplikasi ini gratis.

Meskipun tidak berbayar, Dia masih dapat menjalankan tuganya dan memenuhi kebutuhan kita dalam membuat sebuah digram.

Jadi kalian jangan khawatir menggunakan aplikasi ini, sebab hasilnya tidak kalah bagus dari aplikasi-aplikasi yang berbayar.

4. Pencil

Mulanya aplikasi pencil digunakan untuk membuat gambar, baik di dekstop maupun mobiile. Namun uniknya, meskipun aplikasi pencil dibuat untuk gambar, akan tetapi ia dapat digunakan untuk membuat flowchart serta jenis diagram lainnya, mengingat aplikasi ini memiliki kumpulan simbol flowchart.

Pencil memiliki 10 jenis shape, dimana masing-masing kategorinya diisi dengan banyak simbol, shape atau gambar. Hasil project yang telah dikerjakan di pencil dapat di simpan ke dalam mentuk PNG, HTML, PDF dan lain sebagainya.

5. Diagram Designer

Diagram designer adalah aplikasi multifungsi yang dapat digunakan untuk membuat uml, erd, dfd, flowchart bahkan sirkuit elektrik.

Aplikasi ini menyedikan lebih dari 25 simbol flowchart, serta menunjukan simbol yang lengkap untuk penggunaan diagram lainnya.

Diagram designer adalah sebuah aplikasi pembuatan diagram yang mampu menyimpan file dalam format yang beragam, seperti PCX, GIF, MNG, CUR, ICO, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang satu ini juga terbilang cukup populer dikalangan Mahasiswa dan Pelajar, bagaimana apakah kalian ingin mencobanya?

6. Software Ideas Modeler

Kalian pasti sedikit asing dengan nama apliksi ini, namun tidak ada salahnya dicoba dan digunakan untuk membuat diagram, seperti;

  • Diagram UML
  • Diagram BPMN
  • Diagram SysML, Flowchart
  • dll

Keunggulan aplikasi ini mampu membuat bentuk flowchart secara bersamaan hanya dalam satu waktu serta memiliki bentuk shape yang banyak dan beragam.

Seperti aplikasi lainnya, Ideas Modeler mampu menyimpan hasil pekerjaan ke dalam bentuk format seperti SVG, PDF, PNG, TIFF, GIF, JPG dll.

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk menggunakan Ideas Modeler? Jika ya, kalian dapat mengunjungi web resminya.

7. Edraw Mind Map

Software satu ini tergolong mudah digunakan, selain mudah fitur yang dimiliki tidak kalah dengan software ternama.

Edraw Mind Map mampu membuat berbagai digram, flowchart, UML serta grafik. Rasanya akan sangat cocok digunakan oleh pemula.

Selain tersedia berbagai jenis shape yang dapat digunakan, setiap shape memiliki pilihan yang sangat lengkap.

Setiap project yang telah selasai dapat disimpan ke dalam berbagai format sperti;

  • HTML
  • PNG
  • PDF
  • SVG
  • dll

Namun sayang untuk versi gratis hasil project yang telah diekspor memiliki watermark. Supa hal tersebut hilang, maka harus menggunakan aplikasi versi berbayar.

8. Dynamic Draw

Dynamic Draw adalah aplikasi yang cukup mumpuni untuk membuat grafik, flowchart, UML serta diagram alir lainnya.

Meskipun tidak selengkap aplikasi berbayar lainnya, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan kalian, apalagi sekedar untuk menyelesaikan tugas kuliah.

Setidaknya terdapat 15 bentuk flowchart berbeda yang dapat digunakan, dari mulai terminator, procces hingga cnnerctor.

Kemudian yang jadi menarik dari aplikasi ini memfasilitasi pengguna untuk menambahkan gambar sendiri ke dalam lembar kerja.

Pekerjaan yang telah selesai dapat disimpan ke dalam berbagai bentuk, seperti PNG, JPG, SVG, TIF dll. Nah apabila kalian tertarik untuk menggunakan Dynamic Draw ini, dapat mengunjungi website resminya.

9. ClickCharts Diagram Flowchart Software

Keunggulan dari aplikasi ini ialah mampu memuat flowchart secara bersamaan dengan cepat dan tanpa kendala. Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini menyedikan banyak simbol flowchart yang dapat digunakan.

Kalian diberikan banyak fitur seperti pointer, gambar serta teks. Dengan aplikasi ini kalian dapat membuat berbagai jenis diagram, flowchart, ERD dan sejenisnya.

Aplikasi ini menyedikan berbagai pilihan output, baik dalam bentuk gambar seperti JPG dan PNG ataupun dalam bentuk dokumen seperti PDF.

10. yEd – Graph Editor

Software satu ini terkenal dengan kemudahan dalam penggunaannya. Maka tidaklah heran apabila begitu populer, baik dikalangan Mahasiswa maupun Praktisi, apalagi bagi mereka penggu sistem operasi open source.

Aplikasi ini mampu membangun dan membuat fowchart dengan sekaligus. Bebeda dengan aplikasi lain, yED memiliki fitur untuk mewarnai setiap shape yang dipakai.

Setiap projek yang telah selesai dikerjakan dapat diekspor dengan berbagai macam format, seperti JPG, PNG, SVG, PDF dan lain sebagainya.


Demikian kumpulan aplikasi membuat flowchart yang dapat kalian gunakan sebagai alternatif dari Microsoft Visio. Semoga tulisan ini mendatangkan manfaat bagi kalian.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply